Sponsors Link

7 Manfaat Pisang untuk Tumbuh Kembang Bayi

Sponsors Link

Pisang merupakan buah yang memiliki nutrisi yang sangat tinggi serta kaya manfaat, dan juga dapat ditemukan dengan mudah karena harganya yang terjangkau. Pisang juga termasuk salah satu jenis buah yang kaya akan sumber vitamin, mineral dan juga serat yang tentunya sangat diperlukan oleh tubuh untuk meningkatkan metabolisme dalam tubuh. Pisang juga dapat dikonsumsi oleh siapapun dari orang dewasa lansia dan anak-anak hingga bayi aman mengkonsumsi pisang. (Baca juga:  Manfaat Buah Pisang Ambon Bagi Ibu Hamil, Buah yang Baik untuk Ibu Hamil)

ads

Manfaat Buah Pisang

Pisang merupakan salah satu buah yang memiliki rasa manis ketika matang tersebut, juga memiliki banyak kandungan nutrisi serta energi yang baik bagi tubuh terutama bagi bayi. Juga apabila ibu menyusui rutin memasukkan pisang dalam diet sehatnya, hal tersebut akan sangat membantu meningkatkan produksi ASI. Pisang merupakan buah yang kaya energi juga sangat bergizi. Di dalam buah pisang banyak mengandung mangan, vitamin B6, vitamin C, serat, kalium, zat besi, vitamin A, biotin, dan nutrisi lainnya. (baca juga: Vitamin untuk ibu menyusuiManfaat Pisang untuk Ibu Menyusui)

Selain kandungan vitamin dan mineral yang melimpah, ternyata buah pisang merupakan sumber makanan yang rendah lemak dan juga memiliki beragam manfaat bagi tumbuh kembang bayi. Sebagaimana berikut diantaranya manfaat pisang bagi bayi:

1. Sangat Cocok sebagai Makanan Pertama Bayi

Ketika bayi telah memasuki usia 6 bulan, ini merupakan saat yang tepat untuk mengenalkan bayi pada makanan pertamanya. Sebaiknya jangan asal saat mengenalkan bayi pada makanan pertamanya, selain karena pencernaan bayi masih sangat rentan mengenalkan makanan pertama yang salah pada bayi juga dapat membuat bayi menjadi susah makan nantinya. Beri bayi makanan yang sehat dan bergizi seperti buah. Buah merupakan makanan yang sangat baik di konsumsi ole yang memiliki tekstur yang lembut dan manis sangat pas untuk lidah bayi, dan juga pisang aman untuk perut bayi karena mudah dicerna.

Baca juga:

  2. Makanan yang Kaya Energi

Pisang dianggap sebagai makanan yang baik bagi para olahragawan, ini bukanlah omong kosong sebab kandungan karbohidrat yang terdapat di dalam pisang matang memberikan energi instan. Bayi-bayi yang aktif dan mulai belajar jalan tentunya akan lebih cepat lelah dan juga membutuhkan lebih banyak energi. Dalam pisang matang terdapat kandungan glukosa, fruktosa, dan juga sukrosa yang merupakan gula alami, mampu mencukupi kebutuhan energi untuk bayi. (baca juga: Makanan Pendukung Asi Rumahan Terbaik untuk Bayi, Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui)

Sponsors Link

  3. Baik untuk Pencernaan

Serat diketahui memiliki fungsi yang sangat baik dalam membantu memperlancar pencernaan agar tetap sehat. Pisang pun memiliki kandungan serat yang cukup banyak, dan serat yang terdapat di dalam buah pisang adalah pektin yang merupakan serat yang larut dalam air. Pektin berfungsi untuk membantu pencernaan mengubah karbohidrat menjadi gula sederhana yang mudah dicerna oleh pencernaan bayi. (baca juga: Cara Mengatasi Bayi Susah BAB , Makanan Pengganti Karbohidrat untuk Ibu Hamil)

Pemberian pisang secara teratur sebagai makanan pendukung ASI dapat membantu mencegah masalah pencernaan bayi dan membuat bayi terhindar dari masalah buang air besar. Dengan memberikan bayi buah pisang matang yang dihaluskan akan membantu memadatkan feses bayi. Sehingga bayi tidak akan merasa kesulitan saat buang air besar. (baca juga: Penyebab Bayi Susah Bab , Penyebab Asfiksia Pada Bayi Baru Lahir)

  4. Meningkatkan kesehatan Tulang dan juga Penglihatan

Pisang merupakan makanan yang kaya kalium, kalium memiliki peranan untuk menetralkan natrium didalam tubuh yang berfungsi dalam pembentukan tulang. Selain itu kalsium yang hilang bersamaan saat buang air kecil akan digantikan dengan nutrisi yang terdapat di dalam pisang. Bayi yang secara teratur diberikan MPASI dari buah pisang akan memiliki penglihatan yang lebih baik, hal tersebut karena pisang pun juga memiiki kandungan Vitamin A yang sangat baik bagi mata, seperti melindungi retina dari segala jenis penyakit. (baca juga: Manfaat Vitamin A untuk ibu hamil ,   Manfaat Wortel Untuk Bayi)

  5. Menyediakan Nutrisi yang Lengkap

Dalam kebutuhan nutrisi harian bayi, terutama bayi yang telah mulai makan makanan padat. Kebutuhan nutrisi harian mencakup kalium, kalsium, magnesium fosfor, zat besi, asam folat, vitamin B12 dan tembaga dalam jumlah yang cukup akan membantu pembentukan sel darah merah, yang akan membantu dalam memproduksi hemoglobin dalam tubuh. Dan juga zat besi baik untuk bayi dan anak-anak akan mencegah terjadinya anemia. Kalium sangat penting untuk fungsi otot dan juga menjaga irama jantung. (baca juga: Manfaat Zat Besi untuk Ibu Hamil , Bolehkah Ibu Hamil Makan Cokelat)

  6. Mengatasi diare Pada Bayi

Diare juga merupakan salah satu masalah yang yang seringkali diderita oleh bayi. Diare pada bayi sering karena disebabkan oleh virus. Dalam kasus tersebut, prioritas utama harus mengkonsultasikan kondisi tersebut pada dokter. Pastikan bahwa bayi tetap terhidrasi, pisang sangat bagus din saat bayi diare karena dapat membantu memadatkan feses dan juga menghindarkan bayi dari kehilangan cairan selama diare berlangsung. (baca juga: Cara Mengatasi Diare pada Bayi , Obat Diare Untuk Ibu Menyusui)

Sponsors Link

  7. Buah yang tak menimbulkan Alergi

Dalam berbagai kasus, alergi makanan muncul pada seseorang yang intoleransi dan sulit mencerna  kandungan asam amino yang terdapat dalam makanan. Kandung asam amino dalam buah pisang merupakan asam amino sederhana yang mudah dicerna oleh tubuh. Hal ini membuat pisang menjadi buah yang bebas alergi dan juga makanan ideal untuk bayi karena teksturnya yang lembut dan asam amino sederhananya sehingga mudah dicerna oleh pencernaan bayi yang masih sensitif. (baca juga: Tanda Bayi Alergi Susu Sapi)

Pisang yang kaya manfaat sangat bagus untuk membantu meningkatkan tumbuh kembang bayi karena memiliki nutrisi yang lengkap. Namun terkadang ada bayi yang menolak pisang saat pertama kali ibu mulai mengenalkannya pada makanan pertamanya. Yang terpenting adalah jangan memaksa bayi untuk makan sesuatu yang tidak dia inginkan karena hal tersebut akan membuat bayi menjadi enggan makan. Yang tentunya akan membuat manfaat pisang untuk bayi menjadi sia-sia. (baca juga: Cara Mengatasi Balita Susah Makan ,  Cara Mengatasi Bayi Sembelit)

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , , ,
Post Date: Sunday 25th, December 2016 / 00:49 Oleh :
Kategori : Makanan Bayi