Sponsors Link

17 Bahaya MSG Bagi Ibu Hamil

Sponsors Link

MSG yang dikonsumsi oleh ibu hamil, meskipun dalam jumlah yang sedikit saja tetaplah berbahaya. Namun yang menjadi masalah kini adalah, ibu hamil banyak yang mengetahui bahaya MSG terhadap janin yang ada di dalam kandungannya namun mereka tetap saja menggunakan MSG ke dalam masakannya. Alasannya adalah ibu hamil tidak mau citarasa makanannya menjadi tidak enak dikarenakan tidak menambahkan MSG.

ads

bahaya MSG bagi ibu hamilMemang MSG dapat memberikan citarasa yang enak pada masakan, bahkan makanan yang mengandung MSG pun dijual bebas di pasaran. Makanan yang banyak mengandung MSG tersebut menjadi idola bagi pecinta kuliner. Masakan yang mengandung MSG seperti bakso dan mie ayam menjadi kegemaran bagi masyarakat. Tidak jarang ibu hamil pun suka mengkonsumsi bakso dan mie ayam yang mengandung MSG tersebut. Citarasa yang gurih membuat makanan mengandung MSG semakin diminati.

Tapi dibalik semaunya itu, ibu hamil harus tahu bagaimana dampaknya apabila makanan yang mengandung MSG ini masuk ke dalam tubuh selama kehamilan. Berikut ini berbagai macam bahaya MSG bagi ibu hamil yang harus diketahui :

1. Hipertensi

Ibu hamil dilarang terkena hipertensi, hal itu dikarenakani hipertensi dalam kehamilan bisa menyebabkan komplikasi kehamilan. Komplikasi kehamilan itu bisa menyulitkan ibu hamil ketika menghadapi persalinan. Preeklamsia juga bisa disebabkan oleh tekanan darah tinggi atau hipertensi. Terlalu banyak mengkonsumsi makanan yang asin dan juga mengandung MSG dipercaya bisa membuat ibu hamil terkena hipertensi.

2. Bayi Tidak Cerdas

Mengkonsumsi MSG terlalu banyak bisa membuat bayi yang ada di dalam kandungan ibu tidak cerdas. Hal itu dikarenakan kandungan di dalam MSG bisa menyebabkan bayi mengalami penurunan kecerdasan. Kandungan di dalam MSG bisa mempengaruhi syaraf otak bayi. Jika syaraf otak bayi terganggu, bayi pun akan mengalami penurunan kecerdasan. Cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan adalah dengan menghindari MSG.

3. Mengganggu Perkembangan Janin

Kandungan yang ada dalam MSG bisa mengganggu perkembangan janin yang ada di dalam kandungan. Hal itu dikarenakan MSG bisa masuk ke dalam plasenta dan mempengaruhi tumbuh kembang janin.

4. Sakit Kepala

Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi MSG bisa menyebabkan ibu hamil terkena sakit kepala. Sakit kepala itu misalnya sakit di bagian kepala belakang dan berdenyut-denyut. Ibu hamil yang memiliki usia kehamilan sangat muda dan mengkonsumsi MSG bisa menyebabkan pusing akibat morning sickness yang semakin bertambah.

Sponsors Link

5. Mual

MSG yang dikonsumsi secara berlebihan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami mual.  Ibu hamil muda dan mengalami morning sickness jika mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung MSG bisa membuat rasa mualnya semakin bertambah.

6. Dehidrasi

Bahaya mengkonsumsi MSG yang berlebihan adalah bisa menyebabkan ibu hamil terkena dehidrasi. Dehidrasi adalah suatu kondisi dimana ibu hamil kekurangan cairan. Ibu hamil tidak boleh mengalami dehidrasi, hal itu dikarenakan dehidrasi bisa menyebabkan penurunan oksigen di dalam tubuh ibu hamil itu sendiri dan juga di dalam tubuh bayi yang dikandung oleh ibu hamil tersebut.

7. Detak Jantung Lebih Cepat

Salah satu bahaya mengkonsumsi MSG adalah bisa membuat denyut jantung ibu hamil terasa lebih cepat. Hal itu dikarenakan glutamat dalam MSG bisa berpengaruh terhadap kinerja jantung. MSG bisa membuat kinerja jantung menjadi lebih berat sehingga jantung akan kesulitan dalam memompa darah ke seluruh tubuh, hal itulah yang membuat denyut jantung ibu hamil meningkat lebih cepat.

Tidak hanya untuk ibu hamil saja, untuk bayi yang ada di dalam kandungan pun MSG bisa membuat denyut jantung bayi meningkat atau berdetak lebih cepat.

8. Sesak Nafas

Mengkonsumsi MSG berlebihan bisa menyebabkan ibu hamil mengalami sesak nafas. Sebenarnya sesak nafas normal dialami oleh ibu hamil yang usia kandungannya di atas perkembangan janin 8 bulan (32 minggu). Namun karena mengkonsumsi MSG berlebihan, di usia kandungan di bawah 32 minggu bisa menyebabkan ibu hamil terkena sesak nafas.

Saat sesak nafas, asupan oksigen yang masuk ke dalam tubuh tergolong sedikit sehingga bayi di dalam rahim pun akan memiliki jumlah oksigen yang sedikit. Akibatnya adalah bayi di dalam kandungan akan merasakan lemas dan tidak bertenaga karena jumlah oksigen yang sedikit di dalam tubuh.

9. Mudah Mengantuk

Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi MSG bisa menjadi mudah mengantuk. Hamil bukan saatnya untuk menjadi bermalas-malasan, mengantuk akan membuat ibu hamil malas bergerak. Jika ibu hamil malas untuk beraktivitas akibatnya adalah ibu hamil akan mengalami peningkatan berat badan yang berlebihan. Tidak hanya itu saja, aktivitas sangat dibutuhkan bagi ibu hamil untuk bisa membuat bayi di dalam kandungan sehat.

Posisi bayi di dalam kandungan bisa berubah-ubah dan tidak bisa masuk ke panggul jika ibu hamil kerjaannya hanya tidur dan bermalas-malasan.

10. Diare

Ibu hamil yang banyak mengkonsumsi MSG bisa menyebabkan ibu hamil terkena diare, ibu hamil yang mengalami diare saat kehamilan sangat rentan untuk terkena dehidrasi. Jika ibu hamil dehidrasi, ibu da janin bisa mengalami gangguan kesehatan.

11. Kram

MSG pada ibu hamil bisa memicu terjadinya kram perut. Kram perut tidak bisa disepelakan, kram perut dengan intensitas yang sering bisa menyebabkan ibu hamil mengalami keguguran. Oleh sebab itulah hindari mengkonsumsi MSG secara berlebihan.

12. Mengubah Mood

Ibu hamil yang terlalu banyak mengkonsumsi MSG bisa memperburuk suasana hati ibu hamil tersebut. Perubahan hormon yang terjadi pada ibu hamil sudah bisa membuat kondisi mood ibu hamil berubah-ubah, lalu bagaimana jadinya jika ibu hamil mengkonsumsi MSG yang berlebihan.

Mood ibu hamil pun akan menjadi memburuk dan mudah berubah-ubah misalnya saja sebentar senang, sebentar sedih, sebentar nangis dan sebentar lagi tertawa.

ads

13. Depresi

Perubahan hormon bisa menyebabkan ibu hamil mengalami stress kemudian menjadi depresi, karena bahaya MSG bagi ibu hamil yang dikonsumsi secara berlebihan bisa memperburuk kondisi tersebut. Pasalnya adalah dengan mengkonsumsi MSG secara berlebihan bisa membuat ibu hamil semakin merasakan depresi.

14. Cemas Berlebihan

Mengkonsumsi MSG secara berlebihan bisa membuat ibu hamil merasakan cemas yang berlebihan. Cemas yang berlebihan tersebut membuat ibu hamil akan semakin merasakan stress dan juga semakin depresi.

15. Hilang Keseimbangan

Banyak MSG bagi ibu hamil akan membuatnya mudah hilang keseimbangan, hal itu bisa dirasakan oleh ibu hamil ketika dia berjalan. Ketika berjalan ibu hamil akan merasakan bumi bergoyang dan mengakibatkan ibu hamil tersebut hilang keseimbangan. Jika ibu hamil hilang keseimbangan akibatnya adalah ibu hamil bisa jatuh dan terbentur. Terjatuh dan juga terbentur merupakan larangan ibu hamil.

Hal itu dikarenakan jika sampai terjatuh dan terbentur di dalam rahim ibu hamil akan mengalami penggumpalan darah. Darah yang menggumpal itu nantinya bisa menutup jalan lahir bayi.

16. Hiperaktif

Mengkonsumsi MSG secara berlebihan bisa membuat ibu hamil memiliki anak yang hiperaktif. Tidak heran jika ibu yang banyak memasak menggunakan MSG, kelak ibu hamil tersebut akan memiliki anak atau bayi yang tidak bisa tenang atau diam.

17. Insomnia

MSG bisa menyebabkan ibu hamil terkena insomnia atau susah tidur. Susah tidur bisa disebabkan oleh stress dan depresi yang berlebihan selama kehamilan. Karena merasakan stress dan juga depresi ibu hamil juga susah tidur. Ibu hamil harus memiliki tidur yang berkualitas, hal itu dikarenakan tidur merupakan salah satu cara ibu hamil untuk bisa memulihkan stamina dan juga energinya.

Terutama ibu hamil yang mengalami morning sickness. Insomnia itu tidak hanya menyerang ibu hamil saja, namun bayi yang ada di dalam kandungan pun bisa terkena insomnia, sehingga bayi yang habis dilahirkan akan sulit tidur dan cenderung rewel.


Bayi di bawah umur 12 bulan dilarang keras untuk mengkonsumsi MSG, selain itu ibu hamil dan juga orang dewasa pun tidak boleh mengkonsumsi MSG secara berlebihan. Batas aman mengkonsumsi MSG adalah dua sendok teh saja, lebih dari dua sendok teh tersebut bisa dikatakan kadar MSG dikatakan berlebihan.

Penumpukan MSG yang bertahun-tahun bisa membuat gangguan kesehatan dan juga gangguan kehamilan. Oleh sebab itulah bijak dalam mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG merupakan salah satu cara menjaga kesehatan.


Selama ini orang tau wujud dari MSG, namun tidak semua orang tahu apa itu MSG sebenarnya dan darimana asal MSG tersebut. Kurangnya pengetahuan masyarakat tentang asal MSG dan proses pembentukan MSG membuat masyarakat tidak percaya jika MSG berdampak buruk bagi kesehatan terutama untuk kehamilan.

MSG merupakan singkatan dari Monosodium Glutamat. MSG merupakan zat tambahan yang diperoleh dari tetesan tebu. Tanaman tebu selama ini hanya dikenal sebagai penghasil gula pasir dan juga penghasil buku saja, namun siapa sangka jika tetesannya bisa menghasilkan MSG. Bahan baku dari pembuatan MSG adalah garam natrium dan juga asam glutamat.

Perbandingan antara garam natrium dengan asam glutamat adalah 1:3. Komponen terbesar dalam MSG adalah glutamat, glutamat sendiri merupakan zat asam amino non esensial. Asam amino itu banyak ditemukan di protein berbagai jenis makanan misalnya saja daging, seafood, ayam dan juga sayur-sayuran. MSG sendiri diciptakan untuk menguatkan citarasa makanan sehingga makanan menjadi lebih lezat dan juga sedap. Makanan yang diberikan MSG akan tersa lebih enak dan gurih dibandingkan dengan makanan tanpa MSG.


Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Saturday 25th, July 2015 / 03:48 Oleh :
Kategori : Pantangan