4 Bahaya Lotion Bagi Ibu Hamil

Perawatan kecantikan kulit menjadi hal yang tidak bisa dipisahkan dengan kebutuhan wanita. Produk-produk body care adalah produk-produk yang biasanya selalu melekat pada banyak wanita bahkan kemanapun wanita tersebut pergi. Namun, bagi Anda para wanita hamil, ternyata ada beberapa produk kecantikan yang tidak baik dan tidak aman digunakan saat masa kehamilan. Jika Anda merasa ragu sangat ingin memakai berbagai produk kecantikan maka sebaiknya Anda berkonsultasi dengan seorang dokter tentang keamanan setiap produk kecantikan dan perawatan tubuh yang akan Anda gunakan. Selain itu, Anda lebih baik menghindarinya jika tidak mau berkonsultasi ke dokter daripada mengambil risiko yang dapat membahayakan bayi dalam kandungan. (Baca Juga: Bahaya Kosmetik Bagi Ibu Hamil)

Saat masa kehamilan, kulit ibu hamil biasanya lebih rentan terkena iritasi dan kering sehingga banyak ibu hamil yang tidak tahu bahaya lotion tetap memakai berbagai produk lotion demi menjaga kelembaban kulit. Perubahan berbagai keadaan kulit pada ibu hamil sebenarnya merupakan hal yang wajar, seperti jerawat, kulit kering, gatal. Bagi para wanita hamil yang mengalami perubahan kulit ini sebaiknya diatasi dengan perawatan kecantikan khusus karena ada banyak produk kosmetik yang membahayakan sehingga ibu hamil harus memilih jenis perawatan serta produk kosmetik yang aman baginya. Kulit ibu hamil harus tetap dirawat karena jika perubahan kulit ini tidak diatasi dapat menyebabkan kerusakan elastisitas kulit tetapi produk perawatannya jg harus aman. (Baca Juga: Hiperpigmentasi saat hamil , Manfaat Manggis untuk Ibu Hamil)

Alasan beberapa produk kecantikan, seperti lotion tidak boleh dipakai oleh wanita berbadan dua karena kandungan zat kimia dalam produk kecantikan dapat mempengaruhi perkembangan janin. Hal ini ditegaskan dalam sebuah penelitian bahwa 170 bahan kimia yang terkandung dalam kosmetik positif dapat menimbulkan ancaman bagi kesehatan bayi. (Baca Juga: Bahaya Deodorant bagi Ibu Hamil , Bahaya Bakso Bagi Ibu Hamil)

Ada beberapa hal yang membahayakan saat ibu hamil menggunakan lotion, diantaranya:

1. Dapat menimbulkan alergi

Kulit wanita hamil sangat sensitif, maka pilihlah produk yang aman bagi kulit. Jika Anda memilih produk yang salah maka bukan malah menyembuhkan perubahan kulit tetapi malah akan memunculkan masalah baru seperti alergi pada kulit. Selain itu, pilihlah aroma lotion yang tidak membuat mual dan pusing karena banyak wanita hamil yang sensitif pada wangi-wangian. (Baca Juga: Bahaya Listeria Bagi Ibu Hamil , Tanda Bayi Alergi Susu Sapi)


2. Dapat mengakibatkan kerusakan saraf pada janin

Beberapa zat kimia yang dipakai sebagai bahan pembuatan lotion dapat membahayakan janin anda. Jika lotion Anda mengandung berbagai zat kimia berbahaya dan secara tidak sengaja Anda pasti menghirupnya maka dapat berakibat merusak saraf janin yang sedang dalam masa tumbuh.

Baca Juga:

3. Menimbulkan kecacatan pada organ tubuh bayi

Dr Prima SpOg yang berprofesi sebagai salah satu ahli kandungan di Indonesia mengungkapkan bahwa pemakaian lotion pada ibu hamil yang mengandung bahan kimia berbahaya menimbulkan kecacatatan pada bayi yang dilahirkan. Bahan kimia seperti merkuri yang terkandung dalam berbagai produk kecantikan berbahaya bagi ibu hamil maupun bayi dalam kandungannya. Efek dari bahan kimia ini mempunyai toxicke bayi yang dapat membuat catat saat bayi dilahirkan. Selain itu retinoid dan asam salisilat yang merupakan vitamin A yang biasa terkandung dalam pembersih muka dan lotion ini juga berbahaya. Vitamin A dengan dosis tinggi diberbagai produk kecantikan inilah yang menjadi penyebab bayi cacat lahir. (Baca juga: Bahaya Rokok Bagi Janin , Makanan Untuk Mencegah Bayi Cacat)

4. Menghalangi proses alami pembentukan kulit yang sehat pada calon bayi

Hydroquinone adalah zat kimia yang banyak terkandung pada pemutih kulit seperti lotion. Sebaiknya anda menghindari produk yang mengandung zat kimia ini karena berpengaruh terhadap enzim yang memproduksi melanin dalam tubuh sehingga bagi ibu hamil dapat menyebabkan proses pembentukan kulit pada calon bayi terhalangi dan terganggu. (Baca Juga: Manfaat Semangka untuk Ibu Hamil)


Menjaga kesehatan janin merupakan sebuah tanggung jawab besar yang harus dilakukan ibu hamil karena ini menyangkut nyawa baru yang akan hadir dalam kehidupan sebuah rumah tangga. Beberapa bahaya di atas setidaknya membantu Anda untuk menghindari risiko-risiko buruk agar Anda tidak sembarangan memakai produk kecantikan. Lotion memang baik untuk mencegah kulit kering baik bagi ibu hamil, tetapi sebaiknya ibu hamil harus terlebih dulu teliti bahan kandungan yang ada dalam lotion agar tidak berbahaya. (Baca Juga: Tanda Janin Tidak Berkembang , Perkembangan Organ Tubuh Bayi setelah Lahir)

Bagi ibu-ibu hamil yang tetap ingin menggunakan body lotion demi menjaga kesehatan kulit, berikut ada beberapa tips yang bisa digunakan:

  • Pilihlah body lotion yang sudah jelas memiliki reputasi baik dan sudah jelas merek serta produsennya.
  • Untuk pembelian produk dari luar negeri, pilih yang sudah terdaftar di BPOM atau FDA approved
  • Hindari lotion yang memiliki zat-zat berbahaya seperti retinoid, asam salisilat karena tidak di anjurkan untuk ibu hamil
  • Anda harus memilih lotion yang tidak menimbulkan alergi, seperti dari aromanya. Pemilihan aroma yang tidak sesuai dengan Anda dapat membuat Anda lebih mual karena banyak ibu hamil yang sensitive dengan hal ini
  • Perhatikan masa kadaluarsa produk body lotion yang Anda beli

, , , ,
Post Date: Saturday 08th, October 2016 / 03:01 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12