Sponsors Link
     Sponsors Link

24 Obat Sakit Kepala untuk Ibu Hamil Yang Aman

advertisement

Ibu yang baru saja hamil dan masuk ke trimester pertama memang rentan dengan sakit kepala. Sakit kepala dideskripsikan seperti rasa berat pada kepala, nyeri pada dua sisi kepala depan atau sakit hingga ke bagian leher. Rasa sakit kepala bisa menyebar sehingga menyebabkan kondisi kesehatan ibu hamil menjadi lemah. Beberapa penyebab sakit kepala saat masuk trimester pertama dipercaya akibat perubahan hormon yang sangat mendadak, tekanan darah, sirkulasi darah, morning sickness, anemia pada ibu hamil, flu saat hamil, dalam tubuh dan berbagai penyebab penyebab sering pusing saat hamil lainnya.

Namun apapun penyebab sakit kepala pada trimester pertama maka cobalah untuk mengatasinya dengan cara alami. Berikut ini beberapa obat sakit kepala untuk ibu hamil yang bisa Anda coba sendiri.

  1. Jangan mengkonsumsi makanan yang mengandung MSG

Penyebab umum dari sakit kepala pada ibu hamil trimester pertama bisa karena MSG dalam makanan. MSG merupakan bahan yang sering digunakan untuk tambahan memasak agar masakan menjadi lebih lezat. Bahan kimia adalam monosodium glutamat bisa menyebabkan alergi atau rasa tidak nyaman dan bahkan berdampak buruk untuk ibu hamil. Meskipun kondisi ini tidak terjadi pada wanita yang tidak sedang hamil. Karena itu hindari bahaya MSG bagi ibu hamil (baca: ibu hamil makan makanan mengandung MSG)

  1. Jangan mengkonsumsi daging olahan

Jika Anda sudah dinyatakan hamil maka berhentilah mengkonsumsi daging olahan. Daging olahan yang diawetkan seperti daging asap mengandung nitrit dan nitrat. Ini adalah zat yang timbul pada daging akibat proses pembekuan, pemasakan dan penyimpanan. Efeknya sangat buruk untuk ibu hamil karena bisa menyebabkan keracunan makanan yang disertai sakit kepala. Semua makanan ini termasuk pantangan ibu hamil muda.

Baca: bahaya sate bagi ibu hamil – bahaya sate kambing bagi ibu hamil – makan steak bagi ibu hamil

  1. Hindari semua produk fermentasi

Selama hamil sebaiknya ibu mengurangi atau menghindari semua produk makanan yang melewati proses fermentasi. Misalnya seperti acar sayuran atau buah yang mengandung cuka dan bumbu seperti kecap. Produk yang difermentasi mengandung bakteri tertentu dalam prosesnya dan ini bisa menyebabkan ibu hamil sakit kepala.

Baca : bahaya keju bagi ibu hamil – ibu hamil makan acar – bahaya ragi bagi ibu hamil – bahaya tape untuk ibu hamil

  1. Jika alergi kacang maka hindari kacang

Beberapa jenis kacang-kacangan memang bisa menyebabkan alergi untuk ibu hamil. Kacang menjadi makanan yang penting untuk ibu hamil karena protein nabati yang sehat. Namun alergi kacang bisa menyebabkan potensi bahaya untuk janin termasuk keracunan seperti anafilaksis pada ibu hamil. Jika sudah seperti ini maka perawatan di rumah sakit sangat diperlukan.

Baca: manfaat kacang hijau bagi ibu hamil – manfaat almond bagi ibu hamil – bahaya kuaci bagi ibu hamil

  1. Jangan makan coklat

Ibu hamil mungkin juga bisa mengalami sakit kepala akibat coklat. Coklat mengandung kafein yang sama seperti pada kopi atau teh. Coklat baik dalam bentuk makanan ringan atau minuman bisa menyebabkan pencernaan ibu hamil tidak nyaman. Efeknya tidak hanya sakit kepala tapi juga bisa diare, mual dan muntah.(baca: bahaya cokelat bagi ibu hamil)

  1. Jangan menggunakan pemanis buatan

Bahan pemanis buatan sering ditemukan pada produk minuman dan makanan jadi. Anda mungkin tidak menyadarinya, tapi gula pemanis buatan ini bisa menyebabkan sakit kepala. Sakit kepala biasanya menjadi reaksi lain dari efek gula pemanis. Efek ini misalnya flu, sakit tenggorokan dan kenaikan gula darah akibat makanan manis. Ibu hamil yang mengalami diabetes sebaiknya tidak menggunakan gula pemanis. (Baca: bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil)

ads
  1. Jangan mengkonsumsi daging asap atau ikan asap

Makanan bergizi sangat penting untuk ibu hamil termasuk daging dan ikan. Namun cara pengolahan ikan dan daging juga harus diperhatikan. Salah saru pantangan makan ibu hamil adalah daging dan ikan asp. Olahan daging yang diasap ini bisa menyebabkan ibu hamil sakit kepala parah. Penyebabnya bisa karena daging atau ikan ini mengandung bakteri yang muncul saat proses pengasapan. Karena itu lebih baik mengkonsumsi daging atau ikan segar yang dimasak sendiri.

  1. Jangan mengkonsumsi keju

Keju didapatkan melalui proses fermentasi susu dan bagian pati susu yang diambil. Kemudian sari pati ini diendapkan selama beberapa waktu dengan menambahkan bakteri. Lalu keju disimpan untuk menambah umur. Melewati proses fermentasi dan penyimpanan yang sangat lama, maka keju bisa berbahaya untuk ibu hamil. Salah satunya menyebabkan sakit kepala akibat alergi atau keracunan makanan.

Baca: bahaya keju bagi ibu hamil – ibu hamil makan martabak

  1. Hindari jenis buah tertentu

Beberapa buah segar memang bermanfaat untuk ibu hamil masuk trimester pertama. Namun jenis buah tertentu bisa menyebabkan sakit kepala, seperti misalnya buah jeruk, pepaya, alpukat dan pisang. Meskipun setiap ibu hamil tidak akan menerima reaksi yang sama. Perhatikan saja kira-kira buah apa yang menyebabkan sakit kepala untuk ibu.

  1. Hindari bau yang menyengat

Bau yang menyengat bisa menyebabkan sakit kepala untuk ibu hamil. Hal ini berkaitan dengan kondisi perubahan hormon yang menyebabkan morning sickness. Ibu bisa mengalami mual dan muntah akibat bau yang menyengat. Misalnya saja bau minyak wangi, bau masakan, bau bumbu dan juga asap rokok. Jadi hindari semua penyebab bau yang membuat ibu hamil sakit kepala. (Baca: penyebab mual saat hamil dan cara mengatasinya)

  1. Buat lingkungan yang nyaman

Ibu hamil memang lebih sensitif dari sebelumnya. Bisa saja tubuh dan kepekaan ibu hamil menjadi sangat tinggi. Hal ini yang akan menyebabkan ibu hamil tidak bisa tinggal dalam lingkungan yang terlalu panas atau terlalu dingin. Bahkan ada beberapa ibu hamil yang tidak bisa mendengar suara keras. Hal ini bisa membuat ibu hamil pusing dan sangat lelah. Karena itu rubah suasana rumah menjadi lebih menyenangkan dan ramah terhadap ibu hamil.

Baca: bahaya polusi untuk ibu hamil – bahaya asap rokok pada ibu hamil

  1. Kompres dahi dengan air hangat

Jika sakit kepala menjadi sangat berat dan membuat ibu hamil sulit untuk bangun dari tempat tidur, maka cobalah untuk dikompres. Gunakan air hangat atau air dingin sesuai dengan kondisi tubuh ibu hamil. Cara ini bisa membantu menurunkan demam yang menyertai sakit kepala. Letakkan kain lembut yang sudah dimasukkan kedalam air pada dahi. Ulangi beberapa kali hingga sakit kepala membaik.

  1. Jangan menahan lapar atau haus

Pemicu ibu hamil sakit kepala bisa juga disebabkan karena rasa lapar dan haus yang berlebihan. Mungkin ibu hamil bekerja sehingga tidak memiliki jadwal makan dan minum yang baik. Hal ini bisa menyebabkan tubuh kekurangan energi atau bahkan kekurangan nutrisi. Sementara ibu hamil harus lebih sering makan dan jumlah yang sedikit pada trimester satu. Ini juga cara yang sangat baik untuk melawan efek mual karena morning sickness. Kurang makan juga bisa menjadi penyebab ibu hamil darah rendah yang menjadi resiko bahaya darah rendah pada ibu hamil. (baca: hemoglobin rendah saat hamil)

  1. Jangan terlalu lelah

Ibu hamil cepat lelah memang sering terjadi. Hal ini disebabkan karena perubahan hormon yang sangat jelas dan juga masalah sirkulasi darah. Karena itu ketika ibu hamil terlalu lelah maka bisa merasa pusing atau sakit kepala. Karena itu cobalah untuk tidak terlalu lelah. Lakukan aktifitas sesuai kemampuan kemudian istirahat ketika sudah lelah. Ini juga baik untuk mencegah keguguran pada trimester pertama akibat kelelahan. Ingat selalu ada bahaya kelelahan pada ibu hamil. (baca: ibu hamil cepat ngantuk)

  1. Cobalah untuk mandi tapi tidak berendam

Sakit kepala bisa juga disebabkan karena tubuh yang lelah dan tidak segar. Air akan membantu tubuh menjadi lebih nyaman dan segar. Kemudian air akan membuat suasana hati ibu hamil menjadi lebih nyaman. Untuk itu cobalah untuk mandi air hangat atau air dingin. Tapi jangan berendam untuk ibu hamil karena bisa berbahaya untuk janin. Jika ibu tidak bisa mandi karena terlalu sakit maka cobalah membasuh wajah dengan air dingin atau air hangat.

  1. Minum air yang cukup

Meskipun ibu hamil merasa mual dan muntah pada trimester pertama, maka kebutuhan air juga harus dipenuhi. Ibu hamil trimester satu sering rentan dehidrasi akibat tubuh kekurangan air. Hal ini bisa menyebabkan tubuh ibu hamil semakin lemah dan sakit kepala. Jadi pastikan ibu mendapatkan 3 liter air mineral setiap hari. Akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil juga bisa terjadi pada janin dalam kandungan. Manfaat air putih bagi ibu hamil bisa mengurangi efek kehamilan awal yang tidak menyenangkan.

  1. Lakukan latihan ringan

Sakit kepala pada ibu hamil bisa disebabkan karena masalah sirkulasi darah yang tidak lancar. Karena itu ibu hamil bisa mencoba untuk melakukan latihan secara rutin. Olahraga untuk ibu hamil bisa membantu tubuh tetap bugar selama hamil. Tapi jangan melakukan olahraga berat yang bisa memicu keguguran. Anda cukup mencoba untuk berjalan kaki di sekitar rumah saja.

Baca: olahraga yang dilarang untuk ibu hamil – sit up bagi ibu hamil – manfaat jalan pagi untuk ibu hamil

  1. Pijat ibu hamil

Pijat mungkin menjadi hal yang tidak disarankan untuk ibu hamil. Tapi jika ibu mengalami sakit kepala yang sangat berat maka bisa mencoba pijat. Lakukan sesi pijat di tempat terapi khusus untuk ibu hamil. Pijatan pada bagian leher dan bahu bisa membantu sirkulasi darah ke otak menjadi lebih baik. Hindari memijat bagian tubuh yang meningkatkan resiko keguguran seperti pada punggung bawah dan perut.

  1. Cobalah melakukan relaksasi

Ada beberapa tehnik relaksasi yang bisa dilakukan oleh ibu hamil. Tehnik ini sangat aman dan bisa membantu ibu hamil melakukan persiapan saat pembukaan persalinan nanti. Beberapa tehnik persalinan seperti dengan yoga dan meditasi. Cara ini juga sangat baik untuk membantu menghilangkan stres pada ibu hamil. Relaksasi sangat baik sebagai cara menghilangkan stres saat hamil.

Sponsors Link

  1. Cobalah akupuntur

Jika berbagai langkah yang ringan dan mudah untuk sakit kepala tidak memberikan hasil yang baik, maka bisa mencoba melakukan akupuntur. Tehnik ini dilakukan dengan cara menusukkan jarum khusus ke titik tubuh yang dianalisa untuk mengatasi sakit kepala. Metode perawatan ala Cina ini harus dilakukan oleh seorang ahli. Tehnik tidak boleh dilakukan tanda melihat kesehatan ibu hamil karena bisa memicu bahaya untuk janin. Terlebih untuk ibu hamil yang baru saja melakukan akupuntur. (baca: bahaya bekam untuk ibu hamil)

  1. Jangan terlalu stres

Mungkin saja ibu hamil mengalami stres yang disebabkan karena berbagai kondisi yang tidak menyenangkan. Misalnya berkaitan dengan masalah pekerjaan,keluarga atau hanya karena hormon ibu hamil saja. Stres bisa menyebabkan sakit kepala menjadi lebih parah dan ini tidak menguntungkan untuk ibu hamil. Karena itu jangan terlalu stres, Anda bisa mencoba untuk bepergian dengan keluarga atau teman. Selain itu katakan apa yang membuat tekanan pada pasangan atau orang yang dekat.

Baca: bahaya banyak pikiran untuk ibu hamil – bahaya sering emosi saat hamil

  1. Jangan mencoba kafein

Kopi atau minuman yang mengandung kafein bisa menyebabkan efek yang besar untuk ibu hamil. Salah satunya adalah rasa sakit kepala yang sangat berat. Kafein bisa menyebabkan aliran darah dalam tubuh ibu hamil menjadi lebih cepat, pengaruh untuk hormon kehamilan dan juga janin. Jadi jangan minum kafein lagi sejak hamil baik itu teh atau kopi. (baca: bahaya kafein bagi ibu hamilbahaya kopi bagi ibu hamil)

  1. Pertimbangkan nutrisi ibu hamil yang cukup

Ibu hamil membutuhkan jumlah nutrisi yang lebih tinggi dibandingkan wanita yang tidak hamil. Diantaranya seperti makanan yang mengandung zat besi dan asam folat. Jika ibu kekurangan nutrisi atau terlalu menahan lapar maka bisa menyebabkan tubuh tidak sehat, kepala pusing dan resiko untuk janin. Kekurangan nutrisi bisa menyebabkan cacat lahir dan juga resiko bayi kurang oksigen. Karena itu sebaiknya ibu hamil mencoba memenuhi nutrisi dengan makanan yang bergizi.

Baca:  nutrisi ibu hamil –  gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan –  makanan sehat untuk ibu hamil

  1. Obat medis dari dokter

Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan obat yang tidak direkomendasikan oleh dokter. Ketika semua cara sudah dilakukan dan masih sakit kepala maka Anda bisa datang ke dokter. Dokter akan mencoba mencari tahu apa penyebab sakit kepala itu. Beberapa jenis obat sakit kepala untuk ibu hamil yang biasanya diberikan dokter termasuk jenis acetaminophen. Ibu hamil tidak boleh minum obat yang termasuk dalam kelompok aspirin dan ibuprofen.

Baca: bahaya amoxicillin bagi ibu hamil – bahaya antibiotik bagi ibu hamil

Ibu hamil memang membutuhkan perawatan khusus ketika sakit kepala. Selalu tandai apa saja penyebab sakit kepala dan jauhi pemicu sakit kepala tersebut. Selain itu perhatikan jika ada tanda bahaya dari sakit kepala seperti kepala berputar ketika mata terbuka atau sakit kepala parah yang membuat ibu tidak bisa bangun.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Friday 30th, September 2016 / 05:45 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil