Sponsors Link

6 Manfaat Membaca Alquran Bagi Ibu Hamil

Sponsors Link

Tentu setiap orang tua mengharapkan buah hatinya bisa tumbuh menjadi anak yang sehat dan juga cerdas. Bahkan mereka juga mencari cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan. Itulah yang mungkin manjadi salah satu alasan mengapa para orang tua gencar berusaha untuk menstimulasi kemampuan otak buah hatinya sejak masih dalam kandungan. Salah satunya yang menjadi trend adalah dengan memperdengarkan alunan musik klasik seperti mozart kepada janin yang ada dalam kandungan. Apakah hal itu bisa dibenarkan?

ads

Mungkin masih banyak kalangan orang tua yang mempercayai pendapat bahwa salah satu faktor yang mempengaruhi tingkat kecerdasan buah hati mereka adalah dengan memperdengarkan alunan musik klasik seperti mozart sejak anak-anak tersebut masih dalam kandungan. Akan tetapi belakangan ini telah terkuak fakta bahwa itu merupakan pendapat yang salah besar.

Berbagai hasil penelitian telah menunjukkan bahwa alunan musik klasik atau mozart tidak dapat menstimulus serta memberikan dorongan pada tingkat kemampuan spasial seseorang. Lalu upaya apakah yang tepat dilakukan para calon orang tua untuk bayi yang masih berada dalam kandungan?

Upaya yang paling tepat dilakukan orang tua bagi calon anak mereka adalah dengan lebih mendekatkan diri kepada sang Maha Pencipta, yaitu Allah SWT. Salah satunya adalah dengan membaca ayat-ayat suci Al-qur’an dan memperdengarkannya kepada bayi yang masih ada dalam kandungan.

Kita tahu bahwa salah satu anugrah terbesar yang diberikan oleh Allah SWT kepada manusia sebagai salah satu makhluk ciptaannya adalah berupa pendengaran, di mana hal itu telah diperoleh manusia semenjak ia masih berada di dalam kandungan. Jadi, akan sangat tepat jika sejak ia diberikan anugrah pendengaran dari Allah SWT, hal yang pertama ia dengar adalah lantunan firman-firman Allah SWT.

Adakah manfaat dari kebiasaan tersebut?

Banyak manfaat yang bisa diperoleh dari kegiatan membaca ayat-ayat Al- Qur’an selama masa kehamilan, baik itu untuk ibu maupun untuk janin yang ada di dalam kandungan, seperti :

1. Dapat menstimulasi perkembangan otak serta meningkatkan daya intelegensi janin
Setiap sumber bunyi atau suara memiliki panjang gelombang dan frekuensi tertentu, dan dari berbagai hasil penelitian telah menunjukkan bahwa gelombang dari sumber suara atau bunyi tersebut dapat membuat otak kita bereaksi terhadapnya. Ketika orang tua membaca Al-quran dengan tartil dan memperdengarkannya pada janin yang masih berada di dalam kandungan, maka frekuensi dan panjang gelombang yang dihasilkan dari bacaan tersebut akan mampu merangsang perkembangan otak serta dapat membantu meningkatkan intelegensi janin.

2. Salah satu terapi yang dapat mencegah timbulnya berbagai macam penyakit, baik fisik maupun psikologis anak

Sponsors Link

Ini sangat menakjubkan, di mana hanya dengan memperdengarkan lantunan ayat suci Al-qur’an pada janin yang masih ada dalam kandungan bisa berdampak besar hingga kehidupannya kelak di dunia. Benarkah itu? Ya, manusia memiliki otak yang di dalamnya terdapat milyaran sel-sel saraf dan mampu bergetar secara konstan. Setelah manusia terlahir ke dunia, maka tindakan atau perilakunya bisa berpengaruh terhadap terhadap sel-sel otak dan kemampuan bergetar dari sel-sel tersebut.

Ketika sel-sel otak tidak mampu mentoleransi frekuensi yang tinggi, maka hal itu akan dapat menyebabkan sistem getar organ otak menjadi terganggu dan nantinya dapat meningkatkan resiko gangguan penyakit fisik maupun psikologisnya. Kaitan antara bacaan Al-Qur’an dengan hal ini adalah bahwa bacaan Al-Qur’an yang dibaca dengan tartil dan sesuai dengan tajwid yang benar memiliki panjang gelombang serta frekuensi yang berpengaruh positif terhadap otak, serta dapat membantu mengembalikan keseimbangan tubuh.

3. Memberikan efek relaksasi dan menenangkan

Membaca Al-qur’an terutaa ketika masa kehamilan merupakan salah satu bentuk stimulan yang sempurna bagi kesehatan bumil dan kesehatan janin. Ini dikarenakan gelombang suara serta frekuensi yang dihasilkan dari bacaan ayat-ayat Al-qur’an mampu memberikan ketenangan serta dapat menciptakan situasi yang damai, baik bagi ibu maupun janinnya. Hal sedemikian juga bisa didapat ketika ibu hamil mengonsumsi manfaat alpukat untuk ibu hamil, manfaat blewah bagi ibu hamil dan manfaat buah delima bagi ibu hamil

ads

4. Menghilangkan rasa takut dan kegelisahan

Bagi beberapa ibu hamil, terkadang akan timbul rasa gelisah serta ketakutan terutama bagi mereka yang baru pertama kali hamil dan ketika menghadapi waktu persalinan yang semakin dekat. Kondisi seperti ini lama kelamaan bisa memicu timbulnya stress saat hamil yang tentu saja hal itu tidak baik bagi kesehatan, baik ibu maupun janin serta perkembangan janin dalam kandungannya.

Untuk mengatasi situasi tersebut, cobalah untuk membaca Al-qur’an, karena frekuensi dan gelombang bunyi yang dihasilkan dari bacaan Al-Qur’an dapat meredakan ketegangan yang terjadi pada otot saraf sebagai pemicu stress. Selain itu, bacaan Al-Qur’an juga akan memperkuat kepribadian ibu sehingga rasa takut dan gelisah yang seringkali muncul bisa teratasi.

5. Meningkatkan kecerdasan otak bayi

Ya, Bacaan Al-Qur’an merupakan obat terbaik, di mana selain sebagai bentuk terapi penyembuhan berbagai macam penyakit, Al-Qur’an juga dapat meningkatkan kecerdasan anak. Frekuensi dan gelombang suara yang dihasilkan dari bacaan Al-Qur’an mampu memberikan pengaruh yang positif terhadap kinerja sel-sel otak janin seperti juga yang didapat saat ibu hamil makan kerang serta ketika mengambil manfaat ikan tongkol bagi ibu hamil dan manfaat minyak ikan bagi ibu hamil dan janin. Ketika hal itu terjadi maka kinerja otakpun akan menjadi lebih optimal dan mendukung perkembangan bayi dalam kandungan. Dan hasilnya, anak-anak kita akan tumbuh menjadi anak-anak yang cerdas.

6. Meningkatkan kemampuan berbahasa

Al-Qur’an merupakan salah satu wahyu dari Allah SWT yang diturunkan dengan menggunakan bahasa Arab, di mana bahasa tersebut memiliki nilai sastra yang tinggi dan banyak dari kita yang masih kesulitan dalam mempelajarinya. Dengan membaca Al-Qur’an terutama ketika hamil, maka hal ini dapat membantu memperkenalkan bayi kita dengan bahasa, sehingga ketika ia telah terlahir ke dunia kelak akan membantu memudahkannya dalam mempelajari bahasa.

Dengan demikian, kita bisa tahu tentang betapa banyak manfaat dari membaca Al-Qur’an bagi Ibu hamil. Mengharapkan mereka untuk bisa mengerti dan memahami tentang apa yang kita baca bukanlah menjadi tujuan utama dari stimulasi ini. Akan tetapi dengan membiasakan anak untuk mendengarkan bacaan Al-Qur’an sejak ia masih dalam kandungan akan dapat membantu dalam tumbuh kembangnya kelak.

Selain itu, mamfaat membaca Al-Qur’an bagi ibu hamil lainnya adalah untuk dapat meningkatkan intelegensi, kepribadian, serta kemampuan berbahasa anak-anak kita nantinya. Diharapkan setelah lahir dan tumbuh besar, anak akan memiliki kecerdasan dan kepribadian serta kemampuan berbahasa yang baik.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 26th, April 2016 / 10:09 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Baik