Sponsors Link
     Sponsors Link

20 Obat Maag untuk Ibu Hamil Secara Medis dan Alami

advertisement

Maag saat hamil biasanya muncul pada ibu hamil yang awalnya memang sudah menderita maag sebelum hamil. Maag yang benar-benar terjadi pada kehamilan sangat jarang terjadi. Sehingga wanita yang menderita maag sebelum hamil memiliki resiko yang lebih besar. Penyakit maag disebabkan oleh infeksi dari bakteri H, pylori. Maag yang berat bisa menyebabkan tukak lambung dan ini sangat berbahaya untuk kondisi kesehatan ibu hamil.  Ibu hamil bisa mengalami kekurangan nutrisi selama kehamilan karena tidak bisa makan dengan baik dan bisa menjadi penyebab berat badan bayi tidak naik atau resiko kelahiran prematur. Terlebih dengan kondisi morning sickness pada trimester pertama. Maag sering ditandai dengan mual dan muntah, namun memang ada perbedaan mual hamil atau maag. Bahkan ibu yang menderita maag sebelum hamil bisa mengalami hamil yang tidak terdeteksi.

Untuk mengatasi penyakit maag ada beberapa obat yang bisa digunakan oleh ibu hamil. Silahkan lihat keterangan dibawah ini:

  1. Obat medis untuk ibu hamil

Obat medis untuk ibu hamil harus diberikan secara hati-hati karena ada bahaya obat maag untuk ibu hamil. Obat bisa diberikan oleh dokter yang telah memeriksa ibu hamil. Jika diperlukan maka kerjasama antara dokter penyakit dalam dan ahli kandungan untuk menentukan perawatan maag terbaik bagi ibu hamil. Hal ini dilakukan untuk mengurangi efek samping obat kimia yang bisa terjadi pada kesehatan ibu dan janin. Berikut ini obat medis yang sering diresepkan oleh dokter.

  • Antibiotik

Antibiotik diberikan untuk ibu hamil untuk menyerang semua bakteri H, pylori yang menyebabkan maag. Jenis antibiotik yang paling aman seperti amoxicillin. Menurut sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 1985-1992, terbukti jika antibiotik ini sangat aman untuk ibu hamil. Tidak ada bukti nyata bahwa obat bisa menyebabkan dampak serius pada janin. Namun masa penggunaan obat harus diawasi oleh dokter termasuk untuk efek samping yang bisa diterima ibu hamil. (Baca: bahaya amoxicillin bagi ibu hamil – bahaya antibiotik bagi ibu hamil)

  • Omeprazole

Obat termasuk dalam jenis inhibitor yang bekerja untuk mengurangi tingkat keasaman dalam lambung. Obat bisa mengatasi gejala maag yang tidak terlalu berat dan semua masalah lambung yang berkaitan dengan tingkat asam yang tinggi. Asam lambung yang tinggi bisa menjadi penyebab mual saat hamil dan gangguan kehamilan seperti heartburn pada ibu hamil. Namun pemakaian obat harus diawasi oleh dokter. Sebuah penelitian yang dilakukan oleh lembaga obat internasional menyatakan bahwa obat ini bisa meningkatkan resiko kerusakan janin, terutama pada trimester pertama. Obat jenis lain yang termasuk dalam golongan obat inhibitor termasuk Iansoprazole, esomeprazole, dan pantoprazole. (baca: penyebab janin cacat sejak dalam kandungan)

  • Ranitidine

Ranitidine termasuk jenis obat untuk menghalangi atau mengurangi asam berlebihan dalam lambung atau saluran pencernaan. Obat ini bisa mengurangi pelepasan asam pada saluran pencernaan dan mengurangi rasa sakit seperti mual dan perih akibat maag. Obat ranitidine untuk ibu hamil menurut badan FDA tidak menyebabkan masalah untuk janin, meskipun obat ini juga akan melewati plasenta dan bisa sampai ke janin. Namun pemakaian obat ranitidine hanya diijinkan dengan dasar pengawasan dari dokter. Jenis obat lain yang termasuk untuk menghalangi produksi asam termasuk famotidine, nizatidine dan cimetidine.

  • Antasida

Antasida atau antacids menjadi obat yang paling ramah dan aman untuk ibu hamil. Obat bisa membantu mengatasi rasa sakit pada lambung dan membuat nyeri bisa hilang dengan cepat. Namun obat ini bisa menyebabkan efek samping seperti diare dan sembelit atau tergantung kondisi kesehatan ibu hamil. Antacids mengandung bahan utama seperti kalsium karbonat sangat aman untuk ibu hamil dan harus dalam bentuk tablet kunyah. Dan jenis obat antacids yang mengandung magnesium oksida dan magnesium hidroksida juga aman untuk ibu hamil. Ibu hamil sebaiknya tidak minum semua antacids yang mengandung bahan aluminium hidroksida dan aluminium karbonat. Karena obat ini bisa menyebabkan susah BAB saat hamil dan perut melilit saat hamil. Antasida juga tidak boleh digunakan jika ada masalah seperti anemia pada ibu hamil dan hemoglobin rendah saat hamil karena obat ini menyebabkan penyerapan zat besi lambat dalam tubuh.

Sponsors Link

 Obat lain yang bisa diberikan untuk ibu hamil adalah termasuk obat alami yang aman dan beberapa jenis makanan. Seperti daftar obat alami berikut ini:

  1. Bawang putih

Infeksi bakteri H, pylori bisa menyebabkan adanya luka pada lambung atau usus. Hal ini yang sering menyebabkan maag menjadi terasa lebih sakit dan membuat ibu hamil tidak bisa makan dengan baik. Untuk mengatasi hal ini maka Anda bisa mencoba menggunakan bawang putih. Dalam bawang putih terdapat alisin yaitu sebuah senyawa yang bisa membantu mengatasi infeksi dari bakteri tersebut. Untuk menghindari efek bawang putih mentah yang bisa menyebabkan perih dan sakit pada perut maka ibu hamil harus mengkonsumsi bawang putih matang. Bawang putih bisa ditambahkan sebagai bumbu memasak.

  1. Jangan minum susu sementara waktu

Ibu hamil yang merasa sakit maag membuat perut perih dan sakit biasanya memang tidak mau makan karena rasa tidak nyaman. Dan biasanya ibu hamil cenderung minum susu untuk membantu mengatasi rasa lapar. Namun hal ini sebaiknya tidak dilakukan karena susu bisa menyebabkan rasa perih dan meningkatkan asam pada lambung. Jadi cobalah untuk berhenti minum susu sementara waktu hingga maag sudah sembuh. Jika maag sudah sembuh maka ibu bisa mendapatkan manfaat susu bagi ibu hamil dan manfaat susu anmum materna untuk ibu hamil dengan minum susu secara teratur. Juga agar tidak terkena akibat ibu hamil jarang minum susu hamil.

  1. Kubis

Kubis juga bisa menjadi obat maag untuk ibu hamil yang sangat aman selain menjadi makanan sehat untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa mencoba untuk makan kubis rebus atau jus kubis organik. Kubis tidak hanya mengobati maag pada ibu hamil tapi juga membantu memenuhi nutrisi. Dalam setiap 100 gram kubis mengandung beberapa nutrisi yang baik untuk perkembangan janin seperti kalsium yang membangun tulang dan gigi janin, zat besi yang mencegah anemia, asam folat yang bisa membantu mengatasi cacat tabung syaraf pada ibu hamil. Dan kubis juga mengandung serat yang sangat baik untuk mencegah sembelit. Jadi kubis benar-benar sangat baik untuk ibu hamil. (Baca: nutrisi ibu hamil trimester 1 – gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan)

  1. Makanan mengandung flavonoid tinggi

Semua jenis makanan yang mengandung flavonoid tinggi sangat baik untuk membantu ibu hamil yang mengalami maag. Flavonoid bisa membantu mengatasi asam yang tinggi dalam lambung sekaligus menyembuhkan peradangan pada saluran pencernaan. Flavonoid juga bisa berfungsi untuk sebagai bahan alami untuk menetralkan asam dalam lambung dan menjaga agar asam tidak berlebihan. Dan semua flavonoid bisa menjadi bahan yang aman sebagai probiotik alami yang akan menghancurkan bakteri phylori. Beberapa jenis makanan yang mengandung flavonoid termasuk seperti stroberi, apel, buah pir, raspberi, ceri, blueberi, bawang putih, bawang merah, tomat dan anggur.

  1. Sumber antioksidan alami tinggi

Semua jenis makanan yang mengandung bahan antioksidan sangat baik untuk membantu ibu hamil. Antioksidan bisa membantu mencegah masalah cacat janin dan juga mencegah adanya luka pada jaringan perut ibu hamil. Dan antioksidan sangat efektif untuk mencegah produksi asam yang berlebihan. Bahkan antioksidan bisa membantu ibu hamil untuk melawan alergi dan semua penyebab infeksi bakteri H,pylori. Dan semua makanan yang mengandung antioksidan alami juga bisa bertindak sebagai antasida alami. Beberapa jenis makanan dengan antioksidan tinggi untuk ibu hamil seperti apel, pisang, jagung, bayam, kale, dan ubi jalar. (baca: manfaat vitamin E untuk ibu hamil)

  1. Makanan mengandung asam lemak omega 3

Semua ibu hamil tentu membutuhkan asam lemak omega 3. Ini adalah jenis makanan yang baik untuk otak janin dalam kandungan dan makanan untuk mencegah bayi cacat. Dan ternyata asam lemak omega 3 juga bisa melawan produksi asam berlebihan dan menyembuhkan luka pada lambung. Ketika Anda mengkonsumsi makanan yang mengandung antioksidan dan asam lemak omega 3 secara bersamaan maka bisa membantu melawan asam dalam lambung. Dan makanan ini mengandung bahan anti peradangan yang sangat tinggi. Beberapa jenis makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, ikan kembung, ikan tuna kaleng, kenari, almond, dan minyak canola.

ads
  1. Jangan mengkonsumsi makanan berlemak

Selama ibu hamil terkena maag sebaiknya juga tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak tinggi.  Jenis lemak yang tidak disadari biasanya terdapat pada semua makanan yang digoreng. Ada berbagai efek samping ibu hamil makan gorengan dan bahaya makan gorengan bagi ibu hamil. Lemak yang masuk ke dalam saluran pencernaan sebenarnya sulit untuk diolah sehingga cenderung meningkatkan asam. Jenis makanan berlemak yang ditemukan pada daging ayam dan daging sapi sebaiknya juga tidak dikonsumsi ibu hamil saat terkena maag.

  1. Jangan mengkonsumsi minuman beralkohol

Ibu hamil sebaiknya juga tidak mengkonsumsi minuman yang mengandung alkohol. Bahaya alkohol saat hamil bisa menyebabkan dampak yang serius termasuk kerusakan janin, cacat janin, keguguran dan kondisi kesehatan ibu hamil yang buruk. Alkohol juga bisa menyebabkan kerusakan saluran pencernaan dan resiko penyakit lain termasuk kerusakan liver dan ginjal. Semua wanita seharusnya memang berhenti minum alkohol demi kesehatan. (baca: bahaya ragi bagi ibu hamil)

  1. Jangan merokok

Ibu hamil sebaiknya juga tidak merokok. Rokok tidak hanya menyebabkan kerusakan janin, masalah perkembangan janin dan penyakit paru-paru untuk ibu, tapi juga mengembangkan luka pada lambung. Rokok dan asap rokok sangat berbahaya untuk kehamilan. Dan bagi ibu hamil yang menderita penyakit maag, maka rokok bisa menyebabkan komplikasi yang berbahaya.

  1. Jus wortel dan jus bayam

Ada beberapa manfaat wortel untuk ibu hamil dan manfaat bayam bagi ibu hamil yang bisa menyembuhkan maag saat hamil. Wortel mengandung serat yang bisa mengurangi asam dalam lambung dan meningkatkan proses pencernaan menjadi lebih baik. Sementara bayam mengandung zat besi yang akan menurunkan resiko anemia. Untuk ibu hamil sebaiknya memilih jenis jus wortel dan bayam yang terbuat dari bahan organik.

  1. Minum air jahe

Jahe bisa menjadi bahan alami untuk mengatasi penyakit lambung atau maag pada ibu hamil. Jahe mengandung sebuah bahan yang akan melawan perkembangan bakteri H, pylori. Bahkan manfaat jahe untuk ibu hamil bisa mengatasi mual dan perut perih akibat maag. Kandungan minyak atsiri yang dinamakan gingerol bisa mengatasi maag dengan baik serta melawan peradangan akibat infeksi bakteri. Untuk mendapatkan manfaat terbaik sebaiknya jahe diminum bersama dengan lada. Namun lada disebutkan tidak aman untuk ibu hamil jadi minum air jahe saja tidak masalah.

  1. Roti gandum

Gandum adalah makanan pengganti karbohidrat untuk ibu hamil yang sangat baik untuk mengatasi maag.Ibu hamil yang terkena maag mungkin sebenarnya sering merasa lapar namun tidak bisa makan karena rasa perih pada perut. Untuk mengatasi ini maka ibu hamil bisa meninggalkan nasi putih dan memilih roti gandum. Roti gandum mengandung serat yang tinggi sehingga bisa mengatasi berbagai efek maag pada saluran pencernaan. Ketika ibu hamil merasa lapar dan tidak nyaman maka bisa makan roti gandum untuk menenangkan perut. (baca: manfaat oatmeal untuk ibu hamil)

  1. Jangan minum kafein

Semua ibu hamil sebaiknya meninggalkan kafein selama kehamilan. Kafein akan membuat saluran pencernaan menjadi lebih berat. Kafein bisa membuat asam dalam lambung menjadi lebih tinggi dan juga membuat perut terasa lebih perih. Beberapa jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh merah, teh hijau, dan semua jenis minuman bersoda sebaiknya tidak dikonsumsi selama hamil. Semua jenis minuman ini bisa menyebabkan peradangan yang kuat pada saluran pencernaan.(baca: bahaya kafein bagi ibu hamilbahaya kopi bagi ibu hamil – bahaya soda bagi ibu hamil)

  1. Minum Air kelapa

Manfaat air kelapa muda untuk ibu hamil bisa membantu ibu hamil untuk mengatasi maag berlebihan. Air kelapa bisa membantu melawan bakteri penyebab maag pada saluran pencernaan dan membuat saluran pencernaan menjadi lebih bersih. Air kelapa mengandung sejumlah mineral dan vitamin yang akan membantu melawan keasaman tinggi dalam saluran pencernaan dan membuat perut merasa lebih tenang. Anda bisa mencoba untuk minum air kelapa selama terkena maag saat hamil. (baca: manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil)

  1. Minum air beras

Air beras adalah salah satu jenis obat yang sangat alami untuk mengatasi maag selama hamil. Air beras bisa menenangkan perut yang terasa lebih perih dan bisa meningkatkan aktifitas dalam perut lebih nyaman. Bahkan air beras bisa membuat gas dalam perut hilang dan menyembuhkan kembung selama hamil. Anda bisa mencoba untuk mengambil air beras yang sudah dimasak dan air beras ini benar-benar mengandung zat pati yang bisa mengatasi rasa lapar berlebihan akibat maag.

Masalah penyakit maag selama kehamilan bisa disebabkan oleh beberapa hal seperti perubahan hormon yang drastis selama hamil, infeksi bakteri H,pylori selama hamil, dan terlalu banyak minum obat antibiotik. Dan jangan membiasakan mengkonsumsi makanan yang mememiliki rasa pedas secara berlebihan.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 06th, October 2016 / 05:57 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil