Sponsors Link
     Sponsors Link

5 Bahaya Ambeien Untuk Ibu Hamil (No. 4 Paling Mengerikan)

advertisement

Ambeien atau wasir adalah penyakit yang biasanya menyerang ibu hamil pada usia kandungan diatas 6 bulan. Hal ini terjadi karena sebelum terjadi kehamilan sudah didapatkan hemorrhoids. Hemorrhoids inilah yang menyebabkan terjadinya ambeien saat hamil. Lalu apa saja bahaya ambeien untuk ibu hamil ? Berikut diantaranya adalah :

1. Membuat Ibu Hamil Beresiko untuk Melahirkan Normal

Mengapa hal ini termasuk bahaya dari ambeien pada ibu hamil ? Ya, karena ketika ibu hamil akan melahirkan dan saat itu juga mengidap ambeien, maka sangat rentan sekali untuk melakukan cara melahirkan yang normal. Dan tentu saja jalan pintasnya adalah dengan melakukan operasi caesar.

Artikel terkait : Resiko Melahirkan Normal Setelah Caesar – Resiko Operasi Caesar

2. Mengganggu Janin dalam Kandungan

Hal ini terjadi karena ketidaknyamanan ibu hamil ketika mengalami ambeien. Tentu saja ibu hamil merasa sangat sakit dan terkadang merasa lemas. Reaksi ibu hamil inilah yang nantinya juga mempengaruhi kondisi janin dalam kandungan. ( baca juga : Bahaya Kelelahan pada Ibu Hamil )

3. Dapat Menyebabkan Pendarahan

Maksud di sini adalah ketika persalinan nanti kemungkinan terbesar bagi ibu hamil yang mengidap ambeien adalah dapat menyebabkan pendarahan. Hal ini terkadi karena ketika mengejan pada proses melahirkan. Dan hal yang harus dilakukan adalah mengoperasi untuk pemotongan wasir/ambeien tersebut. Namun yang perlu diketahui adalah bawha operasi pemotongan wasir setelah melahirkan sangat menyakitkan.

(Baca juga : Tanda-tanda Keguguran – Proses Pembukaan Saat Melahirkan)

4. Keselamatan pada Saat Proses Persalinan

Hal inilah yang perlu dikhawatirkan oleh ibu hamil yang mengidap ambeien dan hampir mendekati proses melahirkan. Keselamatan dalam persalinan harus diperhatikan. Mulai dari kondisi sang ibu dan juga tim medis yang membantu proses persalinan. Karena terkadang bisa saja terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Maka dari itu ibu hamil yang menderita ambeien pastikan memilih cara melahirkan dengan operasi cesar demi keselamatan sang bayi. ( baca : Melahirkan Normal atau Caesar )

5. Menghambat BAB

Jaringan yang terdapat dalam anus dapat mengontrol BAB. Namun apabila sudah terjangkit ambeien maka proses BABnya akan terganggu dan ini sangat mengganggu ibu hamil yang usia kandungannya diatas 6-7 bulan. ( baca : Ibu Hamil Susah BAB )

Faktor Penyebab Ambeien

Ambeien yang menyerang ibu hamil tentu saja ada faktor penyebabnya. Faktor apa sajakah yang menyebabkan ambeien pada ibu hamil ? Berikut penjelasannya :

Sponsors Link

  • Adanya perubahan hormon. Ketika masa hamil, kadar hormon progesteron yang dimiliki wanita meningkat untuk memperkuat atau menahan janin yang ada di dalam rahit. Dalam waktu yang lama, hormon tersebut menghambat gerak otot pencernaan yang bertugas untuk memperlancar proses pembuangan dari saluran pencernaan. ( baca : Perubahan Emosi Ibu Hamil – Cara Mengatasi Morning Sickness )
  • Sembelit. Hal ini terjadi karena asupan zat besi yang dibutuhkan ketika masa kehamilan sangat tinggi. Namun jika berlebihan akan menyebabkan kesulitan ketika buang air besar dan menyebabkan ambeien. ( baca : Perut Melilit Saat Hamil )
  • Ukuran janin. Ukuran janin yang semakin bulan bertambah besar ini lah yang juga mendesak pembuluh darah di sekitar perut dan juga panggul yang menyebabkan ambeien. ( baca : Perkembangan Janin 6 Bulan – Perkembangan Janin 8 Bulan )
  • Tanggungan ibu hamil. Beban ibu hamil sangatlah berat. Beban janin dan dari tubuhnya sendiri dapat menyebabkan lambung dan rahim menjadi berdekatan, sehingga jika ada dorongan sedikit saja di bagian anus dapat menyebabkan pembuluh darah di sekitarnya pecah dan menjadi ambeien.

Tingkatan Penyakit Ambeien

Pada umumnya penyakit ambeien terbagi dalam 4 stadium, berikut penjelasannya :

1. Stadium 1 adalah stadium awal yang ditandai dengan munculnya benjolan yang kecil dan belum keluar. Gejala yang mudah dilihat adalah adanya darah yang menetes setiap kali selesai buang air besar. ( baca : Flek Bercak Darah Saat Hamil Muda )

2. Staidum 2 ditandai dengan benjolan yang sudah keluar dengan ukuran sedang. Gejalanya muncul ketika selesai buang air besar dan benjolannya keluar, namun setelah itu benjolannya masuk kembali.

3. Stadium 3 ditandai dengan benjolan yang keluar lebih besar dari sebelumnya dan dapat dirasakan setelah buang air besar. Untuk memasukkan kembali benjolan ini butuh bantuan tangan.

Sponsors Link

4. Stadium 4 ditandai dengan benjolan yang besar seukuran bola tenis, benjolan ini sudah tidak bisa lagi masuk ke dalam dan cara mengobatinya adalah dengan melakukan operasi.

Cara Mengatasi Ambeien

Untuk mengatasi ambeien dapat melakukan hal-hal dibawah ini :

  • Berendam dengan air hangat. Menurut penelitian, air hangat dipercaya dapat meringankan rasa nyeri dan meringankan otot-otot yang kaku dalam tubuh. Ada juga yang menggunakan metode merendam diri dengan air hangat ketika hendak melahirkan, hal ini terbukti efektif namun cukup berbahaya. ( baca : Ibu Hamil Minum Air Dingin )
  • Menjaga kebersihan area dubur. Ini sangat penting bagi siapa saja, karena kebersihan adalah hal yang utama bagi kesehatan manusia.
  • Konsumsi sayur dan buah-buahan segar. Konsumsilah sayur dan buah-buahan yang mengandung serat dan vitamin tinggi secara rutin untuk mengatasi ambeien tersebut. baca : Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil – Manfaat Buah Blueberry Untuk Ibu Hamil )
  • Perbanyaklah minum air putih. Minumlah air putih 1-2 liter per hari untuk membantu penyembuhan ambeien. ( baca : Manfaat Air Putih Bagi Ibu Hamil )
  • Sering berolahraga. Olahragalah yang ringan-ringan saja, seperti berjalan kaki, jogging ataupun yoga.
  • Hindari kebiasaan menahan BAB. Dianjurkan untuk tidak menahan BAB yang dapat mengakibatkan feses mengeras dan menyebab kesulitan untuk keluar.

Cara Mengobati Ambeien Secara Tradisional


Bahan :
– Daun ungu 30 gram
– Belimbing

Cara pembuatan :
– Masukkan daun ungu yang sudah kering ke dalam gerabah atau panic stainless
– Tambahkan 4 gelas air belimbing bersih (yang sudah diperas)
– Rebus hingga tersisa 2 gelas
– Saring dan minumlah setiap pagi dan sore


Bahan :
– Daun ungu 30 gram
– Komprey 10 gram
– Sambaing Darah 10 gram
– Belimbing

Cara pembuatan :
– Campurkan bahan-bahan diatas dalam 1 wadah
– Tambahkan 4 gelas air belimbing bersih
– Rebus hingga tersisa 2 gelas
– Saring dan minumlah setiap pagi dan sore


Bahan :
– Daun ungu 30 gram
– Sambang darah 15 gram
– Komprey 15 gram
– Pegagan 15 gram
– Belimbing

Cara pembuatan :
– Campurkan bahan-bahan diatas dalam 1 wadah
– Tambahkan 4 gelas air belimbing bersih
– Rebus hingga tersisa 2 gelas
– Saring dan minumlah setiap pagi dan sore


Itulah uraian dari bahaya ambeien untuk ibu hamil beserta faktor penyebab dan tips menyembuhannya. Intinya adalah lebih menjaga kebersihan tubuh sendiri dan juga hindari kebiasaan buruk seperti menahan BAB. Dan apabila ambeien yang dirasakan sangat parah, segeralah ke dokter untuk menemukan solusi penyelesaiannya.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Thursday 23rd, June 2016 / 08:47 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil