17 Penyebab Wanita Telat Datang Bulan Selain Hamil

Sebagai wanita pasti akan  mengalami yang namanya datang bulan, menstruasi atau haid. Namun, datangnya haid pertama dari setiap wanita pastinya berbeda-beda, beberapa mungkin akan mengalami haid pertama saat memasuki sekolah menengah pertama atau SMP dan sebagian wanita baru akan mengalami haid diakhir SMP. Perbadaan ini dikarenakan jenis hormon yang berbeda-beda. Akan tetapi, tiap wanita pasti akan selalu mengalami masalah ketika datang bulan, salah satunya terlambat haid. Walaupun terlihat sepele, namun sebaiknya jangan terlelau meremehkan hal ini.

Baca juga:

Menstruasi bisa jadi merupakan tanda kesuburuan wanita. Ini juga akan sangat mengkhawatirkan apabila wanita mengalami terlambat datang bulan yang tidak hanya sekali atau dua kali. Jika Anda termasuk salah satu wanita yang pernah mengalami telat haid, maka harus mencari tau beberapa penyebab agar lebih mudah mengatasi. Haid yang teratur juga akan menandakan reproduksi yang subur.

Penyebab Wanita Telat Datang Bulan Paling Sering Terjadi

1.Faktor Berat Badan

Berat badan yang tidak ideal juga menjadi pemicu seorang wanita mengalami terlambat datang bulan. Ini juga berlaku apabila kelebihan berat badan maupun badan terlalu kecil. Selain itu, perubahan berat badan juga mempengaruhinya.

Baca juga:

2.Baru Awal Mengalami Haid

Perempuan yang baru saja menginjak remaja seringkali mengalami terlambat haid, namun hal ini masih wajar karena hormonnya belum seimbang. Mungkin awalnya, sekali dua kali sejak pertama kali mengalami menstruasi akan terlambat pada bulan berikutnya. Tapi ini tak perlu dikhawatirkan karena masih normal.

Baca juga:

3.Stress

Orang-orang masa kini memang seringkali mengalami masalah hingga menyebabkan banyak pikiran. Terlalu banyak pikiran juga menjadi pemicu stres yang berdampak buruk bagi kesehatan, salah satunya adalah terlambat datang bulan. Bagi Anda wanita yang sering mengalami datang bulan sebaiknya tenangkan pikiran agar jauh dari stres.

Baca juga:

4.Sakit

Gangguan kesehatan memang seringkali berdampak pada siklus menstruasi. Walaupun Anda hanya mengalamui sakit ringan seperti flu ataupun batuk, namun ini juga akan berkaitan dengan terlambatnya haid.

Baca juga:


5.Melakukan Olahraga Berlebihan

Untuk menunjang kebugaran maka diperlukan olahraga secara teratur. Namun beberapa orang seringkali melakukan secara berlebihan. Olahraga berlebihan tentu akan memicu turunnya berat badan sehingga terjadi masalah ketika menstruasi, seperti telat datang bulan. Olahraga boleh-boleh saja asalkan sesuai dan tidak berlebihan.Untuk lebih aman, sebaiknya olahraga dapat dilakukan seminggu sekali.

Baca juga:

6.Perubahan Pada “Jam Tubuh”

Tiap orang pasti punya cara masing-masing dalam mengatur jam tubuh. Namun, jika tidak teratur maka akan menyebabkan gangguan hormon seperti telat haid. Misalnya, jika Anda masih bekerja pada malam hari dan saat siang hari lebih banyak tidur. Secara tidak langsung ini akan membuat jam tubuh kacau. Sebaiknya atur aktifitas yang anda jalani sehingga tidak terjadi gangguan kesehatan seperti terhambatnya menstruasi.

Baca juga:

7.Adanya Penyakit Kronis

Sebagai wanita memang seharusnya menjaga kesehatan alat reproduksi. Alat reproduksi yang sehat tentunya ditandai dengan haid yang tidak terarur. Haid tidak teratur juga bisa disebabkan oleh penyakit kronis seperti Celiac. Celiac biasanya ditandai adalanya intoleransi terhadap gluten. Dan yang lebih berbahaya, celiac juga menyebabkan seseorang tidak bisa datang bulan.

Baca juga:

8.Adanya Faktor PCO

PCO (Polycystic Ovary) terjadi apabila tubuh wanita lebih banyak menghasilkan hormon pria. Misalnya tellalu banyak bulu halus pada wanita pada bagian tangan, kaki bahkan kumis tipis. Hornon ini bahkan dapat membuat wanita sulit hamil karena sulit mengalami ovulasi.

Baca juga:

9.Faktor Kelainan

Haid yang tidak teratur juga disebabkan oleh faktor kelainan yaitu faktor anatomi dan non anatomi. Contoh faktor Anatomi antara lain, Myoma uteri, kista ataupun adanya kanker. Sedangkan untuk faktor non-anatomi adalah pemakaian alat kontrasepsi yang terlalu sering. Walau terlihat sepele, nyatanya faktor kelainan justru menghambat haid dan menjadi penyebab penyakit serius.

Baca juga:

10.Usia

Seirung bertambahnya umur, wanita seringkali mengalami masalah datang bulan. Terlebih bagi wanita yang usianya mendekati menopause, maka akan lebih sering mengalami terlambat haid karena produksi sel telur yang mulai berkurang. Bahkan sekarang banyak orang yang mengalami menopause dini karena gaya hidup yang tidak sehat.

Baca juga:

11.Adanya Masalah Pada Kelenjar Tiroid

Kelenjar Tiroid berfungsui untuk mengatur siklus menstruasi. Namun jika beberapa wanita terlambat  haid, maka bisa dipastikan terjadi masalah pada kelenjar tiroid. Ini biasanya dialami oleh remaja karena hormonnya belum stabil. Namun tak menutup kemungkinan juga dialami oleh wanita dewasa.

Baca juga:

12.Gaya Hidup Yang Tidak Teratur

Perubahan gaya hidup memang dialami semua orang, khususnya bagi mereka yang tinggal didaerah perkotaan. Wanita yang tinggal di daerah perkotaan biasanya memiliki pola makan yang tidak teratur karena terlalu sibuk dengan aktifitas. Beberapa diantara mereka juga mengonsumsi makanan cepat saji. Makanan cepat saji sebenarnya tidak baik untuk kesehatan, salah satunya menyebabkan terlambat datang bulan. Namun, sayangnya kebanyakan orang justru lebih memiliki mengonsumsi cepat saji karena dianggap lebih praktis.

Baca juga:

13.Kehamilan

Ini biasanya terjadi pada pasangan yang menikah dan merupakan kabar baik. Penyebab datang bulan terlambat bagi wanita ini adalah karena hamil. Dan untuk lebih meyakinkan kehamilan, sebaiknya gunakan test pack atau datang langsung ke Dokter kandungan untuk memastikan hamil atau tidaknya.

Baca juga:

14.Adanya Hormon Prolaktin Yang Berlebih

Hormon ini biasanya diproduksi oleh wanita yang sedang menyusui. Masa menyusui membuat hormon prolaktin tidak normal sehingga mengalami masalah terlambat datang bulan. Hal ini merupakan hal yang wajar dan tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga:

15.Mengonsumsi Obat-obatan

Obat-obatan yang dikonsumsi terlalu lama biasanya akan menyebabkan gangguan pada alat reproduksi seperti telat datang bulan. Beberapa wanita mungkin mengonsumsi obat-obatan untuk menunjang kecantikan maupun sedang dalamk masa diet yang mengharuskan untuk minum obat. Hal ini sebaiknya dihindari karena tidak baik dan berbahaya untuk kesehatan alat reproduksi, salah satunya haid yang tidak teratur.

Baca juga:

16.Penggunaan Pil KB

Pil KB merupakan salah satu upaya untuk mencegah terjadinya kehamilan. Hal ini ternyata juga memperngaruhi kesuburan alat reproduksi. Bagi Anda yang ingin menstruasi teratur sebaiknya hindari menggunakan Pil KB. Sebaiknya gunakan cara lain untuk mencegah kehamilan selain pil KB karena akan menyebabkan hal buruk pada kesuburan.

Baca juga:

17.Menopause Dini

Pada umunya wanita mengalami menopause pada usia 40-45. Akan tetapi sekarang ini banyak sekali wanita yang mengonsumsi makanan siap saji yang sebenarnya tidak sehat sehingga menyebabkan menopause dini. Wanita yang sembarangan mengonsumsi makanan ataupun minuman akan menganggu pada sistem reproduksi.

Baca juga:

Wanita moderen memang kental dengan gaya hidup yang kurang teratur dan berdamak pada kesehatan, terutama alat reproduksi. Bahkan masalah sepele seperti stres pun juga dapat menganggu munculnya haid yang tidak teratur. Untuk mencegah datang bulan yang sering terlambat, sebaiknya harus memperhatikan beberapa hal berikut ini.

Cara Ampuh Mencegah Telat Datang Bulan

1.Mengelola Stres

Setipa orang pastinya punya masalah yang terkadang menajdi beban berat. Akan tetapi Anda juga harus pandai dalam mengelola stres. Jika ini dibiarkan hanya akan menyebabkan telah datang bulan karena pikiran yang sedang kacau dan berdampak langsung pada psikologis badan. Untuk itu lakukan meditasi agar Anda terhindar dari stres.

Baca juga:

2.Olahraga Secara Teratur

Ingat ya, melakukan olahraga berlebihan dengan olahraga teratur itu beda. Sebaiknya lakukan olahraga seminggu sekali agar tubuh lebih bugar. Olahraga yang dilakukan secara berlebihan hanya akan membuat perubahan suhu tubuh yang tidak teratur dan berdampak pada alat reproduksi. Olahraga yang baik dan teratur tentu akan memicu kebugaran sehingga tidak bermasalah dengan haid yang tidak lancar.

Baca juga:

3.Melakukan Istirahat yang Cukup

Banyaknya aktifitas seringkali membuat Anda kurang istirahat. Ini sebaiknya dihindari agar tetap bugar. Terlalu lelah seringkali membuat seseorang lebih banyak mengalami telat datang bulan. Dengan istirahat yang cukup juga akan membantu Anda dalam mengelola stres dengan baik. Ketika Anda jauh stres maka tidak akan mengalami masalah seperti telat datang bulan.

Baca juga:

4.Mengonsumsi Jamu

Zaman yang semakin modern seperti sekarang ini tentu banyak wanita yang sudah enggan minum jamu. Berbeda dengan orang yang masih peduli dengan kesehatan reproduksi, mereka cenderung rutin minum jamu yang dapat membantu melancarkan haid. Kunyit asam memiliki khasiat yang bagus untuk diminum selama sebelum, menjelang dan setelah menstruasi.

Baca juga:

5.Mengonsumsi Makanan Yang Melancarkan Haid

Makanan yang dikonsumsi juga menjadi pemicu seseorang mengalami terlambat datang bulan. Agar haid lancar sebaiknya perbanyak makan sayuran hijau. Sayuran hijau mengandung banyak vitamin yang baik untuk kesehatan alat repoduksi sehingga membantu melancarkan haid.

, ,
Post Date: Tuesday 02nd, May 2017 / 09:10 Oleh :
Kategori : Haid