Sponsors Link

21 Cara Menidurkan Bayi dengan Cepat Tanpa Rewel    

advertisement

Pola tidur bayi 0 – 12 bulan umumnya memang sangat berbeda-beda sesuai dengan umur bayi. Biasanya bayi yang masuk usia satu minggu pertama setelah dilahirkan, maka mereka akan tidur lebih banyak. Setelah minum ASI atau susu formula bayi sangat mudah untuk tidur. Namun ketika usia bayi bertambah selama beberapa bulan maka mereka menjadi sulit untuk tidur. Bahkan mereka juga tidak mudah tidur setelah digendong. Ibu mungkin merasa khawatir jika bayi tidak cukup tidur sehingga bayi bisa lebih mudah sakit. (baca: cara menjaga bayi agar tidak mudah sakit – pola tidur bayi 1 bulan)

Setelah melakukan beberapa usaha mungkin ibu masih tidak bisa mengatasi bayi yang sulit tidur. Berikut ini adalah beberapa cara menidurkan bayi dengan cepat, tanpa harus menyebabkan bayi menangis terus menerus.

  1. Jangan melakukan kontak mata dengan bayi

Biasanya ibu mungkin merasa sangat senang untuk merawat bayi yang baru lahir. Kemudian ibu akan melakukan kontak mata untuk meningkatkan ikatan batin. Namun sayangnya cara ini bisa mengurangi rasa mengantuk bayi,karena mereka mengembangkan daya visual dari mata ke otak. karena itu ibu jangan memandang bagian mata anak dan biarkan mata bayi melihat ke arah yang mereka senangi.

Informasi kesehatan mata bayi:

  1. Mandikan bayi atau lap tubuh bayi

Memandikan bayi atau mengelap tubuh bayi dengan air hangat bisa membantu bayi menghilangkan rasa panas dan berkeringat. Umumnya bayi bisa mengeluarkan keringat banyak dan mungkin juga menyebabkan biang keringat serta bintik merah pada kulit bayi. Anda bisa mencoba untuk memandikan bayi dengan wangi-wangian bayi yang khas, atau hanya sekedar mengelap tubuh bayi. Cara ini sangat baik untuk bayi karena mereka merasa lebih nyaman dan mudah untuk tidur cepat. Anda bisa mencoba melakukan cara memandikan bayi baru lahir Memandikan bayi juga bisa menjadi cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir dan obat gatal untuk bayi.

Baca: cara merawat bayi baru lahir –  cara melebatkan rambut bayi

  1. Ibu bisa ikut tidur

Sebuah fakta terungkap bahwa ketika bayi tidur bersama dengan ibunya, mereka bisa memiliki kualitas tidur yang lebih baik. Anda bisa mencoba untuk tidur bersama meskipun ketika bayi ditidurkan di keranjang bayi. Cara ini bisa membuat bayi merasa lebih tenang, tidak terlalu cemas dan sangat nyaman untuk tidur bersama orang tua. Cara ini bisa dilakukan dengan menyusui sambil tiduran sesuai dengan usia dan kemampuan fisik bayi. Namun jangan terlalu dibiasakan karena bayi bisa tumbuh menjadi anak yang manja dan rewel. (baca: cara mengatasi anak manja – cara mendidik anak agar berani)

  1. Berikan ASI

ASI atau susu formula bisa menjadi minuman yang sangat dinikmati oleh bayi. Mereka bisa menjadi lebih mudah tidur ketika minum ASI atau setelah minum ASI. Jika usia bayi sudah cukup maka Anda bisa mencoba menyusui sambil tidur. Bayi akan merasa lebih tenang karena perut kenyang dan mereka juga tidak takut untuk lapar. Jika Anda memberikan ASI perah maka cara ini bisa dilakukan dengan menggunakan botol susu.

  1. Berikan gedong bayi

Cara membedong bayi dengan benar bisa menjadi cara menidurkan bayi yang sangat efektif. Untuk bayi yang baru lahir maka Anda bisa mencoba membuat bayi tidur lebih cepat dengan cara memberikan gedong bayi. Ingat bahwa bayi yang baru lahir bisa berbahaya jika diberikan selimut longgar karena mungkin itu bisa menutup wajahnya dan menyebabkan bayi sesak nafas. Sementara gedong bayi akan membantu tubuh bayi menjadi lebih hangat, seperti ketika mereka ada di rahim. Namun cara ini hanya bisa dilakukan sampai bayi berusia 2 sampai 3 bulan agar tidak terkena bahaya bedong bayi

ads

  1. Gunakan humidifier untuk kamar bayi

Anda juga bisa mencoba menciptakan lingkungan yang nyaman untuk ruang tidur bayi. Mungkin bayi Anda susah untuk tidur karena udara di ruangan yang pengap dan tidak nyaman. Humidifier bisa membantu ruangan tidur bayi menjadi lebih nyaman dan sangat sejuk. Tingkat kelembapan ini juga sangat baik untuk menjaga fungsi paru-paru bayi. Jika  bayi Anda sudah berusia lebih dari 6 bulan maka Anda juga bisa menambahkan aromaterapi seperti lavender. Namun cara ini tidak disarankan untuk bayi yang berumur kurang dari 6 bulan. Memasang humidifier juga bisa menjadi cara mengatasi pilek pada bayi

  1. Lihat gejala bayi susah tidur cepat

Beberapa bayi memang susah untuk tidur cepat karena mereka memiliki gangguan pada sistem tubuhnya. Salah satunya adalah adanya penyakit GERD atau gastroesophageal reflux. Penyakit ini akan menyebabkan kerusakan otot pada bagian kerongkongan sehingga asam dari perut akan selalu naik ke atas. Kondisi ini biasa disertai dengan beberapa gejala seperti nafas yang berbunyi, menangis terus menerus, perut kembung pada bayi, penyebab bayi gumoh, anak tersedak saat minum susu, dan kolik. Jika bayi mengalami seperti ini maka segera cari bantuan medis agar bayi mendapatkan perawatan. (baca: cara mengatasi kolik pada bayi)

  1. Cobalah menenangkan bayi

Cara menidurkan bayi dengan cepat juga bisa dilakukan dengan mencoba untuk menenangkan bayi. Bayi yang akan tidur bisa merasa lebih panik dan tidak nyaman karena perasaan yang sulit untuk dimengerti oleh orang tua. Mereka juga tidak bisa mengatakan mengapa mereka sulit tidur. Namun Anda bisa mencoba menenangkan bayi dengan cara memegang halus bagian perut, lengan atau kepala bayi sambil menerapkan posisi tidur bayi yang baik. Belain dari tangan ibu bisa membantu bayi tidur dengan cepat karena mereka merasa sangat nyaman. (baca: Penyebab bayi menangis terus – penyebab bayi rewel)

  1. Menepuk pelan pantat bayi

Bayi yang sulit untuk tidur sebenarnya bukan masalah yang berat. Anda bisa mencoba untuk menggendong bayi sambil menepuk lembut bagian pantat bayi. Cara ini akan membuat bayi merasa seperti mendapatkan pijatan. Selama Anda menepuk lembut maka bayi menikmatinya sehingga mereka merasa sangat mengantuk. Jika bayi tidak suka dengan cara ini maka jangan memaksa karena bayi Anda mungkin akan menangis.

  1. Menggendong bayi

Apakah Anda sudah melakukan beberapa cara dan bayi tetap tidak mau tidur? Anda bisa mencoba untuk menggendong bayi dengan posisi yang paling nyaman untuk bayi. Manfaat menggendong bayi seperti gerakan membuai bayi bisa membuat bayi sangat mengantuk. Mereka juga bisa menjadi lebih tenang, tidak menangis dan dalam waktu singkat biasanya bayi akan cepat tidur. Tapi kebiasaan ini biasanya tidak terlalu baik, karena bayi Anda menjadi sangat tergantung dan kurang mandiri. Karena itu lakukan cara ini hanya ketika terpaksa saja.

  1. Tidurkan bayi tepat waktu

Bayi yang terlalu lelah atau kurang tidur biasanya akan sulit tidur pada saat Anda membuat mereka tidur. Walaupun Anda sudah mencoba beberapa cara maka sangat sulit untuk membuat bayi bisa tidur. Jika seperti ini maka cobalah untuk menidurkan bayi sesuai dengan waktu tidur mereka. Biasanya bayi akan mengulang waktu tidur selama beberapa kali sampai mereka berusia beberapa minggu. Lalu waktu tidur mereka akan berkurang secara alami. Karena itu Anda bisa mencoba untuk membuat bayi selalu tidur tepat waktu. Kebiasaan ini bisa mengatasi berbagai penyebab anak susah tidur malam. (baca: cara mengatasi anak susah tidur)

  1. Pijat bayi sebelum tidur

Penyebab bayi Anda tidak bisa tidur mungkin karena tubuh mereka terlalu lelah. Hal ini sering ditandai dengan bayi sering menggeliat. Semua bagian otot tubuh bayi mungkin terasa lemah dan tidak nyaman. Karena itu Anda bisa mencoba untuk membuat bayi cepat tidur dengan memberikan pijatan. Anda bisa memijat bayi dengan lembut pada bagian tubuh tertentu seperti yang dilakukan di baby spa. Anda bisa mencoba menggunakan minyak yang hangat untuk membuat tubuh bayi merasa lebih hangat. (baca:  manfaat baby spa – Cara melakukan pijat bayi yang benar –

  1. Berikan pakaian bayi yang nyaman

Beberapa jenis pakaian yang terbuat dari bahan sintetis bisa membuat bayi sulit untuk tidur. Anda bisa mencoba melakukan cara menidurkan bayi dengan cepat dengan cara mengganti pakaian bayi dengan piyama bayi berbahan katun. Kain ini sangat lembut dan nyaman untuk kulit bayi. Kain ini juga bisa menyerap keringat bayi dengan baik sehingga bayi tidak merasa panas. Kemudian jangan menerapkan pewangi pakaian yang terlalu banyak pada pakaian bayi karena bayi bisa merasa lebih sensitif dan bisul pada bayi. (baca: tips memilih baju bayi baru lahir)

  1. Perhatikan suhu ruangan bayi

Suhu ruangan menjadi pertimbangan khusus untuk membuat bayi lebih cepat tidur. Jika suhu terlalu hangat maka bayi bisa merasa panas dan mereka menjadi sulit tidur. Jika mereka mendapatkan suhu yang terlalu dingin maka kondisinya juga tidak nyaman untuk bayi. Penggunaan AC untuk kamar bayi harus diatur dengan suhu yang paling nyaman untuk bayi. Ini sangat baik untuk menjaga kesehatan bayi agar tidak terkena dampak buruk AC pada bayi. (baca: bahaya AC bagi balita

Sponsors Link

  1. Buat cahaya ruangan menjadi redup

Cahaya untuk ruangan bayi harus dibuat redup sehingga bayi bisa merasa lebih nyaman. Cahaya yang redup juga sangat baik untuk membantu bayi bisa tidur dengan nyenyak. Anda bisa mencoba mematikan lampu kamar bayi saat malam hari dan hanya menyalakan lampu tidur. Kemudian pada siang hari maka tutup tirai kamar bayi sehingga hanya ada cahaya ringan saja. Kondisi ini juga bisa membantu bayi mengenali siang dan malam, sehingga mereka tahu kapan harus tidur.

Baca: cara mengatasi bayi kuning – penyebab bayi kuning

  1. Membiasakan tidur bayi tidur siang

Tidur siang sangat baik bayi karena ini bisa membuat bayi bisa istirahat dengan baik. Anda bisa mencoba membuat bayi memiliki pertumbuhan fisik yang lebih sehat. Kebiasaan tidur siang untuk bayi juga sangat baik karena mereka bisa tidur malam dengan cepat. Ketika bayi tidur maka mereka memiliki pertumbuhan otot dan sistem syaraf yang terjadi dengan cepat. Jadi waktu tidur akan membuat semua bagian organ bayi tetap sehat.

  1. Coba periksa popok bayi Anda

Mungkin bayi Anda merasa tidak ingin tidur karena merasa terganggu dengan popok yang digunakan. Biasanya popok yang terlalu basah bisa menyebabkan ruam pada bagian kulit bayi. Hal ini menyebabkan kulit bayi menjadi sakit, tidak nyaman dan panas. Karena itu gunakan jenis popok yang paling nyaman untuk bayi. Segera ganti popok bayi jika bayi mengompol atau buang air besar. Terlebih jika bayi sedang diare maka kebersihan popok harus diperhatikan. (baca:  penyebab diare pada bayi  – cara mencegah diare pada bayi – cara mengatasi diare pada bayi)

  1. Segera lepas dot botol susu saat bayi tertidur

Beberapa bayi mudah tertidur ketika mereka menggunakan dot susu pada mulut mereka. Namun pastikan ibu tidak memberikan empeng karena bisa berbahaya. Segera setelah bayi tertidur maka lepas dot susu dan biarkan bayi tidur tanpa dot. Membiarkan bayi tetap menghisap dot susu ketika tidur bisa menyebabkan perut bayi kembung dan juga muntah karena ada banyak udara dalam perut mereka. (baca : cara mencuci botol susu bayi)

  1. Ayun bayi dengan lembut

Anda juga bisa melakukan cara menidurkan bayi dengan cepat dengan cara menggunakan ayunan. Anda bisa menggunakan alat atau menggendong bayi sambil diayun. Cara mengayun yang pelan dan lembut sangat aman untuk bayi. Cara ini bisa dilakukan oleh ayah ketika ibu sedang sibuk. Namun ketika bayi sudah tertidur maka segera lepaskan ayunan dan pindah ke tempat tidur bayi. (baca:  cara merawat bayi kembar)

  1. Mendongeng untuk bayi

Mendongeng untuk bayi mungkin bisa menjadi cara yang sangat mengejutkan. Bayi Anda mungkin tidak bisa tidur karena kondisi yang terlalu diam dalam lingkungan mereka. Sementara bayi sudah terbiasa mendengar banyak hal ketika masih dalam rahim. Anda bisa mencoba memberikan dongeng yang menghibur  bayi. Cara ini sangat baik karena bayi Anda bisa belajar lebih cepat karena mendengar banyak cerita yang tersimpan dalam memori otak mereka. Mendongeng bisa mengatasi masalah anak lambat bicara dan cara menyapih anak agar tidak terlalu rewel.

  1. Tidurkan bayi saat mereka sudah mengantuk

Orang tua harus tahu kapan bayi merasa sangat mengantuk dan mereka ingin tidur dengan cepat. Cara menidurkan bayi dengan cepat ini sangat baik karena bisa membuat bayi memiliki waktu tidur yang sesuai dengan kebutuhan. Beberapa tanda bayi sudah mengantuk seperti mengusap mata, menjadi murah marah, rewel, menangis, dan menguap. Setelah bayi menunjukkan tanda-tanda seperti ini maka ajak bayi untuk tidur.

Bayi sangat akrab dengan suasana ketika mereka ada di dalam rahim. Beberapa bayi bisa tidur dalam kondisi yang tenang, sementara ada bayi yang terbiasa dengan kondisi yang ramai. Ibu bisa mencoba beberapa cara menidurkan bayi dengan cepat setelah melihat bagaimana bayi Anda bisa tidur cepat. Semua bayi memiliki karakter yang berbeda, sehingga harus disesuaikan dengan keadaan bayi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 15th, November 2016 / 04:11 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik Bayi