16 Cara Mengatasi Sembelit pada Ibu Hamil : Sangat Ampuh

Kehamilan bisa membuat semua proses yang alami dalam tubuh ibu hamil mengalami perubahan. Salah satunya adalah masalah buang air besar. Hampir semua ibu hamil akan mengalami sembelit baik itu dalam tahap yang ringan atau berat. Sembelit bisa terjadi karena tubuh ibu menghasilkan hormon kehamilan yang sangat tinggi. Kemudian pertumbuhan bayi dalam rahim juga menyebabkan gerakan usus menjadi lebih lambat. Hal inilah yang kemudian bisa membuat ibu hamil terkena sembelit. (baca: susah BAB saat hamil –  ambeien saat hamil – bahaya ambeien untuk ibu hamil)

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil yang bisa dilakukan.

  1. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan dalam jumlah kecil

Ketika ibu hamil sudah merasakan sembelit atau sering sembelit maka konsumsi semua makanan dalam jumlah yang lebih kecil meskipun itu sering. Makan dalam jumlah yang besar bisa menyebabkan sistem pencernaan bekerja dengan kuat namun tidak maksimal. Sementara ketika makanan masuk dalam jumlah yang kecil maka usus bisa menerima dengan baik. kebiasaan ini sebaiknya bisa dilakukan sejak awal kehamilan sehingga tidak akan mengalami sembelit yang buruk selama hamil.   (baca:  nutrisi ibu hamil – gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)

  1. Membuat tubuh banyak bergerak

Ketika ibu hamil terlalu banyak diam maka itu juga bisa mengganggu sistem pencernaan. Jadi lebih baik jika ibu banyak bergerak yang bisa membuat usus bekerja lebih baik. Gerakan tubuh yang baik juga akan merangsang semua otot tubuh dan otot perut. Bahkan menurut para ahli wanita hamil seharusnya melakukan latihan ringan selama 20 menit setiap hari atau minimal tiga kali dalam seminggu. Efek gerakan yang baik sangat baik untuk usus dan bisa mendorong agar pencernaan bekerja dengan baik. Ada banyak latihan yang bisa dilakukan termasuk jalan kaki atau berenang. (baca juga: manfaat berenang bagi ibu hamil – olahraga untuk ibu hamil muda dan tua – senam hamil)

  1. Minum segelas air lemon setiap pagi

Kemudian jika kondisi kehamilan sehat dan ibu hamil tidak memiliki keluhan dengan penyakit maag, maka ibu bisa minum segelas air lemon hangat setiap pagi. Kadar asam dalam air lemon sangat baik untuk mendorong kerja usus sehingga bisa mengurangi resiko sembelit. Bahkan jika dilakukan secara teratur maka bisa membuat tubuh ibu hamil lebih sehat. (Baca: manfaat air putih bagi ibu hamil – manfaat infused water untuk ibu hamil)

  1. Minum minyak kelapa murni

Kemudian untuk membantu kerja usus agar tidak terlalu berat maka ibu juga bisa minum satu sendok teh minyak kelapa murni setiap pagi. Atau jika rasanya tidak nyaman maka bisa menggantinya dengan minyak zaitun. Kedua jenis minyak ini juga bisa dikonsumsi dengan sayuran lain. Minyak bisa mendorong gerakan usus yang lebih baik dan mengurangi resiko sembelit.

Manfaat minyak kelapa:

  1. Kurangi daging

Setelah terkena sembelit maka ibu hamil bisa mencoba untuk mengurangi mengkonsumsi daging. Daging tidak mudah diproses dalam saluran pencernaan sehingga bisa membuat sembelit menjadi lebih buruk. Untuk gantinya maka konsumsi sumber protein yang halus seperti telur yang bisa dicerna dengan mudah. (Baca juga: bahaya fast food bagi ibu hamil dan janin – bahaya junk food bagi ibu hamil paling mengerikan)

  1. Hindari kafein

Kemudian setelah mencoba  beberapa cara maka ibu hamil juga perlu untuk menghindari semua jenis kafein. Kafein bisa membuat tubuh menjadi tidak nyaman karena mendorong asam yang berlebihan dalam lambung. Bahkan ini juga berbahaya untuk kesehatan janin dalam kandungan. Lebih baik untuk mengkonsumsi minuman yang mengandung serat termasuk seperti jus buah pir, apel, belimbing, nanas atau buah lainnya.  (baca juga: bahaya kafein bagi ibu hamil – bahaya kopi bagi ibu hamil dan janin – manfaat kopi bagi ibu hamil)

  1. Minum teh aprikot

Ketika sembelit sudah sangat buruk maka ibu bisa mencoba untuk membuat teh aprikot. Bahan ini bisa mengatasi sembelit dengan cepat karena mengandung senyawa alami yang bersifat pelumas untuk usus. Anda bisa mencoba untuk merebus aprikot dengan air hingga mendidih kemudian biarkan sampai dingin. Diamkan selama satu malam dan minum tehnya pada pagi hari. Baca juga: ibu hamil minum air teh – bahaya teh bagi ibu hamil muda – teh bagi ibu hamil)

  1. Minum madu setiap pagi

Ada salah satu bahan yang sangat alami dan baik untuk mengatasi sembelit yaitu madu. Madu mengandung sumber gizi seperti mineral yang lengkap untuk ibu hamil. Ibu bisa mencoba untuk minum satu sendok madu setiap pagi setelah bangun tidur. Kemudian cobalah untuk melakukan aktifitas yang lebih sibuk sehingga pencernaan bisa merespon madu yang sudah masuk ke dalam tubuh. Pilih jenis madu yang asli sehingga ibu hamil tidak terkena bahan pemanis dari madu yang tidak asli.

  1. Makan probiotik setiap hari

Kemudian bahan lain yang bisa mengatasi sembelit dengan cepat adalah probiotik. Anda bisa mencoba untuk makan probiotik secara rutin. Bahan probiotik seperti yogurt yang mengandung bakteri baik untuk usus bisa mencegah sembelit. Probiotik juga kaya dengan vitamin C sehingga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Untuk ibu hamil sebaiknya memang memilih jenis probiotik organik yang tidak mengandung bahan pemanis. (baca: manfaat yogurt untuk ibu hamil)

  1. Cukup air mineral

Air mineral juga bisa menjadi salah satu obat sembelit yang sangat ampuh. Tubuh ibu hamil membutuhkan cairan yang lebih banyak untuk melakukan berbagai proses yang alami. Cairan sangat baik untuk usus karena bisa membuat sistem pencernaan menjadi lebih baik. Ibu bisa mengatur kapan waktu untuk minum air mineral agar perut juga lebih nyaman. (baca: akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil)

  1. Tidak menunda buang air besar

Terkadang sembelit pada ibu hamil disebabkan karena kebiasaan menunda keinginan untuk buang air besar. Tubuh memiliki respon sendiri ketika ibu menunda buang air besar. Ini bisa menyebabkan tinja lunak dalam usus besar mengering dan keras sehingga tidak bisa terdorong secara alami. Karena itu selama hamil sebaiknya ibu sama sekali tidak menunda keinginan untuk buang air besar.

  1. Mengkonsumsi makanan berserat tinggi

Semua jenis makanan yang mengandung serat tinggi sangat baik untuk ibu hamil. Makanan yang mengandung serat tinggi bisa mendorong kerja usus sehingga mencegah sembelit. Kemudian serat juga bisa membantu menurunkan lemak tubuh ketika ibu hamil mengalami obesitas. Beberapa makanan yang mengandung serat tinggi termasuk seperti sayuran hijau, wortel, brokoli, kembang kol, apel, buah pir, biji-bijian dan kacang-kacangan. (baca: makanan ibu hamil 7 bulan)

  1. Minum jus semangka

Ketika sembelit sudah parah atau menyakitkan maka ibu bisa mencoba untuk minum jus semangka. Jus semangka sangat baik untuk sembelit karena mengandung cairan yang banyak dan serat yang sangat tinggi. Anda bisa membuat jus semangka sendiri sehingga lebih aman. Dan karena semangka sudah memiliki rasa manis alami maka jangan dikonsumsi dengan tambahan gula. (baca: manfaat semangka untuk ibu hamil


  1. Suplemen magnesium

Jika ibu sering mengalami sembelit sepanjang kehamilan maka ibu bisa mencoba untuk mendapatkan suplemen magnesium. Ibu bisa berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan jenis suplemen yang paling tepat. Magnesium bisa bekerja dengan cepat untuk mendorong keinginan buang air besar pada ibu hamil. Tapi jika ibu hamil khawatir dengan resikonya maka ibu bisa mengganti suplemen dengan semua jenis makanan yang mengandung magnesium tinggi.

  1. Teh chamomile

Teh herbal seperti teh chamomile juga sangat baik untuk mengatasi sembelit pada ibu hamil. Teh bisa digunakan secara alami karena akan mendorong gerakan usus. Kemudian teh juga bisa membantu mengatasi tubuh yang terasa lelah dan membuat ibu hamil bisa tidur dengan nyenyak. Namun untuk mengurangi efek samping yang tidak nyaman maka teh chamomile sebaiknya diminum dua hari sekali saja.

  1. Mencoba yoga

Yoga bisa menjadi salah satu gerakan yang sangat baik untuk membantu mengatasi sembelit pada ibu hamil. Yoga bisa membuat gerakan tubuh menjadi lebih seimbang dan bisa membantu saat proses persalinan. Untuk mencegah sembelit maka ada bebeapa postur yoga yang bisa membantu ibu hamil. Kemudian selama melakukan yoga secara teratur maka ibu juga harus tetap mengkonsumsi makanan yang mengandung serat tinggi. Untuk bisa melakukan yoga dengan baik maka ibu hamil bisa bekerjasama dengan instruktur yoga terlatih. (baca: cara agar bayi tidak sungsang)

Itulah beberapa cara mengatasi sembelit pada ibu hamil tanpa obat pencahar. Semua cara dilakukan secara alami karena lebih aman untuk ibu dan tidak memberikan efek samping pada bayi dalam kandungan.

, , ,
Post Date: Friday 09th, June 2017 / 05:54 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil