Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Pada Malam Hari

advertisement

Waktu tidur bayi memang tidak bisa diperediksi, ada yang mudah untuk ditidurkan dan ada yang susah untuk ditidurkan. Tapi setiap orang tua selalu punya cara tersediri saat menidurkan sang buah hati. Saat bayi baru lahir mungkin waktu tidurnya masih normal atau bahkan lebih sering tidur. Hal ini mungkin belum terlalu membuat orang tua kesulitan untuk menidurkannya. Namu, saat bayi berusia 3 bulan, mereka akan lebih susah tidur dan memiliki waktu tidur yang tidak teratur. Mengatasi bayi yang susah tidur memang harus memakai trik-trik khusus. Para Ibu tentunya tau apa yang harus mereka lakukan.(Baca juga:Penyebab Anak Susah Tidur Saat Siang dan Malam , Penyebab Bayi Menangis Terus Menerus )

Semakin bertambahnya usia bayi memang akan mengalami waktu tidur yang tidak terartur. Ini biasanya dikarenakan dengan proses tumbuh kembangnya sehingga ia lebih aktif dari pada saat bulan pertama setelah lahir. Bayi susah tidur umumnya dialami saat berusia 3 bulan keatas. Ini tentunya akan membuat orang tua juga kehilangan waktu tidur karena harus menemani sang buah hati. Beberapa Ibu akan merasa khawatir jika bayi terus-terusan mengalami hal seperti ini. Menurut beberapa Dokter spesialis anak, setiap orang tua pastinya memiliki cara tersendiri dalam menidurkan sang buah hati. Tanpa disadari, Ibu memang memiliki cara alami agar bayi mudah tertidur, khususnya pada malam hari.

Baca juga:

Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur

1.Mengusap Tubuhnya Dengan Air Hangat

Bayi yang susah untuk tidur mungkin merasa tidak nyaman terhadap suatu hal, misalnya ia kepanasan atau kedinginan. Bisa juga karena ingin mendapatkan sentuhan yang lebih hangat dari sang Bunda. Cara untuk membuatnya merasa hangat adalah dengan menngusap tubuhnya menggunakan air hangat. Gunakan handik kecil, kemudian celupkan pada air hangat dan usapkan pada tubunya. Ini dapat membuat bayi lebih merasa nyaman dan hangat sehingga ia lebih mudah untuk tidur.(Baca juga: Cara Memerah ASI Dengan Tangan Paling Aman dan Steril , Bahaya Belerang Bagi Ibu Hamil Muda dan Tua )

Sponsors Link

2.Mengurangi Tidur Siang

Waktu tidur bayi yang tidak wajar seringkali membuat orang tua kesulitan untuk menidurkan pada malam hari. Faktor utama bayi susah tidur pada malam hari adalah terlalu lama todur di siang hari. Atau bahkan bayi lebih sering mengantuk pada siang hari. Untuk menghindari agar ia tidak terlalu banyak tidur di siang hari, sebaiknya ajak ia keluar rumah dan melihat sekitar rumah. Dengan melihat sekitar, rumah akan membuat bayi melihat suasana lain sehingga ia tidak merasa ngantuk.

Baca juga:

3.Membuat Perbedaan Waktu Tidur Pada Bayi

Suasana siang dan malam memang belum begitu dirasakan oleh bayi. Namin sebagai orang tua harus mengakalinya. Salah satu cara adalah dengan mematikan lampu pada kamar. Usahakan jangan terlalu gelap karena bayi belum terbiasa dengan hal-hal yang gelap. Gunakan lampu tidur yang nuansanya lebih redup. Suasanya redup dan tenang akan membuat nayi lebih cepat tertidur. Sementara saat siang hari, tempatkan bayi pada ruangan terbuka sehingga suasananya lebih terang. Nuansa terang akan membuat bayi lebih aktif melakukan hal baru seperti, tengkurap, manarik-narik selimut yang ada disekitar dan lain-lain. Dengan lebih memperhatikan hal seperti ini pastinya kan membuat bayi lebih cepat tidur pada malam hari.(Baca juga: Pola Makan Bayi 3 Bulan , Penyebab Amandel Pada Anak )

4.Memberikan Susu Atau ASI

Bayi yang kenyang akan lebih cepat mengalami ngantuk dan tidutr dengan lebih nyenyak. Salah satu penyebab bayi susah tidur yang tidak disadari oleh para orang tua adalah rasa lapar. Untuk itu para Ibu harus memahami kapan saat yang tepat untuk memberikan ASI atau susu formula saat akan tidur. Bagi bayi yang masih menyusu, sebaiknya para ibu memberi ASI saat malam sebelum ia tidur karena pemberian ASI akan membantunya lebih merasa nyaman sehingga lebih mudah untuk tidur. Untuk bayi yang sudah tidak diberi ASI, Para Ibu bisa membuatkan segelas susu sebelum tidur aagar bayi dalam keadaan kenyang. Mimebiasakan minum susu sebelum todur juga akan membuat pertumbuhan bayi lebih sehat.

Sponsors Link

Baca juga:

5.Aroma Terapi Pada Kamar Bayi

Pemberian wewangian terapi seperti ini biasanya di letakkan pada kamar bayi yang tidurnya sudah dipisahkan dari kamar orang tuanya. Namun, jik bayi masih tidur bersama orang tuanya, pemakaian aroma terapi juga sangat penting untuk membuat tidur lebih nyenyak. Hal ini tidak hanya memberikan rasa nyenyak pada bayi tapi juga terhadap oara orang tua. Kandungan zat yang terdapat pada aroma terapi dapat membuat seseorang lebih nyaman sehingga lebih mudah tidur, khususnya bagi orang yang sering mengalami gangguan tidur.(Baca juga: Cara Mengatasi Morning Sickness Ibu Hamil , Penyebab Mual Saat Hamil )

Seringkali bayi yang sulit tidur membuat orang tua merasa khawatir, hal ini kemudian dikaitkan dengan beberapa masalah keehatan terhadap bayi, Tapi menurut salah satu Dokter anak di Rumah sakit ternama, gangguan tidur pada bayiadalah hak yang wajar karena pengaruh tumbuh kembang bayi yang terjadi setiap harinya. Orang tua tidak perlu menghkawatirkan hal ini. Yang dilakukan hanya mencari berbaagai cara ampuh agar bayi lebih mudah tidur dan memiliki waktu tidur yang teratur.

Baca juga:

Waktu tidur bayi memang tidak tidak bisa diprediksi. Kadang bayi tidur sepanjang hari namun akan mengajak bergadangada malam hari. Hal ini merupakan hal yang wajar dan memberikan sensasi tersendiri bagi para orang tua. Ini biasanya akan dialami oleh bayi berumur 2 bulan keatas. Usia 2 bulan keatas akan membuat bayi lebih banyak mengajak begadang karena waktu tidur yang lebih banyak pada waktu pagi dan siang hari. Banyak cara yang dilakukan agar bayi lebih cepat tidur di malam hari sehingga para ibu juga akan merasakan tidur yang cukup.(Baca Juga: Cara Mengatasi Anak Susah Tidur , Penyebab Anak Susah Tidur)

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Saturday 19th, November 2016 / 12:55 Oleh :
Kategori : Parenting