Sponsors Link

Ibu Hamil Cepat Lelah- Penyebab dan Cara Mengatasinya

Sponsors Link

Masa kehamilan adalah masa-masa yang berat, masa-masa yang seru, sekaligus masa yang rentan terhadap banyak hal. Pada masa kehamilan ibu mempunyai tanggungan yang lebih berat, yakni tanggungan dari segi fisik. Jabang bayi yang terdapat dalam perut ibu seringkali menjadi beban tersendiri. Akibatnya ibu hamil menjadi tidak bebas bergerak dan juga cepat merasa lelah. Selain itu, ibu hamil juga merasa sensitif terhadap sesuatu hal. Hal ini merupakan sesuatu yang wajar dan seringkali terjadi pada ibu yang sedang hamil.

ads

Kebutuhan Gizi Ibu hamil

Mengandung memang bukanlah suatu perkara mudah. Ketika waktu mengandung atau hamil, sebenarnya seorang ibu tidak boleh melakukan pekerjaan yang terlalu berat. Terlebih yang membebani fisik. Ibu yang sedang hamil sebenarnya hanya dianjurkan melakukan gerak fisik yang ringan-ringan saja, dan itupun sebatas olahraga untuk membenahi otot-otot yang ada di tubuh ibu. Ibu hamil juga memerlukan nutrisi ibu hamil yang besarnya 2 kali lipat. Hal ini karena ibu menggunakan nutrisi bukan hanya untuk ibu saja namun juga untuk bayi yang ada di dalam kandungan ibu. Maka dari itu ibu perlu makan makanan yang bergizi seimbang dan juga cukup untuk dapat memenuhi kebutuhannya sehari- hari.

Selain membutuhkan banyak makanan yang bergizi seimbang, ibu hamil juga membutuhkan istirahat yang cukup. Pasalnya ibu hamil ini membawa beban yang berat hingga mencapai dua kali lipat. Mengandung bayi di dalam perut bukanlah sesutu hal yang mudah. Bayi yang ada di dalam kandungan bisa menjadi beban pada fisik ibu yang selalu menempel kemanapun ibu pergi. Hal ini akan mempengaruhi kondisi fisik ibu hamil menjadi cepat lelah setelah melakukan aktivitas fisik, yang ringan sekalipun. Maka dari itu ibu hamil dianjurkan untuk banyak istirahat dan tidak melakukan banyak aktivitas fisik secara berlebihan. Ibu hamil juga dianjurkan untuk melakukan aktivitas fisik sebatas olahraga kecil saja, dan jangan sampai membuat ibu hamil merasa cepat lelah.

Penyebab

Kelelahan yang mudah menimpa ibu hamil ini bukan merupakan sesuatu hal yang mengherankan. Ibu hamil cepat mengalami lelah merupakan satu hal yang wajar terjadi. Hal ini merupakan satu hal yang wajar karena ibu hamil mengalami perubahan fisik dibandingkan dengan ketika tidak hamil. Dilihat dari sisi beban yang ditanggung oleh fisik saja antara ibu hamil dengan yang tidak hamil berbeda.

Sponsors Link

Ibu hamil selalu membawa beban berat diperutnya dimanapun dan kapanpun, sehingga ibu yang tidak hamil tidak membawa beban tersebut. Kemudian dilihat dari gejala yang dialami oleh ibu hamil seperi mual, pusing, lemas dan sebagainya akan menambah kondisi ibu hamil cepat lelah tersebut. Namun, secara umum ada beberapa hal yang menyebabkan ibu hamil menjadi cepat lelah. Hal- hal tersebut antara lain:

1. Perubahan secara hormonal

Adapun salah satu yang menyebabkan ibu hamil seringkali merasakan kelelahan adalah karena terjadinya perubahan hormonal yang ada di dalam butuh ibu hamil. Pada masa kehamilan ini otot- otot yang dimiliki ibu cenderung berubah menjadi lembek dan juga lemah tidak seperti ketika belum hamil. Hal ini karena disebabkan adanya perubahan hormonal.

Perubahan hormonal ini juga akan menyebabkan bagian tubuh seperti pinggang belakang dan daerah reproduksi juga menjadi lebih rentan. Seiring dengan meningkatnya usia kehamilan, janin akan terus berkembang dan perkembangan janin ini akan menekan otot pelvis, sehingga mengakibatkan ibu juga mengalami kesulitan untuk membuang air kecil.

(Baca juga : bahaya KB suntikefek samping pil KBbahaya KB spiral IUD)

2. Perubahan fisik

Telah diungkapkan sebelumnya bahwasannya perubahan fisik merupakan salah satu hal yang memicu terjadinya gejala mudah lelah yang dirasakan oleh ibu. Perut yang bertambah besar akan menekan organ pernafasan. Hal ini akan menyebabkan nafas ibu menjadi lebih pendek dan mudah capek pada saat melakukan aktivitas.selain cepat merasakan kelelahan, jantung juga akan berdetak lebih kencang daripada biasanya.

(Baca juga : dada sesak hamilcara mengatasi sesak nafas saat hamil)

Perubahan pada postur ibu hamil selain menyebabkan ibu menjadi cepat lelah juga akan membuat ibu menjadi tidak nyaman. Pada saat hamil, bagian pinggang belakang tulang punggung akan semakin cekung. Sementara itu, bagian punggung atas akan semakin melengkung ke depan, dan hal ini akan membuat tubuh menjadi membungkuk.

Sponsors Link

Hal- hal seperti ini yang kerapkali membuat ibu menjadi tersiksa menjalani masa kehamilannya.

Itulah dua hal yang secara umum menyebabkan ibu hamil menjadi cepat lelah. Lalu, bagaimana mengatasi kelelahan pada saat masa kehamilan? Adakah sesuatu hal ataupun aktivitas tertentu yang bisa ibu lakukan untuk mengetasi kelelahan disaat hamil?

Cara Mengatasi Kelelahan saat Hamil

Beberapa hal dapat ibu lakukan untuk mengatasi kelelahan pada saat atau masa- masa kehamilan. Beberapa tips untuk mengatasi kelelahan saat hamil adalah sebagai berikut:

  1. Manjakan diri ibu hamil – Salah satu hal yang dapat dilakukan untuk mnegatasi kelelahan ketika hamil adalah memanjakan diri. Jadi, jangan pernah menyalahkan ibu hamil yang ingin dimanjakan. Karena manja merupakan hak yang dimiliki ibu hamil untuk tetap menjaga dirinya agar tetap sehat.
  2. Tidur lebih lama – Tidur lebih lama juga akan membuat ibu menjadi terhindar dari kelelahan yang sangat pada masal kehamilan. Tidur akan membuat badan ibu menjadi segar kembali. (Baca juga : posisi tidur yang baik saat hamil – posisi tidur ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)
  3. Lebih sering makan dengan makanan yang bergizi – Ibu hamil perlu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang bergizi seimbang, agar sehat da nutrisi untuk ibu dan juga bayi dapat terpenuhi.
  4. Rajin berolahraga – Rajin melakukan olahraga juga akan membuat tubuh ibu hamil menjadi bugar dan sehat. (Baca juga : olahraga untuk ibu hamilnge gym saat haid – olahraga yang dilarang ibu hamil)

Itulah beberapa hal yang dapat ibu hamil lakukan untuk mengatasi kelelahannya. Semoga artikel ini bermanfaat.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 07th, April 2016 / 09:06 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil