14 Bahaya Tidur Pagi Bagi Ibu Hamil

Bahaya tidur pagi bagi ibu hamil tidak banyak diketahui oleh banyak orang  terutama oleh ibu hamil itu sendiri. Banyak ibu hamil yang merasakan lemas di pagi hari kemudian memutuskan untuk tidur. Memang tidur bisa digunakan untuk mengembalikan stamina ibu hamil itu sendiri, terutama ibu hamil yang sedang mengalami morning sickness. Sayangnya menurut penelitian, tidur di pagi hari tidak bagus untuk kesehatan, begitupula dengan kesehatan ibu hamil.

bahaya tidur pagi bagi ibu hamilMemang saat hamil muda ibu akan merasakan malas yang luar biasa, ibu hamil juga akan mudah mengantuk. Tidur di bawah jam 12 siang dipercaya memberikan efek negatif bagi ibu hamil itu sendiri dan janin yang ada di dalam kandungan. Ibu hamil banyak yang menganggap bahaya tidur di pagi hari hanyalah mitos belaka, padahal menurut medis tidur di pagi hari ( sebelum jam 12 siang ) bisa menimbulkan masalah kesehatan bagi ibu hamil itu sendiri maupun janin yang ada di dalam kandungannya. Berikut ini berbagai macam bahaya tidur pagi bagi ibu hamil berdasarkan medis yang harus diketahui :

1. Insomnia Akut

Ibu hamil yang terlalu banyak tidur pagi bisa terkena insomnia akut, jika ibu hamil terkena insomnia akut akibatnya adalah ibu hamil tidak akan mendapatkan waktu tidur yang berkualitas. Padahal tidur yang berkualitas sangat penting bagi kesehatan ibu hamil dan juga perkembangan janin yang ada di dalam kandungan.

Banyak ibu hamil yang mengeluhkan jika di malam hari mereka menjadi susah tidur sehingga terpaksa tidur larut malam. Akibatnya jam tidur malam tidak tercukupi dan di pagi hari ibu hamil akan merasakan mengantuk sekali. Ibu hamil memerlukan cara mendapatkan pola tidur dan bisa mendapatkan pada istirahat di malam hari.

2. Lesu

Coba ibu hamil rasakan setelah bangun tidur di pagi hari, pasti ibu hamil akan merasakan lesu dan juga tidak bertenaga. Itulah bahayanya dan efek negatif dari tidur pagi. Semakin lama ibu hamil tidur di saat pagi hari maka semakin lesu pula tubuh ibu hamil tersebut. Tidur yang berlebihan bisa membuat lesu dikarenakan metabolisme tubuh dirancang untuk tidur saat malam hari dan tidak dirancang saat pagi hari.

Cara menjaga kehamilan agar tetap sehat dengan sistem metabolisme bekerja pada fungsinya. Hal ini untuk menghindari gangguan kesehatan bisa dirasakan oleh tubuh.

3. Gangguan Metabolisme

Bahaya tidur di pagi bagi ibu hamil mengalami gangguan metabolisme. Alasannya adalah ketika tidur di pagi hari ibu hamil akan bekerja tidak sesuai sebagaimana mestinya. Efek dari gangguan metabolisme itu adalah ibu hamil akan merasakan lapar dalam jangka waktu yang lama sehingga, ibu hamil akan banyak makan. Ibu hamil pun akan mengalami peningkatan berat badan tubuh yang signifikan.

4. Tidak Banyak Beraktivitas

Jika ibu hamil banyak tidur, ibu hamil tersebut akan kehilangan waktu produktifnya untuk melakukan aktivitas. Memang hamil tidak boleh kecapekan, namun ibu hamil juga tidak boleh malas. Ibu hamil dianjurkan untuk melakukan aktivitas seperti jalan-jalan pagi atau aktivitas fisik ringan lainnya.

Rasa malas bisa membahayakan ibu hamil misalnya saja posisi bayi tidak pada tempatnya serta, tidak cukupnya energi ibu hamil untuk melakukan megejan saat persalinan.

5. Sulit Konsentrasi

Ibu hamil yang terlalu banyak tidur bisa membuatnya kesulitan dalam melakukan konsentrasi. Alasannya adalah dengan banyak tidur aliran darah ke otak tidak lancar sebab ibu hamil tidak banyak bergerak. Ibu hamil akan mendapatkan konsentrasinya kembali jika sehabis bangun tidur pagi dia langsung berolahraga, dengan olahraga ibu hamil akan bisa melancarkan aliran darah ke otaknya kembali.

6. Sakit Kepala

Ibu hamil yang tidur di pagi hari bisa memiliki penumpukan cairan serebrospinal. Cairan itu bisa bergerak ke otak dan menjadi menumpuk ketika ibu hamil tidur di pagi hari. Jika sakit kepala ini tidak segera diobatiserta ibu hamil tidak mengubah pola tidur ibu yang baik saat hamil bisa mengalami kebutaan. Kebutaan tersebut merupakan kebutaan permanen yang tidak bisa disembuhkan.

7. Cairan Ketuban Banyak

Ibu hamil yang terlalu banyak tidur di pagi hari akan membuat penumpukan cairan ketuban di dalam rahim ibu hamil. Volume cairan ketuban akan normal jika ibu hamil banyak bergerak dan juga banyak beraktivitas. Jika tidak digunakan untuk beraktivitas, cairan ketuban akan menumpuk dan banyak.

Memiliki cairan ketuban yang banyak di dalam rahim tidak menguntungkan bagi janin yang ada di dalam kandungan. Janin tersebut tidak masuk panggul sehingga proses persalinan normal sulit untuk dilakukan karena posisi janin yang berubah-ubah di dalam rahim.

8. Kebingungan

Ibu hamil akan mengalami kebingungan sehabis tidur pagi, alasannya adalah ibu hamil ketika bangun tidur tidak bisa membedakan mana siang dan mana malam. Sebab ibu hamil yang terlalu banyak tidur tidak akan bisa membedakan waktu siang dan juga malam.

9. Sel Darah Putih Meningkat

Bahaya tidur pagi bagi ibu hamil bisa menyebabkan produksi sel darah putih ibu hamil akan meningkat. Gangguan metabolisme itulah yang menyebabkan mengapa tubuh bisa memproduksi sel darah putih lebih banyak. Akibatnya adalah ibu dan janin yang ada di dalam kandungan rentan mengalami kanker darah.

Hal itu bisa terjadi pada ibu hamil yang memiliki pola tidur jam enam pagi sampai dengan jam 12 siang. Jika ibu hamil ingin dirinya tetap sehat dan janin yang ada di dalam kandungannya sehat sebaiknya ibu hamil mengurangi intensitas tidurnya.

10. Diabetes

Ibu hamil yang terlalu banyak tidur dan sedikit melakukan aktivitas rentan untuk terkena diabetes.  Alasannya adalah ibu hamil tidak memiliki waktu untuk membakar lemak dan kalori yang ada di dalam tubuhnya. Akibatnya adalah penumpukan lemak dan kalori di dalam tubuh bisa membuat penyerapan gula darah di dalam tubuh menjadi berkurang. Penumpukan gula darah yang berlebihan di dalam tubuh bisa membuat ibu hamil terkena diabetes.

Ibu hamil yang mengalami diabetes rentan untuk terkena komplikasi kehamilan, terutama jika diabetesnya merupakan diabetes basah. Ibu hamil akan sulit untuk mengeringkan jahitan yang ada di dalam tubuhnya paska persalinan.

11. Jantung

Penelitian yang dilakukan menunjukkan fakta bahwa orang yang tertidur lama sekitar 9 jam di pagi harinya bisa meningkatkan resiko orang tersebut untuk terkena penyakit jantung 38 persen lebih tinggi. Resiko itu juga bisa terjadi pada ibu hamil yang tidur 9 jam di pagi hari.

12. Anemia

Bahaya tidur pagi bagi ibu hamil yang terlalu sering, akan rentan untuk terkena anemia. Alasannya adalah saat tidur asupan oksigen dan juga aliran darah di dalam tubuh menjadi tidak lancar.  Tidak banyak melakukan aktivitas juga bisa membuat produksi sel darah merah menjadi terganggu sehingga jumlah sel darah merah menjadi sedikit.

13. Fungsi Otak Tidak Seimbang

Tidur di pagi hari bisa membuat keseimbangan fungsi otak ibu hamil terganggu. Alasannya adalah ketika aliran oksigen dan juga aliran darah ke otak menjadi terganggu, secara tidak langsung bisa berpengaruh terhadap fungsi otak itu sendiri.

14. Gangguan Pencernaan

Ibu hamil yang banyak tidur juga bisa membuat ibu hamil tersebut mengalami gangguan pencernaan. Jika pencernaan terganggu ibu hamil rentan untuk terkena sembelit, maag dan gangguan lambung.

Cara Mendapatkan Pola Tidur Berkualitas Bagi Ibu Hamil

Pola tidur diperlukan untuk membentuk tidur yang berkualitas. Tidur yang berkualitas adalah tidur dengan jam yang cukup. Setiap orang harus bisa tidur 8 jam per hari, sedangkan jika 8 jam itu tidak terpenuhi bisa dikatakan bahwa orang tersebut tidak menerapkan pola tidur yang berkualitas.

Berikut ini ada cara yang bisa dilakukan untuk bisa mendapatkan pola tidur yang berkualitas :

  • Olahraga

Mungkin anda bosan untuk mendengarkan nasihat yang satu ini, namun inilah kuncinya. Agar anda bisa mendapatkan tidur yang berkualitas serta nyenyak, olahraga menjadi satu kunci utama yang harus dilakukan. Tips olahraga rutin selama 30 menit per hari bisa menciptakan tidur yang berkualitas oleh sebab itulah meski olahraga ringan. Ibu hamil juga dianjurkan untuk tetap melakukan olahraga.

  • Menjadwalkan Waktu Tidur

Untuk mendapatkan pola tidur yang berkualitas, ibu hamil bisa menjadwalkan waktu tidur agar bisa tidur secara teratur. Menjadwal waktu tidur bisa digunakan untuk mendapatkan tidur yang berkualitas. Yang harus diingat oleh ibu hamil adalah hindari tidur dengan waktu yang tidak teratur.

Misalnya saja tidur jam 12 malam, besoknya tidur jam 9 malam kemudian harinya tidur jam 10 malam. Usahakan untuk selalu tidur dengan jam yang teratur.

  • Mengenali Kebiasaan

Tentu anda memiliki kebiasaan sebelum tidur, misalnya saja anda memiliki kebiasaan membaca sebelum tidur dan anda memiliki jam tidur jam 10 malam. Hal itu artinya anda bisa membaca buku hanya sampai jam 9.30 malam saja selanjutnya jam 10 malam anda harus sudah terlelap dalam tidur untuk istirahat malam.

  • Hindari Makanan Berat

Selain, bahaya tidur pagi bagi ibu hamil, ia juga harus bisa menghindari berbagai macam makanan berat sebelum tidur. Terlalu banyak makan dan terlalu kenyang bisa membuat ibu hamil susah tidur pada malam harinya. Jika ibu hamil merasakan lapar saat malam hari, ibu hamil bisa mengemil buah-buahan untuk ibu hamil yang kaya serat bagus untuk ibu hamil.

  • Hindari Bermain Komputer

Jika ibu hamil sehabis bermain komputer, ibu hamil jangan langsung tidur. Hal itu dikarenakan jika ibu hamil langsung tidur tanpa memberikan jeda bisa berakibat ibu hamil mengalami insomnia. Jeda antara main komputer dengan waktu tidur minimal 30 menit. Relaksasi otak juga diperlukan bagi ibu hamil yang sehabis bermain komputer.

  • Jangan Bermain Handphone

Kebiasaan ibu hamil dan orang-orang adalah mereka sudah berada di tempat tidur namun masih memegang handphone. Kebiasaan ini bisa membuat ibu hamil mengalami susah tidur, seperti halnya dengan poin sebelumnya. Berilah jeda antara bermain handphone dengan waktu anda pergi ke tempat tidur. Jika ibu hamil sehabis bermain handphone langsung tidur tanpa memberikan waktu jeda minimal 30 menit akibatnya adalah ibu hamil akan mengalami insomnia.

  • Padamkan Lampu

Tidur di tempat tidur yang gelap bisa membuat ibu hamil mudah tertidur atau terlelap, selain itu tidur di ruangan yang terang benderang bisa membahayakan kesehatan. Efek dari paparan lampu neon yang terang benderang dipercaya bisa menimbulkan kanker di kemudian harinya. Oleh sebab itulah, orang yang bekerja di malam hari dan dibawah sinar lampu rentan untuk terkena kanker.

  • Tempat Tidur Yang Nyaman

Ibu hamil disarankan untuk tidur di tempat tidur yang nyaman, hindari tidur di tempat tidur yang keras. Tidur di tempat tidur yang keras bisa membuat ibu hamil terkena insomnia atau susah tidur, selain itu bagi ibu hamil tua bisa menyebabkan ibu hamil tersebut terkena gangguan kehamilan seperti sakit punggung.

  • Lingkungan Tidur

Ibu hamil juga harus tahu lingkungan tidurnya, jangan tidur di tempat tidur yang pengap atau panas. Ibu hamil juga tidak bisa tidur di tempat tidur yang terlalu dingin. Jangan sampai ibu hamil terbangun di tengah malam gara-gara kepanasan atau kedinginan.

Agar janin tetap sehat dan berkembang di dalam rahim, ibu hamil sebaiknya menjaga pola tidurnya. Jangan sampai ibu hamil menerapkan pola tidur yang salah, bagaimanapun juga pola tidur untuk menciptakan tidur yang berkualitas sangat penting untuk menjaga pertumbuhan janin yang ada di dalam kandungan.

, ,
Post Date: Monday 03rd, August 2015 / 03:09 Oleh :
Kategori : Kebiasaan Buruk
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12

Recommeded

Popular