Sponsors Link

9 Manfaat Vitamin B Kompleks untuk Ibu Hamil Muda dan Tua

Sponsors Link

Seorang ibu yang sedang hamil harus lebih perhatian dengan kondisi kesehatan tubuhnya karena kesehatan bayi yang sedang dikandung dipengaruhi oleh kesehatan tubuh ibu. Makanan yang dikonsumsi oleh ibu hamil juga harus diperhatikan kandungan gizinya, seperti kandungan vitamin yang ada didalam makanan. Banyak vitamin yang diperlukan oleh ibu hamil untuk tetap menjaga kesehatannya seperti juga vitamin B kompleks. Ada banyak sekali manfaat vitamin B kompleks untuk ibu hamil yang belum banyak diketahui oleh ibu hamil. ( Baca : Bahaya vitamin A bagi ibu hamilManfaat vitamin E bagi ibu hamilVitamin B6 bagi ibu hamil )

ads

Seiring dengan perkembangan zaman, vitamin sekarang telah diketahui memiliki banyak macam tetapi semua vitamin B ini yang bermacam-macam bisa disebut dengan vitamin B kompleks. Beberapa macam dari vitamin B kompleks diantaranya yaitu vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B5 (pantotenat), vitamin B6 (pyridoxine), vitamin B7 atau vitamin H (biotin), vitamin B9 (asam folat), dan vitamin B12 (cobalamins). ( Baca : Vitamin C untuk ibu hamilManfaat vitamin B6 bagi ibu hamilFolamil genio )

Vitamin B memiliki sifat larut didalam air serta memiliki banyak manfaat untuk kesehatan tubuh. Vitamin B dapat didapatkan dari berbagai macam makanan seperti ayam, sereal kaviar, dedak, bit, hati sapi, asparagus, kacang hitam, kacang mete, cabai, susu, kentang, sarden, udang, bayam, tempe, ubi, yogurt, biji-bijan, jamur, telur serta berbagai macam buah-buahan seperti tomat, strawberry, pepaya, alpukat dan pisang.  ( Baca : Manfaat tomat bagi ibu hamil dan janinBahaya makan jamur bagi ibu hamil )

Kandungan vitamin B kompleks memang baik untuk kesehatan tubuh, apalagi bagi ibu yang sedang mengandung sangat baik untuk kesehatan janin yang sedang dikandung serta biak untuk kesehatan ibu yang sedang mengandung. Beberapa manfaat vitamin B kompleks untuk ibu hamil yaitu sebagai berikut:

  1. Produksi Energi Dalam Tubuh

Vitamin B kompleks didalam tubuh akan bekerja mengubah karbohidrat menjadi glukosa. Glukosa ini yang akan menghasilkan energi didalam tubuh. Ibu hamil membutuhkan energi yang lebih besar dibanding dengan ibu yang tidak hamil karena kebutuhan energinya harus dibagi-bagi dengan janin yang ada didalam kandungannya. Dengan asupan vitamin B komples yang cukup pada ibu hamil maka kandungan akan sehat serta ibu yang mengandung juga sehat.

Baca : Manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamilCara meningkatkan berat badan janin

  1. Mengurangi Resiko Bayi Cacat Lahir

Vitamin kompleks akan mampu mengurangi resiko bayi lahir cacat, terutama yaitu fungsi dari vitamin B9 (asam folat). Dengan asupan asam folat yang cukup pada ibu hamil maka ibu akan tenang dengan kondisi bayi yang akan lahir karena terhindar dari resiko bayi dengan keadaan cacat.

Sponsors Link

Tentunya semua ibu ingin bayinya lahir dengan kondisi utuh dan sehat. Ibu yang sedang hamil dapat mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin B kompleks agar kebutuhan akan vitamin B kompleks tersebut dapat terpenuhi dengan cukup.

Baca : Penyebab janin cacat sejak dalam kandunganMakanan untuk mencegah bayi cacat lahir

  1. Mengoptimalkan Pertumbuhan Janin

Kandungan vitamin B kompleks sangat baik untuk membantu mengoptimalkan pertumbuhan janin yang ada didalam kandungan. Janin yang tumbuh dengan baik akan melahirkan bayi yang sehat serta mempunyai tingkat kecerdasan yang baik. Untuk ibu yang sedang hamil maka sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin B kompleks dengan cukup dengan rutin makan makanan yang banyak mengandung vitamin B.

  1. Mengatasi Masalah Kolesterol

Kolesterol yang tinggi didalam tubuh maka akan menyebabkan kesehatan tubuh kurang baik, untuk mengurangi kandungan kolesterol didalam tubuh maka dapat dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks. Apalagi bagi ibu hamil kebanyakan kolesterol akan sangat mengganggu kesehatan kehamilan. Dengan begitu maka ibu hamil baik jika mengkonsumsi vitamin B kompleks untuk menyeimbangkan kolesterol didalam tubuh.

Baca : Bahaya kuaci bagi ibu hamilBahaya anjing bagi ibu hamil

  1. Meningkatkan Sistem Imun

Ibu yang sedang mengandung mempunyai sistem kekebalan tubuh yang mudah terganggu. Sistem kekebalan tubuh ibu yang sedang hamil perlu lebih tinggi karena ibu yang sedang hamil lebih rentan terkena penyakit. Dengan mengkonsumsi vitamin b kompleks maka akan meningkatkan sistem imun ibu yang sedang hamil sehingga tidak mudah terserang penyakit dan calon bayi kesehatannya tetap terlindungi dengan baik.

ads
  1. Menjaga Kerja Sistem Pencernaan

Vitamin B kompleks mempunyai sifat larut didalam air sehingga akan membantu lancarnya kerja sistem pencernaan didalam tubuh. vitamin B kompleks yang bekerja lebih aktif dalam hal memperlancar sistem pencernaan diantaranya vitamin B1, B2, B3, dan B6. Jika ibu hamil mengalami gangguan sistem pencernaan maka akan mengganggu kesehatan ibu ataupun bayi yang ada didalam kandungan.

Baca : Manfaat kolostrum bagi bayiBahaya nanas bagi ibu hamil muda

  1. Meningkatkan Memori

Vitamin B kompleks juga bekerja membantu meningkatkan memori serta konsentrasi otak. Vitamin B kompleks yang bekerja dalam fungsi ini diantaranya vitamin B6, B9 serta B12. Hal ini sangat baik juga untuk ibu yang sedang hamil sehingga akan semakin meningkatkan kesehatan janin serta ibu.

  1. Menjaga Kesehatan Kulit, Rambut Dan Kuku

Ibu hamil yang sensitif dan mudah sakit akan mempengaruhi kondisi kesehatan janin yang diakndung. Dengan mengkonsumsi vitamin B kompleks maka ibu sehat dan bayi juga sehat. Vitamin ini juga membantu menjaga kesehatan kulit, rambut dan kuku. Jika kesehatan ibu hamil baik dan terjaga sehingga ibu juga bisa lebih berkonsentrasi untuk meningkatkan gizi yang dikonsumsi agar bayi bisa lahir dengan lebih sehat.

Baca : Bahaya mewarnai rambut saat hamilPenyebab rambut rontok setelah melahirkan

  1. Menjaga Sistem Syaraf Dalam Tubuh

Sistem sayaraf dalam tubuh sangat penting perannya untuk kesehatan serta sistem kerja organ dalam tubuh. gejala awal dari gangguan sistem syaraf seperti kram otot, nyeri perut depresi, pusing. Sistem syaraf adalah hal yang berhubungan dengan otak dan jiwa. Jika sistem syaraf sampai menyerang organ-organ penting dalam tubuh maka dapat berbahaya. Vitamin B kompleks akan mamapu menjaga sistem syaraf dalam tubuh teap bekerja dengan baik. Hal ini sangat penting bagi ibu hamil karena berhubungan dengan janin yang dikandungnya. Jika sistem syaraf ibu terganggu maka kesehatan janin juga dapat terganggu.

Baca : Bahaya antibiotik bagi ibu hamilMerokok bagi ibu hamil dan janin

Demikian beberapa manfaat vitamin B kompleks untuk ibu hamil. Ibu yang sedang hamil dianjurkan mengkonsumsi vitamin B kompleks dengan cukup yaitu mengkonsumsi sekitar 400 mg asam folat setiap hari. Kekurang vitamin B kompleks pada ibu hamil dapat menyebabkan gangguan pertumbuhan bayi. Sayangi kesehatan anda dan bayi anda yang akan segera lahir ke dunia melengkapi keluarga anda. Konsumsi vitamin B kompleks dengan cukup dan teratur agar dapat mendapatkan manfaat baik dari vitamin B kompleks ini sehingga bayi sehat dan akan menjadi anak yang cerdas. Banyak sumber makanan yang mengandung vitamin B kompleks sehingga ibu hamil bisa memilih makanan yang cocok dan sesuai dengan selera agar kebutuhan vitamin B kompleks tetap terpenuhi.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 20th, May 2016 / 13:36 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil