Sponsors Link

16 Cara Meningkatkan Berat Badan Janin secara Alami

advertisement

Berat badan bayi yang masih dalam kandungan juga perlu diperhatikan agar tidak terjadi kekurangan berat badan pada saat lahir. Berat badan yang kurang dari normal akan menyebabkan berbagai resiko pada kesehatan bayi. Cara mengetahui berat badan janin maka Ibu harus secara aktif dan rutin memeriksakan kandungannya kepada dokter kandungan. Selain berat badan janin hal lain yang perlu diperhatikan yaitu perkembangan kesehatan janin.

Kelahiran bayi nantinya diharapkan bayi dalam keadaan normal dan sehat serta Ibu yang melahirkan juga sehat. Sehingga menjaga kesehatan janin saat masih di dalam kandungan sangat penting. Salah satu ukuran bayi sehat yaitu berat badan bayi. Bayi yang lahir dengan kondisi dibawah berat badan bayi normal maka dapat mengakibatkan berbagai macam penyakit menghinggapi tubuhnya seperti penyakit koroner jantung, diabetes, lahir dengan prematur serta masih banyak penyakit lain, maka sebab itu menjaga berat badan bayi agar lahir dengan berat badan normal sangat penting. Berikut ini beberapa cara meningkatkan berat badan janin yang dapat dilakukan :

  1. Asupan Protein yang Memadai

Protein sangat dibutuhkan oleh ibu hamil untuk menjaga kesehatan bayi yang sedang dikandungnya. Pemenuhan asupan protein ibu hamil akan memberikan efek baik yaitu kesehatan yang lebih baik untuk bayi yang sedang dikandungnya. Sumber makanan bayi ketika sedang di dalam kandungan yaitu berasal dari ibunya. Makanan ataupun minuman yang dikonsumsi Ibu akan juga ikut dikonsumsi oleh bayinya. Jadi jika ingin memberikan asupan makanan bergizi untuk janin maka diberikan melalui ibunya. Protein dapat didapatkan dari berbagai makanan seperti daging ayam ataupun daging sapi. Kandungan protein dalam makanan tersebut sangat baik jika diberikan kepada ibu hamil untuk menaikkan berat badan bayi yang masih ada di dalam kandungan.

Baca juga : Manfaat Ceker Ayam bagi Ibu Hamil

  1. Perbanyak Minum Air Putih

Baik untuk ibu hamil ataupun orang yang tidak sedang hamil, air putih sangat dianjurkan untuk dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Air putih sangat baik untuk kesehatan tubuh, begitu juga dengan ibu hamil. Ibu hamil membutuhkan air putih lebih banyak karena dia juga bertugas untuk mengkonsumsi air putih untuk bayinya. Konsumsi minimal 1,5 liter sehari atau sama dengan 8 gelas air putih dalam sehari. Dengan rajin minum air putih maka metabolisme yang ada di dalam tubuh akan lancar serta bayi dan Ibu sehat dan merupakan cara untuk meningkatkan berat badan bayi agar lahir dalam kondisi berat badan yang normal.

Artikel terkait :

  1. Perbanyak Sayur dan Buah

Sayur dan buah sangat baik dikonsumsi oleh ibu hamil dalam jumlah yang banyak. Semakin banyak buah dan sayur yang dikonsumsi maka semakin banyak nutrisi yang diperoleh oleh Ibu dan janin sehingga janin akan sehat serta terhindar dari lahir dengan kondisi prematur. Sayur dan buah mengandung nutrisi serta vitamin yang baik. Nutrisi dan vitamin tersebut akan sangat membantu dalam menaikkan berat badan bayi yang masih dalam kandungan. Perbanyak makan sayur dan buah dengan dijadikan makanan wajib setiap hari, maka ketika lahir nanti bayi Anda tidak akan kekurangan berat badan.

Artikel terkait :

  1. Perbanyak Makanan yang Padat Energi

Makanan yang padat energi jika dikonsumsi oleh ibu hamil akan sangat membantu dalam meningkatkan berat badan bayi. Makanan padat energi dapat didapatkan pada keju, selai, buah, margarin serta makanan lainnya. Makanan tersebut dapat dikonsumsi dengan berbagai macam resep menu yang disajikan berbeda dalam setiap harinya. Ibu zaman sekarang tidak usah bingung dengan resep menu makanan, karena sudah ada banyak resep menu makanan yang tersebar di media-media sosial ataupun internet. Ibu tinggal memilih menu yang disukainya. Konsumsi makanan tersebut agar bayi yang ada didalam kandungan cepat naik berat badannya sehingga lahir nanti tidak mengalami resiko prematur. Ibu yang sedang mengandung memang harus sangat memperhatikan gizi makanan yang dikonsumsi sehingga bayi sehat Ibu selamat.

Baca juga : Makanan Sehat Untuk Ibu Menyusui

  1. Perbanyak Makan Ikan Laut

Ikan laut mempunyai kandungan gizi yang sangat banyak serta baik yaitu nutrisi. Ikan laut ini sangat dibutuhkan untuk cara meningkatkan berat badan janin yang sedang dikandungnya. Ikan laut yang mempunyai kandungan nutrisi  banyak diantaranya ikan tengiri, ikan salmon, serta masih banyak ikan laut lainnya. Konsumsi ikan laut sebagai menu makanan Anda seminggu 2 atau 3 kali agar bayi yang ada dalam kandungan berat badannya cepat naik sehingga lahir dengan normal.

Baca juga : Ikan Salmon untuk Ibu Hamil

  1. Sediakan Camilan Sehat

Untuk Ibu yang sedang hamil dengan berat badan bayi yang kurang dari normal, maka sediakan camilan sehat untuk menambah berat badan bayi. Camilan sehat yaitu camilan yang tidak mengandung kolesterol ataupun lemak. Sekarang telah banyak camilan sehat untuk Ibu yang sedang hamil, seperti biskuit. Camilan sehat ini akan sangat membantu untuk menaikkan berat badan bayi jika Ibu yang sedang mengandung mau dengan rajin mengemil. Lakukan ini demi kesehatan bayi yang sedang Anda kandung.

  1. Konsultasi dengan Dokter Spesialis Kandungan

Selain melakukan hal-hal yang dapat menambah berat badan janin, jangan lupa ibu hamil harus rajin memeriksakan kandungannya serta konsultasi dengan dokter spesialis kandungan. Periksakan kondisi kehamilan Anda, jika memang masih dibutuhkan untuk menambah berat badan bayi maka lakukan berbagai hal yang dapat menambah berat badan janin dengan lebih rajin dan gigih, tetapi jika berat badan bayi sudah cukup memenuhi angka berat badan normal, maka dokter akan memberikan saran untuk hal lain agar bayi tetap sehat sampai lahir nanti.

Sponsors Link

  1. Jauhi Makanan Pedas

Makanan pedas sangat tidak dianjurkan dikonsumsi oleh Ibu yang sedang mengandung. Hal ini karena makanan pedas dapat berakibat mendorong pelepasan hormon prostglandin dalam kandungan ibu hamil. Hormon tersebut jika dilepaskan dalam kadar yang banyak, maka akan menyebabkan otot-otot halus ibu hamil mengalami kontraksi yang membuat ibu hamil mengira bahwa akan segera melahirkan. Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya hindari makanan yang pedas. Sementara bayi tidak akan menyerap makanan pedas yang dikonsumsi oleh ibunya sehingga aman.

Baca jugaa : Pantangan Makanan Ibu Hamil

  1. Hindari Minuman Bersoda

Minuman bersoda merupakan minuman berbahaya untuk ibu hamil, hal ini karena minuman tersebut mengandung bahan kimia yang lumayan banyak dibanding dengan minuman lainnya. Minuman bersoda jika dikonsumsi oleh ibu hamil maka dapat menyebabkan resiko diabetes gestasional. Selain itu bahaya soda bagi ibu hamil dapat menimbulkan resiko bayi dengan lahir cacat, apabila minum terlalu banyak dan masih pada umur kandungan yang masih muda. Jauhi dahulu minuman soda saat mengandung. Hal ini juga tidak baik untuk kondisi berat badan bayi yang sedang berkembang. Minuman soda dapat memicu kurangnya berat badan bayi saat lahir sehingga berisiko lahir dengan kondisi prematur.

Baca juga : Cara Mencegah Bayi Lahir Prematur

  1. Minum Susu Khusus Ibu Hamil

Ibu hamil sangat dianjurkan untuk minum susu yang khusus untuk ibu hamil untuk menjaga kesehatan Ibu serta janin yang sedang dikandungnya. Sekarang sudah banyak tersedia susu yang khusus untuk ibu hamil, sehingga dapat memilih yang cocok untuk Anda. Minumlah susu secara rutin 3 kali sehari yaitu pagi, siang serta malam ketika hendak tidur. Karena manfaat susu bagi ibu hamil ini akan menaikkan berat badan bayi yang kurang normal sehingga bayi dengan cepat berat badannya akan bertambah.

Artikel terkait : Akibat Ibu Hamil Jarang Minum Susu Hamil

  1. Olahraga Secara Rutin

Ibu yang sedang hamil juga perlu sekali melakukan olahraga, selain untuk menyehatkan bayi serta ibunya ketika sedang mengandung, hal ini juga memperlancar proses kelahiran. Ibu yang jarang olahraga akan berbeda dengan Ibu yang sering melakukan olahraga. Bagi mereka yang menerapkan olahraga untuk Ibu hamil akan lebih lancar dalam proses persalinan. Lakukan olahraga secara rutin setiap pagi. Tidak harus dengan melakukan olahraga yang berat, karena cukup untuk menggerakkan badan agar otot-otot tidak kaku. Lakukan jalan-jalan serta lari-lari kecil setiap pagi sebelum jam 8 maka selain manfaat olahraga maka Ibu juga akan mendapatkan manfaat vitamin yang terkandung dalam sinar matahari pagi. Lakukanlah secara teratur maka bayi Anda akan terhindar dari lahir dengan berat badan yang kurang normal atau prematur.

Artikel terkait : Olahraga yang Dilarang Untuk Ibu Hamil

ads
  1. Minum Suplemen atau Multivitamin untuk Ibu Hamil

Suplemen atau multivitamin juga perlu utnuk diberikan kepada ibu hamil yang kondisi janinnya berat badannya kurang. Hal ini akan memicu menaikkan berat badan pada janin, sehingga janin akan cepat bertambah berat badannya menjadi normal. Minumlah supleman atau multivitamin secara teratur dengan terlebih dahulu konsultasi kepada dokter kandungan agar diberikan resep untuk multivitamin yang sesuai dan cocok dengan kondisi kandungan Ibu. Dengan mengkonsumsi suplemen atau multivitamin secara rajin, maka bayi akan sehat dan lahir dengan kondisi sehat dan tidak prematur.

Baca juga : Manfaat Vitamin E bagi Ibu Hamil

  1. Makan yang Manis-manis

Mengkonsumsi makanan yang manis dianjurkan untuk ibu hamil yang mengandung bayinya tetapi bayinya dalam kondisi kurang berat badannya dari berat badan normal bayi. Makanan yang manis akan membantu menaikkan berat badan bayi sehingga akan menjadi normal. Konsumsilah makanan yang manis setiap hari agar perkembangan bayi cepat terjadi. Ibu dapat mengkonsumsi makanan, camilan ataupun minuman yang sehat dan manis, yang penting tidak mengandung soda. Makanan yang manis dan sehat banyak seperti kue, brownis serta makanan lainnya.

  1. Istirahat Cukup

Ibu yang sedang hamil tidak dianjurkan melakukan banyak aktivitas yang dapat membahayakan kandungannya. Istirahat yang cukup dengan baik setiap harinya agar kandungannya tetap sehat dan aman. Jika melakukan banyak hal yang berat dapat ditakutkan mengamali resiko keguguran, karena banyak sekali kasus yang terjadi ibu hamil yang mengandung mengalami keguguran karena melakukan aktivitas yang terlalu berat atau terlalu melelahkan. Hal ini karena ibu yang sedang hamil memiliki keadaan fisik yang lebih lemah dibanding dengan orang biasa. Maka lakukanlah istirahat yang cukup bagi Ibu yang sedang mengandung.

Baca juga : Bahaya Akibat Kelelahan pada Ibu Hamil

  1. Jauhi Stres

Ibu hamil yang stres dapat menyebabkan selera makan mereka menjadi hilang ataupun berkurang. Jika hal ini terjadi maka asupan gizi untuk janinnya juga berkurang. Asupan gizi yang berkurang pada janin maka dapat menyebabkan berat badan janin menjadi berkurang. Sehingga ibu hamil jauhi hal-hal yang dapat menimbulkan diri Anda mengalami stres, sehingga bayi akan tetap dalam keadaan berat badan normal serta sehat.

Artikel terkait : Stres Saat Hamil

  1. Terapkan Gaya Hidup Sehat

Ibu yang sedang hamil sangat dianjurkan untuk gaya hidup sehat yaitu selain mengkonsumsi makanan yang bergizi, istirahat teratur, olahraga yang rajin serta jauhi mengkonsumsi rokok, kafein, alkohol serta menggunakan obat tanpa resep dari dokter. Kafein, rokok, minuman berlakohol serta obat-obatan tanpa resep dokter dapat mengganggu kesehatan bayi yang sedang dikandung sehingga berat badan bayi bisa berkurang dan dapat menimbulkan resiko lahir prematur ataupun masih banyak resiko lainnya bahkan sampai keguguran. Maka hindarilah hal tersebut demi keselamatan Anda dan bayi Anda sendiri. Sayangilah kesehatan Anda dan calon anak Anda yang akan lahir kedunia ini dan melengkapi keluarga Anda menjadi lebih bahagia.

Baca juga :

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , ,
Post Date: Tuesday 26th, April 2016 / 12:31 Oleh :
Kategori : Kesehatan Janin