10 Bahaya Asam Urat bagi Ibu Hamil dan Janin

Pada dasarnya ibu yang sedang hamil memang harus menjaga dirinya, terutama juga untuk menjaga kesehatannya, ibu yang hamil haruslah mengetahui apa saja penyakit yang menimpa dirinya agar dirinya dapat lebih terjaga dan dapat melahirkan normal. Ada beberapa penyebab yang membuat masalah pada kehamilan terutama pada penyakit asam urat, berikut hal yang akan dialami ibu hamil jika terkena asam urat.

1. Gagal Ginjal

Gagal ginjal juga sebagai salah satu penyakit lanjutan yang akan diterima bila seorang ibu hamil menderita penyakit asam urat. Gagal ginjal tentu akan menganggu proses kerja tubuh untuk menjaga kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Karena ginjalah yang berfungsi untuk mengeluarkan semua racun yang ada pada ibu dan juga menjaga kestabilitasan nutrisi pada bayi.

Baca juga : Buah Sehat untuk Ibu Hamil

2. Terkena Penyakit Gout

Penyakit gout merupakan penyakit yang disebabkan karena adanya pengaruh dari makanan seperti jeroan, daging, dan juga beberapa makanan yang mengandung purin yang tinggi. Biasanya orang yang terkena gout ini akan menjadi lebih gemuk, bahkan badanpun menjadi tidak sehat dan juga rambut akan mudah beruban. Untuk ibu yang sedang hamil tentunya ini sangat tidak baik. Karena hal ini akan membuat ibu yang sedang hamil ini kesulitan untuk mengatur dirinya dengan bayinya.

Baca juga : Pantangan Makanan Ibu Hamil

3. Otot Menjadi Lemah

Asam urat akan membuat otot menjadi lemah, padahal ketika kehamilan sangat dibutuhkan otot yang kuat untuk menjaga kontraksi kontraksi pada bayi yang dikandungnya, jika otot lemah dan terjadi kontraksi pada bayi besar kemungkinan ibu tidak akan kuat untuk menahan kontraksi itu dan akan menyebabkan ibu pingsan, bahkan bisa terjadi hal lainnya yang tidak diiginkan.

Artikel terkait :

4. Kejang

Kejang yang diderita pada ibu yang sedang hamil sangat berbahaya, karena kejang akan membawa dampak buruk diantaranya adalah ibu akan terjatuh ketika kejang, atau tubuh menjadi lemah dan alasan lainnya.


Ketika ibu jatuh atau lemas ketika kejang ini dikhawatirkan ibu akan terjatuh dan akhirnya keguguran atau merusak hal-hal lain yang akan mempengharui kondisi janin.

Baca juga : Makanan Pasca Keguguran

5. Terjadi Gerakan Inkoordinasi

Gerakan inkoordinasi adalah gerakan yang tidak bisa dikoordinasikan dengan baik. Asam urat yang diderita ibu akan membuat janin yang ada didalam perut ibu itu menjadi inkoordinasi sehingga akan membuat ibu kesulitan untuk mengani hal tersebut, bahkan ibu akan merasakan nyeri atau kesakitan yang berlebih pada kehamilannya.

Baca juga : Gejala Adanya Kista di Rahim

6. Adanya Ganguan Perkembangan

Gangguan perkembangan ini akan diderita oleh anak, memang tidak jarang orang yang sedang hamil dan menderita asam urat akan selamat sampai pada kelahiran mereka, namun tak jarang pula membawa dampak buruk pada bayi, seperti bayi akan memiliki gangguan pada otaknya sehingga bayi akan mengalami gangguan perkembangan atau bisa disebut idiot.

Baca juga : Perkembangan Janin 3 Bulan (12 Minggu)

7. Autis pada Anak

Anak yang dilahirkan dalam kondisi pada saat ibu hamil mengalami penyakit asam urat akan membuat anak menjadi autis. Hal ini disebabkan karena dalam masa dikandungan anak tidak mendapatkan nutrisi yang baik, dan juga psikologis ibu tidak baik karena terlalu memikirkan dan merasakan sakitnya asam urat yang diderita ibu pada saat mengandung.

Artikel terkait :

8. Rasa Nyeri

Nyeri juga akan dirasakan pada ibu selama kehamilan, karena asam urat akan menyerang semua urat yang ada didalam tubuh ibu, sehingga akan menyeba bkan otot-otot dalam ibu ini menjadi lemah dan tidak akan mempu menahan kontraksi yang terjadi pada janin.

Baca juga : Akibat Kekurangan Kalsium pada Ibu Menyusui

9. Terkena Pirai

Pirai adalah penyakit yang disebabkan karena asam urat yang tinggi, dengan demikian pirai ini akan menyerang urat-urat Anda, selain itu juga akan merasakan nyeri yang sangat, bahkan tak hanya seperti nyeri biasa, tapi ini akan membuat tubuh ibu yang hamil menjadi sakit.

10. Jantung Koroner


Yang terparah dari penyakit asam urat adalah penyakit jantung koroner, bisa Anda bayangkan bagaimana jika tubuh anda terkena jantung koroner dan juga asam urat pada saat Anda mengandung, tentunya akan merasakan menderita, dan hal ini juga akan mengaggu psikologis ibu yang sedang hamil, padahal kita ketahui ibu yang sedang hamil harus memiliki psikologis yang baik dan tidak boleh stress.

Baca juga :

Itulah beberapa hal yang diakibatkan bila seorang ibu yang hamil mengidap penyakt asam urat apalagi asam urat yang tinggi, dengan begitu bagi ibu yang sedang hamil diharapkan untuk menghindari makanan-makanan yang memicu asam urat, diantara makanan pemicu asam urat adalah sebagai berikut :

Nah, itu dia makanan yang akan memicu terserang penyakit asam urat, jadi lebih baik untuk dihindari dari pada Anda yang menderita dan juga bayi Anda lahir tidak sehat. Aekian artikel ini semoga bermanfaat.

, , , , ,
Post Date: Friday 29th, April 2016 / 06:24 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12