Sponsors Link

13 Mainan untuk Bayi 4 Bulan Agar Bayi Lebih Cerdas

Sponsors Link

Saat bayi Anda sudah berumur 4 bulan maka ada banyak perubahan yang terjadi. Bayi Anda lebih lincah, ingin banyak bergerak dan terlihat sangat cerdas. Bahkan bayi Anda sudah bisa memberikan interaksi sosial yang sangat baik pada orang lain. Karena itu Anda harus memberikan mainan yang tepat. Jenis mainan yang sangat baik untuk anak termasuk yang mendorong perkembangan sensorik, kognitif, motorik, dan fisik. Jadi tidak usah bingung dan berikan beberapa mainan untuk bayi  4 bulan seperti dibawah ini. (baca: mainan untuk bayi 6 bulan)

ads
  1. Boneka dengan berbagai tema

Untuk merangsang kemampuan kognitif anak Anda bisa mencoba memberikan boneka dengan berbagai tema. Misalnya untuk tema binatang, hutan, bunga, dan berbagai jenis benda lain. Mainan ini sangat baik untuk merangsang agar otak anak mulai mengenali berbagai benda. Meskipun mereka belum bisa mengingat dengan baik tapi bisa mencoba untuk mengenali benda. Boneka harus sangat aman untuk anak sehingga ketika ditarik atau digigit bayi tidak akan rusak. (baca: perkembangan organ tubuh bayi setelah lahirPosisi tidur bayi yang baik )

  1. Guling binatang

Kemudian Anda juga bisa memberikan guling binatang. Sebenarnya ini tidak hanya menjadi teman tidur untuk anak tapi untuk mendorong perkembangan sensorik dan motorik. Mainan boneka guling biasanya memiliki banyak bentuk binatang seperti ulat, cacing, buaya atau bentuk lain. Anda harus memilih mainan yang memiliki banyak warna sehingga bisa membuat anak mulai tahu ada banyak warna. Beberapa mainan juga bisa dilengkapi dengan lonceng kecil sehingga ketika digerakkan maka akan mengeluarkan banyak bunyi.

Informasi tidur bayi:

  1. Mainan tepukan musik

Ketika bayi berusia 4 bulan maka Anda harus merangsang kemampuan motorik kasar, sensorik dan keinginan untuk menggegam. Karena itu Anda bisa memberikan mainan yang berbentuk seperti genggaman musik. Ketika digenggam maka akan membuat tangan bayi merasakan benda halus. Kemudian ketika digerakkan maka bisa menyebabkan bunyi manik-manik pada bagian dalam mainan. Ini sangat baik untuk meningkatkan kemampuan anak dalam menggerakkan tangan.  (baca: infeksi telinga pada anak – gejala sinusitis pada anak – bahaya bayi naik pesawat)

  1. Boneka yang lembut

Anda juga bisa merangsang keterampilan koginitif anak dengan boneka yang lembut. Boneka yang lembut akan disukai anak karena bisa menjadi teman tidur, teman bermain dan juga sandaran tubuh anak. Bayi bisa merasakan tekstur mainan yang sangat lembut. Kemudian bayi Anda juga bisa bermain dengan mandiri karena sangat tenang dan tidak mudah menangis.

Baca juga:

Sponsors Link

  1. Mainan gantungan beraneka warna

Anda juga harus merangsang kemampuan indra anak dengan cara yang baik.  Salah satunya adalah dengan memberikan mainan yang terdiri dari gantungan warna yang menarik. Ini sangat aman karena bisa digantung pada box bayi atau langit-langit kamar bayi. Mainan bisa berputar dengan sangat menarik dan mengeluarkan bunyi seperti musik. Mainan ini bisa membuat bayi menjadi lebih tenang dan juga membantu menidurkan bayi.  (baca: penyebab bayi rewel – Penyebab bayi menangis terus)

  1. Mainan untuk visual bayi

Anda juga harus mencoba untuk mendorong perkembangan visual bayi saat bayi sudah berumur 4 bulan. Ada banyak mainan gantung dengan berbagai tema visual seperti lingkaran, segitiga, balok, bola dan mainan yang lain. Anda bisa menggantungkan pada box bayi, kereta dorong atau jenis tempat yang lain. Mainan sangat penting untuk membantu bayi mengenal berbagai jenis warna dan bentuk yang berbeda.

Informasi penyakit mata pada bayi:

  1. Mainan untuk stroller

Ketika bayi Anda sudah berusia 4 bulan maka Anda juga bisa memberikan mainan untuk stroller anak. Anda bisa mencoba untuk memasang mainan yang bisa mengeluarkan bunyi, warna dan bentuk yang berbeda. Mainan ini sangat penting untuk menggerakkan kemampuan motorik kasar dan sensorik. Selain menghibur maka mainan juga sangat penting untuk meningkatkan keinginan bayi saat ingin bermain dan menyentuh berbagai jenis benda. (baca: cara melatih bayi duduk –  cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan – cara agar anak cepat jalan)

  1. Puzzle boneka

Memberikan pengertian bahasa dan indra untuk anak memang sangat penting saat anak sudah berusia 4 bulan. Anda bisa mencoba memberikan mainan seperti puzzle boneka yang lengkap. Anda tidak perlu memilih mainan yang rumit karena ini hanya perkenalan untuk anak. Lebih baik untuk memilih mainan yang berbentuk buku lembut seperti boneka. Meskipun anak belum mengerti tentang binatang atau benda lain maka Anda tetap perlu mengucapkan dengan logat dan ejaan yang benar.

Informasi perkembangan bayi 1-6 bulan:

  1. Mainan berjalan

Untuk mendukung kemampuan indra bayi maka Anda bisa mencoba memberikan mainan berjalan. Ketika tuas kecil pada mainan diputar lalu diletakkan di lantai maka mainan akan berputar atau bergerak sendiri. Mainan ini bisa terbuat dari kayu, plastik atau bahan lain yang aman. Mainan juga bisa membuat anak merasa sangat ceria dan nyaman. Sehingga juga bisa mengurangi rewel pada bayi. (Baca: penyebab anak terlambat jalan – baby walker untuk bayi amankah?)

  1. Matras bertema

Saat bayi sudah berusia 4 bulan maka Anda bisa mencoba meletakkan bayi di matras yang lembut dan nyaman. Namun Anda harus memilih matras yang meningkatkan keterampilan koginitif, yaitu matras dengan berbagai tema. Anda bisa memilih berbagai tema lengkap seperti binatang, bunga, taman, bulan, bintang dan jenis tema lain. Saat anak  belajar untuk tengkurap maka anak bisa termotivasi untuk melihat berbagai jenis benda. (Baca: bahaya akibat bayi terjatuh dari tempat tidur – bahaya bayi jatuh terlentang)

  1. Mainan gigitan bayi

Memang saat bayi Anda baru berumur 4 bulan maka belum menunjukkan tanda tumbuh gigi. Meskipun beberapa bayi mungkin sudah memiliki bibit gigi yang muncul dari gusi. Namun Anda tetap bisa memberikan mainan gigitan bayi yang penting untuk meningkatkan koordinasi tangan dan keterampilan indra bayi. Anda bisa memilih mainan dengan berbagai jenis bentuk sehingga bayi Anda juga bisa sambil belajar.

Baca: cara membersihkan mainan gigitan bayi –  tanda tanda bayi tumbuh gigi – gejala anak tumbuh gigi ) 

Sponsors Link

  1. Tongkat musik

Jika Anda ingin merangsang kemampuan tangan bayi maka cobalah memberikan mainan berupa tongkat musik. Tongkat lurus dari plastik dengan dua ujung bola pada dua sisi. Setiap bola berongga dan memiliki isi benda di dalamnya. Saat diguncangkan maka mengeluarkan berbagai bunyi yang sangat menarik. Bayi Anda mungkin akan memegang lalu menjatuhkan kembali. Namun semakin lama bermain maka bayi semakin pintar dan akan terus mengguncangkan mainan.

Informasi perkembangan bayi 7 – 12 bulan:

  1. Mainan karet yang berbunyi

Anda juga bisa memberikan mainan dari karet dengan bentuk binatang atau bunga. Kemudian ketika ditekan pada bagian tengah maka akan mengeluarkan bunyi mendecit atau melengking. Mainan ini sangat tepat diberikan kepada bayi saat rewel atau mudah menangis. Mainan juga penting untuk membantu bayi menjadi lebih nyaman saat mandi.

Nah itulah semua jenis mainan untuk bayi 4 bulan yang bisa Anda berikan pada bayi Anda. Pastikan semua mainan ini sangat aman untuk bayi dan tidak menyebabkan resiko kesehatan pada bayi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Monday 07th, August 2017 / 07:10 Oleh :
Kategori : Bayi