14 Cara Mengajari Anak Bahasa Inggris Paling Mudah    

Bahasa Inggris masih dijadikan bahasa favorit yang harus dipelajari semua orang di dunia. Kebiasaan mengajarkan bahasa Inggris juga sudah banyak dilakukan oleh orang tua. Tidak hanya ketika anak sudah masuk ke sekolah formal,tapi ketika anak berada di dalam rumah. Anak dianggap lebih cepat menyerap pelajaran bahasa asing karena mereka memiliki kapasitas otak yang lebih baik dan perkembangan sel otak yang lebih cepat dibandingkan orang dewasa. Namun memang tidak mudah untuk mengajarkan pelajaran bahasa inggris pada anak-anak.

Baca: cara mengajari anak berenang – cara mengajarkan anak toilet training

Jika Anda memiliki pengalaman buruk saat mengajarkan bahasa inggris pada anak-anak, maka ikuti beberapa cara mengajari anak bahasa inggris seperti dibawah ini.

  1. Mengajarkan dalam waktu singkat dan rutin

Kebiasaan berbahasa inggris untuk anak harus dilakukan dalam waktu yang tidak terlalu lama namun rutin. Misalnya Anda bisa mengajarkan bahasa inggris kepada anak setelah mereka pulang sekolah. Lakukan dengan beberapa cara seperti permainan saling menebak. Menciptakan memori khusus pada saat belajar bahasa asing memang sangat penting untuk dilakukan. Dengan cara ini maka anak bisa mengingat kapan mereka mempelajari kata atau sebuah kosa kata dan mereka tahu apa yang dimaksud.

Baca: cara melatih anak berbicara – cara mengajari anak bicara –  anak lambat bicara – terapi anak terlambat bicara –  penyebab anak terlambat bicara

  1. Belajar dengan permainan kartu

Permainan menjadi cara yang paling cepat untuk mengajarkan bahasa asing bagi anak termasuk bahasa inggris. Selain cara ini lebih mudah diterima oleh pikiran anak,maka permainan selalu menciptakan kesan santai dan menyenangkan. Ada banyak jenis permainan yang bisa Anda lakukan, salah satunya adalah permainan kartu. Permainan kartu yang bisa digunakan misalnya melibatkan beberapa macam tema seperti permainan dengan tema kartu buah, nama alat kendaraan, nama hewab, nama bunga,nama makanan dan berbagai jenis kartu lain. Lakukan permainan dengan sistem saling menebak nama dan dilakukan secara bergantian.

Baca:  cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan – cara mengajari anak membaca – cara melatih anak membaca

  1. Belajar dengan praktek praktis setiap hari

Belajar bahasa inggris jika digunakan hanya saat belajar saja maka hasilnya tidak akan efektif. Namun cara mempelajari secara langsung dengan praktek lebih baik untuk anak-anak. Anda juga bisa menerapkan dengan cara ini. Misalnya adalah berbicara bahasa Inggris secara langsung kepada anak-anak. Jika mereka tidak mengerti dengan kata yang diucapkan maka jelaskan artinya. Misalnya seperti meminta anak tolong matikan lampunya, tolong ambilkan gelas di dapur. Cara ini sangat baik karena selain membuat anak mengerti kosa kata namun juga tata bahasa. Dan kewajiban orang tua adalah melakukan percakapan dalam bahasa inggris dengan benar

Baca: Cara mendidik anak usia dini – cara mengatasi anak susah belajar – cara mendidik anak usia 5 tahun

  1. Belajar dari buku dongeng

Anak anak selalu merasa tertarik ketika harus belajar dari buku dongeng atau buku cerita. Buku dongeng yang memiliki banyak tampilan warna dan cerita ringan bisa membantu anak belajar bahasa inggris dengan cepat. Anda bisa mulai dengan membacakan cerita setiap malam dengan bahasa inggris, lalu ikuti dengan artinya. Saat membaca maka jelaskan artinya dengan detail dan juga tata bahasa yang digunakan. Lalu setelah itu tanyakan kepada anak mengenai arti cerita dalam bahasa Inggris. Jika mereka masih menjawab dalam bahasa Indonesia,maka itu tidak apa-apa. Anak-anak akan berkembang sesuai dengan kondisi perkembangan kecerdasan mereka sendiri.

Baca : cara mendidik anak usia 1 tahun – cara mendidik anak usia 2 tahun– cara mendidik anak usia 3 tahun 

  1. Belajar dengan lagu

Lagu atau nyanyian menjadi cara yang sangat baik untuk mengajari anak – anak bisa berbahasa Inggris. Selain caranya yang sangat mudah lagu juga bisa membantu anak mengucapkan kata dengan benar, kemudian secara langsung juga akan membantu anak mengerti artinya. Ada banyak jenis lagu yang memang dirancang untuk belajar bahasa Inggris. Misalnya lagu tentang binatang, bunga, permainan anak, dan berbagai tokoh yang disukai oleh anak-anak. Anda harus menyertakan gerakan ketika anak belajar lagu bahasa Inggris. Terkadang lagu-lagu dalam bahasa Inggris juga bisa membuat anak memiliki suasana hati yang baik saat belajar sehingga mereka terdorong untuk belajar dengan rajin.

Baca: cara mengajari anak berhitung – cara mendidik anak agar berani

  1. Belajar dengan video

Selain dengan lagu maka anak-anak juga bisa  belajar bahasa Inggris dengan mudah dari tayangan video. Video untuk belajar bahasa Inggris biasanya dilengkapi dengan teks bacaan sehingga ketika anak sudah bisa membaca maka proses belajar menjadi lebih mudah. Dalam video biasanya juga ada instruktur yang mengajari tata bahasa sehingga anak lebih paham. Anda bisa memutar video saat anak sedang santai dan mereka melihat video seperti menonton film kesukaan. Kemudian dalam video biasanya juga dilengkapi dengan pengulangan kata. Saat itu maka anak-anak juga akan belajar cara pengucapan setiap kata dalam bahasa Inggris.

  1. Belajar dari yang paling mudah

Mengenalkan pelajaran bahasa Inggris untuk anak-anak harus dimulai dari yang paling mudah. Cara ini akan membantu anak bisa belajar dengan cepat. Anda bisa mencoba beberapa topik untuk menjadi pelajaran pertama seperti warna, angka, kata sifat, mainan, jenis pakaian, nama anggota tubuh, nama hewan, nama pekerjaan,nama makanan dan beberapa kata benda lain. Hal pertama yang perlu ditekankan adalah bagaimana cara anak bisa melafalkan dengan benar, mengucapkan dengan benar, mengetahui artinya dan bisa membaca dengan benar. Lakukan secara berulang – ulang sehingga anak bisa mengingat pelajaran dengan benar.

  1. Bermain sambil belajar

Tehnik untuk mengajari anak bisa berbahasa Inggris dengan cepat juga harus dilakukan dengan cara yang menyenangkan. Salah satunya adalah selalu belajar sambil bermain. Permainan bisa dirancang sesuai dengan kemampuan bahasa Inggris anak. Misalnya anak baru bisa mengerti tentang warna maka permainan harus dibuat sesuai dengan warna yang menjadi kemampuan anak. Kemudian ketika anak salah maka jangan memberikan hukuman, karena permainan ini bersifat untuk menyenangkan anak saat belajar bahasa Inggris.

Baca: cara mengajari anak menulis rapi

  1. Permainan tebak gambar

Permainan yang lain yang bisa dilakukan untuk membuat anak bisa mengerti bahasa Inggris dengan cepat adalah mencoba untuk membuat tebak gambar. Isi beberapa nama gambar tersebut dengan huruf tertentu sebagai petunjuk. Ketika anak mendapatkan giliran untuk menebak nama sebuah gambar maka berikan petunjuk huruf tersebut. Cara ini tidak hanya membuat anak mengerti tentang bahasa Inggris tapi juga bisa menulis dan mengeja kata dalam bahasa Inggris.

  1. Belajar dengan bacaaan sederhana

Anda juga bisa mencoba mengajari anak bahasa Inggris dengan bacaan yang sederhana. Bacaan sederhana bisa berbentuk puisi atau cerita singkat. Cerita yang singkat bisa membantu anak menguasai dengan cepat setiap kosa kata yang diajarkan. Anda bisa membaca pertama kali lalu menjelaskan semua artinya mulai dari setiap kosa kata. Kemudian minta anak untuk membaca ulang dan berikan keterangan jika mereka salah mengucapkan kata atau dalam mengeja setiap huruf. Lakukan cara ini dengan santai sehingga anak – anak tidak akan tertekan.

  1. Memasang semua petunjuk di rumah

Bahasa Inggris menjadi lebih mudah dipelajari jika dipraktekkan secara langsung. Cara ini bisa dimulai lebih cepat ketika anak masih sangat muda. Anda perlu memberi tulisan di semua benda-benda yang ada di rumah. Misalnya pintu ditempeli dengan kata “door”, jendela dengan “window” dan semua benda lainnya. Ketika Anda ingin meminta tolong anak maka ungkapkan dengan bahasa Inggris. Anak-anak akan merasa penasaran benda yang Anda maksud. Selain itu saat santai maka anak-anak bisa mencoba untuk mempelajari nama benda sambil bermain.

  1. Belajar di luar rumah

Belajar bahasa Inggris tidak harus di dalam rumah. Anda bisa mencobanya di halaman rumah atau di mana saja ketika Anda keluar rumah. Cara ini bisa dilakukan dengan baik namun tidak menyebabkan anak mudah jenuh atau bosan. Misalnya Anda mengajak anak untuk pergi ke pasar atau supermarket. Kemudian sebut nama benda yang ingin Anda beli dengan bahasa Inggris. Anak akan menjadi lebih paham karena mereka tahu nama benda yang benar-benar nyata. Ini juga sangat baik untuk meningkatkan fungsi memori anak. 


  1. Menggunakan tangan atau isyarat secara aktif

Inti dalam mengajarkan bahasa Inggris pada anak adalah bagaimana anak-anak bisa memahami bahasa Inggris tanpa harus merasa terpaksa. Anda bisa mencobanya dengan menggunakan tangan untuk menyebutkan sebuah nama benda. Kemudian ulangi dengan kata yang diucapkan dari mulut. Lalu minta anak untuk menyebutkan nama benda yang dimaksud. Isyarat tangan memang bukan termasuk cara yang harus dilakukan namun cara ini bisa membantu anak mengenal bahasa karena sistem memori yang identik dengan isyarat.

  1. Tidak memberi tekanan saat proses belajar

Kemudian bagian yang penting saat melakukan cara mengajari anak bahasa Inggris adalah tidak memberikan tekanan yang berat pada anak. Beberapa anak terkadang memiliki pemikiran khusus bahwa bahasa Inggris adalah hal yang menakutkan, sama seperti ketika mereka takut dengan matematika atau pelajaran lain. Jadi Anda harus menerapkan bahwa cara untuk belajar bahasa Inggris memang sangat menyenangkan. Tidak ada hal yang menakutkan dari pelajaran bahasa Inggris dan memang mudah.

Baca: cara mengatasi anak tantrum –  cara mendidik anak hiperaktif – penyebab anak hiperaktif – cara mengatasi anak hiperaktif – cara mendidik anak hiperaktif – dampak membentak anak

Banyak orang tua yang bisa melakukan cara mengajari anak bahasa Inggris dengan cara yang sederhana. Kunci dalam mengajarkan bahasa asing adalah memanfaatkan daya visual dan juga memori anak. Kebiasaan sangat penting untuk membuat anak mengerti bahwa bahasa Inggris adalah bahasa yang menyenangkan

, , , ,
Post Date: Tuesday 27th, December 2016 / 08:59 Oleh :
Kategori : Parenting
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12