Sponsors Link

13 Makanan Perangsang Pertumbuhan Gigi Bayi Agar Cepat Tumbuh

Sponsors Link

Setelah Anda memberikan beberapa vitamin penumbuh gigi anak maka Anda bisa melihat lagi kondisi gigi anak. Apakah gigi anak Anda sudah tumbuh dengan baik atau tidak. Pertumbuhan gigi anak umumnya memang sangat cepat. Namun ketika ada masalah dalam tubuh anak maka gigi bisa tumbuh lebih lambat.  Riwayat dalam keluarga juga bisa menyebabkan masalah pertumbuhan gigi anak. Tapi jangan khawatir karena ada beberapa makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi, seperti berikut ini. (baca: gejala anak tumbuh gigi – tanda tanda bayi tumbuh gigi – obat gusi bengkak karena tumbuh gigi )

ads
  1. Keju

Makanan  pertama yang bisa Anda berikan untuk anak dan bayi adalah keju. Jika bayi And tidak memiliki alergi susu atau produk susu maka keju bisa menjadi makanan yang sangat menyehatkan. Keju mengandung kalsium yang sangat tinggi. Kemudian kalsium bisa membuat produksi air liur menjadi lebih tinggi sehingga sangat baik untuk meningkatkan bakteri baik dalam mulut. Anda bisa mencampur keju dengan makanan lain seperti bubur. (baca: manfaat keju untuk bayi – manfaat hati ayam untuk bayi)

  1. Susu

ASI dan susu formula juga sangat penting untuk meningkatkan pertumbuhan gigi pada anak. Susu mengandung vitamin yang sangat lengkap dan juga kalsium. Susu bisa membuat anak memiliki pertumbuhan tulang dan gigi yang lebih kuat. Susu juga penting untuk pencernaan anak dan membuat kesehatan gigi anak menjadi lebih baik. Susu bisa membantu mencegah kerusakan gigi terutama saat masih dalam masa pertumbuhan.

Informasi susu formula:

  1. Air

Air putih juga penting untuk pertumbuhan gigi bayi dan anak. Namun Anda harus memberikan air putih tidak terlalu banyak. Jangan diberikan pada anak yang berusia dibawah enam bulan. Pada dasarnya air putih hanya mengandung sumber mineral. Kemudian mineral akan diserap oleh tubuh untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi. Jadi tidak ada alasan lagi untuk tidak memberikan air putih pada anak kecuali belum cukup umur. (baca: manfaat air tajin untuk bayibahaya pemberian air putih pada bayi usia 0 6 bulan )

  1. Sayuran hijau

Jika bayi Anda sudah menerima makanan pendamping ASI maka Anda bisa mulai memberikan beberapa jenis sayuran hijau. Jenis sayuran hijau yang sangat baik untuk pertumbuhan gigi anak termasuk seperti brokoli, kangkung dan bayam. Semua makanan ini sangat penting karena mengandung nutrisi untuk gigi seperti kalsium, asam folat, zat besi, dan vitamin yang lengkap. Semua mineral ini memiliki peran untuk mendorong pertumbuhan gigi yang baik dan sehat. (baca: makanan pendukung ASI (MPASI) rumahan terbaik untuk bayi )

Sponsors Link

  1. Ikan

Ikan juga sangat penting untuk bayi Anda. Jenis ikan seperti ikan salmon, ikan tuna, ikan sarden sangat baik untuk gigi anak Anda. Semua jenis ikan yang berasal dari lautan ini mengandung vitamin D yang bisa memperkuat pertumbuhan tulang dan gigi, zat besi yang membuat anak bisa memproduksi sel darah merah yang baik, kalsium yang bisa membuat jaringan, otot, tulang dan gigi anak bisa tumbuh dengan baik. Jika anak Anda tidak memiliki alergi pada ikan maka Anda bisa memberikan ikan sebagai nutrisi untuk anak. (baca: vitamin penumbuh gigi anak – Manfaat Ikan Salmon Untuk Bayi )

  1. Daging dan hati

Daging dan hati merupakan jenis makanan yang mengandung vitamin B kompleks dan mineral yang sangat lengkap. Anda bisa memberikan jenis daging seperti daging ayam yang tidak disertai lemak untuk bayi. Jika bayi Anda memang belum bisa menerima daging maka Anda bisa memberikan kaldu ayam kampung. Kemudian Anda juga bisa memberikan hati ayam atau hati sapi yang sangat penting untuk pertumbuhan organ dan gigi bayi Anda. (baca: manfaat keju untuk bayi – manfaat hati ayam untuk bayi)

  1. Kacang-kacangan

Jika anak Anda tidak mengalami alergi kacang-kacangan maka jenis makanan ini sangat baik untuk pertumbuhan gigi dan tulang anak. Jenis kacang-kacangan yang bisa Anda berikan termasuk seperti kacang hijau, kacang mete, kacang hitam, kacang tanah dan kacang merah. Anda bisa mengolah kacang ini menjadi bubur yang mudah untuk pencernaan anak. Sebenarnya kacang penting untuk pertumbuhan gigi anak karena mengandung mineral lengkap seperti kalsium, seng, fosfor, zat besi, dan juga vitamin yang sangat lengkap. (baca: manfaat buncis untuk bayi – makanan bayi agar tidak sembelit )

  1. Buah cranberri

Apakah Anda pernah mencoba memberikan buah cranberri untuk anak Anda? Anda bisa mencobanya karena buah ini mengandung polifenol yang sangat tinggi. Ini bahan yang sangat baik untuk membantu merangsang pertumbuhan gigi dan menjaga agar gigi yang sudah tumbuh tetap sehat. Anda bisa mencoba memberikan cranberry dengan makanan lain seperti sereal dan roti gandum yang kaya serat dan kalsium.

  1. Jeruk

Jeruk sering menjadi buah yang diberikan pertama kali untuk anak. Jeruk ternyata sangat baik untuk anak karena mengandung vitamin C yang merangsang kesehatan tubuh yang baik. Kemudian vitamin C juga penting untuk merangsang pertumbuhan gigi dan menjaga agar tidak mudah terkena penyakit gigi. Jadi Anda bisa mulai memberikan buah jeruk secara langsung.

  1. Stroberi

Stroberi sangat penting untuk pertumbuhan gigi yang sempurna. Stroberi mengandung vitamin C, asam malat dan zat antioksidan. Ini juga kaya dengan mineral seperti kalsium dan fosfor yang akan mendorong kesehatan akar gigi dan gigi yang akan tumbuh. Untuk memberikan stroberi maka Anda cukup memberikan stroberi segar dengan sereal atau stroberi beku. (baca: makanan bayi 1 tahun biar gemukpenyebab bayi susah makan)

  1. Yogurt

Yogurt diolah dari susu sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi. Yogurt mengandung kalsium yang cukup tinggi. Kemudian yogurt juga penting untuk kesehatan pencernaan anak karena mengandung bakteri baik. Kemudian dari proses ini maka tubuh anak memiliki sistem penyerapan nutrisi yang baik sehingga bisa membuat anak memiliki gigi yang cukup sehat. Bahkan yogurt sangat penting untuk membuat gigi yang sudah tumbuh tetap sehat dan tidak berlubang. 

Sponsors Link

  1. Wortel

Wortel memang termasuk makanan yang mengandung vitamin A sangat tinggi. Tapi ternyata wortel sangat baik untuk pertumbuhan gigi. Kandungan vitamin A dan mineral lain yang lengkap dalam wortel bisa membuat pertumbuhan gigi anak menjadi lebih sempurna. Anda bisa mencoba sering memberikan wortel pada anak baik dalam bentuk bubur atau camilan seperti wortel rebus atau wortel kukus. (baca: manfaat wortel untuk bayi )

  1. Apel

Apel sangat penting diberikan pada anak karena bisa membuat anak memiliki pertumbuhan gigi yang sehat. Apel mengandung vitamin C dan asam malat yang sangat tinggi. Kandungan kedua nutrisi ini penting untuk membentuk jaringan dan kerangka tubuh termasuk bagian gigi. Hanya saja jika Anda ingin memberikan apel maka pastikan sudah dihaluskan atau dipanggang sebentar untuk melembutkan apel.

Itulah semua jenis makanan perangsang pertumbuhan gigi bayi sehingga bayi Anda bisa memiliki gigi yang sehat. Berikan semua jenis makanan ini sehingga anak tidak akan mengalami keterlambatan pertumbuhan gigi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 04th, August 2017 / 01:55 Oleh :
Kategori : Makanan Bayi