Sponsors Link

11 Cara Mengobati Amandel pada Anak Alami dan Medis

Sponsors Link

Peradangan tonsil atau amandel pada anak sering menyebabkan anak mudah sakit. Biasanya anak yang sering terkena radang amandel mudah terkena infeksi virus seperti flu. Tonsil atau amandel dimiliki oleh semua orang, namun tidak semua orang bisa mengalami peradangan. Fungsi amandel juga penting untuk tubuh karena menangkal semua infeksi dari virus atau bakteri yang masuk ke dalam tubuh. Ketika tonsil tidak bisa menahan serangan infeksi maka bisa menyebabkan peradangan pada amandel. (baca: tips agar anak tidak mudah sakit – cara menjaga bayi agar tidak mudah sakit)

ads

Anak yang sering terkena radang amandel menjadi rentan sakit, karena itu Anda bisa mencoba beberapa cara mengobati amandel pada anak dibawah ini:

  1. Berkumur dengan air garam

Ketika amandel anak meradang dan menyebabkan rasa sakit untuk menelan, maka Anda bisa menawarkan untuk berkumur dengan air garam. Caranya dengan mencampurkan satu sendok teh garam dengan satu gelas air hangat. Kemudian aduk hingga tercampur rata dan berikan pengertian kepada anak untuk berkumur. Ingat, jangan sampai air ini sampai tertelan karena bisa menyebabkan anak muntah dan sakit. Garam bisa membantu mengeluarkan cairan dari sekitar amandel yang mengandung banyak virus atau bakteri. Kemudian garam juga bisa menekan pertumbuhan bakteri di sekitar tenggorokan dan amandel. Cara ini juga bisa membantu menjadi obat sariawan untuk balita dan mengobati sakit gigi saat hamil.

  1. Memberikan minuman hangat

Ketika amandel menyerang anak maka bisa menyebabkan anak sulit untuk menelan makanan. Kemudian anak juga akan merasa tidak nyaman untuk bernafas. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba memberikan minuman yang hangat. Minuman yang hangat bisa membantu anak bisa menelan dengan mudah dan memberikan efek yang menenangkan untuk bagian amandel. Anda bisa memberikan sup kaldu yang hangat atau minuman seperti teh yang ringan. Cara ini juga bisa membantu mengatasi dehidrasi pada anak. Langkah ini bisa dilakukan sebagai cara menurunkan panas pada anak akibat infeksi amandel.

  1. Berikan jus lemon dan madu

Jus dari air lemon murni dan madu bisa menjadi obat yang sangat ampuh untuk mengatasi amandel pada anak. Lemon dan madu mengandung senyawa anti inflamasi yang akan mengurangi resiko infeksi dan peradangan pada amandel. Kandungan vitamin C juga sangat baik untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Sementara madu sangat baik untuk menjaga agar anak tetap sehat. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok teh madu dengan air perasan jeruk lemon berukuran sedang. Kemudian minum saat masih segar.

  1. Berkumur dengan teh fenugreek

Akar fenugreek menjadi salah satu makanan untuk memperbanyak ASI dan juga bisa menjadi obat alami untuk mengecilkan ukuran amandel yang membesar. Obat ini juga sangat aman untuk anak-anak karena tidak menyebabkan efek samping. Fenugreek mengandung senyawa antiinflamasi yang bisa meredakan peradangan dan membuat bagian amandel menjadi lebih nyaman. Caranya adalah dengan merebus fenugreek dengan air hingga mendidih. Kemudian dinginkan atau hingga menjadi hangat dan gunakan untuk berkumur. Anak-anak mungkin tidak suka dengan rasanya, tapi ini obat yang sangat alami.

ads
  1. Sup bawang putih

Bawang putih menjadi pilihan obat amandel yang mudah didapatkan dari dapur. Bawang putih mengandung sulfur dan glukosinates yang bisa membantu melawan infeksi dari bakteri atau virus yang menyebabkan peradangan amandel. Selain itu bawang putih akan membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh anak. Caranya adalah dengan memasak bawang putih menjadi sup. Anda bisa mencampurkan berbagai jenis sayuran jika anak-anak bisa menelan dengan baik. Jika anak Anda mau maka Anda bisa menghancurkan bawang putih lalu tambahkan madu dan kemudian kunyah bawang putih secara langsung.

  1. Campurkan kunyit dengan susu

Kunyit menjadi salah satu obat yang bisa Anda gunakan untuk meredakan amandel pada anak. Kandungan senyawa curcumin dalam bawang putih bisa membantu meredakan aktifitas bakteri dan virus pada amandel. Selain itu senyawa ini juga bisa memerangi radikal bebas dalam tubuh. Bahkan jika digunakan sebelum tidur maka kunyit juga akan membantu anak bisa istirahat dengan baik. Caranya adalah dengan mencampurkan sedikit kunyit dalam susu anak. Cukup hanya sedikit saja agar anak tetap mau minum susu. Obat ini sangat aman karena tidak menyebabkan efek samping. (baca: bahaya kunyit bagi ibu hamil – makanan yang dilarang ketika datang bulan)

  1. Air madu, jeruk nipis dan garam

Jika Anda memiliki madu, jeruk nipis dan garam maka bisa menggunakan bahan ini untuk menyembuhkan amandel. Madu sangat baik untuk membantu agar sistem kekebalan tubuh anak meningkat. Sementara garam bisa menekan pertumbuhan bakteri dan jeruk nipis akan melawan infeksi dalam tubuh. Caranya adalah dengan mencampurkan 2 sendok makan madu dengan perasan jeruk nipis dan tambahkan madu. Campur hingga semua bahan terlarut dan minum saat masih segar. (baca: bahaya jeruk nipis bagi ibu hamil – manfaat jeruk untuk ibu hamil)

  1. Minum susu, kunyit dan lada

Selain kunyit dan susu maka Anda juga bisa menambahkan lada untuk membantu amandel agar cepat sembuh. Namun cara ini hanya bisa digunakan untuk anak yang sudah agar besar dan bisa sedikit tahan dengan rasa kuat dari lada. Lada mengandung senyawa alami yang akan meningkatkan perlawanan terhadap infeksi. Caranya adalah dengan membuat susu anak seperti biasa, dan kemudian tambahkan sedikit lada dan kunyit. Jika Anda menggunakan susu segar maka Anda bisa merebusnya bersamaan. Minum saat masih hangat sehingga rasa kunyit dan lada tidak terlalu terasa.

  1. Air rebusan kemangi dan madu

Kemangi adalah tanaman herbal yang memiliki aroma harum dan sedikit pedas. Kemangi juga termasuk makanan untuk penyubur kandungan dan makanan untuk mencegah bayi cacat. Kemangi ternyata bisa melawan pertumbuhan bakteri atau virus yang bisa menyebabkan amandel membengkak. Kemangi juga bisa membuat tenggorokan menjadi lebih nyaman sehingga anak kembali bisa makan seperti biasa. Caranya adalah dengan merebus beberapa lembar daun kemangi dengan satu gelas air. Didihkan hingga meninggalkan sedikit air lalu saring. Setelah itu campur dengan madu hingga larut dan minta anak untuk meminumnya. Perawatan ini bisa dilakukan selama 1 kali sehari hingga amandel sembuh.

  1. Air jahe dan madu

Jahe dan madu juga bisa membantu menyembuhkan infeksi pada amandel. Anda bisa mencoba untuk membuat rebusan air jahe yang kemudian ditambahkan dengan madu. Rasanya memang sedikit pedas karena itu jangan terlalu banyak menggunakan jahe. Pastikan madu yang digunakan juga asli dan tidak mengandung bahan pemanis. Kemudian minta anak untuk meminumnya, namun jika anak menolak maka cukup digunakan untuk berkumur saja. Campuran jahe dan madu ini akan membantu tenggorokan menjadi lebih nyaman. (baca: manfaat jahe untuk ibu menyusui – manfaat jahe untuk ibu hamil)

Sponsors Link

  1. Perawatan dengan cara medis

Jika berbagai perawatan rumahan tersebut tidak mengurangi gejala amandel anak yang terkena infeksi, maka Anda bisa melakukan perawatan secara medis. Berikut ini jenis obat dan tindakan yang biasanya dilakukan oleh dokter:

  • Memberikan obat penghilang rasa sakit dan demam seperti paracetamol dan ibuprofen. Obat ini tidak bisa menyembuhkan amandel tapi bisa mengurangi rasa sakit tenggorokan dan membuat anak bisa lebih nyaman. Jenis obat ini juga bisa menjadi cara mengatasi demam pada bayi.
  • Obat antiseptik untuk mulut seperti semprotan untuk mulut juga bisa diberikan. Obat ini harus diberikan berdasarkan resep dokter. Beberapa dokter juga bisa memberikan resep antiseptik yang sangat aman untuk anak. Tapi obat ini juga hanya mengurangi rasa sakit dan tidak nyaman pada tenggorokan anak.
  • Tindakan operasi. Ini adalah jenis tindakan bedah untuk mengambil amandel dan membuat peradangan tidak pernah kambuh. Metode ini paling banyak dilakukan untuk kondisi amandel anak yang sulit dikendalikan dan sudah parah. Operasi dilakukan dengan bius total sehingga anak tetap nyaman. Namun tindakan bedah ini biasanya akan menyebabkan anak-anak lebih rentan sakit setelahnya. Karena itu tindakan ini menjadi alternatif terakhir ketika berbagai cara lain sudah tidak bisa mengatasi amandel anak.

Perawatan amandel untuk anak memang terdiri dari banyak cara. Orang tua harus memilih jenis perawatan yang membuat anak kembali sehat. Selain itu jika ditemukan berbagai gejala yang tidak wajar seperti demam tinggi hingga kejang, anak sulit bernafas dan anak tidak bisa makan maka segera bawa anak ke dokter terdekat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 09th, September 2016 / 04:37 Oleh :
Kategori : Sakit