Sponsors Link
     Sponsors Link

9 Bahaya Dehidrasi Bagi Ibu Hamil dan Janin

advertisement

Air mineral sangat dibutuhkan oleh tubuh, karena dengan air meneralah semua kecukupan carian pada tubuh dapat terpenuhi. Oleh karena itu air mineral dibutuhkan bagi tubuh terutama bagi ibu yang sedang hamil. Ibu yang sedang hamil justru lebih membutuhkan cairan yang lebih banyak, itu sebabnya ibu yang sedang hamil tidak boleh sampai dehidrasi ataupun kekurangan cairan karena ketika ibu kekurangan cairan akan menimbulkan efek yang cukup berbahaya. Ada beberapa bahaya dehidrasi bagi ibu hamil yang harus diwaspadai :

  1. Kekurangan Cairan Aminiotic

Cairan aminiotic adalah cairan yang berfungsi untuk menjaga bayi selama bayi dalam rahim, jika ibu kekurangan atau tidak dapat memproduksi cairan aminiotic ini kemungkinan besar adalah bayi tidak dapat terlindungi dengan maksimal, sehingga janin yang ada di rahim ibu akan dengan mudah terkena penyakit yang datang dari beberapa bakteri yang dikonsumsi ibu melalui makanan yang dikonsumsinya.

Baca : Manfaat air putih bagi ibu hamilBahaya pemberian air putih bagi bayi 0-6 bulanAkibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil

  1. Tidak Mampu Menghilangkan Panas

Pada ibu yang sedang hamil ia harusnya mampu mengontrol diri untuk dapat menghilangkan panas yang ada pada dirinya. Ibu yang sedang hamil tentunya akan lebih mudah untuk berkeringat, dan keringat pada ibu yang sedang hamil ini seharusnya dapat dibantu dihilangkan dengan banyak mengkonsumsi air meneral atau menjaga ibu untuk tidak dehindrasi

Baca : Menjemur bayi saat demamDemam saat hamil –  Cara mengatasi demam pada bayi

Sponsors Link

  1. Kontraksi Palsu

Dehidrasi ternyata mampu menghasilkan kontraksi palsu yang di alami oleh otot otot perut, ketika adanya kontraksi palsu ini otot-otot perut akan lebih mudah tertarik dan perut ibu akan lebih merasa kesakitan, kesakitan ini tentunya berbahaya bagi sang ibu, tak hanya itu kontraksi palsu ini juga berbahaya untuk janin.

  1. Menyebabkan Sembelit

Kekurangan dehidrasi juga mengakibatkan perut menjadi sembelit, selain itu saat dehidrasi juga akan menyebabkan ibu yang sedang hamil akan kesulitan untuk buang air besar, dan ini tentunya akan menggaggu ibu yang sedang hamil ini.

Baca : Cara mengecilkan perut buncit setelah melahirkan caesarPerut kembung pada bayiSusah BAB saat hamil

  1. Tubuh Lemas

Sang ibu yang sedang hamil memang sudah sewajarnya mendapatkan asupan cairan yang banyak, mengapa demikian ? Bagaimana tidak ibu yang sedang hamil harus menompang kehamilannya. Sehingga berat badan pun akan bertambah, jika kekurangan cairan maka ibu tidak akan mampu menompang bayi itu hingga dapat menyebabkan kepingsanan pada ibu.

Baca : Manfaat konsumsi pisang bagi ibu hamilBahaya deodorant bagi ibu hamil

  1. Kurang Volume Darah

Kekurangan darah pada saat hamil ini juga memiliki bahaya bagi ibu yang sedang hamil, selain itu hal ini juga membawa bahaya bagi sang bayi. Dengan demikian apabila ibu kekurangan volume darah, maka bayi akan kekurangan asupan darah.

Sponsors Link

Dengan begitu bayi akan lahir prematur. Justru hal ini juga akan mengakibatkan bayi dapat meninggal saat sudah lahir.

Baca : Anemia pada ibu hamil

  1. Selalu Mengantuk

Ibu yang seedang hamil selain mudah merasakan lelah dia juga akan mudah merasa ngantuk, padahal ia sudah cukup tidur, hal ini disebabkan karena dehidrasi membuat fungsi tubuh menjadi tidak maksimal.

Baca : Ibu hamil cepat ngantuk

  1. Membuat Pusing

Pusing yang dirasakan oleh ibu yang hamil juga disebabkan karena dehidrasi. Dehidrasi pada ibu yang hamil membuat ibu menjadi mudah merasa pening, terutama ketika ibu sedang duduk kemudian ibu langsung berdiri dan sebaliknya, tentu ini akan menggaggu kesehatan pada ibu hamil.

Baca : Penyebab sering pusing saat hamil

  1. Sulit Dalam Persalinan

Masalah yang lain adalah ketika ibu kekurangan asupan cairan dalam melahirkan ibu juga akan sulit dilakukan, untuk itu ibu akan kesulitan dalam melakukan persalinan, dan tentunya juga akan berbahaya bagi bayi dan juga ibu.

Baca : Cara agar persalinan normal tidak sakitProses persalinan

Itulah bahaya dehidrasi bagi ibu hamil, oleh sebab itu selama kehamilan maka jagalah kondisi anda agar anda tidak kekurangan cairana, supaya bayi anda dan diri anda tetap terjaga dan sehat. Sehingga semuanya akan selamat.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 18th, May 2016 / 09:19 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil