11 Manfaat Renang untuk Bayi Sejak Dini

Berenang merupakan sebuah kegiatan yang popular, dimana dari bayi nol tahun sudah dapat melakukannya. Bagi bayi sendiri, berenang merupakan olah raga yang menggunakan hampir seluruh bagian otot yang ada pada tubuh mereka. Olah raga ini cocok bagi semua usia, dari bayi hingga lansia, karena berenang memberikan pengaruh rasa nyaman bagi yang melakukannya. Olah raga didalam air ini memberikan sensasi tersendiri karena karena membuat seseorang menjadi rileks dan bugar.


Fakta Tentang Berenang

Ternyata semenjak 2000 SM (tahun 1538) berenang sudah dikenal semenjak zaman mesir, kala itu saat zaman batu sura. Seorang professor Jerman bernama Nicolas Wynman mencatat bahwa perlombaan berenang di eropa sudai mulai digemari mulai tahun 1800-an. Saat itu beberapa gaya berenang sendiri telah popular, seperti gaya dada dan gaya merangkak kedepan.

Berikut ini fakta berenang yang belum banyak diketahui :

  • Bayi yang menyukai berenang, dimasa mendatang cenderung memiliki prestasi akademik.
  • Berenang dapat membangun rasa percaya diri pada bayi  dan kemandirian dimasa mendatang.
  • Berenang adalah salah satu dari beberapa olahraga yang dapat dilakukan dalam kurun waktu sepanjang hidup.
  • Berenang adalah latihan yang baik. Karena dengan berenang maka semua otot tubuh dapat bekerja.
  • Sebuah survei Science Daily menunjukkan, anak-anak yang belajar berenang pada usia bayi mencapai banyak tonggak perkembangan lebih awal pada norma masyarakat.


Kapan sebaiknya seorang bayi belajar berenang ?

Olah raga renang sendiri masuk kedalam olah raga aerobik dimana kaya akan manfaat terutama bagi anak-anak seperti bayi. Walaupun ada pedoman yang berbeda, dan opini tentang kapankah bayi dapat belajar berenang, namun ada penjelasan dari Asosiasi Guru dan Pelatih Renang Australia (ASCTA) dalam rekomendasinya bahwa bayi dapat memulai program secara formal di usia empat bulan. Hal ini memberikan bayi cukup waktu yang memungkinkan dalam pengembangan riwayat medis seorang anak kelak, dengan demikian sistem kekebalan tubuh mereka dapat dimulai lebih awal.


Diantara fakta yang akan didapatkan dengan olah raga berenang, berikut ini sejumlah manfaat renang pada bayi diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Manfaat emosional 

Berenang dapat meningkatkan kesejahteraan emosional untuk seorang bayi. Menurut Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit atau Centers for Disease Control and Prevention (CDC) Amerika serikat, berenang dapat meningkatkan mood dan mengurangi kecemasan. Berenang juga merupakan kegiatan yang dapat melibatkan seluruh keluarga. CDC juga menemukan bahwa seorang bayi yang berlatih renang dapat meningkatkan mood yang baik secara keseluruhan.

2. Jenis latihan yang menyenangkan

Berada di dalam kolam renang dapat memberikan bayi berbagai latihan. Hal ini dimulai dari sejumlah kecil aktivitas dan gerakan untuk latihan aerobik. Bersenang-senang dan bermain-main dalam air memungkinkan bayi akan latihan tanpa menyadarinya. Hal ini dapat memberikan peregangan dan penyegaran untuk latihan, sedangkan bila melakukan latihan penuh akan dapat memperkuat paru-paru dan jantung. Kondisi yang menyenangkan akan mengoptimalkan perkembangan bayi setiap usia.

3. Manfaat kesehatan

Berenang sangat bermanfaat bagi bayi yang sedang dalam masalah kesehatan, mulai dari arthritis hingga asma. Bayi yang memiliki kelebihan berat badan akan mendapatkan manfaat pada berenang ini, sebagai salah satu bentuk latihan yang lebih mudah daripada yang lain.

Lebih dari 30% dari anak-anak yang beresiko terhadap penyakit yang berhubungan dengan obesitas menjadikan berenang sebagai obat. Hal ini disebabkan berenang tidak meletakkan beban pada jaringan ikat. Sehingga gerakan di dalam air sendiri membuat olahraga lebih mudah dan lebih menyenangkan bagi bayi, maupun balita yang mengalami kelebihan berat badan. Mereka yang menderita arthritis dan asma pun akan lebih mudah untuk mendapatkan sejumlah kecil latihan dengan dampak yang lebih rendah rendah.

4. Merawat autis pada bayi

Air adalah penyembuh, dapat membelai dan merangsang efek positif pada anak-anak dengan kebutuhan khusus. Ini adalah kondisi belajar yang optimal, yang kemudian dapat dikombinasikan dengan kebaikan dan kesabaran. Selama bertahun-tahun peneliti telah menemukan bahwa bayi autis, bayi, balita dan orang tua mereka menemukan pengalaman pengasuhan dalam berenang. Hal ini membuat sentuhan lingkungan yang menarik, menenangkan dan positif dalam mengembangkan, berinteraksi dan berkembang bersama-sama.


Nah, pencegahan bayi lahir autis ini wajib dilakukan ibu hamil pada perkembangan janin 4 bulan dengan mengkonsumsi makanan untuk mencegah bayi cacat lahir.

5. Mengoptimalkan kecerdasan bayi

Para peneliti mendokumentasikan bahwa efek berenang akan memberikan rangsangan yang baik untuk bayi maupun balita. Sedangkan untuk bayi, berenang membuat seorang mereka memiliki potensi dalam meningkatkan kecerdasan, konsentrasi, kewaspadaan, dan kemampuan perseptual.

Selain mencapai pertumbuhan fisik yang lebih cepat, manfaat berenang pada bayi adalah ketika menjadi anak-anak juga dapat mencetak secara signifikan lebih baik dalam keterampilan visual motorik. Hal ini seperti memotong kertas, mewarnai dan menggambar garis dan bentuk, serta banyak tugas matematis terkait seperti ekspresi lisan juga lebih baik serta di bidang umum seperti membaca dan menghitung.

Selain itu peningkatan dalam pembangunan sosial, emosional dan fisik juga telah ditemukan. Tentu saja, manifestasi kognitif dalam pengembangan pribadi dan motorik membutuhkan waktu, kesabaran dan pengulangan. Namun fenomena ini telah ditemukan, terutama pada anak-anak yang mulai pelajaran berenang sebelum berusia 12 bulan akan mendapatkan hasil maksimal.

6. Mengurangi ketakutan anak terhadap air

Memperkenalkan bayi pada air di usia yang sangat muda akan membantu mencegah seorang bayi takut akan air. Latihan yang melibatkan pergerakan tubuh secara independen didalam air akan mengurangi kecemasan tentang air.

7. Meningkatkan keseimbangan pada bayi

Berada di dalam air akan membantu meningkatkan koordinasi dan keseimbangan. Sebagai contoh, sebuah studi 2009 oleh Universitas Sains & Teknologi di Norwegia menemukan, bahwa bayi yang berenang memiliki keseimbangan yang lebih baik dan dapat memahami objek yang lebih mudah. Keseimbangan pada bayi ini juga bisa dikembangkan dengan membiasakan posisi tidur yang baik.

8. Meningkatkan respon bayi

Berenang akan meningkatkan respon pada bayi. Hal ini adalah dengan cara mereka menanggapi perintah suara yang berulang-ulang, sehingga dapat mempertajam kemampuan mental bayi dan meningkatkan tingkat pemahaman mereka. Sebuah penelitian di Jerman menemukan bahwa bayi yang berenang memiliki perkembangan motorik lebih maju, keterampilan sosial dan kecerdasan yang lebih baik dimasa mendatang.

Memang berenang sejak lahir akan memberikan pengaruh kesehatan dan pengembangan yang baik kedepannya, dan hal ini bisa memicu minat bayi dimasa depannya ke dalam olahraga. Setiap pelajaran berenang akan memperkuat jantung dan paru-paru bayi sehingga pada gilirannya dapat membantu perkembangan otak, termasuk merangsang semua lima panca indera selain suara (rasa, bau, sentuhan, dan penglihatan).

9. Meningkatkan nafsu makan pada bayi

Air yang hangat akan melemaskan otot bayi dan berenang dapat merangsang nafsu makan pada bayi. Selain masalah penyebab anak susah makan yang ditangani dengan berenang, ternyata juga meningkatkan pola tidur bayi yang lebih teratur.

10. Meningkatkan ikatan antara orang tua dan bayi

Bersentuhan antara kulit dengan kulit akan memperkuat ikatan antara orang tua dan bayi. Bagi orang tua dengan anak yang lebih dari satu, ini adalah salah satu kesempatan untuk fokus sepenuhnya pada bayi anda (dan mungkin akan menjadi satu-satunya waktu ketika ponsel orang tua keluar dari jangkauan pendengaran). Kondisi ini sama seperti manfaat memberikan ASI bagi ibu untuk membangun ikatan batin pada bayi.

 11. Membuat bayi lebih terampil kedepannya

Penelitian menunjukkan bahwa bayi yang suka berenang akan lebih cerdas kedepannya. Para peneliti dari Griffith Institute for Educational Research menemukan pada anak-anak yang berpartisipasi pada awal tahun berenang ternyata mencapai berbagai keterampilan lebih awal dari populasi normal diantara anak-anak pada umumnya.  Hal ini dilakukan oleh Griffith Institute for Educational Research dengan melakukan penelitian yang melibatkan 7000 balita dari Australia, Selandia Baru dan Amerika Serikat selama tiga tahun. Selanjutnya 180 anak-anak berusia 3, 4 dan 5 tahun yang telah terlibat dalam pengujian intensif, sehingga studi paling komprehensif di dunia dalam awal-tahun berenang.

Sang peneliti utama Profesor Robyn Jorgensen mengatakan penelitian ini menunjukkan anak-anak yang berpartisipasi pada awal tahun berenang mencapai berbagai keterampilan lebih awal dari populasi normal anak-anak pada umumnya. “Banyak dari keterampilan ini yaitu diantaranya manfaat untuk membantu anak-anak ke dalam masa transisi ke dalam konteks pembelajaran formal seperti pra-sekolah atau sekolah”.

Bahayakan Bayi Berenang di Laut ??

Misalnya kita mengambil contoh dari Australia, lebih dari 80%  masyarakat di Australia tinggal di dekat pantai, dan berenang di laut yang merupakan bagian dari identitas nasional mereka. Tragisnya, ada 55 kejadian kematian tenggelam di pantai saat surfing, dan 43 kematian tenggelam di laut atau pelabuhan, dari 1 Juli 2011 hingga 30 Juni 2012.

Dalam hal ini ada sejumlah risiko yang perlu diperhatikan terkait dengan berenang di laut termasuk, diantaranya adalah :

  • Gelombang berbahaya (saat terjun dan gelombang yang ada saat itu)
  • Terperangkap dalam gerakan arus pasang pantai, terutama ketika akan keluar
  • Cedera pada tulang belakang yang disebabkan karena saat masuk kedalam air adalah kepala lebih dulu, kepala yang saat itu menyelam untuk pertama kalinya ke dalam air atau melompat dari batu dan ada kemungkinan mendapat cedera karena terbentur.

Hal-hal yang perlu dipastikan saat berenang di laut

Untuk memastikan anda dan bayi anda tetap aman saat berenang di laut, maka yang harus dilakukan adalah

  • Selalu berenang di batas wilayah yang diijinkan pengawas setempat
  • Membaca tanda-tanda keselamatan
  • Meminta saran penjaga pantai untuk keselamatan berenang
  • Tetap tenang dan teruslah untuk menarik perhatian jika ternyata memerlukan bantuan darurat.

Pengawasan orang dewasa yang tepat tidak boleh diabaikan. 34 anak yang berusia antara 0-14 telah tenggelam di Australia antara Juli 2011 dan Juni 2012, termasuk 7 kejadian didalam bak mandi atau spa, 8 kejadian di kolam renang dan 4 kejadian di sebuah danau, waduk atau laguna. Jatuh ke dalam air adalah penyebab paling umum dari kematian sehingga tenggelam, hal ini terjadi pada anak di bawah usia lima tahun atau balita, bayi dibawah usia lima tahun.


Hal-hal lain yang perlu diwaspadai dari kegiatan berenang

  • Berenang 14 kali lebih besar dari kejadian kematian dibandingkan kecelakaan kendaraan bermotor yang terlibat dalam kematian usia anak 4 tahun dan di bawahnya.
  • Sebanyak 12,7 % dari semua anak-anak prasekolah yang tenggelam berada dalam perawatan satu atau kedua orang tua pada saat tenggelam. 75% hilang selama 5 menit atau kurang. Maka pengawasan terhadap anak-anak menjadi penting.
  • Sebanyak 15 orang di Amerika Serikat tenggelam setiap hari. Selain bayi dan anak-anak, pada tahun 2000, korban mulai usia 15-44 tahun menyumbang 45% dari semua kematian tenggelam di Amerika Serikat.


Demikian uraian terkait manfaat berenang bagi bayi yang akan berkembang menajdi anak-anak kedepannya. Semoga bermanfaat.

, ,
Post Date: Tuesday 06th, October 2015 / 09:20 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi