Sponsors Link

5 Bahaya Minum Es Saat Haid Bagi Kesehatan Wanita

Sponsors Link

Menstruasi atau haid adalah siklus bulanan yang selalu dialami oleh wanita yang sudah dewasa atau sudah mendapatkan haid pertamanya. Saat menstruasi maka tubuh memberikan beberapa reaksi sebagai hasil dari perubahan hormon estrogen dan progesteron.

ads

Beberapa keluhan yang paling sering dirasakan oleh wanita adalah seperti lemah, tubuh yang terasa sangat lelah, kram perut, kaki gelisah, sakit perut, sakit kepala dan beberapa gejala lain yang menyebabkan tubuh tidak nyaman. Saat menstruasi maka wanita sering ingin makan dan minum beberapa jenis makanan. Namun ternyata salah satu hal yang harus dihindari adalah es. Semua wanita pasti akan menjauhi es sedang menstruasi.

Apa Bahaya Minum Es saat Haid?

Ada beberapa alasan yang menyebabkan wanita lebih baik tidak minum es saat sedang haid. Berikut ini adalah beberapa fakta ilmiah mengapa es bisa memperburuk kesehatan tubuh saat sedang menstruasi.

  1. Menghentikan Kontraksi Rahim

Sebuah penelitian yang dikembangkan di China membuktikan bahwa minum es saat haid bisa menyebabkan kontraksi rahim berhenti. Saat Anda sedang haid maka rahim terus melakukan gerakan kontraksi untuk melepaskan semua darah dari dinding rahim. Ketika Anda minum es dan rahim tidak bekerja maka menyebabkan ada darah yang terus membeku dalam rahim. Hal ini ditandai dengan pendarahan yang berhenti lebih cepat namun darah tidak bersih.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan Potensi Kram

Rasa kram paling sering terjadi pada saat haid. Kram sering ditandai dengan nyeri yang parah dibagian perut bawah. Hal ini sebenarnya adalah reaksi yang normal karena rahim melakukan kontraksi yang sangat kuat untuk meluruhkan semua darah. Tapi minum es bisa membuat gerakan rahim lebih cepat berhenti dan semua bagian darah di rahim tidak bisa keluar. Jika hal ini terus terjadi maka rasa kram akan lebih sakit dan sering muncul pada periode selanjutnya, karena rahim harus bekerja semakin kuat untuk membersihkan darah yang sudah terlanjur membeku.

  1. Menyebabkan Peradangan

Jika Anda minum es atau es krim selama haid maka bisa membuat kondisi peradangan menjadi lebih parah. Hal ini disebabkan karena es krim atau es bisa menyebabkan meningkatnya proses pelepasan prostaglandin. Jika terlalu banyak prostaglandin yang keluar maka peradangan dan kram akan menjadi lebih parah. Selain itu semua jenis es yang terbuat atau mengandung bahan susu sebaiknya juga dihindari karena bisa meningkatkan serangan kram yang lebih parah. Bahkan bisa menyebabkan perut kembung dan tubuh menjadi lebih lemah.

Baca : Manfaat daun sirih bagi wanita

  1. Membuat Tubuh Menjadi Lebih Gemuk

Saat periode menstruasi maka tubuh wanita sebenarnya mengalami banyak perubahan. Ketika minum es saat menstruasi maka bisa menyebabkan penumpukan lemak yang parah dibagian perut. Lemak ini akan merusak penampilan dan membuat Anda menjadi tidak percaya diri. Es memiliki suhu yang dingin dan tubuh kita pada dasarnya memiliki suhu kamar atau panas. Jika ada banyak suhu dingin yang masuk ke tubuh maka bisa memperlambat proses metabolisme. Lampung akan menampung semua cairan dingin dari es yang masuk ke perut dan semakin lama atau semakin sering maka bisa menyebabkan lemak perut menumpuk.

Sponsors Link

  1. Meningkatkan Resiko Tulang Rapuh

Wanita memiliki hubungan yang sangat erat antara menstruasi dan masalah kesehatan tulang. Ketika wanita minum es saat menstruasi maka bisa menurunkan kemampuan tubuh untuk menyerap kalsium. Wanita paling tidak membutuhkan kalsium dengan jumlah minimal 800 mg per hari, dan jumlah itu tidak bisa dipenuhi jika terlalu banyak minum es. Penyerapan kalsium yang rendah saat menstruasi juga sering menyebabkan nyeri haid dan kram yang parah. Selain itu karena tubuh tidak mampu menyerap kalsium sesuai kebutuhan maka ada resiko penyakit tulang rapuh.

Makanan yang Perlu Dihindari Saat Menstruasi

Saat menstruasi wanita harus memilih makanan dan minuman dengan baik. Selain es, berikut ini adalah jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari atau dikurangi saat sedang menstruasi.

  1. Makanan yang bersumber dari biji-bijian seperti gandum sebaiknya dihindari karena bisa menyebabkan gangguan pada kadar gula darah.
  2. Hindari semua jenis minuman yang mengandung kafein seperti kopi dan teh yang bisa menyebabkan aliran darah tidak lancar dan menganggu siklus menstruasi selanjutnya, memperparah nyeri haid dan merusak kondisi perasaan.
  3. Hindari semua jenis makanan yang mengandung lemak trans seperti semua makanan yang digoreng dan lemak pada daging merah karena bisa memperparah peradangan.
  4. Hindari semua jenis makanan yang dihasilkan dari susu karena bisa menyebabkan nyeri dan kram menstruasi menjadi lebih parah.
  5. Hindari semua jenis makanan dan minuman yang mengandung bahan pemanis karena bisa meningkatkan lepasnya prostaglandin yang bisa menyebabkan Anda merasa sangat sakit saat haid.
  6. Hindari minuman yang mengandung alkohol karena akan sangat buruk untuk sistem reproduksi dan merubah sistem yang normal dalam tubuh termasuk merusak keseimbangan hormon.

Jadi ketika Anda sedang haid, maka pilih makanan yang bisa membuat menstruasi Anda menjadi lancar dan menghindari semua jenis makanan dan minuman yang bisa menyebabkan rasa sakit. Ini adalah cara-cara yang sangat alami untuk mengendalikan keluhan semua perempuan saat menstruasi.

Baca : Makanan sehat untuk ibu hamil & Bahaya Kista

Sponsors Link

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Sunday 30th, August 2015 / 12:11 Oleh :
Kategori : Haid