Sponsors Link

4 Bahaya Buah Cempedak Bagi Ibu Hamil

Sponsors Link

Kehamilan merupakan salah satu anugerah terindah yang dirasakan oleh pasangan suami istri. Dengan adanya kehamilan, itu berarti dalam beberapa bulan, akan hadir sesuatu yang baru, yaitu kehidupan baru yang muncul di tengah-tengah keluarga. Agar proses kelahiran dapat berjalan dengan lancar dan juga kondisi janin ketika di dalam kandungan tetap terjaga dengan sehat, kesehatan dari janin, dan juga sang ibu yang sedang mengandung wajib dijaga. Berbagai gangguan kesehatan yang menyerang ibu ketika mengandung hampir pasti dapat berpengaruh terhadap kesehatan janin yang sedang dikandung.

ads

Maka dari itu, gizi ibu hamil pun harus terjaga dengan baik dan juga terdapat beberapa pantangan makanan ibu hamil yang tidak boleh dikonsumsinya. Nah buah cempedak, meskipun memilki banyak manfaat bagi kesehatan, namun demikian merupakan salah satu jenis buah yang tidak direkomendasikan untuk dikonsumsi oleh ibu hamil.

Perbedaan Nangka dan Cimpedak

bahaya cimpedak bagi ibu hamilMeskipun memiliki bentuk yang mirip dengan buah nangka, namun cempedak memiliki rasa yang jauh berbeda dengan buah nangka. Buah ini memiliki bau yang sangat tajam dan juga menusuk, meskipun memiliki rasa yang sangat manis, dan legit. Rasa cempedak biasanya jauh lebih manis daripada buah nangka. Namun demikian, buah cempedak saat ini agak sulit ditemui, dan juga jarang dijual di pasar-pasar tradisional.Mengapa buah cempedak berbahaya dan tidak direkomendasikan bagi ibu hamil? Berikut ini adalah beberapa bahaya buah cempedak bagi ibu hamil, yang mungkin dapat berakibat buruk apabila dilanggar:

1. Buah cempedak dapat membuat perut menjadi kembung

Bahaya pertama dari buah cempedak bagi ibu hamil adalah dapat membuat perut menjadi mual dan juga kembung. Sifat alami cempedak yang panas, sama seperti bahaya buah nangka untuk ibu hamil dapat memicu terjadinya rasa mual dan juga kembung. Hal ini dapat memicu sang ibu menjadi sring mengalami muntah-muntah, dan malah akan menambah rasa sakit pada bagian perut sang ibu hamil

Sponsors Link

2. Buah cempedak dapat meningkatkan asam lambung

Masih sama seperti buah nangka, buah cempedak dapat meningkatkan kadar asam lambung di dalam tubuh ibu hamil. Dengan meningkatkan kadar asam lambung, tidak hanya perut menjadi mual-mual, namun juga perut akan terasa sangat panas dan juga perih. Kondisi ini tentu saja sangat berbahaya, tidak hanya bagi sang ibu, namun juga bagi sang janin yang sangat rentan.

3. Suhu janin dapat meningkat

Ini merupakan salah satu bahaya buah cimpedak bagi ibu hamil yang ditimbulkan dari kondisi meningkatnya asam lambung. Dengan meningkatnya kadar asam lambung, maka suhu pada bagian perut yang berdekatan dengan rahim akan menjadi sangat panas. Hal ini tentunya sangat berdampak pada janin, dimana suhu dari si janin akan ikut menjadi panas dan tidak normal.

4. Memperbesar resiko terjadinya kontraksi dini yang menyebabkan keguguran

Bahaya yang paling buruk terjadi ketika ibu hamil mengkonsumsi cempedak adalah dapat menimbulkan kontraksi dini. Dengan munculnya kontraksi dini, maka hal ini dapat memicu dua hal, yaitu keguguran apabila usia janin masih terlalu muda. Dan juga menyebabkan kelahiran premature yang tentunya akan sangat berdampak kurang baik bagi kehidupan si bayi selanjutnya.

Nah, itulah beberapa bahaya cempedak bagi ibu hamil. Apabila anda ingin mengkonsumsi cempedak, bersabarlah, tunggu hingga anda selesai dengan semua proses persalinan, agar tidak berdampak buruk bagi kesehatan anda dan juga janin anda.

Sponsors Link


Meskipun buah cempedak terbilang kurang baik bagi ibu hamil, namun karena kandungan nutrisinya yang tinggi, maka buah cempedak snagat baik juga untuk dikonsumsi. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari buah cempedak :

  • Sumber energi

Cempedak memiliki kandungan gula yang sangat tinggi. Hal ini dibuktikan dengan adanya rasa manis yang dimiliki oleh buah cempedak ini. gula merupakan salah satu sumber kalori yang penting untuk aktivitas kita, sehingga dengan mengkonsumsi buah cempedak, paling tidak itu akan menambah asupan dari kebutuhan kalori kita dalam satu hari.

  • Kaya akan vitamin dan mineral

Buah cempedak, sama seperti jenis buah lainnya memiliki banyak sekali kandungan vitamin dan juga mineral yang sangat baik untuk kesehatan tubuh kita. Kandungan vitamin terbanyak pada buah cempedak adalah kandungan vitamin A dan juga kandungan vitamin C. Kedua vitamin ini membuatnya menjadi buah-buahan ibu hamil yang menjaga daya tahan tubuh

  • Kaya akan serat

Manfaat lainnya dari buah cempedak adalah buah ini kaya akan serat, sehingga sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan anda. dengan terjaganya kesehatan pencernaan anda, maka anda akan terhindr dari gangguan kesehatan pencernaan, seperti sempelit, susah uang air besar, diare, dan juga wasir.

  • Baik untuk kesehatan mata

Vitamin A yang terkandung dalam buah cempedak juga sangat baik untuk kesehatan mata anda. vitamin A dapat membantu menjaga kesehatan mata, dan mencegah munculnya gangguan dan juga penyakit yang menyerang mata anda, seperti rabun dan juga katarak.

  • Baik untuk kesehatan kulit

Buah cempedak juga memiliki manfaat yang sangat baik untuk kesehatan kulit anda. kandungan vitamin yang terdapat pada buah cempedak sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan kulit, yaitu dengan mencegah kerutan pada kulit, serta menjaga elasitisitas dari kulit anda.


Cempedak merupakan salah satu jenis buah yang mirip dengan buah nangka. Buah yang merupakan kelompok family Moraceae ini merupakan salah satu jenis buah asli dari Asia Tenggara. Persebarannya adalah di Birma, Semenanjung Malaya, Thailan,d Indonesia. Di Indonesia sendiri, buah ini dapat ditemui pada daerah pulau Sumatra, Kalimantan, Jawa, Maluku hingga ke Papua.

Untuk lebih dapat mengenal buah cempedak lebih dekat, maka marilah kita lihat klasifikasi ilmiah dari buah cempedak ini :

  • Kerajaan : Plantae
  • Divisi : Magnoliophyta
  • Kelas : Magnoliopsida
  • Ordo : Urticales
  • Famili : Moraceae
  • Genus : Artocarpus
  • Spesies : Artocarpus Integer

Buah cempedak sendiri pada dasarnya merupakan salah satu jenis buah yang dapat langsung begitu saja ketika sudah matang. Namun demikian, selain langsung dimakan begitu saja, buah cempedak juga dapat diolah menjadi salah satu jenis makanan camilan, yaitu dengan cara digoreng dengan menggunakan tepung terigu.

Begitu pula dengan bijinya, sama seperti buah nangka, biji dari buah cempedak ini dapat direbus atau dikukus, dan dapat dikonsumsi sebagai salah satu camilan pendamping minum kopi. Selain direbus, bijinya juga seringkali dibakar. Cempedak muda, dapat juga diolah menjadi bahan dasar pembuatan sayur, sama seperti nangka muda.


Semua buah memang baik dikonsumsi, namun akan berbahaya jika dikonsumsi berlebihan seperti bahaya cimpedak bagi ibu hamil ini. Semoga artikel ini dapat manambah wawasan anda semua.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 30th, July 2015 / 03:59 Oleh :
Kategori : Pantangan