Perkembangan Bayi 5 Bulan – Fisik, Motorik, Sensorik dan Tips Perawatan

Anda pasti merasa sangat senang akhirnya bisa melewati masa perkembangan bayi selama empat bulan dengan baik. Masa perkembangan janin selama sembilan bulan yang telah dilewati dengan baik membuat orang tua selalu tidak ingin melewatkan masa pertumbuhan bayi yang sehat. Dan ini menjadi pertanda bahwa bayi Anda masuk bulan ke lima yang berarti ada banyak kejutan dari bayi Anda. Bayi Anda akan semakin terlihat mandiri dan memiliki gerakan yang lebih banyak dibandingkan pada bulan-bulan sebelumnya. Terlebih jika semasa kehamilan ibu mendapatkan nutrisi ibu hamil yang benar-benar bisa mendukung kesehatan bayi yang dilahirkan.

Berbagai pantangan makanan ibu hamil yang dijauhi ternyata bisa mencegah kelahiran prematur dan bayi kuning. Jadi masa pertumbuhan bayi harus mendapatkan dukungan yang baik dari orang tua terutama ibu dan ayah. Dan Anda harus mencari tahu persiapan apa saja untuk mendukung masa pertumbuhan bayi. Berikut ini adalah informasi menarik seputar perkembangan bayi 5 bulan :

Pertumbuhan Fisik Bayi

  1. Pada usia ini Anda bisa mencoba untuk membantu bayi bisa mengangkat kepala dengan baik karena otot sudah berkembang dengan baik. Bagian lengan dan kepala bisa bergerak dengan baik sehingga tidak banyak membutuhkan bantuan. Anda bisa mencoba memberikan latihan berenang sejak dini untuk mendukung gerakan bayi. (baca juga: manfaat renang untuk bayi sejak dini)
  2. Bagian lengan dan kaki bayi sudah menjadi lebih kuat sehingga terkadang bayi ingin memukul atau menendang beberapa benda yang ada di dekatnya.
  3. Bayi sudah bisa berguling dengan posisi tengkurap dan berbalik. Jika bayi Anda belum menunjukkan tanda ini maka Anda bisa membantunya dengan merangsang gerakan kaki bayi.
  4. Semua bagian otot jari bayi sudah berkembang dengan baik sehingga jari-jari sudah bisa membuka dan menutup dengan baik. Bahkan jari bayi Anda sudah memiliki kekuatan untuk mempertahankan benda yang dipegang. Anda bisa melatih gerakan jari bayi dengan memberikan mainan yang harus diangkat atau digerakkan. Saat ini ibu bisa mempelajari cara melakukan pijat bayi yang benar untuk mendukung koordinasi pertumbuhan otot bayi.
  5. Lengan bayi Anda sudah banyak bergerak dan bahkan ingin meraih benda-benda yang ada di dekatnya. Bayi sudah mulai bisa menggapai benda dengan satu lengan atau dua lengan sekaligus. Namun beberapa bayi juga belum bisa melakukan hal ini.
  6. Bayi Anda sudah bisa dibantu duduk namun Anda tetap harus melindungi bagian punggung bayi karena terkadang bayi bisa menjadi sangat santai dan jatuh.
  7. Untuk membantu merangsang koordinasi gerakan kaki dan tangan maka Anda bisa membantu bayi dengan membuat posisi berenang diatas perut. Tengkurapkan bayi dengan kepala menghadap kepala Anda sehingga bayi akan merasa lebih bebas untuk menggerakkan kaki dan tangan.
  8. Bayi Anda sudah mulai bisa berkoordinasi antara tangan kanan dan tangan kiri sehingga mulai bisa memindahkan mainan dari tangan kanan ke kiri atau sebaliknya.
  9. Bagian fisik otak juga berkembang dengan sangat baik dan inilah yang membuat bayi Anda memiliki rasa penasaran yang tinggi. Perkembangan ini akan membuat bayi mulai ingin tahu tentang apa saja yang terjadi di sekitarnya termasuk bunyi, warna dan kegiatan.

Pertumbuhan Motorik Bayi

  1. Koordinasi otot – otot bayi pada bulan ke 5 sudah lebih baik dibandingkan pada bulan sebelumnya. Karena itu bayi Anda merasa sudah bisa sendiri dan hanya membutuhkan sedikit bantuan untuk bergerak. Tapi orang tua tetap harus memberikan pengawasan untuk menghindari bahaya ketika bayi jatuh. Pertama adalah dengan gerakan duduk yang terlihat sangat lucu pada bayi. Meskipun bayi Anda sudah mulai duduk namun terkadang mereka terlihat miring dan jatuh sehingga usahakan untuk selalu meletakkan bantal atau penopang di sekitar bayi. (baca juga: bahaya akibat bayi terjatuh dari tempat tidur – bahaya bayi jatuh terlentang)
  2. Bayi Anda menjadi lebih waspada terhadap orang asing karena kemampuan perkembangan otak pada bayi. Hal inilah yang akan membuat bayi menangis bertemu orang untuk pertama kalinya. Terkadang bayi menjadi sangat akrab dengan orang yang sering ditemui. (baca juga: penyebab bayi menangis terus – bayi menangis terus menerus – 16 penyebab & cara mengatasinya)
  3. Bayi memiliki respon untuk diakui dari orang-orang yang paling dekat. Mereka merasa harus disapa dan akan tersenyum ketika diajak bermain. Beberapa bayi juga akan merasa lebih takut dengan orang lain.
  4. Bayi Anda akan sangat senang untuk berguling ke belakang dengan menggunakan kaki atau perut. Kemudian secara perlahan gerakan ini akan mendorong kaki untuk menekan ke belakang. Hal ini menjadi pertanda bahwa bayi Anda siap untuk merangkak. Namun bayi Anda tidak akan mulai merangkak pada bulan ini.
  5. Bayi Anda memiliki sensor yang sangat kuat pada bagian tangan dan jari-jari. Karena itu bayi akan menarik berbagai benda yang ada di dekatnya. Terkadang jika Anda meletakkan benda kesukaan bayi yang terletak agak jauh maka mereka bisa berguling untuk mengambil.
  6. Pada bulan ini bayi Anda juga akan senang untuk memegang botol susu sendiri meskipun terkadang masih suka untuk menjatuhkannya.

Pertumbuhan Sensorik Bayi


  1. Pada bulan kelima maka bayi Anda akan senang dengan suara atau bunyi-bunyi yang menarik. Bahkan mereka juga sangat suka dengan bunyi atau suara yang diucapkan oleh ibunya. Bayi mulai berlatih untuk membuat suara dari mulutnya seperti berdecit atau memainkan bibir.
  2. Bayi juga mulai bisa membuat ekspresi lucu untuk memancing orang di sekitarnya agar tertawa. Anda mungkin akan merasa sangat terhibur ketika sedang lelah. Namun ekspresi ini sama sekali tidak bisa dipaksa karena bayi hanya akan melakukannya ketika mau saja.
  3. Perkembangan ujung syaraf pada bagian lidah bayi sudah mulai berkembang pada usia ini. Hal ini jauh berbeda karena pada usia sebelumnya hanya tertarik untuk mengetahui rasa. Karena itu bayi Anda akan senang memasukkan berbagai benda ke dalam mulut atau bahkan mengunyah pelan meskipun gigi hanya baru akan muncul. Bayi Anda mungkin juga akan meminta empeng atau botol susu terus menerus. Namun orang tua tetap harus mengatur karen ada bahaya bayi menggunakan empeng.
  4. Pada usia 5 bulan bayi Anda sudah memiliki penglihatan yang semakin sempurna. Bayi sudah bisa melihat berbagai jenis benda yang terletak jauh dan ukuran benda yang kecil. Bahkan bayi juga memiliki kemampuan yang sangat baik untuk melihat berbagai jenis benda yang bergerak. Karena itu bayi akan senang menjatuhkan benda-benda yang dipegang ketika sedang digendong. Lalu bayi akan melihat ke bawah untuk mencari benda yang dijatuhkan.

Perkembangan Emosi Bayi

Pada tahap ini maka bayi Anda memang terlihat sudah semakin mandiri. Namun bayi juga mulai menunjukkan perkembangan emosi yang lebih kuat. Bayi akan menangis jika merasa tidak nyaman dan hiburan bisa membuat bayi menjadi lebih tenang. Selain itu karena bayi sudah mulai mengoceh maka mereka juga akan protes bila tidak senang dengan sesuatu hal. Bayi Anda juga akan memiliki respon yang sangat baik ketika dipanggil dengan nama. Ikatan antara bayi dan orang tua bisa menjadi lebih baik pada tahap ini.

  • Waktu Tidur Bayi Usia 5 Bulan

Untuk bayi yang sudah berusia 5 bulan maka membutuhkan waktu tidur yang cukup. Tidur bisa membantu bayi untuk berkembang dan memelihara kesehatan organ tubuh. Tidur pada malam hari menjadi pilihan waktu tidur yang paling baik. Bayi Anda secara umum membutuhkan waktu tidur antara 12 hingga 15 jam dalam sehari. Bayi umumnya akan tidur sebanyak satu hingga dua kali dalam sehari. Waktu tidur pada siang hari biasanya tergantung dari kondisi bayi sendiri. (baca juga: pola tidur bayi 0-12 bulanposisi tidur bayi yang baik dan benar)

  • Kebutuhan Makan Bayi Usia 5 Bulan

Bayi usia 5 bulan tetap membutuhkan ASI atau susu formula sesuai dengan kebutuhan nutrisi. Pada dasarnya bayi membutuhkan nutrisi seperti lemak, karbohidrat, vitamin dan mineral. Semua jenis nutrisi ini diperlukan untuk memperkuat tulang, gigi dan organ pada perkembangan bayi 5 bulan. Jika beberapa gigi bayi sudah mulai tumbuh maka biasanya bayi meminta makanan padat yang bisa merangsang gerakan gusi dan lidah. Tanda tumbuh gigi pada bayi bisa muncul pada bulan ini atau bulan sebelumnya. Namun sebaiknya orang tua tetap mengutamakan memberikan ASI dan susu formula. ASI sudah bisa menyumbangkan kebutuhan nutrisi yang penuh dibandingkan dengan jenis sumber nutrisi lain. Pola makan bayi 0-12 bulan tetap harus diikuti untuk menghindari bahaya memberi makan bayi dibawah 6 bulanMakanan pendukung Asi (MPASI) rumahan terbaik untuk bayi bisa diberikan jika sudah disarankan oleh dokter anak Anda.

  • Mainan untuk Bayi Usia 5 Bulan

Permainan untuk bayi berusia 5 bulan harus dipilih jenis mainan yang bisa mendorong bayi bergerak dengan baik. Mainan yang bisa bergerak sendiri dengan bantuan tenaga baterai sangat baik untuk mendorong agar bayi bisa memiliki koordinasi gerakan yang baik. Selain itu bayi Anda juga sangat suka dengan berbagai permainan yang membuat penasaran seperti “ci luk ba”. Permainan ini akan membuat bayi Anda merasa senang atau tertawa. Beberapa bayi juga akan menirukan gerakan orang dewasa. Pada usia ini tetap jauhkan bayi dari berbagai  benda atau permainan yang runcing dan tajam. Ketika anak-anak sudah bisa bermain maka Anda bisa mengenali apakah ada ciri ciri anak autis sejak bayi dan ciri ciri anak indigo dari bayi. Jika ditemukan ciri-ciri tersebut maka segera konsultasikan dengan dokter anak Anda.

Tips Merawat Bayi Usia 5 Bulan

  1. Anda bisa membantu gerakan bayi termasuk untuk koordinasi otot punggung dan perut bayi dengan gerakan duduk. Lakukan cara ini dengan duduk bersila kemudian bantu bayi untuk duduk dengan seimbang. Jika Anda merasa khawatir maka letakkan bantal di dekat bayi untuk menjaga agar mereka tidak terjatuh ketika tidak seimbang.
  2. Bayi Anda mulai suka membawa mainan lalu menjatuhkan mainan itu sendiri. Karena bayi juga suka memasukkan mainan ke mulut maka usahakan untuk sering mencuci mainan agar bayi tidak terkena sumber penyakit seperti penyebab diare. (baca juga: penyebab diare pada bayi dan cara mengatasinya – perut kembung pada bayi – penyebab – cara mencegah & mengatasicara mengatasi demam pada bayi)
  3. Bantu keseimbangan koordinasi tangan bayi dengan memberikan satu mainan kemudian dilempat ke tangan yang lain. Cara ini akan membantu bayi memiliki tingkat keseimbangan motorik yang bagus.
  4. Anda bisa merangsang gerakan merangkak pada bayi dengan membantu gerakan kaki dan tangan bayi. Lakukan gerakan ini dengan pelan sehingga bayi merasa tidak didorong.
  5. Bayi Anda mungkin akan bergerak dengan baik dan mencoba untuk bertumpu pada kaki, namun pada umur ini sebaiknya hal ini tidak dilakukan. Terlalu cepat mengajarkan bayi bertumpu dengan kaki bisa menyebabkan kerusakan otot kaki yang serius.
  6. Bayi Anda sudah mulai suka dengan musik dan suara karena itu Anda bisa memutar musik untuk melatih kemampuan pendengaran bayi. Bayi biasanya akan memberikan respon dengan tertawa atau bertepuk tangan.
  7. Lepaskan semua permainan yang menggantung pada masa ini untuk menghindari rasa malas bayi. Anda harus meletakkan mainan dekat dengan bayi agar mereka terdorong untuk bergerak demi mendapatkan mainan tersebut.
  8. Untuk menjaga keamanan dan agar bayi tidak terkena bahaya maka tutup semua bagian yang bisa disentuh oleh bayi seperti sumber listrik, mengunci almari dan menjauhkan berbagai benda berbahaya dari bayi seperti minuman atau makanan yang panas.

Bayi yang sudah berusia 5 bulan memang sangat menyenangkan. Bayi terlihat dengan penampilan fisik yang besar. Beberapa bayi mungkin tidak mengalami semua perkembangan pada usia ini, namun hal ini belum termasuk tanda-tanda yang buruk. Beberapa bayi akan mengalami perkembangan tertentu dan juga tertinggal. Pastikan Anda membawa bayi ke dokter jika bayi mengalami tanda-tanda yang tidak normal.

Artikel lain tentang perkembangan bayi

Video Perkembangan Bayi 5 Bulan

, , , , ,
Post Date: Thursday 18th, February 2016 / 06:05 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bayi