Sponsors Link
     Sponsors Link

13 Cara Menghilangkan Stres Saat Hamil Muda dan Tua

advertisement

Stres saat hamil adalah masalah yang paling sering dialami ibu hamil, baik pada trimester awal , tengah hingga akhir. Kondisi ini memang sangat wajar karena ibu hamil mengalami berbagai perubahan. Perubahan fisik, emosi dan mental sering membuat ibu hamil tidak siap. Namun ketika stres menjadi buruk maka bisa mempengaruhi kesehatan bayi. Ada berbagai jenis bahaya banyak pikiran untuk ibu hamil seperti masalah penyebab janin kekurangan oksigen dalam kandungan. Tentu saja masalah ini bisa menjadi penyebab keguguran hamil muda dan semua tahap trimester.  Proses kehamilan harus menjadi momen kebahagiaan dalam tahap hidup ibu dan tentu membutuhkan dukungan pasangan.

Berikut ini berbagai cara menghilangkan stres saat hamil yang bisa dilakukan :

  1. Istirahat Cukup

Mungkin ini terdengar sangat aneh, tapi istirahat yang cukup akan menghilangkan rasa stres pada saat hamil dan cara mencegah keguguran yang alami. Sementara ibu hamil sedang istirahat maka bisa mencoba untuk berkomunikasi dengan bayi. Ketika janin Anda sudah berusia 23 minggu maka bayi dalam rahim Anda sudah bisa mendengar. Cara ini akan membantu ibu menjadi lebih santai. Selain itu jangan pernah menunda waktu untuk tidur karena ibu hamil mungkin akan merasa sangat lelah sepanjang hari. Tapi hindari tidur pada pagi hari karena bisa terkena bahaya tidur pagi bagi ibu hamil.

Baca juga: bahaya begadang bagi ibu hamilposisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil – posisi tidur ibu hamil 8 bulan yang baik – bahaya akibat kelelahan pada ibu hamil

  1. Makan yang Bergizi

Ibu hamil juga harus mengkonsumsi makanan bergizi untuk ibu hamil agar tidak terkena stres. Cara ini akan membantu tubuh ibu hamil mendapatkan rasa nyaman yang sangat alami dan terpenuhi nutrisi ibu hamil. Berbagai nutrisi bisa mengurangi tekanan, membuat kehamilan semakin nyaman dan tentu sangat baik untuk bayi dalam rahim. Beberapa makanan yang dipercaya bisa mengurangi tingkat stres adalah seperti: ikan salmon, ikan tuna kaleng, kacang hijau, kalkun, ayam tanpa lemak, yogurt sehat dan buah-buahan segar. Selain itu ibu juga harus cukup minum agar tubuh tidak dehidrasi dan kehilangan konsentrasi.

  1. Olahraga Ringan

Melakukan olahraga untuk ibu hamil sangat baik untuk meningkatkan suasana hati. Berbagai olahraga ringan juga bisa membuat tubuh lebih nyaman karena perubahan fisik selama hamil. Dan tentu ini sangat baik untuk manajemen berat badan selama hamil agar mencegah diabetes gestasional dan obesitas. Beberapa jenis latihan yang disarankan seperti berenang (harus dengan ijin dokter), yoga, latihan pernafasan, jalan kaki, dan senam hamil. Hindari melakukan berbagai olahraga yang dilarang untuk ibu hamil seperti sit up bagi ibu hamil dan bahaya berenang bagi ibu hamil.

  1. Berbicara dengan Pasangan

Ketika ibu hamil memiliki rasa cemas yang berlebihan maka sangat penting untuk berbicara dengan pasangan. Peran suami saat istri hamil sangat penting karena membantu ibu hamil mengatasi rasa khawatir yang berlebihan.

Sponsors Link

Selain itu berbicara dengan pasangan bisa membantu untuk mengatasi berbagai masalah yang mungkin terjadi selama kehamilan. Mengambil keputusan dan merencanakan berbagai persiapan bagi bayi juga akan membantu meringankan beban ibu hamil.

  1. Menyiapkan Proses Kelahiran

Hal yang paling menyebabkan ibu hamil merasa stres adalah kecemasan dengan proses persalinan. Untuk mengatasi hal ini maka ibu bisa berbicara dengan dokter atau bidan yang merawat. Anda bisa bekerjasama dengan pasangan untuk memutuskan proses persalinan yang dipilih, apakah melahirkan normal atau caesar. Terlebih jika ini adalah proses persalinan yang kedua atau ketiga, maka keputusan harus dibuat dengan baik. Jika ibu pernah menjalani caesar maka apa proses persalinan selanjutnya yang harus diambil. Pada tahap ini Anda juga harus memilih

  1. Bergabung dengan Ibu yang Berpengalaman

Ketika ibu merasa sangat stres mungkin bisa disebabkan karena belum siap untuk menjadi orang tua. Hal ini sangat sering dialami oleh ibu yang baru pertama kali akan memiliki bayi. Jika ini terjadi maka Anda bisa bergabung atau bergaul dengan ibu lain yang sudah berpengalaman. Anda bisa meminta tips untuk mengatur persiapan keperluan bayi, bagaimana cara menjaga bayi dan apa yang harus dilakukan ketika sudah lahir. Persiapan ini juga bisa mencegah terjadinya baby blues setelah melahirkan.

  1. Mengatur Jam Kerja

Jika ibu hamil masih bekerja maka kemungkinan pekerjaan dan berbagai kendala saat akan pergi bekerja juga bisa menyebabkan stres. Salah satunya adalah ketika menghadapi jalan macet dan berbagai tekanan dalam pekerjaan. Untuk mengatasi stres maka ibu bisa mencoba mengatur jam kerja sesuai kesepakatan dengan tempat kerja dan melakukan berbagai tips bekerja saat hamil. Mungkin jika bisa Anda mengajukan waktu istirahat, cuti hamil atau bekerja dari rumah. Semua ini sangat penting untuk mengurangi stres saat hamil.

Baca juga: bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil – ibu hamil muda berdiri lama – bahaya ibu hamil angkat beban berat

  1. Mengatur Keuangan Persiapan bagi Bayi

Semua calon orang tua pasti beruasaha untuk memenuhi berbagai keperluan bagi bayinya. Namun keperluan bagi bayi biasanya membutuhkan jumlah uang yang tidak kecil. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mengatur keuangan bersama dengan pasangan. Jika memungkinan maka pinjam berbagai keperluan bayi dari keluarga. Cara ini bisa membantu mengatasi stres bagi ibu hamil yang memiliki keterbatasan dalam keuangan.

ads
  1. Lakukan Relaksasi dan Pijat

Bagi ibu hamil yang telah melewati tahap trimester rentan seperti trimester satu, maka bisa mencoba melakukan relaksasi atau pijat. Relaksasai atau pijat digunakan untuk cara menghilangkan stres saat hamil dan tubuh ibu hamil menjadi lebih segar. Ibu hamil biasanya mengalami rasa lelah yang parah akibat perubahan hormon dan kenaikan berat badan. Namun pijat dan relaksasi juga harus dilakukan di tempat yang ahli dan bisa meminta rekomendasi dari dokter.

  1. Membuat Diri Anda Bahagia

Salah satu sumber kebahagiaan adalah diri Anda sendiri. Ibu hamil harus merasa bahagia agar bisa menjalani kehamilan dengan sehat. Ingat jika ibu hamil terlalu stres maka janin juga bisa terpengaruh. Ada berbagai cara untuk membuat diri Anda lebih bahagia saat hamil, misalnya berkumpul bersama teman, keluar dari rumah dengan pasangan, teman atau keluarga. Bahkan Anda juga bisa menonton film di bioskop atau melakukan spa. (baca : creambath bagi ibu hamil – bahaya creambath bagi ibu hamil)

  1. Hirup Udara Segar

Ibu hamil tidak harus berdiam diri di rumah. Ibu hamil juga harus keluar rumah dan menghirup udara segar di pagi hari. Udara segar dan matahari bisa membantu ibu tetap sehat, sekaligus latihan untuk menggerakkan badan. Ketika ibu bugar maka bisa melakukan persalinan normal dengan sehat. Jalan-jalan di pagi hari juga akan membuat ibu hamil menghirup oksigen yang cukup serta meningkatkan suasana hati di sepanjang hari. Ada berbagai manfaat jalan pagi untuk ibu hamil dan manfaat berjemur bagi ibu hamil yang sangat baik untuk kesehatan.

  1. Jaga Kebersihan Tubuh

Menjadi ibu hamil bukan alasan untuk bermalas-malasan dan tidak menjaga kebersihan tubuh. Ibu hamil juga harus mandi secara teratur, menjaga kebersihan kuku dan kulit, merawat wajah dan membuat tubuh wangi sepanjang hari. Jika perlu ibu hamil bisa menggunakan aromaterapi untuk rumah namun harus dengan produk yang aman bagi ibu hamil. Intinya ibu hamil harus terlihat segar dan bersih sehingga hati juga terasa bahagia.

  1. Meditasi

Meditasi bisa dilakukan oleh ibu hamil jika mengalami stres yang cukup berat. Latihan meditasi bisa dilakukan bersamaan dengan yoga atau relaksasi. Untuk melakukan meditasi maka ibu hamil bisa mengambil lokasi di dalam rumah, di halaman rumah atau di studio bersama dengan ibu hamil lainnya. Saat meditasi maka ibu bisa mencoba berkomunikasi dengan bayi dalam kandungan, mengelola perasaan yang negatif dan menyerap semua energi positif. Meditasi juga menjadi cara mengatasi mual saat hamil tanpa obat.

Ibu hamil harus pandai dalam mengelola rasa stres dan tekanan selama hamil. Semua cara alami untuk menghilangkan stres ini tidak hanya sehat tapi juga bisa membantu persiapan ibu hamil saat persalinan. Selain itu mengelola rasa stres bersama pasangan akan membantu pasangan dalam menyambut bayi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 12th, August 2016 / 05:41 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil