Sponsors Link

5 Bahaya Duduk Terlalu Lama Bagi Ibu Hamil

Sponsors Link

Bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil belum banyak diketahui oleh ibu hamil, ibu yang sedang hamil memang suka duduk dibandingkan dengan berjalan-jalan. Beragam alasan yang menyertai kebiasaan mereka tersebut misalnya saja adalah  badan terlalu pegal untuk berjalan, badan sudah tidak nyaman untuk berjalan, tuntutan pekerjaan dan masih banyak lagi lainnya. Ibu hamil sebaiknya menghindari terlalu banyak atau terlalu lama duduk sebab membahayakan.

ads

Aktivitas berbahaya untuk ibu hamil tidak hanya yang kita sadari saja. Mungkin ibu hamil sering mengabaikan tentang bahaya duduk terlalu lama atau memang ibu tidak mengetahuinya. Saat ini, pekerjaan seorang wanita ada yang menuntutnya untuk duduk berlama-lama mengerjakan pekerjaannya misalnya saja sekretaris, front office, dan lain sebagainya. Dokter spesialis kandungan di Rumah Sakit Bunda, dr. Ivan R. Sini MD, FRANZCOG, GDRM, SpOG di laman health.liputan6.com mengatakan bahwa terlalu banyak duduk bisa berpengaruh terhadap kondisi ibu hamil itu sendiri, contohnya adalah berikut ini:

  1. Terlalu Banyak Tekanan

Tubuh ibu hamil cenderung lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan sebelum hamil. Oleh sebab itu ketika ibu hamil terlalu banyak duduk akan menghasilkan tekanan berlebih terutama pada bagian pinggul ke bawah. Tekanan yang terlalu berlebihan tersebut bisa sangat berbahaya bagi pembuluh darah ibu hamil. Alasannya adalah pembuluh darah juga akan tertekan, jika tertekan ibu hamil itu akan merasakan kram terus menerus.

  1. Pembekuan Darah

Sama halnya dengan bahaya sering emosi saat hamil dan ibu hamil begadang, Pada kasus kehamilan, pembekuan darah sangat tidak baik untuk kesehatan janin yang ada di dalam perut ibu hamil. Alasannya adalah janin membutuhkan asupan oksigen yang cukup selain itu pembekuan darah bisa menyebabkan aliran darah tidak bisa mengalir. Oleh sebab itu janin yang ada di dalam rahim ibu hamil bisa mengalami kematian mendadak di dalam rahim. Orang yang mengalami pembekuan darah perlu disuntik selama berapa jam sekali agar aliran darah tetap normal.

  1. Aliran Darah Menumpuk Ke Kaki

Ibu hamil yang terlalu lama duduk bisa menyebabkan aliran darah menumpuk ke kaki.

Sponsors Link

Hal tersebut sangat tidak bagus untuk kesehatan janin yang ada di dalam rahim sebab aliran darah menuju ke rahim menjadi terhambat. Dengan sering berjalan kaki atau melakukan senam peredaran darah menjadi lancar kembali. Namun jika ibu hamil tidak kuat untuk melakukan senam atau jalan-jalan sebaiknya jangan terlalu memaksakan diri sebab kaki akan semakin memiliki banyak tekanan.

  1. Tekanan Di Bagian Tulang Belakang Meningkat

Jika terlalu banyak duduk ibu hamil akan semakin menekan bagian tulang belakangnya. Padahal selama kehamilan, tubuh terutama tulang punggung sudah semakin mengalami pengeroposan. Perut yang semakin membuncit dan badan yang semakin membesar ditopang oleh tulang punggung. Tekanan yang meningkat saat duduk akan menyebabkan ibu yang sedang hamil akan mudah terkena pengeroposan tulang terutama bagian tulang punggung.

  1. Menekan Bayi

Bahaya kebiasaan duduk bagi ibu hamil juga dapat berdampak pada kesehatan janin dalam kandungannya. Salah satu dampak buruk akibat terlalu lama duduk adalah akan menekan bayi yang ada di dalam rahim. Jika bayi terlalu lama ditekan, bayi tidak mudah bergerak dengan bebas. Hal seperti itu akan membahayakan bagi tubuh bayi yang ada di dalam kandungan. Bayi yang tidak bisa bergerak dengan bebas bisa lemas di dalam kandungan. Selain duduk, posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil juga dapat memberikan efek seperti menekan bayi dan timbulnya prematur

Posisi Duduk Yang Berbahaya

Bahaya duduk tidak terlepas dari posisi duduk yang dilakukan oleh ibu hamil. Posisi duduk yang dilakukan ibu hamil terdiri dari berbagai macam dan ada posisi duduk meskipun tidak dilakukan dalam waktu yang lama tetap berbahaya.

Sponsors Link

Berikut ini adalah posisi duduk yang berbahaya bagi ibu hamil yang tidak boleh dilakukan :

  1. Membungkuk

Saat ibu hamil sedang bersantai di rumah, menonton tv atau mendengarkan radio banyak ibu hamil yang tidak sadar jika dirinya dalam posisi yang membungkuk. Posisi yang membungkuk tidak baik dilakukan oleh ibu hamil alasannya adalah ketika posisi membungkuk tubuh akan mengalami ketegangan terutama dibagian sumsum tulang belakang. Karena ketegangan yang terjadi efeknya adalah tubuh tidak mampu menahan berat badan ibu hamil yang cenderung meningkat ketika sedang hamil. Tidak hanya itu saja badan yang membungkuk akan membahayakan bagi janin yang ada di dalam rahim sebab bayi akan tertekan dengan posisi ibu yang membungkuk.

  1. Kaki Menggantung

Posisi kaki menggantung sering dilakukan oleh ibu hamil padahal posisi tersebut tidak bagus bagi kesehatan ibu hamil. Kebanyakan ibu hamil sering tidak menyadari jika posisi kakinya sering menggantung ketika duduk. Hal ini sering terjadi pada ibu hamil yang sering bekerja di depan komputer. Ibu hamil yang sedang bekerja di depan komputer tidak sadar bahwa kakinya sedang dalam posisi menggantung. Ibu hamil duduk dengan posisi ini bisa membuat aliran darah menuju ke kaki semakin meningkat. Peningkatan ini akan menyebabkan kaki mengalami pembengkakan. Memang kaki yang bengkak saat hamil adalah hal yang wajar, namun posisi duduk dengan kaki menggantung akan membuat kondisi kaki bengkak pada ibu hamil semakin parah.

  1. Tanpa Sandaran

Duduk tanpa sandaran juga berbahaya bagi ibu yang sedang hamil. Alasannya adalah duduk tanpa menggunakan sandaran bisa membuat tubuh tidak sadar jika dalam posisi membungkuk. Sudah dijelaskan sebelumnya jika posisi tubuh yang membungkuk bisa menyebabkan ketegangan di dalam tubuh menjadi meningkat terutama di bagian tulang punggung.

Duduk dengan menggunakan sandaran sangat bermanfaat bagi ibu yang sedang hamil alasannya adalah sandaran bisa menjaga punggung ibu hamil tetap dalam posisi lurus. Yang harus diingat juga adalah menghindari kursi dengan sandaran yang pendek sebab bisa membuat ibu hamil dengan posisi setengah membungkuk dan hal itu tetap tidak bagus bagi ibu yang sedang hamil.

  1. Setengah Duduk

Posisi berbahaya lainnya adalah posisi setengah duduk. Posisi ini banyak dilakukan saat berada di atas tempat tidur. Bahaya posisi ini sama dengan posisi tubuh membungkuk yaitu bisa menyebabkan tekanan di sumsum bagian tulang belakang.

Saat hamil memang sebaiknya ibu hamil memperbanyak aktivitas seperti jalan pagi, membersihkan rumah namun jangan sampai kecapaian. Ibu yang hamil tua tidak boleh terlalu banyak duduk sebab memperbanyak aktivitas seperti jalan pagi, senam hamil dan aktivitas lainnya akan sangat bermanfaat dalam membantu proses persalinan kelak. Banyak beraktivitas juga akan membuat janin berada pada posisinya. Semua ibu yang sedang hamil sebaiknya mulai menyadari dan tidak mengabaikan bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 28th, January 2016 / 06:36 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil