9 Vitamin Penumbuh Gigi Anak dan Mineral

Apakah anak – anak membutuhkan suplemen untuk mendorong pertumbuhan gigi? Pada dasarnya tidak karena mekanisme pertumbuhan gigi akan terjadi secara alami. Ketika anak sudah berusaha 6 bulan lebih maka semua gejala akan tumbuh gigi akan muncul sendiri. Hanya saja sumber nutrisi yang dibutuhkan untuk mendorong pertumbuhan gigi memang sangat diperlukan. Nutrisi tersebut mengandung vitamin dan mineral yang penting untuk mendorong pertumbuhan gigi. Berikut ini adalah beberapa vitamin penumbuh gigi anak yang bisa didapatkan secara alami. (baca: gejala anak tumbuh gigi – tanda tanda bayi tumbuh gigi – obat gusi bengkak karena tumbuh gigi )

  1. Vitamin A

Kebanyakan orang tua mengenal vitamin A sebagai salah satu vitamin yang penting untuk menjaga kesehatan mata. Memang fakta itu sangat benar dan vitamin A bisa membantu mata anak terjaga dan memiliki lapisan makula yang sehat. Anak membutuhkan vitamin A sebanyak 700 mcg untuk setiap hari. Vitamin A sangat penting untuk anak karena juga merangsang pertumbuhan kulit yang sehat, menjaga perkembangan mata, membuat tubuh anak tahan terhadap infeksi, membuat pertumbuhan tulang lebih baik, meningkatkan proses metabolisme lemak dan membuat tubuh anak memiliki sel darah merah yang cukup. Efek semua manfaat ini sangat baik untuk mendorong pertumbuhan gigi pada anak sehingga tidak terlambat. Sumber makanan yang sangat disarankan seperti kentang manis, wortel, melon, mangga. (baca: vitamin untuk daya tahan tubuh anakvitamin untuk anak susah makan – manfaat vitabumin untuk anak)

  1. Vitamin B6 (Pyrodixine)

Vitamin B6 ternyata juga sangat penting untuk pertumbuhan gigi anak. Biasanya anak membutuhkan vitamin ini sebesar 1.2 mg per hari. Vitamin B6 bisa membantu pertumbuhan gigi karena sangat penting untuk memicu reaksi jaringan pada bagian gusi. Ini sangat penting diberikan ketika anak sudah menunjukkan beberapa gejala akan tumbuh gigi. Sumber vitamin B6 yang sangat penting untuk anak seperti susu, keju, hati ayam, hati sapi dan jenis makanan yang lain. Hindari memberikan dalam bentuk suplemen karena sumber alami lebih mudah diterima oleh tubuh anak. (baca: manfaat keju untuk bayimanfaat hati ayam untuk bayi)

  1. Riboflavin

Tubuh anak membutuhkan riboflavin sebanyak 1.4 mg. Jumlah ini lebih baik jika diterima dalam bentuk makanan alami dan bukan suplemen. Vitamin  ini sangat penting untuk anak karena bisa membuat anak mendapatkan kesehatan mata yang baik, membuat kulit anak lebih halus, membuat jaringan tubuh anak sangat baik, mendukung pertumbuhan tulang, otot dan gigi. Sumber makanan sehat yang sangat baik untuk anak termasuk seperti yogurt, ikan salmon, jamur, keju, dan daging ayam tanpa lemak. (baca:Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi )

  1. Vitamin B1 (Tiamin)

Anak-anak sebaiknya menerima tiamin sebesar 900 mcg. Ada banyak hal yang bisa Anda dapatkan agar anak bisa memiliki kebutuhan yang cukup. Dalam tubuh bayi sebenarnya mereka merubah karbohidrat yang masuk ke tubuh menjadi sumber energi. Kemudian energi akan membuat perkembangan otak bekerja dengan baik. Selanjutnya pertumbuhan sistem syaraf, otot, tulang dan jantung anak juga menjadi lebih sehat jika memiliki tiamin yang cukup. Anda tidak perlu memberikan suplemen untuk anak karena beberapa makanan seperti kalkun, roti gandum, keju dan susu sudah bisa membantu kebutuhan ini. Anda juga bisa memberikan makanan lain seperti pisang, kentang, ikan tuna kalengan dan dada ayam. (baca: manfaat pisang untuk bayi – Makanan Bayi Alergi Susu Sapi – Jenis Makanan Bayi 7 Bulan


  1. Vitamin B kompleks

Pada dasarnya untuk mendukung pertumbuhan gigi maka anak membutuhkan vitamin B kompleks. Vitamin B3 atau niasin sangat penting untuk membantu anak mendapatkan energi yang cukup kemudian ini juga penting untuk pertumbuhan gigi. Kemudian vitamin B5 bisa membuat anak mencapai pertumbuhan yang normal termasuk untuk gigi, dan vitamin B12 sangat penting untuk membuat tubuh memanfaatkan asam folat dan karbohidrat yang masuk ke dalam tubuh. Jika anak menerima vitamin B yang lengkap maka bisa memiliki kesehatan yang sangat baik. Anda bisa memberikan beberapa makanan seperti ikan, daging ayam, susu, keju, telur, kacang-kacangan dan jenis minyak alami seperti minyak zaitun. (Baca juga: Makanan Bayi Agar Tidak Sembelit , Bubur Bayi 6 Bulan)

  1. Vitamin C

Anak membutuhkan vitamin C sebesar 50 mg per hari. Jumlah ini sangat penting untuk membantu tubuh anak memiliki sistem metabolisme yang baik dan tahan terhadap ancaman penyakit infeksi. Vitamin C juga sangat penting untuk membantu tubuh bayi bisa mendapatkan jaringan yang sehat, mendorong sel tubuh yang sehat, dan membuat tubuh anak memproduksi kolagen. Kemudian vitamin C bisa membuat anak memiliki tulang dan gigi yang sangat sehat. Anda tidak perlu memberikan sumber suplemen dan cukup berikan makanan seperti jus jeruk, stroberi, brokoli, tomat, dan jenis buah lain.  (Baca juga: Manfaat Kentang Bagi Bayi  ,Cemilan Bayi 9 Bulan)

  1. Vitamin D

Kebutuhan anak untuk vitamin D adalah sebesar 10 mcg per hari. Jumlah ini memang termasuk kecil tapi sangat penting untuk mendukung pertumbuhan anak. Vitamin D memiliki peran yang sangat penting termasuk untuk mendukung sistem pertumbuhan tulang dan gigi. Vitamin D juga bisa membuat tubuh anak bisa menyerap sumber mineral yang penting untuk pertumbuhan tulang dan gigi seperti kalsium dan zat besi. Beberapa jenis makanan yang mengandung vitamin D seperti misalnya ikan salmon, telur rebus, margarin, keju, susu dan yogurt. (Baca juga: Manfaat Nasi Merah Untuk Ibu Hamil , Penyebab Anak Tidak Mau Makan


  1. Kalsium

Kalsium  bisa menjadi salah satu mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi anak Anda. Kalsium juga sangat penting untuk membuat anak memiliki pertumbuhan tulang dan jaringan yang kuat. Kebutuhan kalsium anak sekitar 700 mg per hari. Kalsium juga sangat baik untuk membantu tubuh anak bisa memiliki jaringan syaraf yang kuat, otot yang lebih sehat dan bisa membantu mengatasi masalah irama jantung. Sumber makanan yang penting untuk anak dan mengandung kalsium seperti susu, susu kedelai, yogurt, roti, buah kering dan buah segar seperti jeruk dan melon. (Baca juga:Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi , Manfaat Brokoli untuk Anak)

  1. Seng

Seng dibutuhkan anak dengan jumlah sekitar 7 mg per hari. Jumlah ini sangat penting untuk anak karena seng memiliki peran besar untuk pembentukan kerangka tubuh anak. Seng juga bisa membantu pertumbuhan organ tubuh anak, meningkatkan proses dan sistem peredaran darah yang sehat, dan bisa membuat anak memiliki pertumbuhan gigi yang sehat. Beberapa jenis makanan yang bisa diberikan pada anak seperti daging ayam, minyak biji bunga matahari dan ikan sarden dalam kaleng. (baca: cemilan bayi 8 bulan)

Itulah semua jenis vitamin dan mineral yang sangat penting untuk pertumbuhan gigi anak. jika Anda memiliki anak dengan pertumbuhan gigi yang lebih lambat, maka cobalah untuk memberikan beberapa sumber makanan yang mengandung vitamin dan mineral tersebut.

, , ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 01:38 Oleh :
Kategori : Kesehatan Anak
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12