Sponsors Link

11 Manfaat USG 4 Dimensi untuk Ibu Hamil

advertisement

USG atau ultrasonografi merupakan salah satu teknologi canggih yang akan membantu dokter melihat kondisi organ tubuh atau janin untuk ibu hamil. Sekarang teknologi USG sudah semakin canggih. Bila awalnya hanya tersedia jenis USG 2 dimensi dan 3 dimensi, maka sekarang sudah ada USG 4 dimensi. USG 4 dimensi memang memiliki keunggulan karena bisa menunjukkan objek yang bergerak. Namun jenis USG ini memang membutuhkan biaya yang lebih besar, karena itu hanya digunakan dalam kebutuhan yang sangat mendesak atau sesuai keinginan pasien.

USG memang sangat akrab dengan kehamilan terutama untuk membantu mengetahui kondisi janin. Berikut ini adalah berbagai manfaat USG 4 dimensi untuk bidang kesehatan kehamilan dan kebutuhan kesehatan lain :

  1. Membantu Bentuk Janin yang Lebih Jelas

USG 4 dimensi pada dasarnya akan membantu ibu dan dokter untuk bisa melihat bentuk janin yang lebih jelas. Dengan USG 4 dimensi biasa membuat ibu dan dokter akan melihat bentuk bayi dengan lebih jelas seperti bentuk hidung, bentuk wajah, senyuman dan juga aktifitas bayi. Hal ini bisa membantu ibu merasa lebih puas dengan hasil USG dan juga dokter bisa melihat perkembangan janin dengan lebih jelas.

  1. Membantu Dokter Melihat Organ Internal Janin

USG 4 dimensi juga akan membantu dokter dan orang tua janin untuk melihat organ internal janin. Hal ini sangat penting untuk pemeriksaan medis. Informasi dengan melihat perkembangan organ internal janin maka bisa membantu dokter untuk melihat kelainan yang mungkin terjadi pada organ janin. Hal ini juga sangat penting untuk membuat rencana kesehatan bagi janin jika terjadi kelainan.

Bahkan ini bisa membantu orang tua untuk terus memantau kondisi perkembangan organ janin. Dengan manfaat USG 4 dimensi bisa membantu melihat berbagai organ secara lebih jelas seperti organ jantung, ginjal, hati, dan semua jenis organ lain.

  1. Melihat Kemungkinan Janin Cacat atau Bermasalah

USG 4 dimensi juga akan membantu dokter dan ibu hamil untuk melihat apakah janin mengalami cacat atau tidak. Beberapa dokter bisa menganalisa cacat janin dari rekaman USG 4 dimensi seperti misalnya cacat bibir sumbing atau jenis cacat yang lain. Dengan keuntungan ini maka dokter bisa memberikan gambaran kondisi kesehatan janin dan orang tua biasa melihat kondisi tersebut sebelum lahir. Hal ini juga bisa membuat orang tua bisa menerima anak yang akan dilahirkan jika terdapat kondisi cacat atau kelainan yang lain.

  1. Membuat Prosedur Pemeriksaan Menjadi Lebih Cepat

USG 4 dimensi juga bisa membantu dokter untuk bisa melakukan pemeriksaan menjadi lebih cepat. Pemeriksaan dengan USG 4 dimensi akan hasil yang lebih pasti karena gambar atau foto yang lebih jelas. Untuk dokter juga bisa melayani pasien dengan lebih baik. Bahkan bisa mengurangi waktu antrian jika memang dokter melayani banyak pasien.

  1. Membantu Dokter Bisa Menganalisa dengan Lebih Tepat

USG 4 dimensi juga bisa membantu dokter menghasilkan keputusan analisa yang lebih tepat. Dengan analisa yang lebih tepat maka dokter bisa menghasilkan keputusan yang lebih baik.

Sponsors Link

Cara ini juga bisa menjauhkan dokter dari keputusan yang salah sehingga menghindarkan kesalahan medis yang fatal. Keputusan ini juga sangat penting untuk pasien yang akan menjalani prosedur operasi caesar atau tindakan medis yang lain.

  1. Mengetahui Aktivitas Jantung Bayi

USG 4 dimensi juga bisa membantu mengetahui aktivitas jantung bayi. Beberapa hal yang bisa didapatkan dengan USG 4 dimensi adalah seperti rongga pembuluh darah, kondisi pembuluh darah, fungsi katup jantung, ruang pembuluh darah dan jika ada fungsi yang tidak normal pada jantung maka akan segera langsung terlihat. Hal ini sangat penting untuk antisipasi jika ada kelainan jantung pada bayi yang cukup fatal.

  1. Membantu Melihat Gerakan dan Struktur Tulang Janin

USG 4 dimensi juga sangat penting untuk membantu melihat struktur tulang dan gerakan pada janin. Dengan foto dan gambar yang lebih jelas maka gerakan janin akan terlihat menjadi lebih baik. Jika ada masalah perkembangan tulang yang tidak normal maka semua masalah itu juga akan terlihat. Bahkan jika masalah kesehatan berhubungan dengan tulang bisa diatasi selama janin dalam kandungan maka juga akan bisa dilakukan tindakan.

  1. Membantu Mengetahui Kelainan Kandungan

USG 4 dimensi banyak digunakan oleh ahli kebidanan dan kandungan. Salah satunya adalah untuk mengetahui masalah kandungan pada ibu sedang hamil maupun wanita dewasa. Beberapa hal yang bisa dideteksi misalnya adalah kelainan kandungan seperti tumor atau kista pada organ reproduksi. Bahkan USG 4 dimensi juga bisa membedakan jenis tumor yang jinak maupun tumor ganas. Hal ini sangat penting untuk mengetahui kondisi kesehatan yang lebih jelas sehingga dokter bisa membuat keputusan yang lebih baik dan tepat.

ads

  1. Mengetahui Letak Plasenta Bayi

Bagi ibu hamil maka letak plasenta bayi sangat penting untuk mengendalikan status kesehatan dan jalannya proses persalinan nanti. USG 4 dimensi bisa membantu ibu hamil dan dokter untuk mengetahui masalah letak plasenta. Jika letak plasenta bermasalah maka bisa membantu dokter membuat keputusan bagaimana cara persalinan yang paling baik. Bahkan ini juga bisa membantu menyelamatkan janin jika ada masalah plasenta yang bisa mengancam nyawa janin.

  1. Membantu Dokter dan Pasien Mengetahui Kondisi Kelainan

Manfaat USG 4 dimensi juga akan membantu dokter mengetahui kondisi kelainan janin seperti masalah down syndrome. Hal ini sangat penting untuk dokter mengingat kelainan ini bisa mengancam kesehatan janin. Lewat USG 4 dimensi ini juga bisa membantu dokter dan pasien untuk mengetahui, apakah akan menjaga proses kehamilan tersebut atau membuat keputusan yang lain. USG 4 dimensi bisa menghasilkan gambar yang lebih akurat sehingga keputusan yang diambil oleh dokter juga lebih baik.

  1. Membantu Proses Biopsi

USG 4 dimensi juga sangat penting untuk dokter saat melakukan biopsi. Biopsi adalah prosedur medis yang biasanya dilakukan untuk mengetahui jenis tumor sehingga bisa menentukan langkah pengobatan yang lebih baik. USG 4 dimensi bisa membantu biopsi lebih tepat sasaran terutama untuk pemeriksaan tumor payudara, prostat, hati, ginjal dan beberapa jenis tumor yang lain.

Hal Penting Sebelum Melakukan USG 4 Dimensi

  • USG 4 dimensi adalah jenis USG yang paling canggih dari semua jenis USG versi sebelumnya. Keputusan untuk melakukan USG 4 dimensi atau tidak sebenarnya bisa dilihat dari keuntungan bagi janin, ibu hamil atau pasien selain kehamilan.
  • USG 4 dimensi memang bisa didapatkan di rumah sakit tertentu yang memang memberikan layanan ini. Namun jenis USG 4 dimensi tidak diharuskan bagi semua pasien. Anda bisa mempertimbangkan biaya yang dibutuhkan untuk melakukan USG ini. USG 4 dimensi masih dikatakan mahal sehingga tidak semua orang bisa melakukan jenis USG ini.
  • USG 4 dimensi menjadi salah satu tren yang banyak diikuti karena pengaruh media sosial yang sangat kuat. Namun pertimbangkan bahwa hasil dari USG 4 dimensi adalah untuk kepentingan medis sehingga lebih baik bukan untuk kepentingan umum atau dibagikan ke dalam media sosial.
  • USG 4 dimensi sama dengan jenis USG yang lain meskipun teknologi yang digunakan memang lebih canggih. USG 4 dimensi adalah jenis USG yang sangat aman dan tidak akan menimbulkan efek resiko seperti yang banyak dikhawatirkan. Sehingga bagi siapa saja yang ingin melakukan USG 4 dimensi maka ini adalah pemeriksaan yang sangat aman.
  • Rasa panas yang ditimbulkan oleh alat USG 4 dimensi sebenarnya bukan efek samping alat tersebut. Hal ini disebabkan karena ada gesekan antara frekuensi suara yang ditimbulkan yang bergesekan dengan kulit. Jadi USG 4 dimensi sangat aman untuk semua orang.

USG 4 dimensi memang termasuk USG yang sangat canggih. Anda bisa memutuskan untuk melakukan USG ini atau tidak terutama untuk kasus kehamilan. Sedangkan untuk kepentingan lain biasanya berdasarkan rujukan dari dokter.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Wednesday 02nd, March 2016 / 09:02 Oleh :
Kategori : Kehamilan