Sponsors Link

Penyakit Gondok pada Ibu Hamil dan Pencegahannya

Sponsors Link

Gondok merupakan salah satu jenis penyakit yang diderita oleh orang yang memiliki pertumbuhan kelenjar tiroid yang tidak normal. Gondok biasa terlihat berupa benjolan besar yang ada pada bagian leher atau tenggorokan. Penyebabnya karena adanya pertumbuhan kelenjar tiroid yang tidak normal, karena kekurangan zat yodium. Kelenjar tiroid ini ada juga yang menyebutnya sebagai kelenjar gondok. Fungsi dari kelenjar tiroid yatu sebagai pengendali utama metabolisme tubuh. Kelenjar tiroid memproduksi hormon tiroid yaitu tiroksi dan triiodotironin.

ads

Gondok banyak menyerang orang-orang yang tidak mengkonsumsi garam beryodium. Namun saat ini penderita gondok sudah mulai sedikit karena garam yang beredar sudah banyak yang mengandung yodium. Selain orang biasa, gondok juga bisa menyerang ibu hamil. Bagaimana dampak gangguan kehamilan seperti penyakit gondok ini? Kita akan menyimak pembahasannya berikut ini

Penyakit Hipotiroid pada Ibu Hamil

Wanita yang tengah mengandung perlu menjaga asupan gizi ibu hamil yang baik, sehingga tidak menderita penyakit gondok. Berdasarkan data yang terkumpul ada setidaknya 3-4% wanita hamil yang menderita hipotiroid. Hipotiroid merupakan kondisi tidak normal pada kelenjar tiroid yang tidak dapat menghasilkan banyak hormon tiroid. Bahaya dan gejala dari penyakit ini yaitu :

  • dapat menyebabkan anak yang dilahirkan menjadi cacat (Baca juga : penyebab janin cacat)
  • mudah lelah dan mengantuk
  • kedinginan
  • nyeri pada sendi
  • penurunan libido
  • kulit bersisik
  • denyut nadi melambat
  • gerakan melambat
  • kuku menipis/rapuh

Gejala yang dialami oleh ibu hamil yang menderita penyakit tersebut kadang kurang dipahami sehingga tak jarang diketahui terlambat sehingga anak yang dilahirkan kemudian cacat. Ibu hamil sebaiknya melakukan pencegahan pantangan makanan ibu hamil dan mengetahui kondisi tubuhnya.

Sponsors Link

Beberapa tips pencegahan penyakit gondok ini untuk ibu hamil :

  • Makan makanan yang bergizi

ibu hamil perlu mengonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil yang bergizi. Makanan yang dimakan oleh ibu hamil akan diteruskan ke janinnya. Jika konsumsi makanan ibu hamil sendiri tidak sehat maka, akan berakibat pada menurunnya daya tahan tubuh si ibu dan si janin. Penyakit apapun termasuk penyakit gondok akan mudah menyerang jika tubuh ibu kurang sehat sejak awal.

  • Menghindari penyebab hipertiroid

Pada penyakit hipertiroid ada beberapa penyebab yang memicunya, misalnya kurangnya yodium, radiasi, kelainan kelenjar tiroid, efek samping mengkonsumsi obat dan lain-lain. Selain untuk mencegah hipertiroid, ibu hamil sebaiknya menghindari makanan larangan ibu hamil, begitu juga dengan obat-obatan yang tidak perlu. Salah satu yang menjadi penyebab sekunder dari penyakit ini adalah efek samping dari obat-obatan. Jadi ibu hamil perlu memperhatikan obat-obatan yang dikonsumsinya.

  • Makan makanan yang mengandung yodium

Yodium sebenarnya bisa didapatkan dari garam beryodium, namun ada juga beberapa jenis makanan yang mengandung yodium. Ibu hamil bisa mengonsumsi makanan yang mengandung yodium seperti manfaat udang bagi ibu hamil, salmon, tuna, kerang, cod, rumput laut, susu, dan lain-lain.

  • Banyak minum air putih

Minum air putih yang cukup perlu dilakukan oleh orang biasa ataupun ibu hamil. Air putih akan membantu melancarkan metabolisme dalam tubuh. Orang yang mengonsumsi air putih akan menghindarkan diri dari berbagai penyakit.

Sponsors Link

  • Bergerak ringan

ibu hamil sebaiknya tetap bergerak agar badan tetap sehat namun tidak perlu berolahraga berat. Olahraga ringan seperti jalan kaki dan senam hamil masih boleh dilakukan asalkan tidak terlalu lama dan kondisi tubuh baik.

  • Rutin memeriksakan diri ke dokter

Ibu hamil perlu secara rutin memeriksakan diri ke dokter. Dengan memeriksakan secara rutin ke dokter maka ibu hamil bisa secara jelas mengetahui kondisi tubuhnya. Manfaat USG kehamilan perlu dilakukan, untuk mengetahui kesehatan dan keadaan bayi di dalam rahim.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 03rd, November 2015 / 03:24 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil