Sponsors Link

17 Obat Batuk untuk Ibu Hamil Paling Ampuh

Sponsors Link

Selama hamil maka tubuh ibu hamil mengalami penurunan sistem kekebalan tubuh. Hal ini menyebabkan ibu hamil sangat rentan terhadap infeksi bakteri atau virus. Salah satunya adalah batuk saat hamil baik untuk trimester 1, trimester 2 dan trimester 3. Namun biasanya ibu hamil merasa batuk masih wajar karena tidak disertai dengan gejala lain. Seperti gejala flu saat hamil yang jika tidak diobati bisa menyebabkan bahaya flu untuk ibu hamil. Dan batuk sebenarnya tidak boleh dianggap remeh karena bisa memicu penyakit lain, menyebabkan keguguran dan bahaya batuk bagi ibu hamil

ads

Karena itu ibu hamil harus mencoba untuk mengobati batuk tersebut, baik secara alami atau medis. Berikut ini cara-cara mengobati batuk untuk ibu hamil.

  1. Konsumsi makanan yang sehat dan bergizi

Batuk pada ibu hamil biasanya disebabkan karena kondisi flu. Flu disebabkan oleh virus yang masuk ke dalam tubuh. Pada dasarnya ketika kekebalan tubuh baik maka virus akan lenyap sendiri. Karena itu Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi makanan yang sehat untuk melawan virus. Makanan yang sehat untuk ibu hamil mencakup karbohidrat, protein, lemak, vitamin dan mineral. Penuhi gizi untuk ibu hamil setiap hari sehingga batuk bisa sembuh secara alami.

Baca:  nutrisi ibu hamil –  gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan –  makanan sehat untuk ibu hamil

  1. Biasakan untuk mencuci tangan

Batuk ringan pada ibu hamil mungkin disebabkan karena bakteri atau virus yang ringan. Jika seperti ini maka tidak membutuhkan cara yang berat. Anda cukup mencuci tangan dengan baik baik saat akan melakukan aktifitas atau setelah itu. Dan cuci tangan sebelum atau setelah makan sangat penting untuk ibu hamil. Tapi cara ini hanya bisa dilakukan jika ibu menderita batuk ringan dan tidak ada gejala yang berat terkait penyakit tertentu seperti batuk rejan.

  1. Istirahat yang cukup

Batuk bisa disebabkan karena ibu hamil cepat lelah. Kondisi ini sangat wajar untuk ibu yang baru pertama hamil dan kaget dengan kondisi kehamilan. Karena itu ibu harus bisa mendapatkan waktu istirahat yang cukup. Ibu bisa mencoba untuk tidur siang saat senggang dan tidur malam dengan kualitas yang cukup. Jika ibu tidak bisa tidur maka cobalah untuk bersantai di sofa sambil membaca atau mendengarkan musik. Ibu hamil begadang juga tidak boleh karena bisa terkena bahaya begadang bagi ibu hamil.

Baca:  bahaya kelelahan pada ibu hamil – ibu hamil cepat ngantuk)

  1. Minum cukup air

Air putih bisa menyembuhkan batuk secara alami dan sangat baik untuk ibu hamil. Air akan membantu membuang semua racun dari dalam tubuh. Air membilas semua racun termasuk bakteri atau virus yang masuk ke dalam tubuh. Anda bisa mencoba untuk minum air hangat atau air mineral biasa. Jika tidak nyaman maka Anda bisa mencoba minum jus buatan sendiri tanpa gula atau sup kaldu ayam.

Baca:  Akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil – Manfaat air putih bagi ibu hamil

  1. Penuhi kebutuhan vitamin C

Vitamin C untuk ibu hamil sangat baik untuk kesehatan ibu hamil. Vitamin C menjadi zat yang akan mendukung kekebalan tubuh ibu hamil. Vitamin C juga bisa membantu ibu hamil menjadi lebih sehat dan tidak mudah sakit. Beberapa sumber vitamin C bisa didapatkan dari buah jeruk, stroberi, melon, lemon dan juga vitamin yang diresepken oleh dokter. Jika Anda mengalami sensitifitas vitamin C maka cobalah berkonsultasi dengan dokter.

  1. Minum lemon dan madu

Lemon dan madu menjadi herbal alami untuk menyembuhkan batuk bagi ibu hamil. Lemon mengandung vitamin C yang sangat baik untuk kesehatan tubuh. Kemudian madu juga mengandung mineral seperti magnesium yang bisa menjadi antibiotik alami. Anda bisa mencoba membuat satu gelas air hangat yang dicampur dengan madu dan potongan jeruk lemon. Minum air ini ketika Anda merasa tenggorokan sakit atau kapan saja. Minuman ini bisa membantu tubuh menjadi lebih sehat.

Baca: manfaat jeruk untuk ibu hamil – bahaya jeruk nipis bagi ibu hamil

  1. Membuat jus bawang mentah

Bawang putih bisa menjadi obat batuk untuk ibu hamil. Bawang putih mengandung sejumlah nutrisi yang bisa melawan infeksi seperti alisin dan fitokimia. Belerang dalam bawang putih juga bisa membuat tubuh menjadi lebih sehat. Caranya adalah dengan mencampurkan beberapa potong buah bawang ke dalam air hangat. kemudian minum airnya saat masih hangat. jika Anda sensitif dengan aroma bawang putih, maka cobalah memasak sup bawang yang lebih sehat.

  1. Cobalah mengkonsumsi suplemen minyak ikan

Minyak ikan bisa membantu tubuh ibu hamil menjadi lebih sehat termasuk untuk melawan penyebab batuk. Beberapa suplemen seperti minyak ikan salmon dan minyak ikan kod sangat baik untuk ibu hamil. Tapi jangan mengkonsumsi berlebihan dan sebaiknya jenis suplemen minyak ikan didapatkan dari resep dokter. Bahan ini tidak hanya sehat tapi juga bisa membantu anak bisa cerdas sejak dalam kandungan. Nutrisi omega 3 alami yang ditemukan dalam minyak ikan bisa membantu bayi Anda menjadi lebih cerdas. (baca: manfaat minyak ikan bagi ibu hamil dan janin)

  1. Makan sup jamur shitake

Jamur shitake bisa menjadi obat alami untuk batuk ibu hamil. Jamur shitake mengandung senyawa alami yang berfungsi untuk melawan virus atau bakteri dalam tubuh. Anda bisa mencoba membuat sup jamur shitake dengan bumbu bawang putih yang lebih banyak. Namun jamur shitake tidak bisa dikonsumsi oleh setiap ibu hamil, sehingga tanyakan kepada dokter yang merawat Anda, apakah ini aman atau tidak untuk kehamilan Anda. Tapi jangan berlebihan makan jamur agar tidak terkena bahaya makan jamur bagi ibu hamil

  1. Makan sup kaldu tulang

Ibu hamil yang sedang batuk biasanya tidak nafsu makan karena selalu batuk. Ini bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih lemah akibat kurang nutrisi. Untuk itu bisa mencoba membuat sup kaldu tulang baik itu dari ayam atau sapi. Sertakan sedikit daging untuk membantu mengembalikan zat besi dalam tubuh ibu hamil. Campuri dengan wortel, seledri, kubis dan sayuran lain sesuai selera. Jangan menambahkan garam untuk masakan ini karena bisa meningkatkan resiko hipertensi pada ibu hamil. Makan sup kaldu ketika masih hangat agar tubuh lebih segar.

  1. Makan roti gandum dan minyak kelapa

Minyak kelapa sangat aman dikonsumsi oleh ibu hamil. Minyak kelapa merupakan obat antibiotik alami yang bisa melawan bakteri atau virus. Anda bisa mencoba untuk makan roti gandum yang kaya dengan serat dan gunakan minyak kelapa sebagai bahan olesan. Gantikan coklat atau selai kacang dengan minyak kelapa. Jika Anda suka dingin maka dinginkan selama 10 menit di dalam kulkas. Nutrisi ini sangat baik untuk membantu tubuh ibu hamil tidak terlalu lemah.

  1. Hindari gula pemanis

Banyak minuman yang beredar dan mengandung gula pemanis seperti jus atau sari buah. Untuk ibu hamil yang sedang batuk maka jangan mengkonsumsi apapun yang mengandung gula pemanis. Sebagai gantinya maka ibu bisa mencoba membuat jus buah sendiri dengan gula yang lebih sedikit. Ini tidak hanya membuat ibu hamil sehat tapi juga mencegah bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil

  1. Manfaatkan yogurt

Minuman probiotik seperti yogurt yang mengandung probiotik alami juga sangat baik untuk ibu hamil. Tidak hanya sehat untuk janin tapi minuman ini bisa membantu ibu hamil menjadi lebih sehat. Bahan bakteri alami yang ada dalam yogurt bisa melawan infeksi dalam tubuh. Terlebih jika batuk disertai dengan flu yang berat. Yogurt yang baik untuk ibu hamil sebaiknya tidak mengandung gula pemanis, perasa makanan dan juga bahan pengawet. Jadi pastikan Anda mendapatkan yogurt alami yang organik. (baca: manfaat yoghurt untuk ibu hamil)

  1. Berkumur dengan air garam

Terkadang batuk pada ibu hamil menyebabkan tenggorokan menjadi lebih sakit. Hal ini bisa membuat ibu hamil lebih tidak nyaman karena bisa berkembang menjadi sakit kepala yang berat. Jika ada gejala batuk berat maka lakukan pencegahan dengan air garam. Larutkan garam dengan air hangat kemudian gunakan untuk kumur. Pilih jenis garam laut yang lebih sehat agar tidak terkena bahaya garam untuk ibu hamil. Perawatan ini sebaiknya tidak dilakukan oleh ibu hamil yang memiliki penyakit hipertensi dalam kehamilan. (baca: bahaya garam bagi ibu hamil)

  1. Air kencur dan madu

Kencur memiliki bentuk seperti jahe namun butir rimpangnya berwarna putih dengan aroma yang lebih menyengat. Kencur jika dikonsumsi bisa menyebabkan tubuh menjadi lebih hangat, melawan batuk dan infeksi pada bagian tenggorokan. Anda bisa mencoba untuk menghaluskan beberapa rimpang kencur, kemudian ambil airnya. Campurkan dengan madu dan minum setelah selesai. Jangan mengendapkan kencur karena bisa menyebabkan penumpukan endapan pada ginjal. (baca: manfaat madu untuk ibu hamil)

  1. Jauhi asap rokok

Asap rokok dan rokok bisa menyebabkan bahaya asap rokok pada ibu hamil. Hal pertama yang harus dilakukan ketika batuk adalah tidak mendekati sumber asap rokok dan rokok. Jika ibu hamil bepergian maka gunakan masker untuk melindungi mulut dan hidung. Selain itu penting untuk keluarga yang tinggal dengan ibu hamil juga tidak merokok.

  1. Hindari makanan yang digoreng

Ibu hamil yang batuk juga harus bisa menghindari semua jenis makanan yang digoreng. Makanan yang mengandung minyak bisa menyebabkan iritasi untuk bagian tenggorokan. Bahkan bisa menyebabkan luka pada tenggorokan yang bisa menjadi radang tenggorokan. Jadi pertimbangkan untuk mengganti cara memasak dengan digoreng menjadi dikukus atau direbus. (baca: bahaya makan gorengan bagi ibu hamil – ibu hamil makan gorengan)

Pertimbangan obat medis untuk ibu hamil yang batuk hanya bisa diresepkan oleh dokter. Dokter bisa memberikan obat yang termasuk dalam acetaminophen dan paracetamol untuk mengurangi dampak batuk yang buruk. Selain itu jika batuk lebih lama maka pemeriksaan lanjutan sangat diperlukan. Segera periksa ke dokter jika batuk sudah lama dan tidak berkurang dengan perawatan alami ini.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 06:17 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil