Sponsors Link

5 Obat Tradisional Penurun Panas Anak Paling Ampuh

Sponsors Link

Setiap kali suhu tubuh terasa hangat atau lebih tinggi dari biasanya, hal tersebut seringkali disebut demam. Demam pada dasarnya merupakan respon dari daya tahan tubuh yang sedang melakukan perlawan terhadap infeksi yang terjadi pada tubuh akibat virus dan bakteri ataupun parasit seperti flu. Selain itu kejang demam pada anak juga menjadi penyebab suhu tubuh meningkat, tanda-tanda bayi tumbuh gigi pun juga terkadang menimbulkan demam. Saat anak terlalu lama dan aktif bermain di bawah terik matahari pun suhu tubuhnya juga dapat terjadi peningkatan. (baca juga: Cara Mengatasi Anak Hiperaktif)

ads

Obat penurun panas anak

Demam pun juga dapa timbul selepas anak menerima suntikan imunisasi jadi demam merupakan respon tubuh dalam membentuk imunitas makanya para orang tua tak perlu khawatir mengenai bahaya imunisasi sebab manfaatnya lebih besar dari bahayanya. Demam biasanya dapat hilang dengan sendirinya hanya dalam beberapa hari. Namun jika demam membuat anak menjadi uring-uringan dan juga jadi penyebab bayi rewel, maka para orangtua dapat mencoba memberikan obat penurus panas anak untuk menurunkan demam pada anak supaya membuatnya lebih nyaman dan tidak rewel lagi.

Berikut diantaranya yang tentunya dapat dicoba dirumah untuk membantu menurunkan panas pada anak:

  1. Kompres

Rendam kain di air keran yang dingin, peras kain tersebut kemudian kompreskan pada tubuh anak seperti dahi, ketiak, kaki, tangan maupun pangkal paha untuk mengurangi peningkatan suhu tubuh anak. Kain yang digunakan untuk mengompres tadi harus diganti secara teratur setelah beberapa menit hingga panas mereda.Hal ini sangat bermanfaat ketika anak mengalami demam yang tinggi karena dengan mengompres tubuh anak akan membantu menjaga suhu tubuh tetap terjaga dan tidak meningkat secara drastis. Hal tersebut merupakan salah satu cara mengatasi demam pada anak.

Mandi, bagaimanapun juga mungkin bukanlah sebuah ide yang baik. Namun bila suhu tubuh tidak terlalu tinggi mandi air hangat dapat membantu tubuh anak menjadi sedikit lebih rileks. Usahakan saat suhu tubuh anak sedang meninggi bantulah anak agar beristirahat sebanyak mungkin karena dapat membantu tubuh melawan penyakit yang ada didalam tubuh. Perlu diingat bahwa jangan pernah menggunakan gunakan air yang sangat dingin atau air es karena dapat menyebabkan suhu internal tubuh meningkat yang justru dapat menjadi penyebab step pada anak. (Baca Juga: Penyebab Step pada Bayi , Cara Mengatasi Step Pada Anak)

Sponsors Link

  1. Kemangi

Kemangi merupakan tumbuhan yang kaya manfaat yang juga efektif digunakan untuk menurunkan demam. Didalam kemangi terdapat anti inflamasi dan anti bakteri yang sangat efektif sebagai salah satu cara menurunkan panas pada anak saat demam menyerang . Berikut cara untuk membuat ramuan herbal sendiri dirumah dengan menggunakan kemangi:

  • Rebus 20 lembar daun kemangi menggunakan dua gelas air
  • Kemudian masukan satu sendok teh jahe yang telah digeprek
  • Rebus hingga mendidih dan air rebusan berkurang setengah menjadi segelas saja.
  • Tambahkan sedikit madu untuk menambahkan rasa pada air rebusan kemangi tersebut, dan dapat diminumkan pada anak dua atau tiga kali sehari atau sampai demam mereda.

(Baca Juga: Manfaat Daun Kemangi bagi Ibu Hamil , Obat Batuk Herbal untuk Ibu Hamil)

  1. Cuka Sari Apel

Satu lagi obat yang sangat murah juga sangat efektif untuk mengatasi demam pada anak yakni cuka sari apel. Kandungan asam di dalamnya dapat membantu mengurangi panas dari dalam tubuh yang dikeluarkan melaui kulit. Dan lagi cuka sari apel sangat kaya mineral yang tentunya selain menurunkan demam pada anak juga dapat membantu menggantikan mineral yang hilang dari tubuh akibat demam. Berikut caranya:

  • Tambahkan satu setengah cangkir cuka ke dalam air mandi hangat, mandikan anak dalam air tersebut selama lima sampai 10 menit. Setelah 20 menit kemudian demam anak akan mulai berangsur-angsur menurun. Ulangi lagi ketika suhu tubuh mulai meningkat. (Baca Juga: Manfaat Apel Bagi Ibu Menyusui)
  • Namun jangan mandikan anak saat suhu tubuhnya lebih dari 39 derajat celcius karena dapat menyebabkan anak kaget. Perubahan suhu yang drastis dan mendadak dapat berpengaruh buruk pada anak. Rendam kain kompres dalam campuran cuka sari apel dan air bersuhu ruang. (Baca juga: Obat Campak pada Anak)
  • Kompres dahi dan perut anak juga bagian tubuh lainnya, setelah kain berubah hangat kemudian ganti dengan yang baru direndam. Ulangi sesering mungkin hingga demam berkurang. (Baca Juga: Manfaat Buah Apel Hijau Bagi Ibu Hamil)
  • Dapat juga mencampurkan dua sendok teh cuka sari apel dan satu sendok makan madu ke dalam segelas air. Dan dapat diminum dua atau tiga kali sehari. (Baca Juga: Manfaat Apel untuk Ibu Hamil)
  1. Kismis

Selain ditemukan sebagai pemanis kue ternyata kismis juga dapat digunakan untuk membantu tubuh melawan infeksi dan mengurangi demam. Kismis memiliki kandungan yang sarat dengan fitonutrien fenolik, yang dikenal memiliki sifat antibakteri dan antioksidan. Yang dapat juga bertindak sebagai tonik untuk membantu menurunkan pasan pada tubuh anak saat demam tiba-tiba menyerang. (Baca juga: Cara Mengatasi Demam Kejang pada Anak dan Gejalanya)

Berikut langkah-langkah yang diperlukan untuk menurunkan panas pada anak menggunakan kismis:

  • Siapkan 25 kismis dan rendam dalaam segelas air selama kurang lebih satu jam, sampai kismis menjadi lunak.
  • Lumatkan kismis tersebut dalam air dan kemudian saring.
  • Tambahkan perasan lemon atau jeruk nipis dalam air hasil saringan tersebut.
  • Berikan pada anak dua kali sehari pagi dan malam hingga panas tubuhnya mereda.

(Baca Juga: Manfaat Air Tebu Bagi Ibu Hamil , Manfaat Air Kelapa untuk Ibu Menyusui)

Sponsors Link

  1. Jahe

Jahe merupakan tanaman obat yang telah digunakan oleh para orang tua sebagai tanaman herbal yang membantu menghangatkan tubuh saat cuaca sedang dingin. Saat suhu tubuh anak meningkat bisa jadi tubuh sedang terserang infeksi.  Jahe memiliki kandungan antivirus dan juga antibakteri yang dapat membantu sistem kekebalan tubuh dalam melawan segala jenis infeksi. (Baca juga: Gejala masuk angin pada anak dan balita , Manfaat Jahe untuk Ibu Hamil)

Berikut beberapa cara menurunkan demam anak menggunakan jahe yang dapat dilalukan sendiri dirumah.

  • Parut beberapa ruas jahe kemudian seduh dalam air mendidih dam biarkan selama beberapa menit, kemudian setelah dingin tambahkan madu untuk menambah rasa. Berikan pada anak tiga hinggan empat kali sehari hingga panas anak mereda.
  • Orang tua juga dapat menyeduh jahe bersamaan dengan madu dan lemon yang diberikan untuk membantu menurunkan suhu tubuh anak. (baca juga: Manfaat Madu untuk Bayi , Manfaat Jahe Untuk Ibu Menyusui)

Sejatinya demam atau panas pada anak terjadi karena tubuh sedang melakukan perlawanan terhadap serangan penyakit yang mungkin mulai menginfeksi. Orang tua yang bijak tak perlu terlalu tergantung pada obat-obatan bila tiba-tiba suhu tubuh anak meningkat. Penanganan secara alami dapat membantu mengurangi resiko anak alergi obat. Namun bila suhu tubuh anak tak kunjung mereda dengan perawatan tersebut, sangat disarankan untuk diperiksakan ke dokter untuk mengetahui penyebab pasti dan juga pengobatan yang lebih tepat. Sekian penjelasan obat tradisional penurun panas anak semoga bermanfaat. (Baca Juga: Obat Penurun Panas Anak )

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Wednesday 30th, November 2016 / 23:29 Oleh :
Kategori : Kesehatan Anak