Sponsors Link

21 Obat Batuk Berdahak Anak Paling Ampuh

Sponsors Link

Anak yang terkena batuk tentu akan membuat orang tua merasa sangat khwatir. Terlebih jika anak mengalami batuk berdahak yang memang sulit untuk diatasi. Batuk berdahak biasanya menjadi penyakit yang muncul ketika anak mengalami flu atau radang tenggorokan. Beberapa anak juga bisa terkena batuk berdahak akibat infeksi dari bakteri atau virus yang menyerang saluran pernafasan atas. Hal yang sangat berbahaya adalah ketika batuk berdahak melibatkan penyakit lain seperti gejala bronkhitis pada anakgejala TBC pada anak, gejala sinusitis pada anakgejala asma pada anak, pneumonia dan semua penyakit yang menyebabkan bagian pernafasan dari paru-paru.

ads

Karena batuk berdahak sangat berbahaya maka orang tua bisa mencoba obat batuk berdahak pada anak. Berikut ini adalah daftar obat dan cara alami untuk batuk berdahak pada anak. Anda bisa memilih mana obat atau cara yang paling efektif.

  1. Obat batuk ekspektoran

Ini adalah jenis obat batuk berdahak yang bisa diberikan kepada anak-anak. Larutan atau bahan ekspektoran akan bekerja untuk membantu mengeluarkan dahak secara sehingga tenggorokan anak menjadi lebih nyaman. Obat ini akan bekerja untuk mengeluarkan semua dahak yang ada di saluran pernafasan atau yang sudah masuk ke paru-paru. Pada dasarnya ekspektoran akan bekerja untuk mengencerkan dahak dengan cara mengurangi ketebalan lapisan cairan pada saluran brokial sehingga cairan atau lendir ini akan keluar saat batuk. beberapa merek obat batuk berdahak untuk anak yang bisa Anda temukan diaporik seperti OBH combi plus, Bisolvon sirup anak, triaminic ekspektoran, woods anak, viks 44 anak, dan actified anak. Obat batuk ini juga bisa mengatasi batuk saat hamil.

  1. Obat batuk mukolitik

Obat batuk mukolitik akan bekerja untuk mengencerkan dahak yang sudah terlanjur lengket pada bagian paru-paru dan tenggorokan. Obat akan bekerja untuk menjaga agar dahak bisa keluar dari saluran pernafasan saat batuk. Obat batuk mukolitik bisa membantu memecahkan dahak dengan senyawa kimia alami dari obat tersebut. Beberapa jenis obat ini termasuk Ambroxol, Bromhexine, dan juga n-asetil sistein. Perhatikan untuk memberikan obat sesuai dengan aturan agar anak tidak mengalami efek samping obat terhadap kesehatan dan tubuh anak dimasa mendatang.

  1. Teh madu dan lemon

Teh yang terbuat dari bahan lemon dan madu menjadi obat batuk berdahak anak yang sangat alami dan bisa bekerja dengan baik. Obat ini bisa membuat dahak keluar dari bagian tenggorokan dengan baik ketika anak batuk. Efeknya akan membuat anak merasa mual dan muntah, namun kemudian dahak akan keluar semua. Anda bisa mencampurkan beberapa sendok teh dengan air perasan jeruk lemon. Namun sebaiknya anak makan terlebih dahulu sebelum minum obat ini. Sangat baik jika diberikan menjelang anak tidur, karena ketika mereka batuk saat tidur maka lendir atau dahak bisa keluar semua.

  1. Pijatan alami untuk anak

Memijat bagian tubuh tertentu sudah lama digunakan oleh penduduk di Cina sebagai cara untuk menyembuhkan anak yang sedang batuk berdahak. Pijatan ini sangat efektif untuk membantu anak memiliki sistem pernafasan yang lebih longgar sehingga dahak bisa keluar dengan cepat. Beberapa bagian tubuh yang bisa dipijat adalah seperti bagian tulang belakang, punggung, sekitar dada dan kaki. Pijatan harus dilakukan dengan lembut untuk menjaga bekas pijatan tidak membuat tubuh anak sakit. Setelah dipijat maka Anda bisa memberikan segelas air hangat. (baca: Cara melakukan pijat bayi yang benar – cara mengatasi pilek pada bayi

ads

  1. Teh dari akar licorice

Licorice yang biasa menjadi bahan jus untuk ibu hamil juga bisa menjadi bahan herbal yang mengatasi batuk berdahak. Bahkan bahan-bahan ini digunakan untuk membuat permen pelega tenggorokan. Untuk anak maka Anda bisa menggunakan jenis teh licorice yang sudah dikeringkan. Buat dengan campuran akar licorice dengan air panas, kemudian minta anak minum saat masih hangat. Teh ini sebaiknya diminum saat akan tidur, karena teh licorice bisa membuat anak tidur lebih nyenyak dan juga obat batuk berdahak anak.

  1. Jangan memberikan susu terlalu banyak

Saat anak terkena batuk berdahak maka jangan memberikan susu terlalu banyak. Susu dipercaya bisa membuat lendir atau dahak yang dihasilkan menjadi lebih banyak. Ini akan membuat anak semakin batuk namun dahak tidak bisa keluar dari tenggorokan dan mulut. Dengan mengurangi suhu atau menggantinya dengan air putih hangat maka bisa membuat anak menjadi lebih cepat sembuh. Dan tentu saja Anda juga harus tetap memberikan obat batuk berdahak anak yang lain agar bisa sembuh total.

  1. Menguap anak dengan minyak atsiri

Anda juga bisa mencoba untuk menguap saluran pernafasan anak dengan menggunakan minyak atsiri. Ada banyak jenis minyak atsiri yang bisa digunakan seperti minyak telon atau minyak kayu putih. Caranya dengan mencampurkan minyak dengan air panas yang mengeluarkan banyak uap. Kemudian dengan jarak yang lebih jauh maka tutup kepala anak dengan handuk hingga ke bagian telinga. Lalu minta anak untuk menghadapkan saluran pernafasan pada uap. Saat anak batuk maka dahak bisa keluar dari mulut dan hidung. (baca: bahaya bayi minum minyak telon)

  1. Gunakan Vicks Vapo Rub

Anda juga bisa mengurangi dahak pada anak dengan cara menggosokkan Vicks Vapo Rub. Ini adalah jenis balsam atau salep gosok yang akan membuat bagian saluran pernafasan anak menjadi lebih sehat. Caranya hanya dengan menggosokkan pada bagian dada dan sekitar tenggorokan luar. Bahan dari Vicks juga sangat aman untuk anak-anak karena tidak terlalu panas dan membuat anak merasa lebih nyaman. Selain itu juga bisa membuat anak bisa tidur dengan nyaman.

  1. Gunakan humidifier untuk ruang tidur anak

Anda juga bisa menggunakan humidifier untuk kamar tidur anak untuk membuat suhu dan udara menjadi lebih nyaman. Terkadang ruangan tidur yang terlalu kering dan lembab akan menyebabkan anak lebih batuk. Ini bisa membuat anak tidak tidur dan selalu batuk. Jadi Anda bisa memasak humidifier yang akan menjaga agar anak bisa tidur lebih baik. Selain itu udara yang dikeluarkan dengan alat ini juga bisa menjadi lebih sehat sehingga anak tidak batuk saat tidur.

  1. Berikan air hangat dan madu

Memberikan air hangat dan madu bisa menjadi obat batuk berdahak anak yang sangat manjur dan alami. Madu mengandung bahan khusus seperti senyawa yang akan membuat lendir mengental dalam paru-paru mencair dan bisa keluar sebagai dahak. Selain itu madu bisa menjadi sumber energi untuk tubuh anak karena mengandung seng, vitamin dan mineral yang lain. Air hangat akan membilas semua bakteri atau kotoran yang bersarang pada bagian saluran pernafasan anak.

Baca: manfaat madu untuk ibu menyusui – manfaat madu untuk bayi baru lahir – manfaat madu untuk bayi – manfaat madu untuk ibu hamil

  1. Berikan minuman air hangat

Saat anak terkena batuk berdahak maka Anda bisa memberikan minuman air hangat. Air hangat akan membantu menjaga agar tubuh tetap menerima cairan untuk energi tubuh anak juga mencegah dehidrasi. Selain itu saat minum air hangat maka semua bakteri dan virus pada bagian tenggorokan akan dibersihkan secara alami. Ini juga sangat baik untuk membantu cairan dahak yang kental menjadi lebih encer. Saat anak batuk atau bersin biasanya dahak bisa keluar sehingga batuk cepat sembuh.

  1. Coba berikan sup ayam

Makanan seperti sup ayam juga bisa menjadi obat batuk berdahak anak. Sup ayam akan mengobati batuk dengan cepat karena ini juga menyumbang nutrisi. Jika Anda menggunakan jenis ayam kampung maka kandungan seng dan kalium dari kaldu yang dihasilkan akan meningkatkan kekebalan tubuh anak. Sementara kalium bisa membantu tubuh mencapai keseimbangan elektrolit sehingga tubuh menjadi lebih sehat. Selain itu ini sangat baik untuk mengatasi radang tenggorokan pada anak yang disertai dengan batuk berdahak. Sup ayam bisa menjadi obat penurun panas anak paling cepat turun.

  1. Mencoba untuk berkumur dengan air garam

Tenggorokan saat terkena batuk berdahak maka akan menjadi tidak nyaman. Hal ini menyebabkan anak merasa malas untuk makan dan minum. Jika seperti ini maka tubuh anak menjadi sangat lemah karena kekurangan cairan dan nutrisi. Untuk mengatasi ini maka Anda bisa mendorong anak untuk berkumur dengan air garam. Air hangat yang dicampur dengan sejumput garam kemudian diaduk hingga rata. Lalu minta anak menahan pada bagian tenggorokan. Rasa asin bisa membuat semua bakteri dan lendir dalam tenggorokan bisa keluar dari dalam tubuh. Namun jangan biarkan anak menelan air garam karena bisa berbahaya untuk ginjal mereka. Air garam sering digunakan sebagai obat sariawan untuk ibu hamil. (baca: bahaya garam bagi ibu hamil)

  1. Berikan jus lemon

Jus lemon akan mencegah infeksi yang berlanjut akibat batuk berdahak yang sudah lama. Hal ini memang biasanya terjadi pada anak-anak sehingga mereka menjadi semakin kurus. Jus lemon yang dibuat dari perasan jeruk lemon murni akan membantu mengeluarkan dahak pada tenggorokan dan paru-paru. Jangan menambahkan gula atau bahan pemanis jika anak tidak mau sebab itu bisa membuat anak muntah. Air lemon akan membuat rasa pada tenggorokan menjadi lebih sensitif sehingga anak batuk dan bisa mengeluarkan dahak.

  1. Perasan jeruk nipis

Air yang didapatkan dari perasan jeruk nipis sudah lama dijadikan sebagai obat batuk berdahak anak. Obat ini sangat alami karena juga mudah didapatkan. Anda bisa membuat perasan jeruk nipis murni tanpa bahan campuran apapun. Rasa asam dan vitamin C dalam jeruk nipis sangat baik untuk membunuh bakteri penyebab batuk dan juga mencairkan lendir berlebihan dalam paru-paru atau saluran pernafasan. Jeruk nipis juga bisa campur dengan madu agar rasanya tidak terlalu asam. Berikan satu sendok teh perasan jeruk nipis selama tiga kali sehari dan batuk berdahak anak akan cepat sembuh. (baca: bahaya jeruk nipis bagi ibu hamil)

  1. Coba berikan air jahe

Teh yang dibuat dari potongan jahe segar akan berfungsi untuk membuat tenggorokan anak menjadi lebih nyaman. Jahe sudah lama digunakan sebagai permen alami ketika anak terkena batuk berdahak. Namun karena rasanya yang sangat kuat maka sebaiknya jahe dibuat dalam bentuk teh. Kandungan gingerol dan antioksidan dalam jahe akan berfungsi untuk menjaga agar batuk tidak bertambah parah. Kemudian Anda juga bisa mencoba memberikan teh ini untuk mengurangi mual dan muntah akibat batuk berdahak dan masuk angin pada anak-anak.

Baca: manfaat jahe untuk ibu menyusui – manfaat jahe untuk ibu hamil

  1. Teh dari belimbung wuluh

Ramuan yang dibuat dari teh belimbing wuluh juga sangat baik sebagai obat batuk berdahak anak. Teh ini bisa dibuat dengan campuran dari belimbing wuluh, kayu manis dan adas. Kemudian rebus sebentar dengan air setengah gelas air. Setelah mendidih maka saring dan berikan kepada anak saat masih hangat. Campuran dari bahan herbal dan vitamin C dalam belimbing wuluh sangat efektif untuk menyembuhkan batuk berdahak. Namun jangan memberikan teh ini ketika anak juga menderita penyakit maag dan gangguan pencernaan. (baca: manfaat buah belimbing bagi ibu hamil

Sponsors Link

  1. Air perasan kencur

Kencur bisa menjadi salah satu obat batuk berdahak yang sangat efektif. Obat ini bisa digunakan untuk anak-anak berusia lebih dari satu tahun dan orang dewasa. Kencur memiliki aroma yang sangat kuat sehingga bisa membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman. Selain itu kandungan senyawa dalam kencur memiliki sifat sebagai bahan anti peradangan yang sangat kuat. Anda bisa mencoba memarut kencur kemudian peras airnya dan jangan menambahkan air. Zat pati yang tertinggal dalam air perasan ini sangat baik untuk mengatasi batuk berdahak pada anak.

  1. Berikan probiotik

Meskipun Anda tidak bisa memberikan susu ketika anak terkena batuk berdahak, namun Anda bisa memberikan produk susu seperti probiotik. Bahan dalam probiotik  berupa susu yang difermentasi dengan bantuan bakteri akan bekerja sangat baik untuk menyembuhkan batuk berdahak. Ini juga sangat baik untuk membantu anak mengatasi mual dan muntah akibat gangguan pencernaan selama batuk berdahak. Cobalah untuk memberikan probiotik yang dimakan bersama dengan roti atau biskuit gandum. Ini juga akan membantu nutrisi anak terpenuhi dengan baik selama batuk. Probitik bisa menjadi obat sariawan untuk balita dan obat diare balita.

  1. Jus nanas

Beberapa orang mungkin menghindari buah ketika anak terkena  batuk. Namun buah nanas adalah jenis buah yang sangat direkomendasikan ketika anak terkena batuk berdahak. Nanas mengandung bromelain yaitu senyawa atau enzim alami dalam nanas yang berfungsi untuk membuat tenggorokan menjadi lebih longgar dan nyama. Kemudian enzim ini juga akan mengeluarkan dahak dari dalam tenggorokan dan juga membuat cairan tubuh anak terpenuhi. Tapi jangan menambahkan gula dalam jus nanas untuk obat batuk berdahak anak.

Baca: bahaya buah nanas bagi ibu hamil dan janin kandungannya – manfaat nanas bagi ibu hamil – bahaya nanas untuk ibu hamil

  1. Teh daun mint

Teh daun mint akan menjadi teh yang sangat alami untuk menyembuhkan batuk berdahak. Teh ini memiliki sifat sebagai dekongestan yang kemudian akan membantu memecah lendir yang mengental pada bagian tenggorokan dan paru-paru. Teh bisa dibuat dengan cara mencampurkan daun mint segar dengan air hangat kemudian diminum saat masih hangat. Atau juga dengan menggunakan air rebusan daun mint untuk menguap saluran pernafasan anak. Langkah ini sangat efektif karena semua dahak pada saluran pernafasan anak bisa sembuh dengan cepat. Teh daun mint juga bisa menjadi obat sakit perut anak agar cepat sembuh.

Pada dasarnya obat batuk berdahak anak bisa memberikan hasil yang cepat atau lambat. Terkadang ketika Anda mencampurkan beberapa jenis obat batuk secara bersamaan maka bisa menyebabkan batuk yang lebih parah. Karena itu lebih baik jika Anda hanya menggunakan satu jenis obat untuk mengatasi batuk berdahak pada anak. Ini untuk mencegah bakteri mengalami resistensi terhadap obat, sehingga batuk sulit untuk disembuhkan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 07:30 Oleh :
Kategori : Kesehatan Anak