21 Obat Gatal untuk Bayi Paling Cepat Sembuh              

Bayi yang baru dilahirkan biasanya memang memiliki kulit yang cukup sensitif. Bagian kulit bayi terlihat sangat lembut dan bahkan bisa membekas merah ketika kita sentuh dalam waktu lama. Baru setelah bayi berumur 1 bulan maka kondisi tersebut mulai membaik. Beberapa masalah kulit bayi seperti bintik merah pada kulit bayi terkadang bisa menyebabkan rasa gatal dan juga biduran pada bayi. Dan orang tua yang baru melahirkan mungkin merasa panik untuk merawat bayi menangis terus menerus karena terasa gatal di semua bagian tubuhnya. (baca: penyebab bayi menangis terus)

Namun Anda tidak perlu khawatir karena sudah ada beberapa obat gatal untuk bayi. Berikut ini beberapa perawatan ringan yang bisa dilakukan oleh orang tua ketika bayi mengalami masalah gatal kulit.

  1. Gunakan air hangat untuk memandikan bayi

Ketika kulit bayi sangat sensitif maka Anda bisa mencoba untuk memandikan bayi dengan air hangat. Jangan memandikan bayi dengan air terlalu panas atau terlalu dingin. Terkadang air yang terlalu panas atau terlalu dingin bisa menyebabkan kulit bayi menjadi sangat kering dan rasa gatal bisa menjadi lebih kuat. Jadi cobalah terlebih dahulu ketika Anda ingin memandikan bayi, apalagi jika untuk bayi yang baru lahir dan bayi yang terlahir prematur. (baca: cara memandikan bayi baru lahir)

  1. Pakaian yang nyaman untuk kulit bayi

Memberikan pakaian yang nyaman untuk kulit bayi memang bisa menjadi obat gatal untuk bayi. Pakaian dengan bahan katun sangat baik untuk kulit bayi karena bahan ini sangat lembut dan bisa menyerap keringat bayi yang berlebihan. Bahan katun juga tidak menyebabkan bagian kulit yang gatal menjadi kering dan bersisik. Pastikan Anda memberikan pakaian katun yang tidak terlalu ketat pada bayi. Hindari bagian pakaian yang menggunakan karet ketat sehingga bisa menyebabkan bekas untuk kulit bayi. Pakaian yang nyaman juga bisa sebagai cara mengatasi biang keringat pada bayi baru lahir. (baca: tips memilih baju bayi baru lahir – cara membedong bayi)

  1. Jangan menggunakan produk pewangi untuk bayi

Kemudian Anda juga tidak boleh menggunakan berbagai produk perlengkapan mandi  bayi yang mengandung aroma. Aroma ini terbuat dari bahan kimia yang sebenarnya masih dalam batas normal dan diperbolehkan untuk kulit bayi. Namun saat bayi gatal maka bahan kimia ini bisa menyebabkan kulit menjadi lebih kering dan tidak lembab.  Karena itu sementara waktu hindari menggunakan sabun, samphoo atau pewangi pakaian yang memang bisa menambah gatal bayi menjadi lebih parah. Jika gatal pada bayi disebabkan oleh alergi dengan bahan seperti sabun, maka berhenti menggunakan sabun juga bisa menyembuhkan alergi. Biasanya ini tidak lama karena saat bayi besar kulit mereka sudah lebih kuat. (baca: bahaya bedak bayi)

  1. Potong kuku bayi

Merawat bagian kuku bayi akan menjadi cara memberikan obat gatal untuk bayi. Bayi terkadang menggerakkan tangan mereka untuk mencapai bagian tubuh secara acak. Ini memang sesuai dengan pola perkembangan bayi. Jika kuku bayi panjang maka mereka juga mungkin bisa menggaruk atau melukai bagian kulit yang gatal. Karena itu lebih baik jika memotong kuku bayi untuk menghindari bagia yang gatal tidak terkena infeksi atau peradangan.

  1. Buat lingkungan bersih untuk bayi

Ada berbagai penyebab mengapa kulit bayi bisa gatal atau terkena gatal. Biasanya beberapa faktor penyebab ini bisa berasal dari lingkungan bayi, misalnya tempat tidur  bayi, pakaian bayi, selimut bayi dan bahkan tempat bersantai untuk orang tua dan bayi. Karena itu pertama Anda harus mencoba untuk membersihkan semua lingkungan bayi agar nyaman. Keluarkan semua perlengkapan bayi yang sudah tidak bersih dan cuci lalu jemur dibawah sinar matahari. Kemudian buat suhu rungan bayi nyaman untuk kulit bayi. Mungkin saja bayi Anda gatal karena suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin sehingga bayi tidak nyaman. (baca: efek AC terhadap bayi)

  1. Buat bayi tidur dengan nyenyak

Ketika bayi gatal dan sering menangis maka buat cara menidurkan bayi agar bayi bisa tidur dengan baik dan tidak terlalu rewel. Ketahui mengapa bayi sering menangis dan sulit untuk tidur. Mungkin bayi ingin minum ASI atau ada kondisi yang membuat bayi tidak nyaman seperti lingkungan yang terlalu ramai. Jika bayi sering menangis maka bayi biasanya akan berkeringat banyak dan bisa menyebabkan gatal lebih parah. Jadi hindari semua penyebab bayi sering menangis dan buat bayi mendapatkan tidur yang cukup. (Baca: pola tidur bayi 0-12 bulan – posisi tidur bayi yang baik – pola tidur bayi 1 bulan)

  1. Jangan menggosok bagian yang gatal

Jika Anda ingin membantu bayi maka hindari menggosok bagian yang gatal dengan handuk atau kain. Menggosok bagian kulit yang gatal bisa menyebabkan kulit menjadi sangat kasar dan memicu rasa gatal yang lebih tinggi. Anda hanya perlu mengusapnya dengan kain yang lembut atau menyerap keringat dengan kain. Selain itu hindari menggunakan tisu basah untuk mengelap keringat bayi. Tisu basah mengandung bahan pewangi atau alkohol yang bisa membuat gatal menjadi lebih parah.

  1. Hindari semua pemicu alergi

Bayi Anda gatal mungkin karena alergi. Ada banyak sebab alergi termasuk alergi yang dialami oleh ibu menyusui dan kemudian bayi menerima itu dari ASI. Beberapa bayi juga bisa menderita alergi susu sapi sehingga hanya bisa menerima ASI. Terkadang sumber alergi juga berasal dari bahan pakaian, gigitan nyamuk, atau bahkan ketika kulit bayi terkena serangga seperti semut. Alergi bisa menyebabkan gatal yang parah dan terkarang juga bisul pada bayi. Karena itu buat lingkungan bayi yang sangat ramah dan terhindar dari semua penyebab alergi tersebut.

Baca:  gejala alergi susu sapi pada bayi – cara mengatasi bayi alergi susu sapi – tanda bayi alergi susu sapi

  1. Salep pelembab kulit bayi

Kemudian obat gatal untuk bayi lainnya adalah salep khusus yang bisa membuat kulit bayi menjadi lebih lembab. Salep ini biasanya mengandung beberapa bahan yang aman untuk kulit bayi. Jika bayi Anda terkena eksim maka salep pelembab kulit bayi bisa menyembuhkan eksim ringan. Beberapa jenis salep pelembab seperti Calamine sangat baik untuk dicoba. Anda juga bisa menemukan merek lain dengan bertanya di apotik, karena biasanya salep ini tidak membutuhkan resep.

  1. Kompres dengan rendaman rempah basil dan cengkeh

Anda juga bisa mencoba menggunakan rempah-rempah yang memang sudah terkenal sebagai obat gatal untuk bayi. Beberapa bahan rempah-rempah ini adalah seperti cengkeh dan basil. Cara membuatnya dengan merebus bahan cengkeh dan basil hingga mendidih. Kemudian dinginkan hingga benar-benar dingin dan aman untuk kulit bayi. Masukkan handuk ke dalam air rebusan yang sudah dingin lalu serap airnya dan peras. Lalu tempelkan pada  bagian kulit bayi yang terasa gatal. Bahan ini bisa menenangkan bagian kulit bayi yang gatal sehingga bayi bisa tidur dengan nyenyak dan tidak rewel.

  1. Kompres dengan air rebusan daun mint

Selain cengkeh dan basil Anda juga bisa mencoba menggunakan daun mint. Daun mint memang mengandung senyawa menthol yang bisa memberikan rasa dingin. Bahan ini juga sangat baik untuk mengurangi peradangan pada kulit, membuat kulit nyaman dan mencegah gatal berlebihan. Caranya dengan merebus daun mint  dengan air hingga mendidih. Lalu biarkan hingga dingin dan gunakan kain ringan untuk menyerap air tersebut. Setelah diperas maka letakkan pada bagian kulit bayi yang gatal. Agar bayi nyaman sebaiknya dilakukan saat bayi sedang tidur.

  1. Perhatikan air liur bayi

Semua bayi memang selalu meneteskan air liur dan ini sangat sering terjadi. Terlebih untuk bayi yang menunjukkan tanda tumbuh gigi pada bayi yang sering mengeluarkan banyak air liur. Bagian air liur terkadang tidak bisa dikontrol dan bisa mengenai semua bagian wajah dan kulit bayi lainnya. Air liur bayi tentu mengandung bakteri dan sumber infeksi lain yang menyebabkan gatal. Karena itu ibu harus segera mengelap bagian kulit bayi yang terkena air liur. Jika perlu maka selalu bersihkan bekas air liur dengan handuk yang sudah dimasukkan ke dalam air hangat dan sudah diperas.

  1. Gunakan humidifire untuk ruang tidur bayi

Bayi Anda mungkin terkena gatal karena udara yang tidak sehat dalam kamar tidur atau udara yang kurang lembab. Hal ini bisa diatasi dengan menggunakan alat humidifire untuk ruangan tidur bayi. Alat ini bisa membantu kelembapan alami dalam ruangan bisa terjadi. Biasanya alat ini sangat baik digunakan saat bayi sedang tidur sehingga bayi juga bisa tidur dengan nyenyak. Alat humidifier juga bisa menjadi cara mengatasi pilek pada bayi dan obat pilek bayi.

  1. Mandikan bayi dengan oatmeal

Anda juga bisa mencoba memandikan bayi dengan bahan oatmeal. Bahan ini memang sama seperti yang digunakan untuk makanan yang sering menjadi cara memperbanyak ASI. Tapi ini bahan yang sangat aman untuk kulit bayi karena bisa mencegah kulit kering, mengobati eksim, alergi dan gigitan serangga. Caranya adalah dengan mencampurkan satu gelas oatmeal ke dalam air hangat untuk mandi bayi. Biarkan bayi berendam agak lama lalu bersihkan dengan air biasa. Jangan menggunakan sabun saat melakukan perawatan ini untuk mencegah kulit menjadi lebih kering.

Baca: manfaat oatmeal untuk ibu menyusui – manfaat oatmeal untuk ibu hamil

  1. Olesi dengan minyak kelapa

Minyak kelapa bisa menjadi minyak atau obat gatal untuk bayi yang sangat alami. Anda bisa menggunakan jenis minyak kelapa murni atau membuatnya sendiri. Jika membuatnya sendiri Anda bisa mencoba dengan menghancurkan kelapa, lalu panaskan hingga menghasilkan minyak. Lalu oleskan pada bagian kulit bayi yang gatal. Bagian minyak kelapa sangat baik untuk menyembuhkan kulit yang kering, membuat kulit bayi lembab dan mencegah lapisan kulit mengelupas saat digaruk.


  1. Jangan lupa berikan ASI

Jika ibu memberikan ASI secara eksklusif maka bisa mencoba memberikan ASI secara teratur. Manfaat ASI untuk bayi bisa membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh bayi, melawan alergi pada tubuh bayi yang menyebabkan kulit gatal, menyembuhkan eksim dan bisa membantu bayi menjadi lebih sehat. Ini cara untuk mencegah bayi tidak mudah sakit termasuk hanya dengan gatal. Bagian pertama dari ASI yaitu kolostrum bahkan bisa membantu bayi menjadi sangat sehat saat baru lahir. Jika Ibu bekerja di luar rumah maka tetap bisa melakukan cara memberikan ASI perah. (baca: manfaat kolostrum bagi bayi baru lahir)

  1. Gunakan minyak esensial

Beberapa minyak esensial juga bisa menyembuhkan gatal. Rasa gatal yang disebabkan oleh peradangan bisa disembuhkan dengan beberapa jenis minyak esensial seperti minyak lavender, minyak daun mint, dan juga minyak cengkeh. Namun Anda tidak perlu mengoleskan minyak ini untuk kulit bayi karena kulit bayi masih sangat lembut. Anda hanya perlu menambahkan beberapa tetes minyak esensial ke dalam air hangat yang akan digunakan untuk mandi. Ingat setelah itu sebaiknya bayi hanya perlu dimandikan singkat saja agar tidak terkena efek samping minyak esensial.

  1. Cobalah gel lidah buaya

Jika kulit bayi gatal akibat pori-pori kulit yang kotor dan infeksi ringan maka bisa menggunakan lidah buaya sebagai obat gatal untuk bayi. Gel lidah buaya akan membantu mengeluarkan semua kotoran dari kulit bayi termasuk jika disebabkan karena eksim dan gigitan nyamuk. Anda hanya perlu mengoleskan gel lidah buaya tipis saja, kemudian biarkan selama beberapa saat lalu bersihkan dengan handuk yang sudah dibasahi dengan air hangat. Lakukan saat bayi tidur sehingga Anda bisa menjangkau semua bagian kulit bayi yang gatal.

  1. Kompres dengan air susu dan madu

Manfaat madu untuk bayi baru lahir memang sangat besar. Anda juga bisa mencoba menggunakan air susu dan madu untuk mengobati gatal pada bayi. Caranya adalah dengan mencampur air, susu dan madu hingga menjadi larut. Kemudian masukkan handuk yang lembut dan serat airnya. Peras hingga air tidak terlalu banyak diserap oleh handuk lalu gunakan untuk mengompres kulit bayi yang gatal. Jika kulit bayi sudah membaik maka Anda bisa meneruskan cara ini dengan membuat air mandi dari susu dan madu.

Baca: manfaat madu untuk ibu menyusui – bahaya madu bagi bayi baru lahir – manfaat madu untuk ibu hamil

  1. Gunakan minyak Telon

Jika gatal pada kulit bayi disebabkan karena gigitan nyamuk atau serangga lain maka Anda bisa mencoba menggunakan minyak telon. Minyak telon bisa mengatasi gigitan nyamuk yang menyebabkan bintik merah. Minyak telon sangat hangat dan bisa mengatasi bagian tubuh yang kelelahan. Namun jangan menggunakan minyak telon terlalu banyak karena bisa menyebabkan kulit bayi menjadi lebih sensitif. Dan berikan minyak telon hanya saat bayi tidur. Ini untuk mencegah adanya bahaya bayi minum minyak telon secara tidak sengaja.

  1. Perhatikan jenis makanan untuk ibu menyusui

Ibu yang menyusui bayi juga harus mencoba untuk memperhatikan makanan yang dikonsumsi. Bayi mungkin terkena gatal akibat dari alergi makanan dengan nutrisi tertentu yang diserap dari ASI. Misalnya jika bayi Anda terkena alergi makanan laut maka saat ibu mengkonsumsi makanan laut maka bayi bisa mengalami gatal-gatal. Hal ini disebabkan karena antibodi bayi membentuk histamin yang bisa menyebabkan alergi pada tubuh bayi. Jadi ibu sebaiknya mengenali makanan apa saja yang bisa memicu alergi untuk kulit bayi, dan jangan meninggalkan makanan yang mengandung vitamin untuk ibu menyusui.

Obat gatal untuk bayi ini memang sangat alami. Jika beberapa obat ini tidak menyembuhkan masalah pada kulit bayi maka Anda bisa mencoba berkonsultasi dengan dokter. Beberapa obat medis untuk bayi memang hanya bisa diresepkan oleh dokter karena itu lebih aman untuk kesehatan bayi. Jika salah satu cara sangat efektif maka tentunya Anda tidak perlu datang ke dokter karena masalah gatal pada bayi bisa sembuh secara alami.

, , ,
Post Date: Wednesday 19th, October 2016 / 07:45 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi