Sponsors Link

9 Cara Mengajari Anak Sikat Gigi Paling Efektif dan Mudah

advertisement

Apakah anak Anda masih merasa malas dan harus dipaksa ketika akan sikat gigi? Pada dasarnya ini mungkin masalah yang dialami oleh semua orang tua. Anak-anak memang merasa menyikat gigi menjadi bagian yang tidak menyenangkan ketika mereka ada di kamar mandi. Sementara membersihkan gigi sangat penting untuk menjaga agar gigi tetap sehat dan bersih. Sebenarnya kapan anak harus mulai belajar menyikat gigi? Kebiasaan ini seharusnya sudah dimulai sejak dini, bahkan saat masih bayi. Anda bisa mencoba untuk membersihkan mulut bayi setelah bayi minum susu. Kemudian ketika bayi sudah menunjukkan tanda tanda bayi tumbuh gigi maka kebiasaan menyikat gigi dikenalkan secara rutin.

Baca juga: obat sakit gigi untuk ibu menyusui – obat tradisional sakit gigi untuk ibu hamil – cabut gigi saat hamil

Terkadang memang sulit untuk menerapkan kebiasaan menyikat gigi pada anak-anak. Berikut ini adalah beberapa contoh cara mengajari anak sikat gigi sejak dini.

  1. Mengajak sikat gigi bersama

Anak-anak yang belum mencapai usia 2 tahun masih membutuhkan contoh yang baik ketika menyikat gigi. Orang tua bisa memberikan gambaran bahwa menyikat gigi tidak akan menyakitkan. Sehingga pertama yang perlu dilakukan adalah mengajak anak untuk sikat gigi bersama. Jangan pernah meninggalkan anak melakukan hal ini sendiri. Menyikat gigi bersama dengan orang tua bisa menjadi nmotivasi. Anda bisa mengajak anak untuk melakukan gerakan yang sama sambil menghadap cermin. Kemudian setelah selesai maka ajak anak untuk memeriksa gigi di depan cermin. Perlihatkan perbedaan sebelum dan setelah menggosok gigi.

Baca:cara mendidik anak agar nurut – cara mendidik anak agar percaya diri – cara mendidik anak usia 1 tahun

  1. Bermain dokter gigi dengan anak

Anak-anak pada dasarnya membutuhkan contoh yang sangat nyata. Ketika mereka hanya menerima cerita maka hal itu dianggap tidak terlalu menyenangkan. Anda bisa mencoba untuk berpura pura menjadi dokter gigi. Lalu ambil beberapa boneka yang memiliki gigi yang bersih. Lalu lakukan cara untuk menyikat gigi. Anda bisa menggunakan sikat gigi yang sebenarnya dan lakukan gerakan menyikat gigi yang benar. Anak mudah merekam dari permainan dan mereka juga memiliki ingatan yang kuat tentang penjelasan dengan metode ini. (Baca: cara mengobati anak sakit gigi)

  1. Diskusi saat menyikat gigi bersama

Diskusi bisa menjadi hal yang sangat menyenangkan untuk anak-anak. Pada dasarnya anak selalu mencari contoh dan diskusi bisa membuat orang tua menjadi lebih paham dengan keinginan orang tua. Anda bisa mengajak anak diskusi ketika sedang menyikat gigi. Pertama Anda bisa mencoba untuk melakukan pembicaraan mengenai manfaat menyikat gigi. Setelah itu buah kisah yang selalu diinginkan oleh anak ketika sedang menyikat gigi. Anda bisa bercerita tentang  binatang atau dongeng yang menarik untuk anak. Dengan cara ini maka anak berpikir bahwa mereka selalu mendapatkan cerita saat menyikat gigi bersama orang tua.

Baca: terapi anak terlambat bicara – penyebab anak terlambat bicara – cara mengajari anak bicara – cara melatih anak berbicara

  1. Mengajari dengan kartun atau video

Memberikan cara untuk menyikat gigi tidak harus dilakukan secara langsung. Anda bisa mencoba untuk melakukan cara mengajari anak sikat gigi dari film kartun atau video. Ambil beberapa jenis video khusus yang memang memiliki tema gigi. Biasanya anak awalnya tidak terlalu perhatian dengan gigi namun ketika mereka menerima contoh dari kartun idola mereka akan mengikutinya. Beberapa dasar kebersihan mulut yang lengkap akan sangat menarik untuk anak. Jika sudah seperti ini maka ajari anak untuk menyikat gigi dengan benar. (Baca: cara mengajari anak bahasa inggris

Sponsors Link

  1. Biarkan anak memilih sikat gigi dan pasta gigi sendiri

Jika Anda mengunjungi toko maka semua perlengkapan gigi untuk anak memang memiliki bentuk dan desain yang sangat menarik. Tidak hanya warna atau bentuk saja tapi juga karakter yang digambarkan pada kemasan pasta gigi. Anda bisa mencoba untuk mengajak anak menentukan keperluan mereka sendiri. Berikan kebebasan pada anak untuk memilih pasta gigi dan sikat gigi mereka sendiri. Kemudian katakan kepada anak bahwa mereka berjanji untuk menggunakan semua perlengkapan itu. Dengan cara ini maka anak lebih mengerti dan menurut.

Baca : cara mendidik anak usia 1 tahun – cara mendidik anak usia 2 tahun– cara mendidik anak usia 3 tahun

  1. Mengajak anak ke dokter gigi

Pemeriksaan gigi secara rutin tidak hanya dilakukan oleh orang tua. Anak-anak juga harus mulai melakukan cek gigi secara rutin sejak dini. Anda bisa membawa anak ke dokter gigi ketika mereka sudah mulai memiliki gigi. Anda bisa mencoba untuk memilih dokter gigi khusus anak yang ramah, memiliki tempat praktek yang ramah anak, dan berbagai jenis tujuan khusus untuk anak. Pada awalnya anak akan merasa takut dan tidak nyaman, namun ketika mereka sudah terbiasa maka tempat dokter gigi tidak menakutkan lagi. Kemudian biasanya dokter akan menjelaskan mengapa anak harus menyikat gigi dengan cara yang menyenangkan. Hal ini juga penting untuk membiasakan anak menyikat gigi dengan benar.

  1. Membiarkan anak bermain dengan pasta gigi

Langkah lain sebagai cara mengajari anak sikat gigi adalah membiarkan anak bermain dengan pasta gigi. Pasta gigi untuk anak biasanya memiliki rasa dan karakter yang menyenankan seperti rasa buah. Bahkan beberapa jenis pasta gigi untuk anak sangat aman sehingga tidak berbahaya jika tertelan, meskipun Anda harus mencegah kebiasaan ini. Lalu biarkan anak menggosok gigi dengan benar dan membuat gelembung. Biarkan anak bermain dengan gelembung itu sehingga anak tertarik untuk membersihkan gigi secara teratur.

  1. Mengajarkan cara menyikat gigi dengan nyanyian

Anak-anak biasanya lebih tertarik dengan nyanyian saat menggosok gigi. Anda juga bisa melakukan cara ini untuk menarik perhatian anak.  Berikan sebuah nyanyian mulai dari awal bergerak ke kamar mandi, mengambil sikat gigi, memberikan pasta gigi lalu mulai menyikat gigi. Cara ini akan membuat anak merasa tidak jenuh atau malas saat menyikat gigi. Beberapa anak yang sudah terbiasa tidak akan menyanyi lagi dan mereka akan menyikat gigi seperti orang dewasa. (baca: cara mengajari anak berhitung – cara mendidik anak agar berani

Sponsors Link

  1. Mempelajari dari buku

Buku berwarna bisa membantu anak belajar menyikat gigi dengan benar. Pertama Anda harus memilih buku berwarna yang bisa mengesankan untuk anak. Buku seperti ini biasanya berisi tokoh karakter seperti macam-macam gigi. Kemudian juga  berisi tentang fungsi gigi dan bagaimana cara untuk membersihkan gigi. Semua karakter gigi yang berkesan lucu dan nyata akan membantu anak bahwa mereka harus melakukan seperti yang dikatakan oleh karakter dalam buku. Cara ini bisa membuat anak lebih cepat belajar.

Baca:

Setelah anak-anak terbiasa dengan cara mengajari anak sikat gigi maka berikan pujian atau hadiah. Kebiasaaan memberikan pujian bisa membantu anak untuk mendapatkan prestasi atau kemampuan yang lebih. Selain itu jangan membentak anak ketika mereka merasa malas untuk menggosok gigi, sebab Anda bisa menyebabkan trauma. Lebih baik jika Anda merayu anak dengan mainan atau sebuah benda yang menyenangkan untuk anak.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 29th, December 2016 / 08:03 Oleh :
Kategori : Parenting