8 Penyebab Kandungan Lemah dan Solusi Perawatannya     

Keguguran sering menjadi hal yang menakutkan bagi semua wanita yang sedang hamil. Indikasi keguguran selama satu kali lebih bisa menjadi masalah kelainan kandungan atau kandungan yang lemah meskipun telah mendapatkan penanganan keguguran berulang. Jika sudah mengalami hal ini maka sulit bagi wanita untuk bisa melakukan cara cepat hamil secara alami. Bahkan beberapa wanita juga tidak bisa cepat hamil setelah lama menikah meskipun baru satu kali keguguran. Dokter mungkin akan mengatakan jika kandungan lemah sehingga sulit untuk mempertahankan janin tumbuh hingga bisa masuk proses persalinan.

Berikut ini adalah berbagai penyebab masalah kandungan lemah yang sangat umum.

  1. Kelainan bentuk rahim

Masalah kelainan bentuk rahim memang menjadi masalah yang sering menyebabkan keguguran atau kelahiran prematur. Umumnya rahim yang normal memiliki panjang sekitar 7,5 cm, dalam 2,5 cm dan lebar 5 cm. jika dibayangkan maka rahim berbentuk seperti buah pir yang berbalik. Bagian bawah rahim yang sejalur dengan vagina dinamakan serviks atau mulut rahim. Sementara bagian yang tinggi sebagai tempat sel telur dibuahi oleh sel sperma adalah fundus. Kelainan bentuk rahim sering menyebabkan masalah janin tidak berkembang, janin yang meninggal dalam kandungan dan penyebab kemandulan pada wanita.

Berikut ini jenis kelainan rahim yang sering menyebabkan kandungan menjadi lemah:

  • Rahim Unicorniate

Kelainan ini terjadi ketika ukuran rahim hanya setengah dari ukuran rahim yang normal dan hanya memiliki satu saluran tuba falopi. Proses kelainan ini terjadi ketika wanita masuk tahap pubertas dan perkembangan rahim yang tidak sempurna. Pada dasarnya ada dua bagian ovarium namun hanya ada satu saluran ke rahim. Kehamilan dengan kelainan rahim ini harus mendapatkan pengawasan dari dokter.

  • Rahim Didelphys

Kelainan ini juga termasuk jenis kelainan rahim yang sangat langka. Jadi rahim memiliki bentuk ada dua rongga pada bagian dalam. Setiap rongga ini memiliki saluran ke vagina dan leher rahim sendiri. Sehingga wanita ini memiliki dua vagina dan dua leher rahim. Kehamilan dapat tetap terjadi namun tentu membutuhkan usaha yang lebih keras.

  • Rahim septate

Kelainan ini terjadi ketika bagian dalam rahim dibagi oleh septum yaitu dinding otot. Septum memiliki ukuran yang panjang dari bagian saluran ke rahim dan juga serviks. Kondisi rahim seperti ini akan menyebabkan wanita sulit hamil atau jika hamil maka biasanya lebih sering keguguran.

  • Rahim bicornuate

Rahim ini digambarkan seperti bentuk hati yang sangat jelas dengan lekukan pada bagian dalam. Ini berbeda dengan jenis rahim normal yang berbentuk seperti hati. Atau jika diperhatikan maka dari bawah rahim akan berbentuk seperti tanduk kanan dan ke kiri. Kehamilan dengan bentuk rahim seperti ini juga bisa menyebabkan keguguran.

  • Rahim arcuate

Rahim dengan bentuk seperti ini sebenarnya sangat mirip dengan bentuk rahim yang normal. Namun ada sedikit lekukan yang terlihat jelas pada bagian atas. Ini termasuk jenis kelainan rahim yang sangat umum dan bisa terjadi pada perempuan tanpa resiko apapun. Kehamilan bisa terjadi dengan rahim ini namun biasanya rentan resiko keguguran.

  1. Adanya gangguan sistem tiroid dalam tubuh

Penyebab keguguran akibat kandungan lemah juga bisa terjadi jika adanya gangguan sistem tiroid dalam tubuh. Gangguan ini termasuk hipotiroidisme (kerja tiroid yang terlalu rendah) dan hipertiroidisme (gangguan tiroid yang terlalu tinggi). Kondisi ini bisa menyebabkan wanita yang hamil mengalami keguguran dan bahkan keguguran berulang pada awal trimester. Masalah hormon ini sangat mempengaruhi kesuburan wanita. Jika fungsi tiroid terlalu rendah maka bisa menyebabkan hormon yang menekan ovulasi menjadi lebih tinggi. Sementara jika fungsi tiroid terlalu tinggi maka bisa menyebabkan estrogen terlalu tinggi. Efeknya bisa menyebabkan pendarahan dalam rahim dan kerusakan pada rahim. Bagi remaja kelainan ini bisa menjadi penyebab menstruasi tidak teratur.

Baca : penyakit gondok pada ibu hamil – akibat kekurangan yodium pada ibu hamil.


  1. Kelainan kromosom

Salah satu penyebab lain dari masalah kandungan lemah adalah adanya gangguan kromosom pada wanita yang hamil. Kelainan ini murni berasal dari garis ibu dan bukan garis ayah. Kelainan ini akan menyebabkan keguguran karena sel telur yang dibuahi sel sperma tidak bisa membentuk embrio. Kelainan kromosom juga meningkatkan resiko kelahiran bayi dengan penyakit bawaan seperti sindrom Down dan berbagai penyebab janin cacat sejak dalam kandungan. Bahkan beberapa wanita dengan kelainan kromosom bisa menyebabkan hamil anggur yang berbahaya. (baca: hamil anggur pada wanita)

  1. Gaya hidup yang buruk

Wanita memang sudah seharusnya menjaga gaya hidup untuk mendukung kesehatan reproduksi. Berbagai jenis masalah penyakit pada rahim wanita bisa disebabkan oleh kebiasaan buruk seperti merokok, penggunaan narkoba, kebiasaan minum alkohol dan berbagai kebiasaan yang buruk lain. Efek dari rokok, alkohol dan narkoba bahkan bisa menyebabkan keguguran dan resiko melahirkan bayi yang cacat.

  1. Penyakit diabetes

Masalah penyakit diabetes juga bisa menyebabkan keguguran dan kelahiran prematur. Diabetes terjadi ketika kadar gula dalam darah menjadi sangat tinggi sehingga tidak cukup insulin dalam tubuh. Wanita dengan tubuh yang terlalu gemuk bisa terkena diabetes. Meskipun beberapa ibu hamil juga bisa terkena diabetes saat hamil atau diabetes gestasional. Jika sudah seperti ini maka wajib untuk mengatur kadar gula darah dan melakukan perawatan yang rutin. (baca: bahaya diabetes saat hamil)

  1. Kelainan pembekuan darah

Masalah pembekuan darah juga bisa menyebabkan kandungan yang lemah. Biasanya masalah ini sering menjadi penyebab keguguran berulang. Masalah pembekuan darah terjadi ketika proses ini tidak bisa terjadi secara normal. Bahkan dalam kondisi tertentu bisa menyebabkan adanya penyakit lain atau resiko melahirkan bayi cacat. Untuk mengetahui kelainan ini maka ibu perlu melakukan tes darah saat hamil.

  1. Gangguan sistem kekebalan tubuh

Masalah sistem kekebalan tubuh bisa menjadi masalah perempuan yang memiliki kandungan yang lemah. Gangguan ini menyebabkan tubuh menciptakan sistem yang bisa melawan tubuh itu sendiri dan dampaknya pada janin yang ada dalam kandungan. Pada dasarnya tubuh wanita yang hamil secara alami tidak menerima kehamilan itu sendiri. Karena itu masalah ini akan menyebabkan wanita yang hamil terus mengalami keguguran.

  1. Penyakit dalam rahim

Adanya beberapa jenis penyakit dalam rahim juga bisa menyebabkan kandungan menjadi sangat lemah dan berbagai gangguan kehamilan seperti keputihan saat hamil. Hal ini tidak saja menganggu proses kehamilan tapi juga bisa menyebabkan sulit hamil, keguguran berulang dan menurunnya tingkat kesuburan. (baca juga: makanan untuk penyubur kandungan – terapi kesuburan)

Beberapa penyakit yang sering menyebabkan gangguan pada rahim adalah seperti:

  • Miom : yaitu sebuah penyakit non kanker yang menyebabkan terjadinya pertumbuhan massa pada rahim. Miom sering ditandai dengan penyebab nyeri haid berlebihan, penyebab keputihan dan terkadang rasa sakit nyeri hingga ke bagian belakang tubuh. Ada berbagai jenis ukuran miom dari mulai kecil hingga besar. Miom bisa menyebabkan kerusakan rahim yang membuat wanita sulit untuk hamil. (baca: tanda-tanda miom – efek samping operasi miomcara mengobati miom)
  • Kista ovarium : kista ovarium adalah jenis kista yang tumbuh pada bagian ovarium. Kista berbentuk seperti kantung yang berisi cairan dan normalnya kista bisa mencair sendiri. Namun beberapa wanita juga bisa mengalami kista yang mengandung sel kanker sehingga bisa menjadi berbahaya untuk organ reproduksi. Ada berbagai penyebab kista yang bisa terjadi pada wanita. Jika sudah terkena kista maka semua wanita bisa melakukan pengobatan kista ovarium dan berbagai cara mengobati kista. Hal ini sangat penting untuk mencegah bahaya kista saat hamil.
  • Endometriosis : endometriosis adalah sebuah jaringan yang tumbuh dan berkembang pada bagian garis rahim ataupun dalam rahim. Beberapa wanita juga bisa terkena endometriosis yang menyebar hingga ovarium, leher rahim dan saluran tuba. Endometriosis membutuhkan perawatan yang cukup detail untuk meningkatkan peluang kehamilan. Gejala endometriosis harus ditangani dengan cepat termasuk dengan mencari penyebab endometriosis.
  • PCOS : PCOS atau syndrome ovarium polikistik sering menyebabkan keguguran berulang pada penderita PCOS yang bisa hamil. PCOS akan menyebabkan kadar testosteron dalam tubuh menjadi sangat tinggi sehingga bisa merusak proses ovulasi maupun menstruasi yang tidak teratur. PCOS juga membutuhkan perawatan yang baik hingga semua organ reproduksi bekerja dengan baik.

Tips Merawat Kandungan atau Rahim untuk Wanita

  1. Hindari terlalu banyak mengkonsumsi atau menggunakan produk yang mengandung xenoestrogen yang memicu tingginya estrogen dalam tubuh.
  2. Jalani kebiasaan hubungan intim hanya dengan pasangan atau melakukan sex aman. Jadi jangan sampai memiliki banyak pasangan dan lebih baik hanya satu pasangan yang setia saja. (baca: bahaya akibat hamil di usia muda)
  3. Biasakan untuk melakukan latihan otot panggul dengan cara berenang, berjalan kaki atau berlari ringan. Jangan terlalu sering melakukan olahraga ekstrim yang berbahaya untuk rahim.
  4. Biasakan untuk mengkonsumsi makanan yang mengandung asam lemak omega 3 seperti ikan salmon, ikan makarel, ikan sarden dan produk lain.
  5. Jika sudah menikah maka kendalikan masa pengatur jarak kelahiran dengan KB, namun pilih jenis jenis KB yang aman. (baca: efek samping pil KBbahaya KB suntikbahaya KB spiral – cara mencegah kehamilan tanpa KB)
  6. Biasakan untuk selalu menjaga organ intim agar selalu bersih, tidak keputihan dan merawat keputihan jika ada masalah tersebut. (baca: cara mengatasi keputihan gatal)
  7. Jangan terlalu sering menahan kencing yang bisa menyebabkan infeksi pada vagina dan saluran kencing. (baca: sering kencing saat hamil)
  8. Perhatikan untuk tidak merokok, minum alkohol, terlalu sering begadang dan menggunakan narkoba.
  9. Jaga berat badan agar tetap ideal sehingga tidak mengalami obesitas yang bisa memicu penyakit pada rahim dan resiko diabetes.
  10. Biasakan untuk tidak terlalu sering duduk dalam waktu lama dan selalu bergerak aktif. (baca: bahaya duduk terlalu lama bagi ibu hamil)
  11. Perhatikan untuk menjaga nutrisi yang baik untuk tubuh seperti lemak sehat, protein, karbohidrat, vitamin dan mineral. Anda bisa mencoba mengkonsumsi seimbang beberapa sayuran, buah, daging, ikan, biji-bijian dan kacang-kacangan.

Jadi semua wanita harus mengelola berbagai penyebab kandungan lemah yang berasal dari kelainan masa pertumbuhan maupun faktor kesehatan tertentu. Cara memelihara rahim bisa membantu mengelola masalah penyebab kandungan yang lemah sehingga bisa meningkatkan peluang kehamilan normal.

, , , , ,
Post Date: Friday 02nd, September 2016 / 04:15 Oleh :
Kategori : Kewanitaan