10 Cara Menghilangkan Stretch Mark Saat Hamil Secara Alami

Apakah Anda menghadapi masalah stretch mark selama hamil? Ini adalah salah satu masalah semua wanita hamil dan sering menyebabkan ibu hamil merasa ketakutan. Stretch mark ditakuti tidak bisa hilang dan akan bertahan sehingga menganggu penampilan ketika sudah melahirkan. Stretch mark adalah garis-garis halus akan berkembang di daerah yang banyak memiliki lemak termasuk perut, paha, dada, dan bagian bawah perut. Penyebabnya sangat banyak seperti perubahan hormon ketika hamil, lemak yang hilang dari bagian tubuh setelah melahirkan dan gangguan kulit kurang elastis selama hamil.

Mengingat stretch mark sangat mengganggu penampilan, maka Anda bisa melakukan cara alami seperti berikut ini:

  1. Oleskan Minyak Zaitun pada Area Stretch Mark

Menggunakan minyak tertentu pada area yang terkena stretch mark saat hamil juga bisa membantu menghilangkan atau mengurangi stretch mark yang terlalu parah. Salah satunya adalah dengan menggunakan minyak zaitun yang mengandung vitamin E dan zat antioksidan. Anda bisa mengoleskan minyak zaitun pada bagian kulit secara lembut dan pelan. Hindari melakukan penekanan pada area perut saat hamil agar tidak menyebabkan gangguan. Cara penggunakan minyak zaitun adalah dengan mencampurkan dengan air secukupnya. Namun jika Anda tidak mengalami masalah pada kulit maka bisa menggunakan minyak zaitun murni. Minyak zaitun juga menjadi makanan untuk penyubur kandungan alami pria wanita.

  1. Masker Coklat

Jika Anda memiliki coklat bubuk maka juga bisa digunakan untuk cara menghilangkan stretch mark saat hamil. Coklat bubuk bisa memulihkan kondisi kulit yang berkerut atau tertarik karena kurang elastis. Bahkan coklat bisa membantu menghaluskan kulit sehingga bisa menjadi perawatan yang sangat alami. Caranya adalah dengan melarutkan coklat bubuk dengan minyak zaitun atau air mineral. Setelah menjadi pasta maka gunakan untuk masker pada area stretch mark. Tunggu beberapa saat hingga mengering lalu bersihkan dengan air hangat. Lakukan perawatan ini selama dua kali dalam sehari agar kulit menjadi lebih elastis dan lembut. Coklat tidak hanya menjadi masker untuk kulit karena ada manfaat coklat untuk ibu hamil dan janin yang sangat menyehatkan.

  1. Gunakan Jus Lemon

Ketika Anda hamil dan mengalami stretch mark maka juga bisa menggunakan jus lemon. Jus lemon mengandung vitamin C yang sangat tinggi sehingga bisa membuat kulit menjadi lebih lembab dan elastis. Selain itu juga bisa membantu menghilangkan bekas luka tanpa menyebabkan efek samping. Jus lemon yang mengandung asam bisa terserap dalam kulit namun tidak menyebabkan gangguan pada kulit. Cara perawatan bisa dilakukan dengan membuat jus lemon yang lebih kental. Akan lebih baik jika Anda benar-benar menggunakan air perasan lemon tanpa dicampur dengan air. Kemudian oleskan pada bagian stretch mark hingga mengering sendiri. Setelah itu gunakan air dingin untuk membersihkan kulit dari sisa jus lemon. Lakukan perawatan selama dua kali dalam sehari. Tidak hanya untuk kulit karena ada manfaat jeruk untuk ibu hamil muda dan janin.

  1. Masker Gel Lidah Buaya

Gel lidah buaya sudah terkenal karena khasiatnya bisa membantu membuat kulit menjadi lebih lembab dan elastis. Bahkan gel lidah buaya bisa membantu merawat luka bakar ringan pada kulit dan menghilangkan luka. Gel lidah buaya mengandung pelembab alami yang akan menghilangkan sifat kulit kaku saat hamil. Cara perawatan ini bisa dilakukan dengan mudah. Anda cukup mengambil gel lidah dengan mengupas kulitnya. Kemudian gunakan gel secara langsung pada bagian kulit yang terkena stretch mark. Cara ini juga bisa mencegah stretch mark sebelum muncul dan membuat kulit menjadi lebih lembut.

  1. Minum Cukup Air Mineral

Salah satu masalah yang paling sering dialami oleh ibu hamil adalah kekurangan air minum.Kurang air minum tidak hanya menyebabkan dehidrasi tapi juga membuat kulit menjadi lebih kering. Ibu hamil sangat disarankan untuk minum air mineral setidaknya 10 hingga 12 gelas setiap hari. Jika Anda kurang air minum maka kulit bisa terkena efek dari dehidrasi.


Air mineral bisa menjadi pilihan terbaik untuk asupan cairan tubuh. Selain itu hindari terlalu banyak mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh dan semua jenis minuman bersoda.

Baca juga: akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil – manfaat air putih bagi ibu hamil dan menyusui – bolehkah ibu hamil minum air dingin ?)

  1. Masker Gula Pasir dan Jus Lemon

Masker alami yang terbuat dari campuran jus lemon dan gula pasir bisa menjadi pilihan yang sangat baik untuk menghilangkan stretch mark. Anda bisa membuat bahan ini di rumah sendiri dan tidak membutuhkan banyak biaya. Caranya adalah dengan mencampurkan 1 sendok makan gula dan air perasan jeruk lemon. Kemudian aduk perlahan hingga bercampur namun gula tidak terlalu hancur. Kemudian gunakan secara langsung ke bagian kulit yang terkena stretch mark. Perhatikan untuk tidak menggosok kulit terlalu keras untuk menghindari luka. Biarkan selama beberapa saat kemudian bilas dengan air hangat. Cara ini bisa mengurangi stretch mark meskipun membutuhkan terapi yang rutin.

  1. Masker Putih Telur

Jika Anda memiliki banyak putih telur maka bisa menggunakan bahan ini untuk menghilangkan stretch mark. Putih telur adalah sumber protein alami yang akan membantu regenerasi sel kulit, menghilangkan sel kulit mati, membuat kulit lebih putih dan permukaan kulit bisa menjadi lebih halus. Memang banyak orang yang merasa jijik karena putih telur berbau dan lengket. Tapi manfaatnya untuk kulit memang sangat besar. Cara perawatan bisa dilakukan dengan cara menerapkan bagian putih telur yang baru dibuka secara langsung. Kemudian biarkan selama beberapa saat hingga kering sendiri. Bilas dengan menggunakan air hangat. Jika Anda tidak menyukai aroma putih telur yang tertinggal maka terapkan pelembab setelah perawatan. (baca juga: manfaat telur bagi ibu hamilmanfaat telur asin bagi ibu hamil muda dan tua)

  1. Gunakan Getah Kentang

Kentang tidak hanya makanan yang sehat untuk ibu hamil karena mengandung karbohidrat, namun kentang juga sangat baik untuk menghilangkan stretch mark. Getah kentang mengandung polifenol tertentu yang bisa membantu membuat kulit menjadi lebih elastis. Caranya adalah dengan mengupas dan memotong kentang menjadi beberapa bagian. Kemudian gosokkan pada bagian stretch mark secara lembut dan biarkan selama beberapa saat. Setelah itu bersihkan dengan air dingin dan Anda bisa merasakan kulit menjadi sangat lembut. Kentang juga sangat sehat karena menjadi makanan sehat untuk ibu menyusui agar bayi sehat dan cerdas.

  1. Buat Pelembab Alami untuk Pelembab Harian

Membuat pelembab alami untuk stretch mark bisa mencegah stretch mark yang buruk. Bahan pelembab alami ini bisa membantu mengurangi stretch mark yang parah. Selain itu juga bisa membantu membuat kulit lebih lembut setelah melahirkan. Berikut ini beberapa cara dan bahan untuk pelembab alami:

  • Campurkan bubuk coklat dengan minyak zaitun hingga menjadi pasta. Terapkan secara langsung hingga merasa ke bagian strecth mark. Kemudian bersihkan dengan air hangat setelah bahan pelembab mengering pada kulit.
  • Campurkan minyak zaitun, gel lidah buaya dan tepung gandum hingga menjadi pasta. Kemudian terapkan ke kulit secara langsung. Setelah kering bersihkan dengan air dingin. Cara ini bisa mengurangi stretch mark yang terlalu parah.
  • Campurkan gel lidah buaya dengan minyak kelapa murni. Minyak kelapa murni mengandung vitamin E yang bisa mengurangi stretch mark dan melembabkan kulit. Kemudian terapkan ke kulit secara langsung lalu bersihkan dengan air hangat setelah mengering.
  1. Oleskan Minyak Jarak

Jika Anda memiliki minyak jarak atau minyak castor maka gunakan minyak ini secara langsung pada bagian kulit yang terkena stretch mark. Bahan minyak kastor atau minyak jarak mengandung vitamin E yang tinggi. Minyak ini bisa membantu menghilangkan keriput, bintik hitam dan juga stretch mark. Berikut ini cara menggunakan minyak jarak untuk cara menghilangkan stretch mark saat hamil :

  • Ambil beberapa tetes minyak jarak ke mangkuk kecil atau tempat lain.
  • Ambil minyak jarak dengan jari Anda lalu lakukan pijatan ke bagian strecth mark dengan gerakan melingkar. Lakukan pijatan selama sekitar 15 menit dengan cara yang sangat lembut.
  • Tutup bagian kulit yang sudah diberi minyak jarak dengan kain lembut selama 10 menit.
  • Kemudian bersihkan dengan handuk yang sudah direndam dalam air hangat selama beberapa saat.
  • Terakhir bersihkan dengan air dingin dan terapkan pelembab pada kulit.
  1. Gunakan Masker Madu dan Garam

Jika Anda memiliki garam dan madu maka buat masker dari bahan ini untuk menghilangkan strecth mark. Cara ini bisa dilakukan secara langsung dan tidak memerlukan bahan tambahan. Ambil beberapa sendok madu dan letakkan dalam mangkuk kecil. Kemudian tambahkan satu sendok teh garam kasar. Campur kedua bahan hingga menjadi pasta dan terapkan secara langsung pada kulit yang terkena strecth mark. Setelah itu bersihkan dengan air hangat untuk menghilangkan madu yang lengket pada kulit.

Cara Menghindari Strecth Mark Selama Kehamilan

Beberapa cara alami untuk menghilangkan strecth mark selama kehamilan memang sangat bermanfaat. Namun lebih baik lagi jika Anda menghindari semua penyebab stretch mark secara alami. Berikut ini cara untuk menghindari stretch mark secara alami.

  1. Ketika Anda hamil maka perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin E dan vitamin E. Vitamin E akan mendukung regenerasi kulit dan membuat kulit lebih lembut. Sementara vitamin C bisa mempertahankan kolagen yang membuat kulit bisa lebih kenyal dan elastis. Anda bisa mendapatkan kedua vitamin ini dari buah dan sayuran atau suplemen yang telah direkomendasikan dokter. (baca juga: manfaat vitamin E untuk ibu hamil dan janin)
  2. Selama hamil hindari terkena dehidrasi akibat kekurangan cairan. Cairan yang cukup akan membantu kulit dari dalam serta mempertahankan tingkat kelembapan kulit. Air juga sangat dibutuhkan saat kehamilan untuk mencegah kulit kering.
  3. Lakukan pijatan lembut pada daerah kulit yang memiliki banyak timbunan lemak. Anda bisa menggunakan minyak lavender atau minyak yang aman untuk kulit.
  4. Hindari melakukan perawatan kecantikan berlebihan seperti tindakan bedah atau laser untuk menghilangkan stretch mark selama kehamilan. Kedua tindakan ini sangat berbahaya jika dilakukan selama kehamilan karena bisa menyebabkan komplikasi. (baca juga: bahaya kosmetik bagi ibu hamil – bahaya smoothing rambut saat hamil)
  5. Selalu menjaga kesehatan kulit sebelum kehamilan. Anda harus merawat kulit dengan baik dengan menggunakan bahan alami dan konsumsi makanan yang sehat untuk kulit. Terlebih jika Anda memiliki ibu yang sebelumnya mendapatkan strecth mark selama kehamilan.

Apa Penyebab Stretch Mark Saat Hamil ?

Ketika Anda hamil maka tubuh menghadapi beberapa perubahan seperti perubahan hormon dan berat badan. Kondisi ini akan terjadi secara alami sehingga hampir semua ibu hamil akan menghadapi kondisi yang sama. Bagian kulit sebenarnya terdiri dari beberapa lapiran seperti lapisan luar, lapisan tengah dan lapisan dalam. Kondisi stretch mark sebenarnya terjadi pada lapisan tengah dan kulit akan di tarik keluar secara perlahan. Karena itu biasanya stretch mark akan pulih sendiri setelah melahirkan namun membutuhkan waktu yang lebih lama. Namun stretch mark tetap bisa dicegah dan dihilangkan secara alami saat kehamilan.

Stretch mark menjadi kondisi alami untuk semua ibu hamil. Jika Anda tidak ingin merasa direpotkan hanya untuk merawat kulit setelah melahirkan, maka cegah stretch mark sebelum hamil. Perawatan kulit selama hamil juga sangat penting untuk mempertahankan kondisi kulit agar tetap lembut selama hamil dan setelah menjalani persalinan.

, , , ,
Post Date: Monday 28th, March 2016 / 07:14 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil
MUST READ
Perkembangan Janin / Bulan : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9
Perkembangan Bayi/ Bln : 1, 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10,11, 12