Sponsors Link
     Sponsors Link

Wasir Saat Hamil – Penyebab, Tanda dan Pengobatannya

advertisement

Kehamilan merupakan salah satu peristiwa yang paling di tunggu tunggu oleh setiap wanita yang mengidamkan putra lahir dari rahimnya. Maka tidak salah jika mereka akan melakukan berbagai cara untuk merawat dan menjaga kesehatan bayi yang ada di dalam kandungannya. Namun sebelum kita beranjak pada kesehatan bayi, terlebih dahulu harus memperhatikan kesehatan ibu yang mengandungnya.

Masa masa ini, ibu hamil selalu di harapkan dalam keadaan sehat dan selamat. Maka makanan yang dikonsumsi harus benar benar di jaga kebersihan dan kesehatannya. Namun kadang kita melupakan hal itu, sehingga malah menimbulkan penyakit baru. Salah satunya adalah ambeien atau biasa di kenal dengan nama wasir. Saat mengalami kehamilan, wasir ini juga kerap kali dirasakan.

Apa itu wasir?

Merupakan suatu penyakit yang terjadi karena adanya pelebaran pembuluh balik. Sayangnya lokasi pelebaran pembuluh ini tidak tepat, yakni berada di sekitar anus. Sehingga mengganggu aktivitas organ lain. Gangguan ini biasanya bisa sembuh sendiri. anda memerlukan waktu antara satu sampai dua minggu berturut turut. Namun kadang kala, ada beberapa kasus yang tidak sembuh selama waktu yang ditentukan tersebut. Hal ini bisa terjadi karena penyakit ambeien atau wasir ini sudah mengalami pembengkakan. Akhirnya menyebabkan iritasi. Tentu saja mengganggu proses kehamilan anda. akan sangat menjengkelkan, bukan?

Penyebab

Ini adalah masalah klasik yang biasa di tanyakan oleh ibu hamil pada dokter. Pasalnya ambeien merupakan masalah dari pegawai-pegawai kantoran yang bekerjanya hanya duduk di depan layar monitor saja. Apa saja faktor faktor yang menyebabkan wanita hamil mengalami wasir?

1. Adanya perubahan secara hormonal

Secara hormonal, wanita hamil memiliki perubahan mendasar cukup signifikan. Apalagi hormon progesteronnya. Ini berguna untuk membantu menahan janin yang ada di dalam rahim ibu. Namun sayangnya hormon ini bekerja juga untuk menghambat kerja otot pencernaan. Sehingga gerakan peristaltik berjalan lambat

2. Janin yang semakin besar

Semakin lama usia kehamilan, maka perkembangan janin juga semakin besar. Keadaan ini mendorong beberapa otot tubuh wanita ke ujung. Salah satunya mendorong pembuluh darah. Sehingga malah membesar.

3. Adanya konstipasi

Berdasarkan hasil dari sebuah penelitian menyebutkan bahwa 25% ibu yang sedang hamil cenderung mengalami masalah sembelit. Keadaan ini akan terus berlanjut sampai nanti 3 bulan ke depannya, bahkan sampai proses persalinan. Jika masalah ini tidak segera di tangani, bisa menyebabkan kerusakan otot panggul yang makin lama makin membesar. Penelitian ini sudah di lakukan oleh seorang Dr. Bradley, yakni seorang dokter dari Departemen Kebidanan Universitas Lowa, di Amerika Serikat.

Tanda

Sangat menjengkelkan sekali jika anda sampai terkena penyakit ini. Pasalnya harus berposisi bagaimana, anda bingung. Mengapa?

1. Merasa tidak nyaman dengan segala posisi

Wanita hamil yang ambeien akan merasa semua yang di lakukannya salah. Jika ia tetap duduk, maka rasanya ada seperti yang mengganjal dan tidak nyaman. Namun jika ia harus berdiri, tubuhnya tidak enak. Sebab wanita hamil yang berdiri akan merasa pegal-pegal di seluruh punggungnya. (Baca juga : aktivitas berbahaya untuk ibu hamil)

2. Nyeri di sekitar tubuh

Penderita ambeien, apalagi seorang wanita yang tengah hamil sangat tidak enak. Sebab mereka merasakan pegal dan nyeri di seluruh tubuhnya. Sehingga inginnya untuk selalu istirahat. Namun ketika duduk, rasa tidak nyaman kembali muncul.

3. Gatal-gatal bagian anus

Perasaan risih, namun ingin dilakukan. Itulah ketika anus anda terasa ambeien. Hasrat memang sangat ingin menggaruk bagian anus yang menjadi penyebab gatal. Namun jika tetap nekat di garuk, bisa menyebabkan iritasi. Selain itu anda akan merasa malu untuk menggaruk anus di depan orang lain, bukan?

4. Sulit untuk buang air besar

Masalah lain ketika wanita hamil tengah mengalami masa masa wasir adalah saat hendak buang air besar. Mereka merasa tidak nyaman. Sebab untuk mengeluarkan fases prosesnya lebih sulit. Tinja harus melewati bagian anus yang sudah mengalami pelebaran pembuluh darah. Padahal bagian itu adalah satu satunya jalan fases keluar. Maka hal ini semakin menyulitkan tinja untuk keluar.

5. Kadang keluar darah saat buang air besar

Karena tinja susah untuk keluar, maka mau tidak mau tinja harus menggeser bagian bagian tubuh yang menghalanginya keluar. Maka sering terjadi gesekan antara tinja dengan anus. Akibatnya terjadilah luka pada bagian anus tersebut. Dari luka inilah yang menyebabkan berak keluar darahnya. Rasanya sakit sekali.

Pengobatan

Sponsors Link

Anda tidak mungkin membiarkan kondisi ambeien atau wasir terus mengganggu kehidupan. Apalagi kondisi kehamilan bukan saat-saat anda membiarkan penyakit semakin banyak bersarang dalam tubuh. Untuk itu, ini ada beberapa tips dan triks dari seorang Dr. Roger W Herms, M. D.  beliau adalah pakar dari kebidanan dan kandungan dari Mayoclinic. Berikut ada;ah ulasannya :

1. Duduk dengan cara berendam dalam air hangat

Salah satu cara yang cukup ampuh adalah duduk selama 10 sampai 15 menit di atas air panas yang memiliki suhu sekitar 40 sampai 60 derajat. Ini menyisakan manfaat sendiri untuk pantat anda. Sebab air panas ini berkhasiat untuk menyembuhkan ambeien saat hamil, yakni dengan cara membantu untuk mencairkan darah yang sudah menggumpal dan membeku. Anda bisa mengaplikasikannya setelah melakukan buang air besar. Lalu duduk di atas baskm yang sudah tertuang air panas.

2. Menggunakan es batu

Selain bisa menggunakan air yang panas, mengobati wasir atau ambeien juga bisa dengan es batu. Sebab manfaat dari es batu adalah membantu untuk meredakan rasa nyeri. Juga bisa untuk mengurangi aliran darah yang mengalir dari pembluh darah yang sudah melebar. caranya adalah dengan mengambil beberapa pecahan es batu yang sudah kecil kecil. Lalu masukkan ke dalam plastik. Kemudian tutup dengan handuk tebal. Biarkan anda duduk di atas es batu tersebut selama 10 menit lamanya. Anda bisa mengaplikasikan cara ini untuk mengatasi ambeien.

(Baca juga : bahaya es bagi ibu hamil)

3. Mengurangi tekanan perut dengan menggunakan SOS

Bukan hanya itu, namun mengatasi ambeien bisa dengan cara SOS atau sleep on side. Berbaring dengan posisi miring, entah bolak balik ke kanan maupun ke kiri bisa membantu untuk mengurangi tekanan pada bagian uterus anda. Hal ini bisa membantu untuk melancarkan aliran darah serta gizi ibu hamil yang maksimal. Selain itu, gerakan ini juga bisa membantu ginjal untuk membuang kotoran dari dalam tubuh. Sehingga membuat tangan serta kaki anda tidak bengkak.

ads

4. Bagian dubur harus selalu dalam keadaan bersih

Kemudian anda bisa selalu memastikan bagian dubur dalam keadaan bersih. Jika anda lelah untuk bolak balik ke kamar mandi, bisa menggunakan tissue basah untuk membersihkannya. Tapi harus di ingat, usahakan tissue tersebut tidak mengandung pewangi dan alkohol agar mengurangi iritasi. Sekarang ini sudah banyak di jual tissue yang khusus untuk penderita ambeien.

5. Rajin untuk mengkonsumsi sayur mayur dan buah-buahan

Untuk membantu melancarkan buang air besar, anda perlu mengkonsumsi makanan sehat untuk ibu hamil, yakni sayur dan buah. Kedua makanan ini memiliki kandungan yang kaya akan serat. Sehingga mudah sekali untuk di cerna oleh tubuh. Misalnya seperti sayur bayam dan buah pepaya. Makanan ini bisa membantu untuk penyerapan dan pencernaan di dalam tubuh tidak lama.

6. Hindari makan makanan yang berlemak dan pedas

Justru saat hamil anda harus menjadi orang yang pemilih dalam makanan. Jangan sembarangan dan asal mencomot makanan. Ada baiknya untuk menghindari makanan yang kaya akan lemak atau yang memiliki cita rasa pedas. Sebab makanan ini malah membuat fases atau tinja anda menjadi keras, sehingga lama untuk dicerna dan diserap di dalam tubuh.

7. Minum air putih yang banyak

Selain itu, anda sangat di anjurkan untuk mengkonsumsi air putih yang banyak. Ini menjadi salah satu cara paling mudah untuk mengatasi ambeien. Dengan banyak mengkonsumsi air putih, maka fases anda akan cenderung lebih lunak. Beberapa dokter menganjurkan untuk mengkonsumsi air putih sebanyak 1,5 sampai dengan 2 liter setiap hari. (Baca juga : akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil)

8. Rutin melakukan olahraga ringan

Untuk menjaga stamina tubuh serta otot, ada baiknya untuk selalu melakukan olahraga ringan. Selain menyehatkan, olahraga untuk ibu hamil juga membuat tubuh anda terjaga dan terawat dengan baik. Anda bisa melakukannya dengan renang atau berjalan kaki selama 30 menit. Cara ini sudah di sesuaikan dengan keadaan ibu hamil. Hal ini bisa membantu otot otot yang ada pada saluran pencernaan agar semakin aktif. Bahkan membantu untuk melancarkan sistem pencernaan.

9. Usahakan untuk tidak menahan buang air besar

Selain itu, cara untuk mengatasi ambeien adalah membiasakan diri untuk tidak menahan buang air besar. Ini bisa menyebabkan fases anda menjadi keras. Sehingga anda perlu mengejan untuk mengeluarkannya. Jika ternyata fases yang ada sudah terlampau keras, maka bisa mencoba untuk meminum segelas air hangat sebelum melakukan buang air besar. Ini membantu untuk melancarkan buang air besar yang di sebabkan karena kekurangan cairan

10. Menggunakan obat alami

Maka langkah terakhir untuk membantu mengatasi wasir adalah dengan cara obat obatan alami. Salah satunya adalah lidah buaya. Di dalam komposisi lidah buaya terdapat sifat anti radang yang bisa membantu untuk mengobati wasir. Bahkan menggunakan lidah buaya memberikan efek dan sensasi dingin pada dubur yang cemderung memanas. (Baca juga : bahaya obat maag untuk ibu hamil)

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Wednesday 06th, January 2016 / 08:14 Oleh :
Kategori : Kesehatan Bumil