Sponsors Link
     Sponsors Link

18 Cara Mengatasi Keputihan Gatal Paling Alami dan Ampuh

advertisement

Keputihan menjadi salah satu masalah wanita yang paling sering terjadi. Pada dasarnya keputihan bisa terjadi kapan saja. Dan paling sering terjadi dengan beberapa pengaruh seperti kehamilan (baca: bahaya keputihan bagi ibu hamil), tanda tanda kehamilan awal, pengaruh hormon, ciri menstruasi akan datang, tanda menopause, ciri anak mau menstruasi pertama dan infeksi akibat bakteri atau virus. Apapun penyebab keputihan ini maka bisa menjadi pertanda yang serius dari penyakit tertentu seperti kista, kista ovarium dan bahkan kanker ovarium. Dengan melihat semua gejala keputihan maka penting untuk menemukan cara yang bisa mengatasi keputihan. Infeksi jamur sering menyebabkan keputihan yang akan terasa gatal pada bagian vagina. Karena itu pasangan harus menjauhi bahaya berhubungan intim saat haid

Berikut ini adalah beberapa cara mengatasi keputihan gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur.

  1. Lakukan diet yang sehat untuk tubuh

Perawatan keputihan yang menyebabkan rasa gatal bisa dimulai dengan merubah pola diet. Konsumsi berbagai jenis makanan yang tidak sehat bisa menyebabkan perkembangan bakteri pada bagian vagina. Sementara mengkonsumsi makanan yang sehat akan meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga infeksi dari bakteri bisa dilawan dengan baik. Beberapa jenis makanan yang disarankan seperti sayuran hijau, biji-bijian, kacang-kacangan, ikan sehat, daging unggas dan daging sapi. Hindari semua lemak yang bisa menyebabkan keputihan menjadi lebih buruk. Selain itu jangan mengkonsumsi makanan penyebab keputihan yang bisa membuat keputihan menjadi lebih parah. (baca juga: makanan sehat untuk penderita kista – makanan untuk penyubur kandungan)

Beberapa makanan yang sangat baik untuk mencegah infeksi bakteri penyebab keputihan, seperti:

  • Kentang
  • Ubi
  • Alpukat
  • Flaxseed
  • Lemon
  • Yogurt
  • Jus jeruk
  • Kale
  • Bayam
  • Edamame
  1. Kurangi gula

Jika Anda memiliki kebiasaan mengkonsumsi makanan dan minuman yang mengandung gula, maka kurangi kebiasaan buruk ini. Kandungan gula yang tinggi bisa menyebabkan peningkatan berat badan dan juga memancing perkembangan bakteri yang tinggal dalam lingkungan vagina. Selain itu wanita yang keputihan sebaiknya juga tidak mengkonsumsi kafein dari kopi, minuman bersoda, teh atau coklat secara berlebihan. Makanan fermentasi dan mengandung karbohidrat tinggi juga sebaiknya tidak dikonsumsi berlebihan.

  1. Minum cukup air putih

Air putih sangat baik untuk menjaga agar keputihan yang menyebabkan gatal tidak menjadi lebih parah. Air bisa membuat semua organ tubuh bekerja dengan baik, terutama semua otot dan sistem hormon dalam tubuh. Selain itu air juga membantu semua bagian tubuh yang memiliki selaput lendir seperti vagina bisa mendapatkan cairan yang cukup. Minum setidaknya delapan gelas perhari sudah bisa membuat keputihan berkurang.

Baca juga: bahaya pemberian air putih pada bayi usia 0-6 bulan – akibat kekurangan minum air putih bagi ibu hamil – manfaat air putih bagi ibu hamil

ads
  1. Hindari berbagai handuk dan perlengkapan pribadi

Keputihan juga harus diperhatikan dari sisi kebersihan tubuh. Salah satunya adalah pakaian dan handuk yang dipakai sehari-hari. Jangan sampai berbagi handuk atau pakaian dengan orang lain, termasuk pasangan. Berbagi pakaian dan handuk bisa meningkatkan potensi penularan bakteri sehingga keputihan menjadi lebih parah. Selain itu jangan lupa untuk mencuci tangan sesering mungkin agar tidak terkena kontaminasi.

  1. Jangan menggunakan sabun wangi

Jika Anda sedang keputihan maka jangan menggunakan produk sabun wangi untuk membersihan vagina. Sabun wangi mengandung bahan kimia yang bisa merusak pH alami dalam lingkungan vagina dan justru meningkatkan aktifitas bakteri. Karena itu lebih baik membersihkan vagina dengan air netral yang tidak mengandung bahan kimia apapun. Jika Anda memiliki daun sirih, maka Anda bisa membuat pembersih vagina dari bahan ini. (baca juga: manfaat daun sirih bagi wanita)

  1. Olahraga

Olahraga juga sangat penting untuk membantu mengurangi keputihan yang berat. Aktifitas bakteri dalam vagina bisa ditekan dengan meningkatkan kesehatan tubuh, salah satunya dengan cara olahraga. Anda bisa mencoba untuk melakukan olahraga sebanyak dua atau tiga kali dalam sehari. Pilih jenis olahraga yang ringan seperti jalan kaki atau sekedar berlari ringan. Jika bisa maka jangan berenang saat terkena keputihan karena aktifitas bakteri bisa meningkat dan keputihan bisa lebih parah. (baca: nge gym saat haid)

  1. Jangan stres

Stres dan perasaan depresi juga menyebabkan keputihan menjadi lebih parah. Pengaruhnya bisa terjadi secara langsung dari dalam tubuh kemudian aktifitas bakteri, virus atau jamur yang sudah berkembang menjadi lebih cepat. Jadi lebih baik fokus untuk menyembuhkan keputihan dan menghindari semua sumber penyebab stres atau depresi. Anda bisa melakukan yoga, latihan ringan atau sekedar relaksasi. Pengaruh stres juga bisa terjadi pada ibu hamil karena kondisi stres saat hamil yang lebih rentan. Karena itu ibu hamil yang keputihan akibat stres bisa mencoba cara menghilangkan stres saat hamil agar tidak terkena bahaya banyak pikiran untuk ibu hamil.

  1. Jaga kebersihan vagina

Bagaimanapun jika sedang keputihan maka kebersihan vagina harus dijaga dengan baik. Caranya adalah dengan mencuci sesering mungkin menggunakan air dingin. Gunakan air dingin yang memang sudah bersih dan cuci dari bagian belakang ke depan. Termasuk ketika setelah buang air besar dan buang air kecil. Cara ini bisa mengurangi aktifitas bakteri dan mencegah infeksi dari bakteri yang berasal dari bagian tubuh yang lain. Kebersihan vagina juga harus tetap dijaga saat haid dengan menjauhi pantangan saat haid.

  1. Jaga kebersihan pakaian

Ketika sedang keputihan maka juga harus menjaga kebersihan pakaian Anda. Hindari menggunakan pakaian secara berulang lebih dari 8 jam, baik untuk pakaian dalam maupun pakaian luar. Jika perlu maka cuci pakaian dalam menggunakan air panas dan jemur dibawah sinar matahari. Air panas bisa membantu membunuh semua bakteri yang mungkin telah tinggal pada pakaian Anda. Ganti pakaian dalam sesering mungkin jika terasa basah atau lembab.

  1. Makan yogurt

Bakteri yang menyebabkan keputihan bisa terjadi akibat lingkungan tubuh yang tidak seimbang. Untuk mengatasi masalah ini maka Anda bisa mulai mengkonsumsi yogurt setiap pagi dan sore. Kandungan Lactobacillus acidophilus dalam yogurt bisa membantu keseimbangan pH dalam bagian vagina secara alami. Selain yogurt Anda juga bisa mengkonsumsi kefir atau susu fermentasi yang menggunakan jenis  bakteri tersebut. Namun perhatikan untuk tidak memilih yogurt yang mengandung pemanis buatan. Yogurt juga sangat baik untuk ibu hamil karena menjadi makanan penguat kandungan dan ada beberapa manfaat yogurt untuk ibu hamil.

  1. Hindari celana ketat

Saat keputihan maka juga jangan menggunakan celana yang ketat baik untuk pakaian dalam maupun pakaian luar. Pakaian yang terlalu ketat bisa menyebabkan masalah keputihan menjadi lebih buruk dan perkembangan bakteri menjadi lebih cepat. Sementara pakaian yang ringan bisa membuat lingkungan  vagina tidak lembab, kering dan nyaman. Lebih baik jika sementara menggunakan pakaian dengan bahan katun yang ringan daripada bahan denim atau jeans.

  1. Konsumsi bawang putih

Salah satu bumbu alami yang baik untuk cara mengatasi keputihan gatal adalah bawang putih. Bawang putih mengandung khasiat untuk melawan bakteri dengan kandungan antibiotik dan anti-peradangan yang sangat alami. Bawang putih bisa ditambahkan ke dalam sayuran sebagai bumbu atau minum air rebusan bawang putih setiap hari. Konsumsi bawang putih juga baik untuk kesehatan karena menjadi cara mengobati miom secara alami.

Sponsors Link

  1. Makan pisang dan madu

Makan pisang dan madu setiap pagi bisa membantu menjaga kesehatan vagina dan mencegah keputihan berlebihan yang menyebabkan gatal. Pisang mengandung kalium yang cukup tinggi. Kalium bisa membantu efek garam dalam tubuh sehingga mengatur aliran darah pada sistem reproduksi. Cara ini juga akan membantu memerangi bakteri yang tinggal dalam vagina dan bahkan membantu keseimbangan hormon tubuh. (baca juga:  manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil)

  1. Minum jus delima

Delima menjadi buah yang bisa membantu memerangi keputihan dan menjaga keseimbangan hormon tubuh. Buah delima mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan juga antioksidan alami yang bisa mencegah efek kerja bakteri dalam tubuh. Anda bisa mencoba minum jus delima setiap pagi atau siang hari. Perawatan keputihan pada jaman dahulu  bahkan menggunakan daun delima yang direbus dengan lada hitam. Kemudian setelah mendidih disaring dan airnya diminum satu atau dua kali sehari. (baca juga: manfaat buah delima bagi ibu hamil)

  1. Minum jus cranberry

Buah crannbery mungkin bukan buah yang mudah ditemukan di Indonesia. Namun buah ini sangat baik untuk mencegah infeksi pada saluran reproduksi dan saluran kemih yang sering terjadi pada wanita. Kandungan rasa asam yang cukup tinggi bisa merusak aktifitas bakteri dan kemudian menghasilkan senyawa yang memerangi masalah pada saluran reproduksi. Anda bisa mencoba untuk minum jus cranberry dengan tambahan madu. Namun selama perawatan ini maka hindari alkohol atau konsumsi minuman mengandung kafein. Jus cranberry juga termasuk makanan sehat sebagai makanan untuk mencegah bayi cacat pada ibu hamil.

  1. Makan sayur bayam

Bayam adalah sayuran hijau yang mengandung magnesium dalam jumlah yang cukup tinggi. Kandungan magnesium sangat baik untuk mengurangi peradangan dan infeksi yang terjadi pada bagian organ reproduksi dan juga vagina. Bahkan mengkonsumsi sayuran bayam setiap hari bisa membantu kesehatan tubuh secara alami. (baca juga: manfaat bayam bagi ibu hamil)

  1. Konsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi

Semua wanita yang sedang terkena keputihan sebaiknya mengkonsumsi makanan yang mengandung vitamin C tinggi. Vitamin C sangat baik untuk melawan efek bakteri dan bahkan bisa mencegah keputihan yang buruk akibat kelelahan, stres dan keseimbangan hormon yang buruk. Beberapa makanan yang mengandung vitamin C dan disarankan seperti paprika, stroberi, pisang dan jenis buah lain berwarna kuning. (baca juga:  Vitamin C untuk ibu hamil)

  1. Minum jus jeruk

Jika sedang keputihan maka cobalah untuk minum jus jeruk setiap hari. Kandungan flavonoid dalam buah jeruk bisa membantu menurunkan resiko aktifitas bakteri yang buruk penyebab keputihan. Bahkan minum jus jeruk setiap hari juga bisa mengurangi resiko kanker ovarium dan kista. Cara terbaik minum jus jeruk adalah dengan dengan membuat jus jeruk alami dari air dalam serat dan bulir jeruk tanpa menambahkan gula.(baca juga:  manfaat jeruk untuk ibu hamil)

Jadi sebenarnya cara mengatasi keputihan gatal akibat bakteri bisa dilakukan secara alami. Namun jika telah melakukan perawatan dan keputihan tidak membaik, maka segera temui dokter kandungan. Keputihan lama dan terus menerus bisa menjadi gejala penyakit serius dalam organ reproduksi.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Thursday 25th, August 2016 / 08:11 Oleh :
Kategori : Kewanitaan