Sponsors Link
     Sponsors Link

12 Cara Menjaga Kehamilan Trimester Pertama Agar Tidak Keguguran

advertisement

Kehamilan terbagi menjadi tiga trimester dan trimester pertama merupakan masa dimana janin masih rapuh dan rentan mengalami keguguran karena pada saat itu janin belum terbentuk sempurna. Sebagai calon ibu tentunya Anda tidak ingin sesuatu terjadi pada bayi Anda, oleh karena itu penting sekali bagi wanita untuk mengetahui apa saja cara menjaga kehamilan trimester pertama yang perlu dilakukan untuk . Berikut beberapa tips mudah yang bisa Anda lakukan.

  1. Tetap Semangat Beraktivitas

Meskipun Anda harus berhati-hati selama trimester pertama karena janin yang masih belum sempurna, hal itu bukan berarti bahwa Anda harus terus menerus tidur dan tidak beraktivitas. Justru dengan kurang bergerak akan membuat janin tidak sehat dan otot tubuh pun menjadi lemah. Jadi tetaplah beraktivitas seperti biasa selama tidak terlalu berbahaya misalnya mengangkat beban yang berat. Lakukanlah rutinitas biasa Anda sehari-hari sambil berhati-hati.

  1. Lakukan Olahraga Ringan

Berolahraga juga penting untuk kesehatan ibu dan janin, jadi sempatkanlah waktu untuk berolahraga ringan seperti jogging atau berjalan kaki. Olahraga tersebut sangat mudah dan murah sehingga Anda tidak perlu menghabiskan banyak uang.

  1. Perhatikan Makanan yang Dikonsumsi 

Seringkali wanita yang sedang hamil muda mengalami perubahan nafsu makan karena beberapa faktor hormonal misalnya munculnya rasa mual dan muntah. Meskipun ibu hamil perlu asupan gizi yang cukup, namun Anda juga tidak perlu terlalu memaksakan diri dalam memilih makanan yang dikonsumsi. Hindarilah makanan pantangan ibu hamil yang bisa membuat Anda merasa mual namun tetap pilih makanan sehat seperti buah dan sayur. Makanlah dalam porsi yang kecil namun berulang-ulang agar tubuh tetap mendapatkan energi.

Hindari makanan berlemak tinggi dan biasakan makan serat serta agar pencernaan lancar.

Sponsors Link

Selain itu makan dalam porsi kecil juga baik untuk perut Anda karena saat hamil trimester pertama biasanya perut terasa kembung disebabkan oleh gas yang terkumpul di dalam perut saat hormone progesterone meningkat.

  1. Hindari Emosi dan Stress

Perubahan Hormonal yang terjadi pada trimester pertama kehamilan juga berdampak pada psikologis sang ibu. Umumnya wanita yang sedang hamil muda cenderung sensitif dan mudah tersinggung, Hal ini jika tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan stress yang juga berdampak pada kesehatan janin. Jadi usahakan untuk mempersiapkan diri agar lebih sabar sehingga emosi Anda pun bisa terkontrol dengan baik.

  1. Konsultasikan dengan Dokter

Jika ada hal-hal yang mengganggu Anda selama trimester pertama, cobalah ceritakan pada dokter Anda untuk mendapatkan solusinya. Bersikaplah terbuka dengan dokter Anda mengenai perubahan-perubahan yang terjadi selama kehamilan dan hal-hal apa yang sedang Anda khawatirkan terkait dengan kondisi tersebut. Rutin melakukan pemeriksaan dapat membantu Anda menjaga kesehatan bayi karena Anda bisa mendapatkan saran dan masukan dari dokter mengenai apa yang boleh dan tidak boleh dilakukan.

  1. Istirahat yang Cukup

Jika Anda merasa lelah beraktivitas, istirahatlah dan biarkan tubuh Anda bersantai sejenak. Tidak perlu memaksakan diri untuk terus bergerak jika memang sudah lelah. Hal ini juga sangat penting untuk diperhatikan jika Anda merupakan wanita karir yang bekerja diluar rumah karena tentunya banyak hal yang akan menyita waktu Anda. Usahakan untuk tidak terlalu memikirkan masalah pekerjaan dan seimbangkan pekerjaan dengan istirahat yang cukup serta perhatikan juga posisi tidur yang berbahaya bagi ibu hamil agar Anda bisa beristirahat dengan posisi yang tepat.

Makanan Bergizi untuk Ibu Hamil Trimester Pertama

Makanan merupakan salah satu kunci penting untuk menjaga kesehatan janin selama trimester pertama. Oleh karen itu penting sekali bagi calon ibu untuk mengetahui makanan penguat kandungan apa saja yang diperlukan untuk menunjang kebutuhan gizi janin.

ads
  1. Buah-Buahan

Kandungan nutrisi yang ada di alam buah-buahan sangat penting untuk memenuhi kebutuhan ibu dan janin, tapi tidak semua buah boleh dikonsumsi selama kehamilan trimester pertama. Pilihlah buah yang segar bukan buah yang sudah diawetkan dan hindari makan pepaya muda, durian, delima dan nanas. Buah-buahan yang dianjurkan adalah pisang, semangka dan masih banyak lagi. Manfaat pisang untuk ibu hamil yang sangat banyak membuat buah satu ini aman dikonsumsi setiap hari. Beragam manfaat Semangka untuk ibu hamil muda dan hamil tua pun dapat memberikan nutrisi selama fase kehamilan. Jangan lupa mengkonsumsi buah yang berserat agar pencernaan tetap lancar selama kehamilan.

  1. Sayuran

Salah satu cara mengatasi mual saat hamil tanpa obat yang aman adalah dengan konsumsi sayuran. Sayuran adalah menu yang aman saat Anda mengalami mual atau morning sickness. Sayuran banyak mengandung asam folat yang baik untuk pertumbuhan janin. Beberapa jenis sayuran yang kaya akan asam folat adalah sawi, bayam dan brokoli.

  1. Kacang-Kacangan

Selain sayuran, asam folat juga terkandung di dalam beberapa jenis kacang-kacangan seperti kacang hijau, kacang kedelai dan kacang merah. Bukan hanya asam folat, kenis kacang-kacangan tersebut pun juga mengandung B3. Anda bisa mengolah jenis kacang-kacangan tersebut menjadi bubur dan susu agar rasanya lebih nikmat.

  1. Seafood

Kandungan asam lemak omega 3 dalam ikan sangat baik untuk perkembangan otak. Selain itu mengkonsumsi seafood juga memenuhi kebutuhan protein saat hamil. Ada banyak jenis seafood yang bisa dikonsumsi selama kehamilan trimester pertama misalnya udang. Akan tetapi dalam memilih jenis ikan laut sebaiknya berhati-hati agar tidak salah memilih ikan yang bermerkuri. Salmon merupakan pilihan yang tepat agar janin tidak berpotensi mengalami kecacatan karena merkuri yang terkandung di dalam ikan.

  1. Air Kelapa

Ada banyak manfaat air kelapa hijau untuk ibu hamil yang bisa Anda nikmati. Saat tubuh Anda lemas dan lesu selama kehamilan, minum air kelapa bisa menjadi solusi yang tepat karena di dalamnya terkandung elektrolit untuk mengganti cairan tubuh. Air kelapa merupakan air alami yang mengandung banyak kandungan nutrisi serta sangat menyegarkan. Jadi selain minum air putih Anda bisa sesekali minum air kelapa.

  1. Susu

Kebutuhan ibu hamil dan janin akan protein perlu dipenuhi dengan mengkonsumsi berbagai jenis makanan kaya protein yang berbeda. Susu bisa menjadi salah satu pilihan minuman kaya protein yang tepat untuk memenuhi nutrisi selama kehamilan. Jika Anda merasa mual minum susu sapi, beralihlah ke susu kedelai yang juga sama bernutrisinya.

Itulah beberapa hal yang perlu dilakukan Selama trimester pertama kehamilan. Untuk lebih detailnya kunjungi dokter kandungan secara berkala agar permasalah dan keluhan yang dirasakan selama kehamilan dapat teratasi dan kesehatan janin dapat terjaga. Selain itu, berbagi pengalaman dengan para ibu hamil lain juga bisa menambah pengetahuan Anda mengenai gejala-gejala yang muncul di trimester pertama. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebutuhan nutrisi tubuh dan janin agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.karena penyebab keguguran pada hamil muda juga bisa disebabkan oleh pola hidup dan makanan.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 27th, July 2016 / 23:35 Oleh :
Kategori : Kesehatan Janin