Sponsors Link

5 Cara Mengatasi Kembung Pada Ibu Hamil Muda dan Tua

Sponsors Link

Seorang wanita yang sedang hamil tentunya lebih banyak mengalami masalah yang berkaitan dengan pencernaan, salah satunya adalah perut kembung. Perut kembung pada ibu hamil memang tergolong hal yang biasa dan cara mengatasinya harus dilakukan dengan cara yang lebih alami agar tidak memiliki dampak apapun pada janin yang dikandungnya. Ibu hamil diharuskan untuk tidak mengkonsumsi makanan-makanan yang banyak mengandung bahan kimia karena akan berpengaruh pada janin. Perut kembung memang membuat badan terasa tidak enak.  (Baca juga: Mengatasi Perut Kembung Pada Bayi , Penyebab Perut Melilit Saat Hamil )

ads

Tak hanya ibu hamil yang sering mengalami perut kembung, tapi kebanyakan orang pasti mengalami karena kesalahan pada pola makan, misalnya saja terlalu banyak mengkonsumsi minuman soda atau makanan-makanan yang mengandung lemak seperti brokoli, kobis, kacang-kacangan dan lainnya. Perut kembung akan terasa lebih baik jika seseorang bisa bersendawa atau buang gas. Pada wanita hamil, biasanya mereka akan sering buang gas jika mengalami perut kembung. Hal ini wajar karena dengan cara ituah perut kembung pada ibu hamil akan berkurang hingga perut terasa lebuh enak.

Baca juga:

Penyebab Perut Kembung Pada Ibu Hamil

Tak bisa dipungkiri jika ibu hamil yang sedang mengalami kembung disebabkan oleh perkembangan janin yang samakin besar.  Perkembangan janin setiap harinya akan berdampak pada pencernaan ibu yang mengalami beberapa masalah pada pencernaannya, salah satunya adalah perut kembung. Selain itu, penyebab perut kembung pada Ibu hamil adalah meningkatnya hormon progesteron yang terjadi pada ibu hamil. Hormon ini akan mempengaruhi pencernaan pada ibu hamil sehingga membuat perut menjadi kembung.

Kembung juga dapat diakibatkan gas yang kita hirup dan tidak tidak dapat dicerna dengan baik, sehingga kita harus bisa bersendawa atau buang gas untuk mengurangi rasa kembung pada perut, khususnya bagi ibu hamil. Mengatasi perut kembung pada Ibu hamil sangatlah mudah, hal ini juga cukup sederhana untuk dilakukan. (Baca juga: Normalkah Ibu Hamil Sering kentut ? , Kerokan Saat Hamil, Amankah ? )

Cara Mengatasi Kembung Pada Ibu Hamil

1.Pakailah Pakaian Yang Longgar

Sebaiknya para ibu hamil harus menghindari pakaian yang ketat. Pakailah pakaian yang agak longgar sehingga lebih leluasa untuk bergerak. Pakaian yang longgar juga akan membantu menghindari sesak pada Ibu hamil, khususnya saat perut mengalami kembung. Untuk kesehatan janinnya, para ibu hamil disarankan untuk memakai pakaian yang lebih longgar dan memiliki bahan yang nyaman sehingga lebih leluasa dalam bergerak.

Sponsors Link

Baca juga:

2.Dengan Melakukan Olahraga Jalan Kaki Secara Teratur

Ibu hamil sebaiknya harus rutin melakukan olahraga karena akan berpengaruh pada perkembangan janinnya. Olahraga untuk Ibu hamil sebaiknya disarankan untuk berjalan kaki pada pagi hari. Selain bagus untuk melancarkan peredaran, jalan kaki juga dapat mengatur pernafasan pada Ibu hamil yang nantinya dapat membantu mengatasi perut kembung.  Jika pernafasan lebih baik, maka mengalami perut kembung saat hamil lebih sedikit kemungkinannya. (Baca juga: Olahraga Untuk Ibu Hamil Muda dan Tua , Manfaat Berenang Untuk Ibu Hamil )

3.Dengan Mengkonsumsi Jahe Hangat

Jahe merupakan salah satu bumbu dapur yang memiliki banyak kegunaan. Salah satunya untuk dibuat minuman hangat yang cocok untuk mengatasi perut kembung. Tak hanya untuk Ibu hamil, mengkonsumsi jahe juga sangat bagus untuk menjaga daya tahan tubuh sehingga Tidak mudah sakit. Bagi Ibu hamil yang mengalami perut kembung akan lebih baik jika mengkonsumsi jahe karena tidak memiliki dampak apapun sehingga aman untuk ibu dan janin.

Baca juga:

4.Mengkonsumsi Teh Manis Hangat

Teh merupakan minuman yang memiliki zat antioksidan yang baik untuk semua orang. Bahkan bagi ibu hamil, mengkonsumsi teh hangat dapat meredakan pencernaan sehingga menghindari terjadinya kembung pada perut. Jenis teh yang dikonsumsi sebaiknya teh seduh ataupun teh hitam. Teh jenis seduh memiliki kandungan yang baik untuk pencernaan ibu hamil dan lebih  efektif  untuk mengatasi perut kembung. (Baca juga: Bahaya Es Bagi Ibu Hamil , Manfaat Teh Bagi Ibu Hamil )

5.Mengonsumsi Sup Hangat

Makanan yang hangat tentunya akan membuta perut terasa lebih enak, khususnya untuk ibu hamil. Ibu hamil juga dianjurkan untuk lebih banyak mengkonsumsi sayur dan buah agar percernaannya lebih sehat. Salah satu cara mengatasi perut kembung pada ibu hamil adalah dengan mengkonsumsi sayuran hangat seperti sup. Sayuran hangat mampu mengatasi perut kembung karena akan membuat ibu hamil lebih mudah untuk bersendawa.

Baca juga:

Sponsors Link

Ibu hamil memang sering mengalami masalah pada pencernaan, tak hanya perut kembung saja, tetapi juga sembelit dan susah buang air besar. Tapi tak perlu khawatir karena hal ini bisa diatasi dengan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan. Tak hanya itu, Ibu hamil juga harus lebih banyak mengkonsumsi air putih agar lebih sehat dan mencegah dehidrasi. Ibu hamil harus lebih memperhatikan nutrisinya agar tidak cepat merasa lelah dan bisa beraktivitas seperti biasanya.

Baca juga:

Untuk mengantipasi terjadinya perut kembung saat hamil, sebaiknya agar tidak mengkonsumsi makanan yang terlalu banyak mengandung lemak. Makanan yang memiliki kandungan lemak akan membuat perut cepat penuh sehingga akan lebih mudah merasa kenyang dan membuatnya kembung. Untuk menghindari perut kembung yang terlalu sering, diharapkan untuk para ibu hamil agar tidak terlalu banyak makan.

Walaupun terpaksa lapar, sebaiknya kurangilah porsi makanan karena akan membuat perut cepat kembung. Sebagai alternatifnya, lebih baik makan makanan dengan porsi yang ringan seperti cemilan yang sehat. Cemilan memang sangat penting untuk disediakan bagi ibu hamil agar tidak kelaparan. Beberapa orang yang sedang hamil memiliki rasa lapar yang lebih cepat. Untuk mengantisipasi hal ini, sebaiknya sediakan cemilan yang sehat agar bisa dimakan kapanpun. Bagi ibu hamil, mengobati perut kembung harus dengan cara yang aman dan tidak memiliki efek samping.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

,
Post Date: Monday 28th, November 2016 / 05:46 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil