Sponsors Link
     Sponsors Link

Hemoglobin Rendah saat Hamil – Penyebab, Gejala dan Cara Mengatasi

advertisement

Kekurangan hemoglobin merupakan salah satu hal yang paling rentan dan rawan di alami oleh para ibu yang sedang mengandung buah hati. Kekurangan hemoglobin ini juga kerap kali disamakan dengan penyakit anemia. Memang tidak salah karena hemoglobin sendiri merupakan kandungan protein yang terdapat di dalam sel darah merah yang mengandung manfaat zat besi tinggi. fungsi dari hemoglobin ini juga sangat penting yaitu sebagai pemberi oksigen di dalam darah yang nantinya akan menuju saluran pernafasan dan oksigen tersebut akan masuk ke seluruh jaringan di dalam tubuh.

Pentingnya Hemoglobin dalam Darah

Sangat pentingnya zat hemoglobin di dalam sel darah merah, sehingga jika ada ibu hamil yang mengalami kekurangan hemoglobin dalam darahnya atau juga anemia akan sangat berbahaya. bukan hanya bagi ibu saja namun juga bagi perkembangan janin yang ada di dalam perut. Oleh karena itu, salah satu hal yang selalu diwaspadai oleh para ibu hamil adalah keadaan hemoglobin di dalam sel darah merah.

Para ibu hamil yang mengalami kekurangan hemoglobin akan terganggu peredaran darah dan oksigennya ke seluruh tubuh. Padahal ketika ibu sedang hamil justru membutuhkan sel darah merah dan hemoglobin yang cukup untuk sebagai perkembangan dan pertumbuhan si jabang bayi di dalam perut. Pada ibu hamil, kekurangan sel darah merah ini tergolong menjadi level ringan dan level berat. Namun ringan ataupun berat harus tetap segera ditangani karena sangat berbahaya bagi kesehatan ibu dan anak.

Penyebab

Penyebab dari rendahnya kadar hemoglobin di dalam sel darah merah ini beragam. Terutama bagi para ibu hamil sangat penting untuk mengetahui hal ini, diantaranya adalah sebagai berikut :

1. Terlalu banyak melakukan aktivitas fisik

Salah satu yang menyebabkan kadar hemoglobin rendah adalah karena terlalu banyak melakukan aktivitas berbahaya untuk ibu hamil yang menguras tenaga, akan membuat tubuh menjadi lelah dan kurang istirahat. Oleh karena itu terutama bagi para ibu hamil untuk mengurangi aktivitas fisik ya.

2. Dehidrasi

Salah satu tanda bahwa orang mengalami kadar hemoglobin rendah adalah terlihat lemas, lesu dan lunglai salah satunya dapat disebabkan karena kurangnya cairan di dalam tubuh atau dehidrasi. Karena kurangnya cairan tubuh secara terus menerus membuat kadar hemoglobin di dalam sel darah merah menurun.

Sponsors Link

(Baca juga : akibat kekurangan minum air putih yang menyebabkan ibu hamil dehidrasi)

3. Kurang asupan nutrisi

Jika anda hanya makan untuk sekedar kenyang saja tanpa memandang asupan gizi ibu hamil di dalam makanannya maka anda berpotensi untuk mengalami penurunan kadar Hb yang rendah. Apalagi jika anda kekurangan asupan gizi seperti manfaat asam folat, vitamin B12, vitamin C dan zat besi. Zat-zat tersebut yang membuat sel darah merah menjadi sehat.

4. Pendarahan

Pendarahan juga bisa mengakibatkan penurunan kadar hb di dalam darah. Pendarahan yang terjadi bisa disebabkan karena wasir, kecelakaan dan lainnya. bagi ibu hamil sebaiknya jangan sampai mengalami pendarahan dalam jumlah besar. Pendarahan juga bisa terjadi karena jatuh pada saat hamil.

5. Infeksi penyakit

Setidaknya terdapat beberapa jenis penyakit kronis yang bisa menurunkan kadar hb di dalam sel darah merah seperti penyakit di bagian organ ginjal, usus, jantung, liver dan organ penting lainnya di dalam tubuh. hal ini tidak mengherankan karena masalah yang terjadi di dalam organ tersebut akan membuat gangguan pada sel darah merah.(Baca juga tentang : bahaya hepatitis bagi ibu hamil, bahaya herpes bagi ibu hamil dan campak bagi ibu hamil)

6. Penggunaan obat tertentu

Penggunaan beberapa jenis obat tertentu juga bisa menurunkan kadar hb di dalam sel darah merah.

Gejala

Berikut ini adalah beberapa gejala yang bisa menunjukkan apakah anda mengalami kadar hb yang rendah, selengkapnya berikut ini :

  • Sangat mudah lelah
  • Perubahan warna kulit menjadi pucat
  • Tiba-tiba tidak sadarkan diri atau pingsan
  • Sangat sering mengalami pusing
  • Sulit bernafas
  • Rambut mengalami kerontokkan
  • Terjadi pembengkakan di bagian tangan dan kaki
  • Keringat keluar dalam intesitas yang tinggi
  • Saat buang air besar bercampur dengan darah
Sponsors Link

  • Menurunnya tingkat konsentrasi
  • Detak jantung menjadi cepat

Cara Mengatasi

Cara mengatasi kadar hemoglobin yang rendah ini sebenarnya akan lebih efektif jika diketahui apa saja penyebab dari rendahnya kadar hemoglobin tersebut. Pada beberapa kasus, pemberian obat dan suplemen sudah cukup untuk mengatasi masalah ini namun hal ini juga bisa menjadi lebih parah dan harus dilakukan prosedur operasi untuk meningkatkan kadar hemoglobin di dalam sel darah merah. Kadar hemoglobin di dalam sel darah merah sangat penting diperhatikan terutama pada saat ibu sedang hamil. Jika anda mengalami gejala kekurangan hemoglobin seperti yang telah disebutka di atas maka sebaiknya anda mengikuti beberapa langkah berikut ini:

  1. Sebaiknya ibu hamil perbanyak mengkonsumsi makanan yang mengandung asam folat, vitamin C, zat besi dan vitamin B12. Zat-zat tersebut sangat ampuh dalam mengatasi rendahnya kadar hemoglobin yang terjadi di dalam tubuh.
  2. Sebaiknya bagi ibu hamil untuk tidak berlebihan dalam mengkonsumsi makanan yang mencegah penyerapan zat besi di dalam sel darah merah seperti makanan yang mengandung banyak serat, kalsium, kafein seperti di dalam bahaya kopi dan coklat. Hal ini sangatlah penting karena pada beberapa kasus kekurangan kadar hemoglobin di dalam tubuh ini dikarenakan kekurangan zat besi. Biasanya dokter akan memberikan suplemen yang mengandung zat besi dan memberikan resep makanan yang mengandung zat besi. (Baca juga tentang : pantangan makanan ibu hamil)
  3. Bagi ibu hamil juga sebaiknya tidak mengkonsumsi obat-obatan yang mengandung zat fosfat dan antasida. Jika memang meminum obat sebaiknya yang berasal dari resep dokter saja jangan sampai mengkonsumsi obat sembarangan.
  4. Istirahatlah yang cukup
  5. Sebaiknya ibu hamil juga melakukan olahraga untuk ibu hamil ringan secara rutin seperti jalan-jalan di pagi hari atau bisa melakukan senam yang diperuntukkan untuk ibu hamil.

Seperti yang sudah dijelaskan bahwa lebih baik mengetahui terlebih dahulu apa yang menjadi penyebab kurangnya kadar hemoglobin di dalam sel darah. Jika hemoglobin rendah karena adanya pendarahan maka langkah terbaik adalah dengan menutup luka tersebut. Jika disebabkan oleh anemia, maka harus segera diberikan obat peningkat sel darah merah.

Demikian informasi mengenai cara mengatasi kurangnya kadar hemoglobin rendah saat hamil. Jangan pernah anggap remeh masalah yang satu ini yak arena bisa berdampak bagi kesehatan ibu dan bayi serta bisa menganggu tumbuh kembang bayi yang ada di dalam perut.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, , ,
Post Date: Tuesday 05th, January 2016 / 05:20 Oleh :
Kategori : Gangguan Kehamilan