Sponsors Link

7 Manfaat Pijat Bayi Untuk Kesehatan

Sponsors Link

Memijat bayi adalah salah satu cara untuk membantu melenturkan otot-otot bayi yang dapat melancarkan peredaran darah. Para ibu biasanya melakukan pijat bayi saat memandikannya ataupun sebelum menidurkan bayi. Bayi yang dipijat akan memiliki tubuh yang lebih lentur dan memiliki peredaran darah yang lancar sehingga tidak mudah sakit. Ada beberapa manfaat pijat bayi yang sangat baik untuk kesehatan bayi. Memijat bayi tidak harus dibawa ke rumah sakit agar dilakukan oleh perawat, tapi hal ini juga bisa dilakukan sendiri di rumah.

ads

Bahkan beberapa ibu lebih suka memijat bayi sendiri jika dibandingkan harus menyuruh orang lain untuk melakukannya. Manfaat memijat bayi sangatlah banyak sehingga para orang tua harus rutin melakukannnya. (Baca juga: Cara Memandikan Bayi Baru Lahir , Obat Batuk Berdahak Pada Anak)

Manfaat Pijat Bayi

1. Membuat Bayi Tidur Lebih Nyenyak

Bayi yang sering dipijat akan membuatnya merasa nyaman sehingga waktu tidurpun juga akan merasa lebih nyenyak. Seringkali beberapa ibu mengeluhakn bayi yang rewel dan sulit untuk tidur. Ternyata hal ini disebabkan karea kurangnya pemijatan pada tubuh bayi. Untuk bayi yang sering dipijat, pasti aka merasakan kenyamanan dan tidak mudah lelah sehingga waktu tidurpun juga lebih nyenyak. Bayi yang cukup tidur pastinya tidak akan mudah rewel. (Baca juga: Bahaya AC Bagi Bayi dan Balita , Cara Mengatasi Bayi Susah Tidur Pada Malam Hari )

2.Membantu Pertumbuhan Bayi Lebih Sehat

Melakukan pemijatan pada bayi ternyata tidak hanya membaut bayi tidur lebih nyenyak, tetapi juga dapat membantu pertumbuhan lebih sehat. Misalnya untuk bayi yang lahir prematur yang rutin dipijat akan menstimulasi pertambahan berat badan. Bahkan beberapa ahli kesehatan menyebutkan bahwa bayi yang lahir prematur yang rutin untuk dipijata akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih kuat jika dibandingkan dengan bayi prematur yang jarang dipijat. (Baca juga: Manfaat Kentang Bagi Bayi , Manfaat Belut Untuk Bayi Paling Menyehatkan )

3.Jalinan Kasih Sayang Antara Ibu dan Bayi

Bayi yang dipijat oleh ibunya sendiri tentu akan memberikan kenyamanan tersendiri bagi si bayi. Ini juga dapat memperkuat ikatan yang terjadi antara ibu dan bayi. Pijatan yang lembut dari Ibu akan membuat bayi merasa nyaman karena mendapatkan pijatan yang penuh kasih sayang. Secara tidak sadar, bayi akan memberikan respon menyenangkan ketika dipijat oleh ibunya, misalnya senyuman bayi, celoteh dan lainnya. (Baca juga: Ciri-ciri Bayi Lahir Prematur , Tanda-tanda Bayi Dehidrasi )

4.Menguatkan Otot Bayi

Akan ada perbedaan bagi bayi yang sering dipijat dan jarang dipijat. Bayi yang sering dipijat akan memiliki otot-otot yang lebih kuat dan lentur sehingga nantinya tumbuh menjadi anak yang lebih kuat untuk melakukan jalan jarak jauh ataupun lari. Tak hanya otot yang kuat, melakukan pijatan pada bayi juga dapat melancarkan aliran darah sehingga bayi tumbuh menjadi anak yang sehat. (Baca juga: Manfaat Renang Untuk Bayi Sejak Dini , Tanda-tanda Keguguran )

Sponsors Link

5.Meningkatkan Frekuensi Menyusu

Beberapa ibu akan mengalami bayi yang hanya sedikit saat minum ASI. Hal ini tentu membuat khawatir karena tak cukup dalam mengonsumsi ASI. Tapi ini dapat dibantu dengan cara pemijatan pada bayi secara teratur. Memijat bayi dapat membuatnya menyusu lebih kencang sehingga para ibu tak perlu khawatir lagi. Bayi yang hanya menyusu sedikit bukan karena ia sudah kenyang, ini disebabkan karena kemampuan menyusu yang kurang karena jarang dipijat. Untuk itu, para ibu harus rutin melalukan pemijatan pada bayi. (Baca juga: Manfaat Jahe Untuk Ibu Menyusui , Cara Memerah ASI)

6.Meningkatkan Keinginan Untuk Belajar

Memijat bayi tidak hanya membuat bayi menjadi nyaman, tapi juga merangsang kinerja indera penglihatan dan indera pendengaran agar lebih berfungsi dengan baik. Dengan melakukan pemijatan secara rutin, maka akan meningkatkan daya ingat terhadap bayi. Tak hanya itu, pijatan yang diberikan juga membuat bayi lebih “cepat tanggap” akan sesuatu yang baru. (Baca juga: Cara Mengajari Bayi Tengkurap ,Cara Mengajarkan Anak Toilet Training )

7.Menyehatkan Bayi

Bayi yang sering dipijat akan memiliki daya tahan tubuh yang lebih baik dari pada yang jarang dipijat. Memijat bayi dengan cara yang benar akan membantu melancarkan aliran darah, melancarkan pernafasan dan menyehatkan pencernaan bayi. Pemijatan yang teratur pastinya akan membuat bayi tumbuh lebih sehat. (Baca juga: Penyebab Janin Cacat Sejak Dalam Kandungan , Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui Agar Bayi Sehat )

Melakukan pemijatan bayi tentu tidak boleh dilakukan sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu diketahui saat melakukan pemijatan pada bayi. Memijat bayi dengan cara yang benar nantinya akan membuat bayi lebih sehat.  (Baca juga: Perkembangan Motorik Halus Anak , Bolehkah Ibu Hamil Minum Es? )

Cara Yang Benar Melakukan Pemijatan Pada Bayi

1.Mencuci tangan terlebih dahulu. Jangan biarkan tangan para Ibu kotor saat akan melalukan pemujatan pada bayi. Setelah tangan dalam keadaan bersih, kemudian gunakan handuk kering agar tangan tidak terlalu licin saat memegang bayi. Jangan memijat bayi saat tangan kotor karena ini akan menyebabkan bayi menjadi alergi dan lebih mudah terkena penyakit.  (Baca juga: Obat Batuk Untuk Ibu Hamil Paling Ampuh , Pneumonia Pada Bayi )

Sponsors Link

2.Baringkan bayi dengan penuh kelembutan. Para ibu sebaiknya selalu memberikan tatapan dan senyuman yang lembut kepada bayi sehingga bayi akan merasa lebih nyaman saat dipijat. Usahakan saat memijat, sebaiknya para ibu melepaskan cincin atau gelang yang dipakainya. Hal ini untuk menghindari goresan saat memijatnya. (Baca juga: Obat Untuk Anak Cacingan , Bahaya Kucing Pada Ibu Hamil )

3.Usapkan lotion bayi keseluruh tubuh bayi. Usapkan dengan lembut dan mulailah pijatan dari kaki bayi dan diakhiri pada bagian punggung. Pijatlah bayi dengan lembut dengan memberikan sedikit tekanan pada bagian tertentu. Hentikan pijatan jika bayi menangis dan gendonglah sebentar hingga berhenti menangis. Beberapa bayi akan menagis saat dipijat lanyara capek dan ingin digendong sebentar. (Baca juga: Pertimbangan Operasi Caesar Kedua Penyebab Flu Saat Hamil )

4.Pijatlah bayi sehari dua kali. Yang pertama saat pagi hari atau saat mandi pagi dan yang kedua saat akan tidur. Dengan melakukan pemijatan secara rutin, maka akan mmeiliki efek yang baik untuk bayi. Memijat bayi sama dengan memberikan kasih sayang sehingga bayo merasa lebih nyaman. (Baca juga: Obat Muntaber Anak Tradisional, Manfaat Asparagus Untuk Bayi )

Bagi seorang ibu yang memiliki bayi tentunya harus diberikan perawatan yang lebih instensif seperti melakukan pemijatan secara rutin. Dengan bergitu, maka ia akan tumbuh menjadi anak yang lebih sehat. Bayi yang diberikan pijatan akan memiliki daya tahan tubuh yang berbeda dengan bayi yang jarang dipijit. Oleh karena itu, para ibu seharusnya lebih sadar untuk selalu memberikan pijatan pada bayi sejak dini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Wednesday 11th, January 2017 / 04:36 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi