Sponsors Link

10 Bahaya Cacar Air bagi Ibu Hamil dan Janin (No.9 Paling Mengerikan)

advertisement

Cacar air merupakan penyakit yang bisa menyerang tubuh manusia tanpa memandang usia karena baik kecil, remaja, tua ataupun wanita yang sedang hamil bisa terjangkit penyakit cacar air tersebut. Cacar merupakan penyakit yang menyerang tubuh manusia dengan gejala bintik merah pada kulit atau terkadang sampai berbentuk gelembung yang berisi cairan yang bisa menjadi nanah atau darah.

Cacar air ini disebabkan oleh adanya virus varicella. Penyakit cacar air ini merupakan penyakit yang bisa disembuhkan dengan cara yang tidak terlalu susah dan tidak begitu membutuhkan banyak penanganan. Tetapi walaupun mudah disembuhkan bukan berati diremehkan karena penyakit ini juga berbahaya untuk kesehatan bumil serta kesehatan jani yang ada dalam kandungan.

Cacar Air yang Menyerang Ibu Hamil

Ibu hamil mempunyai daya tahan tubuh yang lebih lemah dibanding dengan orang yang tidak hamil sehingga lebih mudah terserang penyakit dibanding orang yang tidak hamil. Wanita yang cacar saat hamil dan terjangkit cacar air maka harus lebih diperhatikan kesehatannya serta diteliti kapan waktu terkena cacar air, ketika usia kehamilan masih muda atau sudah menjelang waktu persalinan. Cacar air yang terjadi ketika usia kehamilan masih muda dengan terkena saat waktu menjelang proses persalinan memiliki resiko yang berbeda pada janin serta ibu yang sedang mengandung.

Ibu yang sedang hamil biasanya dilakukan imunisasi agar tidak terkena berbagai penyakit yang dapat membahayakan kesehatan janin, kesehatan ibu hamil dan perkembangan janin. Saat imunisasi diberikan berbagai macam antibodi agar aman dari berbagai serangan virus, termasuk virus yang dapat menyebabkan penyakit cacar. Jika ibu hamil sudah terlanjur terkena penyakit cacar air sebelum diberikan obat antibodi maka sebaiknya dilakukan penangan lebih khusus dengan pemeriksaan terlebih dahulu oleh dokter. Jika cacar air sudah parah maka sebaiknya dirawat dirumah sakit agar tidak terjadi komplikasi pada penyakit lainnya.

Sponsors Link

Penyakit cacar air jika dialami oleh orang yang tidak hamil memang tidak begitu membahayakan, tetapi jika dialami oleh ibu hamil maka berakibat pada 2 tubuh sekaligus yaitu ibu dan calon bayi yang masih ada didalam kandungan. Beberapa bahaya cacar air pada ibu hamil yaitu sebagai berikut:

1. Kelainan pada otot dan tulang
Penyakit cacar yang menyerang ibu hamil maka dapat berakibat pada calon bayi yang ada didalam kandungan yaitu salah satunya bisa menyebabkan kelainan pada otot dan tulang. Hal ini terjadi karena pertumbuhan calon bayi yaitu janin mengalami gangguan dengan adanya virus yang ikut masuk dengan penyakit cacar air yang menjangkit pada ibu yang sedang mengandungnya.

2. Kelainan pada tungkai kaki atau tangan
Penyakit cacar air yang dijangkit oleh ibu yang sedang mengandung juga dapat menjadikan bayi yang sedang dikandung mengalami kelainan pada tungkai kaki atau lengan. Kelainan tersebut terjadi akibat perkembangannya tidak bisa terjadi dengan baik akibat bayi ikut merasakan penyakit yang diderita oleh ibunya, dampaknya akan ikut terhadap kesehatan bayi.

3. Kepala lebih kecil dari ukuran normal
Ukuran kepala bayi jika sampai lebih kecil dari ukuran kepala normal bayi maka dapat mengkhawatirkan kondisi kesehatan perkembangan janin. Kepala merupakan organ yang menyimpan dan melindungi otak yang merupakan pusat kendali dari tubuh manusia. Penyakit cacar yang terjangkit pada ibu yang sedang mengandung maka dapat menyebabkan ukuran kepala bayi menjadi lebih kecil daripada ukuran normal kepala bayi.

4. Ketidaknormalan penglihatan
Virus yang menyebabkan terjadinya penyakit cacar juga dapat ikut masuk kedalam tubuh bayi yang sedang dikandung pada ibu yang sedang mengandung dapat menjadikan ketidaknormalan penglihatan bayi ketika bayi telah lahir. Penglihatan merupakan fungsi yang penting sehingga hal ini perlu sekali untuk lebih diperhatikan.

5. Keterlambatan perkembangan mental
Ternyata penyakit cacar air yang diderita oleh ibu yang sedang mengandung dapat menyebabkan bayi mengalami keterlambatan perkembangan mental pada bayi ketika nanti telah lahir.

Sponsors Link

Mental bayi sangat penting untuk perkembangan jiwa sehingga jika hal ini terjadi maka anak bisa menjadi punya kelainan dan keterbelakangan hingga kemungkinan juga terjadi anak lambat bicara.

6. Bekas luka pada kulit bayi
Jika ibu yang sedang mengandung dekat dengan proses kelahiran hingga telah muncul tanda-tanda akan melahirkan tetapi mengalami penyakit cacar maka dapat menyebabkan bayi mengalami penyakit bawaan seperti bekas luka pada kulit bayi. Walaupun kulit bayi lebih mudah untuk reorganisasi tetapi jika kulit bayi mengalami bekas luka maka akan mengurangi keindahan kulit.

7. Peradangan di bagian retina mata (korioretinitis)
Jika ibu yang sedang hamil mengalami cacar air maka juga dapat menyebabkan bayi mengalami peradangan pada retina matanya ketika telah lahir. Retina merupakan bagian mata yang penting untuk fungsi penglihatan, maka jika sampai terjadi sakit karena peradangan akan menjadikan dampak negatif bagi penglihatan mata.

8. Tidak berkembangnya otak besar (atrofi kortek serebri)
Otak besar merupakan bagian otak yang penting sehingga jika otak besar bayi tidak berkembang maka dapat menyebabkan tingkat kecerdasan anak akan berkurang, jika parah bisa juga menjadikan tingkat kecerdasan dan penalaran anak dibawah rata-rata. Mencegah agar ibu hamil tidak terkena cacar merupakan salah satu cara membuat anak cerdas sejak dalam kandungan

9. Pembesaran ginjal (hidronefrosis)
Ginjal merupakan bagian penting dalam tubuh manusia. Jika ginjal bermasalah maka tubuh manusia kesehatannya akan terganggu. Apalagi untuk seorang bayi yang masih rentan terhadap penyakit. Cacar yang diderita oleh ibu yang sedang mengandung dapat menyebabkan pembesaran ginjal pada bayi yang sedang dikandung. Maka ibu harus lebih hati-hati dengan penyakit cacar.

10. Kelainan pada tulang dan kulit
Penyakit cacar yang diderita oleh ibu yang sedang hamil juga dapat menyebabkan bayi mengalami kelainan pada tulang dan kulitnya. Tulang bayi merupakan bagian yang penting karena bayi akan terus mengalami perkembangan pada tulang sehingga dia dewasa.

Demikian beberapa bahaya cacar bagi ibu hamil. Tentu saja peran suami saat istri hamil juga sangat penting dalam melindungi ibu hamil dan janin dalam kandungannya dari bahaya kista, bahaya keju bagi ibu hamil, bahaya kelelahan pada ibu hamil, bahaya jongkok bagi ibu hamil, bahaya asap rokok pada ibu hamil, bahaya polusi untuk ibu hamil hingga bahaya cacar air ini.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Friday 29th, April 2016 / 09:22 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil