Sponsors Link
     Sponsors Link

Perkembangan Bayi 4 Bulan – Fisik, Motorik, Sensorik dan Tips Perawatan          

advertisement

Perkembangan bayi usia 4 bulan akan membuat semua orang tua merasa senang. Masa ini menunjukkan ketika bayi memiliki tubuh yang semakin kuat. Beberapa gerakan bayi akan terlihat dalam berbagai variasi terlebih untuk kelahiran prematur yang membuat pertumbuhan bayi tidak sama dengan bayi normal. Namun orang tua juga harus memiliki banyak waktu untuk mengawasi bayi. Bayi usia 4 bulan akan senang bergerak, tertawa dan bahkan sudah bisa mengeluarkan suara pelan seperti bisikan. Cara menjemur bayi di pagi hari dan manfaatnya masih bisa dirasakan hingga usia 4 bulan. Hal yang paling menggembirakan adalah bahwa bayi Anda akan memiliki kehidupan sosial yang lebih baik.

(Baca juga: perkembangan bayi 1 bulanperkembangan bayi 2 bulanperkembangan bayi 3 bulan)

Berikut ini adalah beberapa panduan yang berhubungan dengan perkembangan bayi 4 bulan :

Pertumbuhan Fisik Bayi

  1. Otot tubuh bayi Anda semakin kuat dan menyebar dari mulai bagian kepala, tangan, dada, perut dan bahkan kaki. Perkembangan otot ini akan membuat bayi Anda bisa bergerak dengan cara yang sangat lucu. Bayi Anda belum bisa merangkak tapi bisa menggeliat dan duduk dengan bantuan tangan Anda. Karena itu hati-hati saat merawat bayi agar tidak sampai terjatuh. (baca juga:  bahaya akibat bayi terjatuh dari tempat tidur – bahaya bayi jatuh terlentang)
  2. Pada bulan ke empat maka bayi Anda memiliki kekuatan otot dada yang sangat baik. Hal ini bisa membuat bayi Anda bisa menahan dada dan kepala menjadi lebih tinggi ketika sedang tengkurap.
  3. Pada bulan ke empat juga bisa membuat bayi Anda bisa berguling meskipun terkadang masih membutuhkan bantuan orang tua.
  4. Anda sudah bisa bermain dengan bayi dengan cara membuat posisi bayi duduk namun tetap harus dipegang pada bagian punggung. Latihan ini akan membuat otot punggung dan perut bayi menjadi lebih kuat.
  5. Bayi Anda mungkin juga akan mengeluarkan air liur lebih banyak pada bulan ini. Jika Anda melihat tanda-tanda ini maka kemungkinan gigi bayi Anda akan tumbuh. Beberapa bayi mungkin akan mengalami masa yang rewel seperti demam dan tidak nyaman.(baca juga: tanda tumbuh gigi pada bayi – bahaya bayi menggunakan empeng)
  6. Pada bulan ke empat biasanya bayi akan lebih senang memasukkan mainan atau apa saja ke mulut karena bagian gusi terasa tidak nyaman. Anda bisa memberikan mainan yang bisa merangsang kekuatan mulut dan calon gigi. Hati- hati untuk selalu menjaga kebersihan mainan, sebab jika kotor maka bayi bisa terkena penyakit seperti diare. (baca juga: penyebab diare pada bayi dan cara mengatasinya)
  7. Bayi Anda mungkin akan menggunakan kekuatan kaki yang lebih banyak untuk bergerak. Untuk mendorong kekuatan kaki maka Anda bisa memberikan mainan yang dekat dengan jarak Anda. Cara ini akan membantu bayi Anda bergerak lebih cepat.
  8. Fisik mata bayi akan terlihat lebih cerah dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Bagian putih maka akan berwarna lebih cerah dan terlihat sangat menakjubkan. (baca juga: penyebab mata merah dan berair pada bayimata merah pada bayi – penyebab dan bahaya)

Pertumbuhan Motorik Bayi

  1. Bayi Anda memiliki kekuatan otot dan koordinasi sistem syaraf yang lebih baik dibandingkan bulan sebelumnya. Hal ini ditunjukkan dengan gerakan tangan yang lebih baik. Bayi Anda mulai bisa memegang dan memindahkan mainan meskipun masih acak. Memberikan latihan gerakan sangat baik untuk otot bayi seperti dengan berenang. Ada beberapa manfaat renang untuk bayi sejak dini dan bahkan hingga saat dewasa.
  2. Bayi Anda sangat penasaran untuk memegang benda atau apa saja yang ada di dekatnya. Ketika bayi sudah bisa memegang maka mereka akan memasukkan dalam mulut dan ini membuat orang tua harus mengawasi bayi dengan baik. Termasuk ketika setelah memandikan bayi maka jangan meletakkan bedak dekat tangan bayi. Ada beberapa bahaya bedak bayi untuk bayi bari lahir.
  3. Bayi Anda sudah bisa meraih beberapa benda atau mainan yang digantung. Untuk melatih respon anak maka berikan mainan gantung yang berwarna cerah. Cara ini akan melatih kekuatan otot tangan bayi.
  4. Bayi Anda memiliki respon yang sangat baik untuk mencicipi berbagai jenis benda baik itu makanan atau bukan. Karena itu bayi akan berusaha memasukkan berbagai benda ke dalam mulutnya. Karena itu perhatikan untuk tidak meletakkan benda berbahaya di dekat bayi.
  5. Bayi Anda sudah bisa bisa menahan kepala dan dada dengan lebih kuat dan hanya memerlukan perlindungan saja. Anda tidak perlu memegang kepala atau dada karena otot mereka sudah berkembang dengan baik.
  6. Terkadang pada tahap ini beberapa bayi juga sudah mulai berguling di perut dan mencoba untuk kembali ke posisi telentang.

Pertumbuhan Sensorik Bayi

  1. Ketika bayi Anda masuk dalam tahap perkembangan bulan 1 hingga 3 maka bayi hanya tertarik dengan warna-warna yang cerah saja. Namun pada masa ini bayi Anda sudah berkembang dengan pengenalan warna. Bayi akan tertarik dengan objek benda gelap dan terang. Anda bisa memberikan mainan yang berwarna hitam maupun putih.
  2. Bayi sudah memiliki kemampuan untuk menekan beberapa benda dengan jari sehingga mulai bisa dikenalkan dengan mainan yang lebih bervariasi.
  3. Indra penglihatan bayi Anda juga semakin tajam. Anda bisa mencoba untuk mengikuti gerakan mata bayi dengan memberikan benda-benda kesukaan seperti mainan.
    Sponsors Link

    Perhatikan apakah bayi Anda bisa melihat objek tersebut dengan baik. Jika terjadi masalah maka segera bawa ke dokter anak untuk diperiksa.
  4. Bayi Anda mulai suka menjatuhkan benda-benda atau apa saja yang dipegang. Hal ini sebenarnya menunjukkan bahwa bayi Anda sedang mencari perhatian dari lingkungan sekitar.
  5. Bayi memiliki kemampuan ekspresi yang lebih baik dan sudah mulai mengenali ekspresi orang lain. Bayi Anda sudah bisa mulai mengenali ketika ibu marah atau sedih. Bayi juga akan menangis bila merasa tidak nyaman. Kenali juga beberapa penyebab bayi menangis terus jika hal ini sudah terjadi.
  6. Bayi akan tertarik dengan kegiatan orang-orang di sekitarnya dan terkadang bayi juga mulai mencontohnya dengan gerakan yang sederhana.
  7. Pada masa ini juga bisa menjadi latihan komunikasi untuk bayi. Ibu bisa memberikan ekspresi yang jelas ketika mengucapkan kata-kata vokal. Gerakan mulut akan membantu bayi dalam mengenali bahasa sehari-hari.
  8. Bayi mulai bisa merasakan beberapa benda yang disentuh. Mereka bisa merasakan benda yang lembut, kasar, berbulu, licin dan jenis tekstur benda lain. Terkadang bayi juga akan  merasa ketakutan ketika merasakan ada benda yang aneh.
  9. Bayi Anda sudah bisa melihat dengan jelas dan mulai bisa membedakan warna yang terang dan gelap. Untuk menjaga kemampuan ini maka ibu bisa memasang berbagai jenis gambar yang berwarna.

Perkembangan Emosi Bayi

Ketika bayi anda sudah mulai masuk masa perkembangan bayi 4 bulan, maka tingkat emosi bayi juga akan ikut berkembang. Bayi sudah bisa merasakan sedih atau gembira ketika diajak bermain. Bahkan bayi akan menangis ketika merasa ditinggal oleh orang tua mereka. Bayi sudah mulai belajar bahasa sejak awal sehingga bayi mulai bisa mengenali apa kalimat orang tua mereka. Meskipun bayi sama sekali tidak bisa mengucapkan kata-kata. Bayi juga sudah bisa mulai berceloteh dengan huruf vokal yang cukup kuat. Ciri ini juga bisa mendorong anak cepat bisa berbicara.(baca juga: anak lambat bicara – penyebab dan penanganan)

  • Waktu Tidur Bayi Usia 4 Bulan

Pola tidur bayi 0-12 bulan memang sangat penting untuk masa pertumbuhan. Kebutuhan tidur bayi usia 4 bulan adalah sekitar 14 hingga 16 jam perhari. Bayi Anda harus bisa istirahat malam dengan tidur. Bahkan biasanya bayi akan bisa tidur selama delapan hingga sembilan jam pada malam hari. Kualitas tidur malam yang baik akan membantu perkembangan fisik, motorik dan sensorik bayi. Selain itu jangan lupa untuk tetap mempertahankan waktu tidur bayi pada siang hari. Posisi tidur bayi yang baik dan benar juga bisa membantu bayi tidur lebih nyenyak. Setidaknya bayi bisa tidur pada pagi dan siang hari.

ads
  • Kebutuhan Makan Bayi Usia 4 Bulan

Pola makan bayi 0-12 bulan harus mendapatkan pengawasan penuh dari orang tua. Pada masa ini bayi Anda mungkin akan memiliki gigi pertama. Namun pada bulan ini bayi akan merasa gatal dan gusi yang tidak nyaman. Hal ini membuat bayi ingin  makan atau mencoba untuk merasakan gigi. Makanan pendukung ASI bisa diberikan ketika  bayi sudah berusia minimal 6 bulan dan masa sebelum ini bayi harus mendapatkan ASI atau susu formula. Namun pertimbangan ini bisa mengikuti kondisi bayi. Jika bayi merasa tidak puas dengan susu maka makanan khusus bayi bisa diberikan. Anda bisa memberikan makanan bayi yang dicairkan untuk membantu memenuhi nutrisi bayi. Namun makanan harus diberikan dalam jumlah yang terbatas. (baca juga: makanan pendukung Asi (MPASI) rumahan terbaik untuk bayi – bahaya memberi makan bayi dibawah 6 bulan)

  • Mainan Bayi Usia 4 Bulan

Pada bulan ke empat maka bayi Anda mulai tertarik dengan berbagai jenis benda-benda yang bisa mengeluarkan suara. Anda bisa memilihkan mainan musik yang bisa membantu merangsang sistem kerja otak bayi. Anda juga bisa membuat mainan sederhana seperti memasukkan kerikil ke dalam botol. Semua jenis mainan yang mengeluarkan bunyi dan bisa dipegang akan membantu menenangkan bayi. Selain itu perhatikan untuk memberikan mainan yang lebih berwarna kepada bayi. Hindari memberikan permainan yang tajam dan runcing sehingga bisa berbahaya untuk bayi.

Tips Perawatan Bayi Usia 4 Bulan

  1. Bayi Anda sudah memiliki sistem koordinasi yang lebih baik. Hal ini membuat bayi bisa melakukan gerakan yang lebih banyak. Untuk itu perhatikan keamanan tempat bayi terutama ketika Anda meninggalkan bayi sendiri. Ruangan terbuka yang jauh dari listrik dan mainan berbahaya sangat baik untuk bayi.
  2. Bayi Anda sudah memiliki rasa penasaran yang tinggi karena itu Anda bisa mengenalkan beberapa gambar binatang, bunga apa benda alam lain. Anda juga bisa membantu bayi mengenali berbagai hal dengan membacakan buku. (baca juga: cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan)
  3. Bayi Anda sangat senang dengan ekspresi dan suara, karena itu Anda bisa menghibur bayi dengan menyanyi atau mendongeng.
  4. Meskipun bayi Anda sudah tidak terlalu sering menangis namun terkadang mereka rewel ketika merasa tidak nyaman. Anda bisa membantu bayi merasa nyaman dengan mengenalkan hal-hal yang baru seperti mainan atau buku.
  5. Demi keamanan bayi maka hindari meletakkan berbagai jenis benda tajam atau benda cair yang berbahaya di dekat bayi. Hal ini untuk mencegah agar bayi tidak terkena bahaya.
  6. Bayi Anda akan membutuhkan asupan makanan yang baik untuk mendukung pertumbuhan. Beberapa bayi sudah bisa diberikan makanan pendukung ASI namun beberapa bayi juga tidak bisa. Perhatikan untuk selalu mengetes makanan ketika akan diberikan kepada bayi. Anda bisa memberikan makanan dalam jumlah yang sedikit dan mengetahui reaksi bayi.

Bayi yang sudah masuk usia 4 bulan akan memiliki penampilan fisik yang lebih kuat. Kemampuan koordinasi gerakan bayi juga sudah lebih baik. Namun pengawasan orang tua tetap dibutuhkan dalam tahap ini untuk mengurangi resiko kejadian buruk.

Video Perkembangan Bayi 4 Bulan

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Thursday 18th, February 2016 / 04:24 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi