Sponsors Link

15 Cara Menjaga Bayi Agar Tidak Mudah Sakit

Sponsors Link

Cara menjaga bayi agar tidak mudah sakit memang susah-susah gampang, ada ibu yang sudah menjaga bayinya dengan sebaik-baiknya namun bayi mudah terkena penyakit terutama demam, flu dan juga batuk. Ibu kadang suka khawatir jika bayinya mulai menunjukkan gejala-gejala kesakitan. Banyak hal yang bisa menyebabkan bayi mudah sakit terutama di musim penghujan seperti saat ini. Flu dan batuk merupakan penyakit yang sering muncul saat musim penghujan tiba, oleh sebab itu ibu perlu mengetahui bagaimana cara mejaga bayi agar tidak mudah sakit. Mencegah lebih baik dibandingkan dengan mengobati sehingga langkah-langkah pencegahan perlu dilakukan dibandingkan harus mengobati.

ads

Ibu yang memiliki bayi yang sakit dia akan dengan mudah membawanya ke dokter. Dokter pun akan memberikan obat. Namun tahukah ibu efek dari pemberian obat tersebut?, obat yang diberikan merupakan obat dengan zat kimia, pernahkah ibu berfikir apakah obat kimia tersebut aman untuk organ bayi ke depannya?. Oleh sebab itulah ibu harus mengetahui cara menjaga bayi agar tidak gampang sakit. Berikut ini adalah cara yang bisa dilakukan:

  1. Menjaga Kebersihan

Langkah pertama yang bisa ibu lakukan adalah menjaga kebersihan dari buah hati.  Kita sudah tahu bahwa kuman, virus dan juga kotoran ada dimana-mana. Selain itu ketiga hal tersebut merupakan penyebab umum dari suatu penyakit. Sistem imun bayi belum sempurna sehingga bayi belum mampu memerangi kuman, virus dan kotoran tersebut. Bayi memerlukan bantuan orangtuanya untuk menghindari sumber penyakit tersebut.

Bantuan yang bisa orangtua berikan adalah menjaga dan memelihara kebersihan bayi, baik itu tubuhnya, tangannya, makanannya dan juga lingkungan dimana ia tinggal. Bayi juga perlu diperhatikan kebersihan kuku tangannya, pakaian dan juga giginya. Jangan sampai tubuh bayi banyak kumannya.  Jika banyak kuman menempel di tubuh bayi dan di sekitar tubuh bayi akibatnya adalah kuman tersebut akan mudah masuk ke dalam tubuh dan menyerang sistem imun bayi tersebut.

  1. Mengawasi Bayi

Untuk menjaga dan melindungi bayi agar tidak mudah sakit adalah dengan mengawasinya. Terutama bayi yang sudah bisa merangkak dan juga berjalan. Hal itu dikarenakan bayi yang merangkak dan berjalan ketika menemukan sesuatu dia akan mudah memasukkan sesuatu tersebut ke dalam mulutnya. Yang menjadi masalah kini adalah jika sesuatu yang dimasukkan ke dalam mulutnya tersebut penuh kuman maka kuman bisa dengan mudah masuk ke dalam tubuh bayi dan menginfeksi tubuh bayi apalagi jika daya tahan tubuh bayi sedang lemah atau tidak stabil. Bayi pun akan mudah sakit dan terkena infeksi.

  1. Memenuhi Cairan Yang Dibutuhkan Bayi

Cara ketiga yang bisa dilakukan oleh ibu adalah memenuhi cairan yang selama ini menjadi kebutuhan bayi. Tubuh manusia baik bayi sampai dengan orang tua membutuhkan cairan. Cairan itu berguna untuk menjaga proses yang terjadi di dalam tubuh contohnya saja adalah proses pencernaan, proses metabolisme dan juga proses sirkulasi peredaran darah yang ada di dalam tubuh. Semua proses itu membutuhkan cairan yang cukup. Jika jumlah cairan tidak terpenuhi maka proses tersebut tidak bisa berjalan secara maksimal.

Efek jika tubuh kekurangan cairan adalah dehidrasi. Dehidrasi tidak boleh disepelekan sebab orang yang dehidrasi akan mengalami pusing, lemas dan juga tidak bertenaga sebab perdaran darah dan juga oksigen yang ada di dalam tubuh tidak lancar. Kurangnya cairan di dalam tubuh juga menjadi penyebab tubuh terkena penyakit terutama pada bayi. Oleh sebab itu cukupi asupan cairan si kecil dengan minuman yang dia butuhkan setiap harinya.

  1. Madu

Jika bayi sudah berumur lebih dari dua tahun tidak ada salahnya ibu memberikan madu untuk menjaga sistem imun tubuh bayi. Selama ini madu bisa digunakan sebagai penguat stamina dan penjaga sistem kekebalan tubuh agar tetap stabil. Mengkonsumsi madu setiap hari bisa membuat bayi tidak mudah terkena penyakit. Hal itu dikarenakan di dalam madu asli terdapat zat anti virus dan juga anti kumannya. Yang harus diingat di sini adalah ibu harus memilih madu asli. Jangan sampai ibu memilih madu yang dioplos atau dicampurkan dengan bahan-bahan lain yang berbahaya. Hal tersebut justru membahayakan kesehatan dan berbahaya bagi tubuh bayi.

Baca : Manfaat madu untuk ibu hamil dan janin

  1. Menjaga Pola Makan

Untuk menghindarkan bayi dari berbagai macam penyakit adalah dengan menjaga pola makan bayi. Pola makan bayi harus teratur dan juga bergizi. Makanan yang bergizi bisa meningkatkan sistem imun bayi agar tidak mudah terkena penyakit. Pola makan bayi juga harus teratur jangan sampai bayi mengalami masalah lambung dan masalah pencernaan akibat pola makan yang tidak teratur.

Baca : Pola makan bayi 0 – 12 Bulan – Cara mengatasi anak susah makan – penyebab anak susah makan

  1. Serat

Untuk menjaga kesehatan bayi dan menghindarkan bayi dari sembelit ibu harus memberikan serat kepada bayi. Memang untuk bayi di bawah usia dua tahun serat justru bisa membuat bayi mengalami sembelit. Namun untuk bayi dengan usia di atas dua tahun memberikan makanan tinggi serat bisa membuat bayi sehat dan terhindar dari sembelit. Makanan yang tinggi serat itu ada pada sayuran dan juga buah-buahan. Sayuran dan buah-buahan yang kaya dengan vitamin C bisa meningkatkan sistem imun pada bayi. Sehingga makanan yang tinggi serat itu bisa menghindarkan dari sembelit dan membuat sistem imun tubuh kuat.

  1. Hindarkan Dari Orang Berpenyakit

Sistem imun bayi belum stabil sehingga dia tidak bisa bertahan berada di dekat orang yang sedang memiliki penyakit. Alasan itulah yang menyebabkan pihak rumahsakit melarang untuk bayi dan anak-anak untuk masuk ke bangsal rumahsakit. Ibu harus bisa menjagakan jarak antara bayinya dengan orang yang memiliki penyakit seperti flu dan batuk sebab bayi akan mudah tertular dengan penyakit tersebut. Sistem imun bayi yang belum stabillah yang membuat bayi bisa mudah terkena penyakit terutama penyakit yang menular melalui udara.

  1. Biasakan Istirahat Siang
ads

Langkah selanjutnya yang bisa dilakukan adalah membiasakan bayi anda untuk tidur siang. Tidur siang bermanfaat bagi bayi anda sebab menghindarkan dari kelelahan, saat kelelahan bayi akan rentan untuk terkena penyakit sebab tubuh yang lelah sistem imunnya tidak stabil. Tidur siang juga menjaga stamina bayi agar sistem imunnya tetap stabil.

  1. Imunisasi

Cara efektif untuk menghindarkan bayi dari berbagai penyakit tertentu adalah imunisasi. Imunisasi bermanfaat sebagai vaksin bagi tubuh untuk menghindari penyakit seperti polio, campak dan lain sebagainya. Selama ini ada sebanyak 5 imunisasi dasar yang wajib dilakukan oleh bayi, sedangkan untuk selain 5 imunisasi dasar tersebut belum diwajibkan.

Baca : bahaya bayi tidak imunisasi – Vaksin BCG Pada Bayi

  1. Hindari Makanan Instan

Untuk menjaga tubuh bayi dari penyakit adalah melarang bayi untuk memakan makanan yang instan seperti mie instan, jajanan yang instan serta jajanan di pinggir jalan yang tidak sehat. Makanan tersebut dipercaya bisa memicu bayi terkena penyakit pencernaan seperti diare, disentri dan lain-lain.

  1. Hindari Asap Rokok Dan Polusi

Untuk menjaga bayi agar tidak mudah sakit adalah dengan menjauhkan bayi dari asap rokok dan polusi udara. Bayi yang sering terkena asap rokok dan juga terkena polusi udara rentan untuk menderita penyakit saluran pernafasan seperti asma.

Baca : bahaya merokok saat hamil – Bahaya rokok bagi janin – Penyebab kemandulan – Penyebab bibir sumbing pada janin

  1. Olahraga

Buatlah anak menyenangi olahraga seperti jalan kaki pagi atau lari pagi. Agar menyenanginya buatlah suasana olahraga menyenangkan bagi bayi sehingga bayi akan menyukai olahraga.

  1. Ibu Siaga

Jika ibu mendapati buah hatinya menunjukkan gejala kurang sehat ibu sebaiknya menjadi ibu siaga yang segera memeriksakan anaknya ke dokter spesialis anak atau bidan.

  1. ASI

Asi adalah satu satunya makanan untuk bayi di bawah 6 bulan dan dilanjutkan sampai 2 tahun yang memiliki gizi sempurna untuk bayi. ASI merupakan makanan yang dapat membuatnya kebal serta kuat terhindar dari penyakit karena mengandung berbagai antioksidan serta mineral penting untuk bayi hingga mereka anak anak nantinya.

Baca : Makanan untuk memperbanyak asi – cara memperbanyak ASI – Manfaat memberikan ASI

  1. Hindari makanan restoran / makanan luar

Percaya atau tidak ? kita bisa mengatakan hampir 99.9 % makanan dan minuman yang ada diluar sana tidak higienis. Menyakitkan memang, namun itu lah realitanya. Coba sebutkan makanan yang tidak mengandung zat berbahaya di bawah ini :

  • MSG
  • Pemanis buatan
  • Pengawet
  • FOrmalin dan boraks
  • Air tidak higienis
  • Debu dan dibiarkan terbuka
  • Pewarna
  • Penguat rasa

Ada makanan yang bebas dari hal hal di atas ? sungguh sulit kita temukan. jadi usahakan anak anda membawa bekal atau setidaknya di buat di rumah, untuk meminimalisir penyakit akibat bahan tersebut.

Cara menjaga bayi agar tidak mudah sakit sebenarnya dapat dilakukan dengan cara yang sederhana, namun bagaimana kita menyikapinya dan ketelatenan seorang ibu lah yang dapat menjamin segalanya.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Friday 11th, December 2015 / 15:42 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi