Sponsors Link

24 Cara Mencegah Keputihan Pada Wanita Secara Alami dan Mudah

Sponsors Link

Keputihan telah menjadi masalah semua wanita didunia dan sama sekali tidak terpengaruh oleh etnis. Keputihan adalah sebuah cairan tipis atau tebal, berwarna putih atau kekuningan dan keluar dari bagian vagina. Hal ini tentu tidak menyenangkan sebab akan membuat daerah intim menjadi tidak nyaman. Keputihan bisa terjadi menjelang menstruasi sebagai ciri menstruasi akan datang, setelah menstruasi atau terkadang pada ibu hamil (baca:bahaya keputihan bagi ibu hamil). Ada banyak penyebab keputihan termasuk cedera pada vagina, infeksi pada vagina yang disebabkan oleh bakteri, infeksi jamur, tingkat estrogen yang tinggi dan adanya penyakit wanita seperti kista, kista ovariumtanda-tanda miom atau gejala endometriosis.

ads

Mengingat ada banyak penyebab keputihan, maka sebenarnya Anda bisa mencegah keputihan secara alami dan mudah. Berikut ini tips untuk cara mencegah keputihan:

  1. Mengobati keputihan hingga tuntas

Sangat jarang ada wanita yang benar-benar tidak pernah menderita keputihan. Umumnya ini masalah yang sangat sering terjadi menjelang menstruasi atau setelah menstruasi. Ketika Anda terkena keputihan maka penting untuk menyembuhkan hingga benar-benar tuntas. Anda bisa menggunakan obat keputihan yang telah diresepkan oleh dokter. Jika keputihan disebabkan oleh infeksi bakteri atau virus, maka terapi obat atau antibiotik harus dilakukan hingga sembuh. Cara ini bisa mencegah keputihan berulang. (baca: cara mengatasi keputihan gatal)

  1. Jangan menggunakan cairan pembersih atau penstabil pH vagina

Ada banyak merek cairan atau obat untuk membersihkan, membuat wangi atau menstabilkan pH alami vagina. Namun semua obat ini tentu terbuat dari berbagai bahan kimia yang bisa menyebabkan masalah baru yaitu keputihan yang lebih berat. Obat atau cairan untuk menstabilkan pH umumnya tidak bisa bekerja dengan baik. Justru bisa menyebabkan keputihan yang berat. Jadi lebih baik untuk tidak menggunakan obat apapun untuk organ vagina. Anda bisa mencoba menggunakan bahan tradisional dengan manfaat daun sirih bagi wanita. Bahan pembersih vagina juga tidak boleh dilakukan saat menstruasi karena termasuk pantangan saat haid.

  1. Jangan menggunakan minyak atau bahan pelumas saat berhubungan intim

Menggunakan minyak atau pelumas khusus untuk membantu vagina lebih lentur saat berhubungan intim, ternyata bisa menyebabkan keputihan. Minyak atau bahan pelumas ini bisa menyebabkan pertumbuhan bakteri atau virus yang lebih cepat pada vagina. Akibatnya keputihan menjadi lebih berat. Jadi bagi suami istri, sebaiknya menjalani hubungan intim yang normal tanpa bantuan minyak atau pelumas. Selain itu suami istri harus sadar dengan bahaya berhubungan intim saat haid yang bisa memicu keputihan lebih berat. (baca: ibu hamil muda melakukan hubungan suami istri)

  1. Hindari kontak vagina dengan bahan kimia

Untuk mencehah keputihan sebaiknya Anda juga perlu melindungi area intim ini. Saat mandi atau melakukan aktifitas pribadi yang lain maka jaga agar area vagina tidak terkena kontaminasi dari sabun, minyak wangi, pelembab atau pewangi tubuh lain. Bahkan ketika Anda ingin berendam dalam bath-up. Bahan kimia yang mengenai organ intim bisa menyebabkan keputihan, karena bahan kimia ini merusak pH alami dan merangsang pertumbuhan bakteri atau virus penyebab keputihan. Bahan kimia di kolam renang juga harus dihindari karena bisa menyebabkan keputihan, termasuk untuk ibu hamil. (baca: berenang saat hamil)

  1. Bersihkan organ intim dengan tepat

Menjaga kebersihan organ intim menjadi kunci utama untuk mencegah keputihan. Tips untuk membersihkan organ intim adalah, selalu mencuci organ intim dari area depan ke belakang, bukan berlawanan. Cara ini juga penting diterapkan setelah buang air besar. Jika gerakan terbalik maka bisa saja kotoran dari bagian rektum masuk ke vagina dan menyebabkan keputihan. Selain itu jangan membersihkan vagina dengan tissu atau kain terlalu dalam, sebab ini bisa menyebabkan kontaminasi bakteri pada bagian dalam.

  1. Tidak berhubungan intim saat keputihan

Wanita yang sedang mengalami keputihan sebaiknya juga tidak berhubungan intim. Anda harus menunggu hingga keputihan benar-benar sembuh. Efek berhubungan intim ketika keputihan bisa menyebabkan keputihan yang lebih parah dan resiko infeksi yang menyebar ke area panggul yang lebih dalam. Hal ini tentu menakutkan karena bisa menyebabkan penyakit yang berbahaya untuk rahim dan organ lain. Jadi sembuhkan keputihan sebelum berhubungan intim.

  1. Jangan menggaruk area peradangan pada organ intim

Keputihan sering menyebabkan rasa gatal dan tidak nyaman. Untuk wanita yang terkena keputihan maka sebaiknya menghindari menggaruk atau menggosok area ini. Menggaruk atau menggosok area yang mengalami peradangan dan infeksi bisa menyebabkan keputihan yang parah. Selain itu juga bisa meningkatkan resiko infeksi bakteri atau virus dari tangan secara langsung.

ads
  1. Hindari memakai pakaian ketat

Cara lain untuk mencegah keputihan adalah tidak menggunakan pakaian yang ketat pada area bawah. Pakaian yang ketat bisa menyebabkan rasa tidak nyaman pada rongga panggul dan daerah vagina. Ketika pakaian terlalu ketat maka tidak ada udara yang berada diarea intim dan ini menyebabkan resiko infeksi bakteri atau virus. Selain itu pakaian yang ketat bisa meningkatkan tekanan pada rahim yang bisa menyebabkan kerusakan fungsi rahim. Menghindari pakaian ketat juga penting dilakukan oleh ibu hamil karena termasuk larangan ibu hamil, cara mencegah keguguran dan cara menjaga kehamilan agar tetap sehat.

  1. Sering ganti pembalut saat menstruasi

Menjaga kebersihan organ intim saat menstruasi memang sangat penting. Ketika Anda menstruasi maka ada banyak bakteri dan virus yang akan senang dengan lingkungan vagina. Untuk mencegah resiko infeksi yang bisa menyebabkan keputihan panjang setelah menstruasi, maka ganti pembalut sesering mungkin. Anda bisa menggantinya setiap dua jam sekali atau kurang dari waktu ini. Semua bisa ditentukan sesuai kenyamanan Anda. Selain itu lebih baik jika menggunakan bahan pembalut yang aman untuk organ intim seperti pembalut dengan bahan kapas dan tidak mengandung bahan pemutih. Perhatikan berbagai ciri ciri pembalut berbahaya yang bisa memicu keputihan.

  1. Cukup minum air putih

Minum air putih menjadi rahasia alami untuk cara mencegah keputihan. Air putih bisa membantu Anda membuang racun secara alami dari tubuh. Selain itu air putih juga dibutuhkan oleh tubuh untuk proses metabolisme. Air putih yang cukup akan mencegah keputihan karena membuang resiko infeksi bakteri atau virus. Bahkan air putih juga membantu tubuh Anda mendapatkan keseimbangan hormon estrogen dan progesteron sehingga membantu tingkat kesuburan secara alami.

Baca: manfaat air putih bagi ibu hamil – akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil

  1. Konsumsi yogurt secara rutin

Mengkonsumsi yogurt secara rutin juga bisa membantu mencegah keputihan. Yogurt adalah makanan yang bisa mencegah infeksi bakteri dan virus yang sering menyebabkan keputihan. Bahkan yogurt sangat baik untuk mencegah infeksi jamur pada vagina. Yogurt mengandung Lactobacillus yang bisa mencegah infeksi bakteri dan virus yang menyerang vagina dari dalam tubuh. Selain itu yogurt sangat baik untuk mencegah infeksi ragi atau jamur candida yang senang dengan lingkungan vagina yang lembab. Jadi pastikan Anda bisa mengkonsumsi setidaknya satu cangkir yogurt setiap hari. Selain itu menjaga asupan makanan yang sehat dan menghindari semua makanan penyebab keputihan maka hasilnya akan lebih efektif.

Baca: manfaat yoghurt untuk ibu menyusui – manfaat yoghurt untuk ibu hamil

  1. Sering ganti pakaian dalam dan pakaian luar

Untuk menjaga kebersihan alami lingkungan organ intim maka disarankan untuk sering berganti pakaian dalam dan pakaian luar. Cara ini bisa mencegah infeksi bakteri, virus maupun jamur dari pakaian Anda. Setidaknya wanita perlu mengganti celana dalam antara 2 sampai 3 kali dalam sehari. Terlebih ketika celana dalam sudah lembab, basah atau berkeringat maka harus segera diganti. Dan pastikan bahan celana dalam terbuat dari bahan yang nyaman seperti kain katun. Memilih bahan celana yang terbuat dari sintetis dan mengandung banyak pewarna kain justru akan membuat keputihan lebih parah.

  1. Memaparkan bagian intim dengan udara

Salah satu cara alami untuk mencegah keputihan adalah dengan memaparkan bagian organ intim dengan udara. Tentu saja Anda bisa melakukan hal ini selama di rumah atau ditempat yang nyaman seperti di kamar tidur. Sesekali jangan menggunakan pakaian dalam saat malam hari yang membuat organ intim lebih nyaman, terkena banyak udara dan tidak lembab. Selain itu terapi ini juga memberikan efek yang ringan untuk wanita yang sedang terkena keputihan ringan.

  1. Hindari konsumsi makanan berminyak

Untuk mencegah keputihan maka penting untuk mempertimbangkan faktor nutrisi. Cara untuk mencegah keputihan adalah dengan menghindari atau membatasi konsumsi makanan yang digoreng. Makanan yang digoreng mengandung lemak jenuh dari minyak sawit atau minyak jenuh lain. Kemudian efek makanan ini akan meningkatkan estrogen dalam tubuh yang memicu keputihan. Selain itu makanan berminyak juga bisa membuat memicu tumbuhnya bakteri dan virus dalam organ intim.

Baca: ibu hamil makan gorengan – bahaya makan gorengan bagi ibu hamil – bahaya snack bagi ibu hamil janin anak dan balita

  1. Hindari minuman kafein, alkohol dan minuman berkarbonasi

Berbagai jenis minuman bisa menyebabkan efek yang buruk untuk keseimbangan hormon. Beberapa diantaranya adalah seperti minuman yang mengandung kafein seperti kopi, teh, dan coklat, minuman beralkohol dan minuman yang mengandung karbon. Semua minuman ini akan meningkatkan estrogen dalam tubuh yang menyebabkan keputihan dari dalam. Bahkan semua minuman ini bisa meningkatkan efek untuk organ reproduksi seperti menyebabkan penyakit miom dan kista ovarium.

  1. Melakukan latihan secara rutin

Cara lain untuk mencegah keputihan adalah dengan melakukan olahraga secara rutin. Berbagai jenis olahraga yang baik untuk mencegah keputihan adalah seperti senam, yoga, jalan kaki dan berbagai olahraga ringan lain. Jika Anda ingin berenang maka pastikan bahwa air di kolam renang tersebut bersih dan tidak terkontaminasi bakteri. Tapi hal ini sangat sulit dilakukan di kolam renang umum, jadi lebih baik untuk berenang di kolam pribadi atau memilih kolam renang dengan manajemen yang baik. (baca: nge gym saat haid)

  1. Konsumsi bawang putih

Bawang putih adalah bumbu rahasia untuk mencegah keputihan. Anda bisa memasukkan beberapa  bawang putih dalam masakan Anda untuk mencegah keputihan. Bawang putih mengandung senyawa alisin yang bisa melawan efek pertumbuhan jamur termasuk jamur penyebab keputihan. Selain itu ternyata bawang putih sangat baik untuk menyeimbangkan pH alami dalam vagina, mengeluarkan racun dari dalam tubuh, serta membuat hormon lebih seimbang. Jadi jangan ragu lagi untuk makan bawang putih dalam sayuran Anda. Bawang putih juga bermanfaat untuk mengatasi batuk saat hamil, makanan sehat untuk penderita kista dan cara memperbanyak ASI untuk ibu menyusui.

Sponsors Link

  1. Kelola stres atau tekanan berlebihan

Salah satu penyebab keputihan adalah stres dan tekanan yang berat pada pikiran Anda. Stres bisa mempengaruhi masalah penting untuk tubuh seperti keseimbangan pH dalam vagina, infeksi bakteri dari virus atau bakteri, menurunkan sistem kekebalan tubuh serta membuat masalah untuk hormon. Stres bisa meningkatkan estrogen yang akan membuat keputihan menjadi lebih berat. Jadi lebih baik mengelola stres dengan cara bepergian ke tempat yang disukai, bertemu teman, cuti dari pekerjaan dan melakukan berbagai hal yang menyenangkan. Stres ternyata juga bisa menjadi penyebab kemandulan untuk wanita.

  1. Kurangi konsumsi gula dan makanan manis

Keputihan bisa disebabkan oleh tingginya kadar gula dalam tubuh seperti pada penderita penyakit diabetes. Untuk mencegah keputihan maka Anda juga harus mengurangi konsumsi gula, semua makanan manis dan semua makanan yang mengandung gula pemanis. Tingkat gula darah yang normal bisa membantu menghilangkan keputihan dengan cepat dan bisa mencegah keputihan berulang. Selain itu gaya hidup ini juga sangat baik untuk mencegah terjadinya penyakit diabetes, resiko stroke dan penyakit jantung. Tentu saja ini akan meningkatkan kualitas hidup Anda.

Baca: bahaya pemanis buatan bagi janin dan ibu hamil – bahaya pemanis buatan bagi ibu hamil

  1. Konsumsi biji-bijian dan kacang-kacangan

Kebiasaan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak pati dan zat putih memang menjadi kebiasaan orang Indonesia. Beberapa makanan putih utama seperti nasi putih, roti, kue dan pasta sering menjadi makanan pokok. Semua jenis makanan ini mengandung indek glikemik yang tinggi sehingga meningkatkan estrogen dalam tubuh. Jadi untuk mencegah keputihan maka perbanyak mengkonsumsi lentil, kacang-kacangan seperti almond,kacang mete, kacang tanah, kacang hijau dan berbagai jenis sumber biji-bijian lain.

  1. Jangan merokok atau terkena kontaminasi asap rokok.

Merokok atau terkena asap rokok juga bisa meningkatkan resiko keputihan. Wanita sebaiknya tidak merokok atau terkena kontaminasi asap rokok. Rokok mengandung bahan berbahaya seperti nikotin dan residu lain yang bisa masuk ke tubuh dan terbawa dalam aliran darah. Efek jangka panjang bisa menyebabkan masalah hormon yang memicu keputihan. Bahkan juga bisa menyebabkan penyakit seperti miom, kista, kanker ovarium dan infeksi lain yang sering ditandai dengan keputihan jangka panjang.

  1. Biasakan konsumsi makanan berserat setiap hari

Cara mencegah keputihan lainnya adalah dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung serat dan kombinasi makanan berprotein tinggi. Makanan yang mengandung serat tinggi bisa membantu membersihkan estrogen berlebihan dalam tubuh. Sementara protein tinggi adalah nutrisi yang akan membantu menghilangkan kebutuhan lemak berlebihan dalam tubuh. Efek makanan berserat juga sangat baik untuk membantu menghilangkan sembelit dan lemak. Kebiasaan mengkonsumsi makanan berserat juga penting untuk ibu hamil karena bisa mencegah wasir saat hamil atau bahaya ambeien untuk ibu hamil.

  1. Biasakan makan 2 sampai 3 jam sebelum tidur malam

Mengatur waktu makan malam sangat penting untuk mencegah terjadinya keputihan. Hal ini sangat penting untuk wanita yang masuk masa usia subur dan semua usia. Makan setidaknya 2 sampai 3 jam sebelum tidur bisa membantu tubuh melakukan metabolisme dengan baik. Bahkan efeknya juga bisa mencegah diabetes karena tidak ada kenaikan kadar gula dalam tubuh. Semua makanan sudah diserap oleh tubuh sementara waktu Anda tidur maka tubuh berproses alami untuk membuang semua racun termasuk racun dari makanan.

Baca:  bahaya diabetes saat hamil – bahaya obesitas bagi ibu hamil

  1. Cukup tidur

Cukup tidur dan istirahat bisa membantu Anda untuk mencegah keputihan. Hal ini terjadi ketika Anda memiliki waktu tidur yang cukup maka hormon bekerja seimbang dalam tubuh. Saat Anda tidur maka tubuh juga membuang semua racun dan bahkan bisa membuat otak serta tubuh istirahat secara bersamaan. Jadi jaga waktu tidur yang cukup agar tidak terkena keputihan.

Baca: bahaya begadang bagi ibu hamil – ibu hamil begadang – bahaya tidur pagi bagi ibu hamil

Jadi keputihan yang sering terjadi pada wanita ternyata bisa dicegah secara alami dan tidak membutuhkan obat apapun. Mulai sekarang Anda bisa mencoba semua gaya hidup sehat ini agar tidak terkena keputihan.

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , , , ,
Post Date: Tuesday 06th, September 2016 / 05:37 Oleh :
Kategori : Kewanitaan