Sponsors Link

19 Bahaya Ibu Hamil Makan Mie Instan

advertisement

Buat ibu hamil, banyak yang ingin merasakan masakan kuah dan bercita rasa gurih bisa ditemukan pada mie instan. Sayangnya mengkonsumsi mie instan secara berlebihan sangat tidak bagus untuk kesehatan. Tidak hanya untuk ibu hamil saja, orang yang sedang tidak hamil pun tidak boleh mengkonsumsi mie instan secara berlebihan. Efek dari mengkonsumsi mie instan yang berlebihan bisa membuat janin yang ada di dalam kandungan ibu hamil terganggu. Tidak hanya janin saja yang dirugikan dengan kandungan dalam mie instan, namun juga berdampak pada kesehatan ibu hamil itu sendiri.

Kandungan Zat dalam Bahaya Mie Instan

Dampak kesehatan yang merugikan setelah mengkonsumsi mie instan tersebut, banyak disebabkan oleh kandungan berbahaya di dalam mie instan. Bagi ibu hamil dan juga masyarakat harus tahu dengan dampak yang dihasilkan dari kandungan mie instan itu. Berikut ini kandungan dalam mie instan yang harus diketahui :

Natrium

Penelitian yang dilakukan terhadap mie instan, ternyata di dalam mie instan terdapat zat natrium yang berbahaya bagi tubuh. Natrium atau yang biasa disebut dengan Na ini bisa membahayakan kesehatan tubuh yang memakannya. Terlalu banyak mengkonsumsi mie instan bisa menyebabkan hipertensi dan juga maag akut. Dalam satu bungkus mie instan terdapat natrium sebanyak 1.380 miligram. Kandungan tersebut temasuk dalam jumlah yang tinggi.

Lilin

Banyak masyarakat yang tidak percaya jika mie instan mengandung lilin. Padahal lilin benar-benar ada di dalam kandungan mie instan. Zat lilin dalam mie instan tersebut digunakan untuk membuat mie instan menjadi tidak lengket. Kita bisa memperhatikan ketika mie instan tersebut direbus, saat direbus mie instan akan bisa memisahkan diri dengan sendirinya dan tidak lengket satu sama lain. Selain itu, jika anda jeli memperhatikan, permukaan mie instan terlihat mengkilat hal itu dikarenakan kandungan zat lilin di dalam mie tersebut. Semakin banyak ibu hamil dan masyarakat mengkonsumsi mie instan, itu artinya telah banyak memasukkan zat lilin kedalam tubuh . Coba saja kita bayangkan jika lilin dimasukkan ke dalam tubuh kita, bagaimana tubuh kita akan bereaksi?

MSG

Yang paling berbahaya dalam mie instan adalah bumbunya. Kalau tidak percaya, anda bisa menyiramkan kuah mie instan yang telah diberikan bumbu ke tanaman. Dalam jangka minimal seminggu, tanaman yang setiap harinya disiram menggunakan kuah mie instan tersebut bisa mati. Begitu pula dengan bumbu mie instan yang masuk ke dalam tubuh secara terus menerus.

Hal itu bisa membuat organ tubuh kita banyak yang tidak berfungsi atau bahkan rusak. Seperti saat bumbu mie instan merusak jaringan yang ada di dalam tumbuhan tersebut. Di dalam bumbu mie instan terdapat MSG, MSG itulah yang membuat citarasa bumbu mie instan menjadi gurih. MSG yang dikonsumsi berlebihan sangat tidak bagus untuk pertumbuhan janin dan kesehatan ibu hamil.

Penambah Rasa

Penambah rasa juga ada pada kandungan mie instan, penambah rasa ini banyak mengandung flavor.  Mengkonsumsi flavor secara berlebihan dan membiarkannya menumpuk di dalam tubuh bisa menimbulkan berbagai macam gangguan kesehatan. Penambah rasa ini juga membuat citarasa mie instan semakin nikmat dan tersedia dalam beraneka rasa. Misalnya saja rasa soto sapi, rasa ayam bawang, rasa ayam kari dan masih banyak lagi lainnya. Banyaknya citarasa yang ditawarkan membuat orang sulit berpaling dari mie instan.

Zat Pengawet

Mie instan juga memiliki zat pengawet, zat pengawet tersebutlah yang membuat mie instan awet disimpan dalam jangka waktu yang lama. Zat pengawet tersebut sangat berbahaya jika masuk terlalu banyak di dalam tubuh.

Zat Kimia

Zat kimia juga ada di dalam mie instan.

Kalori

Mie instan juga tinggi akan kalori. Kalori yang berlebihan bisa menimbulkan dampak kesehatan yang serius.

Apa Saja Bahaya Mie Instan Bagi Ibu Hamil??

Setelah mengetahui kandungan yang berbahaya dalam mie instan, sekarang akan dibahas tentang bahaya ibu hamil yang makan mie instan. Ibu hamil harus tahu apa saja makanan yang menjadi pantangan selama ibu hamil. Mie instan merupakan salah satu makanan yang masuk ke dalam daftar salah satu makanan yang menjadi pantangan makanan tersebut. Berikut ini berbagai macam bahaya ibu hamil makan mie instan :

1. Maag Akut Atau Maag Kambuh

Kandungan natrium yang ada pada mie instan bisa menyebabkan maag akut pada ibu hamil terutama ibu hamil yang memiliki riwayat asam lambung. Ibu hamil yang memiliki maag juga akan merasakan perih saat mengkonsumsi mie instan, namun perbedaan mual hamil atau maag harus bisa dibedakan. Penyebab kandungan natrium pada mie instan bisa menyebabkan maag adalah berikut ini :

  • Natrium yang ada pada mie instan bisa menetralkan asam lambung.
  • Asam lambung yang dinetralkan bisa membuat lambung bisa melakukan sekresi asam dalam jumlah yang besar.
  • Sekresi itu bertujuan agar mie instan yang masuk ke dalam lambung bisa dicerna dengan baik.
  • Terlalu banyaknya asam yang dikeluarkan oleh lambung membuat kadar asam lambung mengalami peningkatan.
  • Asam lambung yang mengalami peningkatan bisa mengkikis dinding lambung, pengkikisan dinding lambung itu menyebabkan rasa perih pada lambung.
  • Peningkatan asam lambung itu juga menyebabkan penyakit asam lambung menjadi kambuh.
  • Jika dinding lambung terkikis terus menerus, ibu hamil bisa mengalami maag akut dengan kondisi dinding lambung yang sudah berlubang.
  • Ibu hamil muda bisa mengalami mual dan muntah hebat ketika asam lambung kambuh, sedangkan ibu yang hamil tua juga akan merasakan tidak nafsu makan. Ibu yang hamil tua itu merasakan mual dan muntah seperti morning sickness kembali.

2. Hipertensi

Natrium yang ada di dalam mie instan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami hipertensi dalam kehamilan (tekanan darah tinggi). Tekanan darah tinggi ini juga dikait-kaitkan dengan kadar asam lambung yang tinggi di dalam lambung. Penyebabnya adalah kadar asam lambung yang tinggi bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga tekanan darah menjadi meningkat. Ibu hamil yang mengalami hipertensi rentan untuk terkena penyakit komplikasi kehamilan yang sangat membahayakan.

Sponsors Link

3. Rusaknya Sistem Pencernaan Tubuh

Zat lilin yang terlalu banyak dimasukkan ke dalam tubuh bisa menyebabkan sistem pencernaan ibu hamil rusak. Jika sistem pencernaan rusak, makanan tidak bisa maksimal diserap oleh tubuh. Hal itu bisa berakibat pada kurangnya gizi ibu hamil yang masuk ke dalam tubuh sebagai nutrisi janin. Rusaknya sistem pencernaan tersebut diakibatkan oleh kandungan zat lilin. Makanan berbahaya ibu hamil yang mengandung zat, kemudian ke dalam pencernaan tubuh akan sulit dicerna dan akan memberatkan sistem pencernaan. Jika terus-terusan dihadapkan pada zat lilin, sistem pencernaan tersebut dipaksa untuk bekerja berat sehingga bisa menyebabkan kerusakan.

4. Mengalami Keguguran

Zat kimia di dalam mie instan serta zat pengawetnya bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Zat dalam mie instan itu bisa menembus ke dalam plasenta dan menyebabkan keguguran.

5. Menganggu Pertumbuhan Janin

Bahaya ibu hamil makan mie instan juga karena adanya kandungan MSG atau vetsin yang bisa menyebabkan perkembangan janin terganggu. Sama halnya dengan kandungan berbahaya dalam mie instan, MSG ini juga bisa masuk ke dalam plasenta dan menyebabkan janin terganggu pertumbuhannya.

6. Sakit Kepala

Ibu hamil akan mengalami sakit kepala jika terlalu sering mengkonsumsi mie instan. Kandungan MSG atau vetsin pada mie instan bisa menyebabkan gangguan kehamilan, yakni sering mengalami sakit kepala.

7. Mual

MSG yang masuk berlebihan di dalam tubuh ibu hamil akan merangsang mual. Kandungan natrium pada mie instan tersebut juga menyebabkan kadar sam lambung ibu hamil menjadi tinggi. Kadar asam lambung yang tinggi itulah yang menjadi penyebab ibu hamil akan merasakan mual.

8. Muntah

Ibu hamil juga akan mengalami muntah yang ekstrem jika dia mengkonsumsi mie instan secara berlebihan.

9. Lemas

Bahaya ibu hamil makan mie instan bisa menimbulkan rasa lemas, sebab mie instan meski memiliki karbohidrat namun tidak sebanyak pada nasi. Oleh sebab itu, mengapa mengkonsumsi mie instan meski dalam jumlah yang banyak tubuh akan tetap terasa lemas.

10. Mengganggu Kecerdasan Otak Janin

Kandungan berbahaya dalam mie instan dan juga kandungan MSG dalam mie instan bisa mengganggu kecerdasan otak janin. Bahaya MSG bagi ibu hamil dan kandungan berbahaya tersebut bisa masuk ke dalam tubuh janin dan merambat ke otak, jika sudah terganggu dengan MSG serta bahan kimia tersebut akibatnya adalah janin akan mengalami gangguan kecerdasan otak.

11. Metabolisme Terganggu

Zat pengawet dan juga zat penguat rasa pada mie instan bisa mengganggu metabolisme tubuh ibu hamil maupun metabolisme janin ibu. Karena metabolismenya terganggu, ibu hamil rentan untuk terkena penyakit degenerative.

ads

12. Kanker

Ibu hamil tidak boleh mengkonsumsi mie instan dalam jumlah banyak sebab bisa menyebabkan janin yang ada di dalam kandungannya terkena kanker. Kanker yang bisa menyerang janin dimana ibunya suka mengkonsumsi mie instan adalah penyakit kanker usus.

13. Diabetes

Mengkonsumsi mie instan juga bisa menyebabkan ibu hamil terkena diabetes. Mie pada mie instan dibuat dari olahan tepung. Tepung memiliki kadar gula yang tinggi, jika dikonsumsi terus menerus gula di dalam tubuh kadarnya akan meningkat sehingga ibu hamil rentan untuk terkena diabetes. Diabetes tidak boleh disepelekan sebab diabetes sangat berbahaya bagi ibu hamil itu sendiri dan janin yang mendatangkan bahaya obesitas bagi ibu hamil.

14. Stroke

Hipertensi yang diderita oleh ibu hamil bisa membuat ibu hamil tersebut terkena stroke. Stroke bisa disebabkan oleh hipertensi yang membuat aliran darah ke otak menjadi terganggu, karena pembuluh darah yang menuju ke otak mengalami penyempitan.

15. Sistem Imun Melemah

Bahaya ibu hamil makan mie instan karena memiliki zat kimia bernama propylene glycol. Zat kimia itu bisa membuat sistem imun tubuh ibu hamil menjadi melemah, ibu hamil pun rentan terkena berbagai macam penyakit jika sistem imunnya melemah.

16. Hati Menjadi Rusak

Ibu hamil yang mengkonsumsi mie instan secara berlebihan bisa membuat hati menjadi rusak. Alasannya adalah kandungan zat propylene glycol tersebut bisa membuat penangkal racun yang masuk ke dalam hati menjadi rusak. Jika itu terjadi, hati bisa terserang oleh banyak racun. Banyaknya racun di dalam hati bisa menyebabkan kerusakan. Hati ibu yang rusak bisa berpengaruh terhadap kesehatan bayi. Bayi rentan terkena hepatitis dan juga sirosis hati.

17. Ginjal Dan Jantung

Zat kimia dalam mie instan juga akan membuat penangkal racun di organ ginjal dan juga jantung menjadi hilang. Akibatnya ginjal dan juga jantung rentan terserang racun, jika banyak racun mengendap di dalam organ tersebut. Ibu hamil rentan terkena sakit ginjal dan juga sakit jantung.

18. Obesitas

Komposisi pembuatan mie instan memiliki kandungan lemak dan juga garam. Garam dan lemak tersebut bisa menyebabkan ibu hamil terkena obesitas. Ibu hamil yang mengalami obesitas sangat berbahaya sebab bisa membahayakan janin yang ada di dalam kandungannya. Dampak nyata dari larangan ibu hamil ini, adalah membuat janin dan ibu hamil itu sendiri mengalami diabetes.

19. Lemak Menumpuk

Mengkonsumsi mie instan secara berlebihan bisa membuat ibu hamil mengalami penumpukan lemak. Penumpukan lemak itu sangat berbahaya bagi ibu hamil sebab lemak itu bisa menyempitkan pembuluh darah sehingga aliran darah di dalam tubuh dan aliran oksigen di dalam tubuh ibu hamil menjadi tidak lancar. Penyakit yang disebabkan oleh penyempitan pembuluh darah adalah stroke, jantung, kolesterol, stroke dan masih banyak lagi lainnya.

Tips memasak Mie Instan Yang Benar

Bagi ibu hamil dianjurkan jika ingin memakan mie instan harus menggunakan cara yang benar, jangan sampai ibu hamil memasak mie instan dengan cara yang salah. Cara yang salah bisa membuat kandungan mie instan bisa bereaksi di dalam tubuh hamil dan janin. Dengan cara yang benar, efek dari mie instan bisa dikurangi. Namun tetap saja, mengkonsumsi mie instan tidak boleh dikonsumsi terlalu sering. Berikut ini adalah cara memasak mie instan dengan cara yang tepat :


Mengurangi Jumlah Bumbu

Kandungan berbahaya dalam mie instan ada pada bumbunya, oleh sebab itu agar mie instan memiliki efek yang berkurang ibu hamil bisa sedikit saja menggunakan bumbu mie instan tersebut. Gunakan setengah bumbu dari mie instan, namun cara yang lebih sehat adalah ibu hamil bisa mengganti bumbu pada mie instan menggunakan bumbu yang lainnya atau bumbu racikan sendiri. Bumbu hasil racikan sendiri jauh lebih sehat dibandingkan dengan bumbu yang menyertai mie instan tersebut. Ibu hamil bisa menggunakan bawang putih dan juga garam untuk bisa menciptakan rasa gurih pada mie instan.


Meningkatkan Gizi

Mengkonsumsi makanan saat hamil yang harus diperhatikan adalah kandungan gizi dalam makanan tersebut. Mie instan tidak memiliki kandungan gizi yang cukup untuk dikonsumsi, oleh sebab itulah mie instan harus ditingkatkan kandungan gizinya dengan menambahkan bahan makanan yang bergizi ke dalam mie instan tersebut. Untuk menciptakan makanan sehat untuk ibu hamil bisa menambahkan wortel, telur, sawi hijau, kacang polong, tomat dan berbagai jenis sayuran lainnya.

Memasak Dalam 2 Langkah

Cara memasak mie instan yang sehat bisa dilakukan degan dua langkah.

  • Langkah yang pertama adalah rebus mie menjadi setengah matang, setelah itu tiriskan mie instan.
  • Langkah kedua adalah ibu hamil bisa membuang air rebusan yang pertama kemudian menggantinya dengan air yang baru. Setelah air mendidih, masukkan kembali mie yang telah ditiriskan tadi. Setelah matang, tuang mie instan ke dalam mangkok bersama kuahnya.

Jangan Menuangkan Bumbu Bersamaan

Hal salah yang sering dilakukan banyak orang adalah memasukkan bumbu bersamaan dengan mie yang telah direbus. Hal itu sangat berbahaya sebab dengan memasak mie instan bersamaan dengan bumbunya bisa menyebabkan penyakit kanker. Setelah ditaruh dalam mangkok barulah ibu hamil bisa menaruh atau menuang bumbu mie instan ke dalamnya. Jika ibu hamil menggunakan bumbu yang diracik sendiri, ibu hamil bisa mencampurkannya dengan mie yang sedang direbus sebab hal itu tidak menimbulkan masalah.


Bahaya ibu hamil makan mie instan sering diabaikan oleh ibu yang sedang hamil, hal tersebut bisa disebabkan oleh kebiasaan sebelum hamil yang terbawa sampai saat hamil. Tidak hanya itu saja, citarasa segar dan gurih pada mie instan tersebut membuat ibu hamil merasakan ketagihan dengan citarasa dari mie instan tersebut. Oleh sebab itulah, pengetahuan akan efek konsumsi mie instan yang nerlebiha, perlu diketahui oleh banyak orang. Diharapkan konsumsi mie instan dibatasi terutama pada ibu yang sedang hamil.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 13th, August 2015 / 05:26 Oleh :
Kategori : Pantangan