Sponsors Link

25 Makanan Pasca Keguguran

advertisement

Ibu mana yang tidak akan bersedih apabila ketika mereka sedang mengandung calon jabang bayinya, kemudian karena beberapa hal kehilangan sang calon jabang bayi atau mengalami keguguran. Semua ibu yang baik pasti akan bersedih karena kehilangan calon jabang bayinya. Tapi semua itu tentu bukan atas kehendak sang ibu. Setelah mengalami keguguran, banyak ibu yang tidak memperhatikan makanan yang mereka konsumsi. Entah karena masih begitu terpukul karena kejadian tersebut atau karena hal lain. Kali ini saya akan memberi tahu anda beberapa makanan yang sebaiknya para ibu yang mengalami keguguran konsumsi.

Hal ini penting karena bagaimana pun, kesehatan ibu harus terus dijaga. Ada beberapa makanan yang masuk dalam beberapa bagian yang sebaiknya dikonsumsi. Makanan-makanan tersebut antara lain :

Makanan dengan Zat Besi Tinggi

Makanan yang mengandung zat besi tinggi bisa membantu menambah sel darah merah. Makanan-makanan yang menganduNg zat besi tinggi ini mampu mengikat kadar oksigen di dalam darah untuk kemudian disuplai ke seluruh tubuh. Ibu yang baru saja keguguran membutuhkan asupan sel darah merah yang cukup. Beberapa makanan yang mengandung zat besi tinggi yang baik untuk ibu yang baru saja keguguran antara lain :

1. Asparagus

Asparagus adalah salah satu jenis tanaman yang tumbuh di daerah dengan empat musim. Biasanya tumbuhan ini tumbuh di akhir musim semi. Manfata asparagus bagi ibu hamil memiliki kandungan zat besi yang tinggi yakni 2,2 miligram per 6 batang. Asparagus sangat bagus untuk ibu yang baru saja keguguran karena kandungan zat besinya yang sangat tinggi. Selain kadar zat besi yang tinggi yang mampu membantu pembentukan sel darah merah, asparagus juga memiliki kandungan lain yang tak kalah baik. Asparagus memiliki kandungan banyak serat, vitamin A, vitamin C, dan antioksidan yang baik untuk tubuh.

2. Bayam

Tumbuhan ini gampang ditemui di seluruh Indonesia. Bayam mengandung kurang lebih 2,01 miligram zat besi per 100 gram bayam. Selain zat besi yang berlimpah, bayam juga memiliki antioksidan dan beberapa vitamin yang baik untuk tubuh. Selain itu, bayam untuk ibu hamil juga cukup mudah diolah.

3. Tomat

Tomat merupakan sayuran yang masuk dalam golongan sayuran dengan banyak zat besi. Dalam tiap seratus gram tomat, terdapat kurang lebih 2 mg zat besi yang baik untuk pembentukan sel darah merah. Selain itu, tomat juga membantu sistem kekebalan tubuh. Selain itu, tomat juga mengandung banyak kalium dan manfaat kalsium bagi ibu hamil yang baik untuk kesehatan tulang dan mencegah penyakit jantung.

4. Edamame

Edamame mungkin terdengar asing di telinga orang Indonesia. Akan tetapi, sekarang sudah mulai banyak ditemui di supermarket-supermarket dan mudah didapatkan. Edamame adalah salah satu jenis kedelai yang berasal dari Jepang yang memiliki 1,9 mg zat besi dalam setiap 100 gram edamame. Selain mengandung zat besi yang melimpah, edamame juga mengandung nutrisi ibu hamil seperti vitamin D, serat, fosfor, magnesium, folat, dan beberapa jenis nutrisi yang lain yang baik untuk tubuh.

5. Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis sayuran yang memiliki banyak zat besi. Dalam tiap 100 gram kentang terdapat kurang lebih 1,9 mg zat besi. Zat besi ini tentunya sangat baik untuk membantu pembentukan sel darah merah yang dibutuhkan ibu pasca keguguran. Selain mengandung manfaat zat besi untuk ibu hamil, kentang juga mengandung vitamin B6 dan vitamin C yang baik untuk tubuh.

6. Bit

Bit adalah salah satu bagian dari umbi-umbian. Bit memiliki kenampakan berwarna ungu dan teksturnya renyah. Meskipun aroma bit tidak terlalu enak, bit memiliki kandungan zat besi 1,6 mg dari tiap 100 gram bit yang anda konsumsi. Maka dari itu bit menjadi salah satu tanaman yang mampu membantu membentuk sel darah merah dan membantu ibu yang baru saja keguguran untuk mengembalikan kesehatannya.

7. Labu

Labu adalah salah satu sayuran yang mengandung banyak sekali zat besi. Dalam tiap seratus gram labu terkandung sekitar 1,4 mg zat besi yang baik untuk tubuh. Selain zat besi, labu juga mengandung vitamin A yang bagus untuk kesehatan mata.

8. Gurita

Selain dari tumbuhan, zat besi juga bisa ditemukan pada hewan. Gurita adalah salah satu hewan laut yang memiliki banyak kaki. Gurita mengandung zat besi yang luar biasa banyak. Bagaimana tidak, bayangkan saja dalam tiap 75 gram gurita, mengandung 7,3 mg zat besi yang bagus untuk tubuh. Selain itu, gurita juga memilki kandungan lain seperti kalori, vitamin b6, b12, dan C yang sangat baik untuk tubuh.

Sponsors Link

9. Hati sapi

Ada anggapan umum yang berkata bahwa daging sapi mengandung banyak kolesterol yang tidak baik untuk tubuh. Akan tetapi, jika kita mengkonsumsinya secara benar maka kita bisa mendapatkan fungsinya yang lain yakni kandungan zat besi yang cukup tinggi pada hati sapi. Ia mengandung sekitar 42, mg zat besi dalam tiap 75 gram hati sapi. Maka ketika kita mengkonsumsi sesuatu secara tepat dan tidak berlebihan, tidak akan merugikan tubuh kita.

10. Caviar

Makanan ini memang sangat mahal. Selain mahalnya makanan ini, caviar juga mengandung banyak zat besi. Dalam tiap 75 gram caviar mengandung sekitar 3,37 mg zat besi yang baik untuk tubuh.

11. Tiram

Tiram begitu melimpah di Indonesia. Tiram memiliki banyak kandungan zat besi yakni sekitar 3,3 mg dalam tiap 75 gram tiram. Selain itu, tiram juga memiliki banyak kandungan yang lain seperti protein yang tinggi dan beberapa vitamin. Tiram rupanya bisa mencukupi 80% kebutuhan zat besi tiap harinya. Jadi tiram begitu bermanfaat bagi ibu yang baru saja keguguran.

Selain beberapa tanaman dan hewan yang mengandung banyak zat besi yang saya sebutkan di atas, masih banyak lagi yang lain. Makanan yang mengandung zat besi yang tinggi baik untuk ibu yang baru saja mengalami keguguran

Makanan dengan Protein yang Tinggi

Makanan dengan protein yang tinggi baik untuk ibu yang baru saja keguguran. Pasalnya, ketika ibu itu mengalami keguguran, dinding rahim mengalami luka dan hal itu membutuhkan nutrisi sebagai pembantu untuk mempercepat penyembuhan dinding rahim tersebut. Makanan yang mengandung protein yang tinggi mampu membantu untuk mempercepat penyembuhan dinding rahim tersebut. Beberapa makanan yang mengandung protein yang tinggi antara lain :

1. Ikan Laut

Sudah menjadi pengetahuan orang-orang awam bahwa makanan yang berasal dari laut memiliki kandungan protein yang sangat tinggi dan baik untuk tubuh. Salah satu manfaat ikan laut yang memiliki kandungan protein yang tinggi adalah ikan tuna. Dalam tiap tiga ons ikan tuna, mengandung 22 gram protein yang baik untuk ibu yang baru saja keguguran.

2. Daging

Daging memiliki kandungan protein yang cukup tinggi untuk membantu proses penyembuhan dinding rahim. Akan tetapi, usahakan anda mendapatka daging yang segar dan bukan daging yang dibekukan sekian hari. Hal tersebut dikarenakan daging yang dibekukan setelah sekian hari memiliki kemungkinan ia mengandung bakteri yang bisa menimbulkan masalah lain bagi ibu yang baru saja mengalami penyebab keguguran.

3. Ayam tanpa Kulit

Ayam tanpa kulit mengandung banyak sekali protein. Ketika anda hendak memasak ayam untuk sang ibu, maka cobalah untuk tidak menggorengnya, akan tetapi merebusnya dan menjadikannya sup. Karena jika menggorengnya, akan menambah lemak pada daging ayam tersebut yang tidak baik untuk tubuh jika dikonsumsi berlebihan.

4. Telur

Telur memiliki kualitas protein yang sangat tinggi. Bayangkan saja, satu telur besar itu mengadung 6,3 gram protein hewani. Dalam manfaat telur bagi ibu hamil, bagian kuningnya memiliki zat besi yang baik untuk tubuh. Meskipun begitu, mengkonsumsi kuning telur terlalu banyak tidak baik untuk tubuh.

ads

5. Susu

Dalam susu ditemukan banyak sekali kandungan protein hewani. Dalam satu skim susu terdapat sekitar 8 gram protein. Hal ini sangat baik untuk membantu penyembuhan ibu yang baru saja mengalami keguguran.

6. Kepiting

Selain mengandung protein yang tinggi dan baik untuk tubuh, kepiting juga mengandung zat besi yang baik untuk tubuh dan baik untuk ibu yang baru saja keguguran.

7. Tahu

Tahu mengandung protein sekitar 10 gram tiap empat ons nya. Selain tahu mudah ditemukan, tahu juga cukup terjangkau dan bisa dikonsumsi untuk membantu penyembuhan ibu yang baru saja keguguran.

8. Belalang

Mungkin mendengar kata belalang menjadi makanan kurang lazim di telinga anda. Tapi di beberapa belahan dunia, termasuk di Indonesia terutama di daerah Gunung Kidul, makan belalang adalah hal yang lazim dilakukan. Belalang pun memiliki kandungan protein yang tinggi dan baik untuk tubuh.

Makanan dengan kalsium Tinggi

Makanan degan kandungan kalsium tinggi juga mampu membantu ibu yang keguguran untuk mendapatkan kondisi tubuh yang lebih baik. Dalam proses keguguran, sang ibu kehilangan banyak kalsium, karena hal itulah, asupan kalsium yang berlebih dibutuhkan. Beberapa makanan dengan kandungan kalsium tinggi antara lain;

1. Ikan Salmon

Ikan salmon memiliki banyak sekali kalsium. Kalsium ini bisa membantu menyembuhkan ibu yang baru saja keguguran.

2. Ikan Sarden

Sarden juga salah satu ikan laut yang memiliki kandungan kalsium yang tinggi. Kandungan kalsium yang dimilikinya bisa membantu menyembuhkan kekurangan kalsium pada ibu yang baru saja keguguran.

3. Pisang

Selain dua ikan di atas, manfaat pisang juga memiliki kandungan kalsium yang cukup untuk tubuh. Kandungan manfaat kalsium di dalamnya bisa membantu proses penyembuhan ibu yang baru saja keguguran.

Jenis Makanan Lainnya


1. Makanan Anti Pendarahan

Selain makanan yang mengandung zat besi yang tinggi dan protein yang berlimpah, makanan anti perdarahan juga begitu penting untuk membantu proses penyembuhan ibu yang baru saja mengalami keguguran. Makanan yang mampu menghentikan perdarahan antara lain :

  • Jambu Biji – Buah ini terbukti mampu menghentikan perdarahan. Hal ini lantaran kandungan gizi yang mampu meningkatkan trombosit pada tubuh.
  • Buah Naga – Seperti layaknya jambu biji, manfaat buah naga juga memiliki kemampuan untuk meningkatkan trombosit pada tubuh. Selain itu ia juga meningkatkan pembentukan keping-keping darah yang berguna untuk menghambat pendarahan


2. Makanan yang memperbaiki mood

Tidak dipungkiri, pasti setiap ibu akan kehilangan kebahagiaannya ketika ia keguguran atau kehilangan calon jabang bayi yang didambakan. Untuk itu, perasaan sedih tersebut bisa dibantu dengan makan makanan yang aman dan bisa meningkatkan mood sang ibu. Dalam hal ini, makanan yang mengandung banyak mineral dan magnesium mampu meningkatkan kondisi mood sang ibu. Makanan yang kaya akan magnesium antara lain :

  • Coklat -Tak dipungkiri, coklat adalah makanan yang mampu memberika efek bahagia pada yang memakannya.
  • Kacang-kacangan – Selain coklat, ada juga kacang-kacangan yang jika dikonsumsi secara tepat mampu mengendalikan mood yang memakannya.


3. Minum air putih yang cukup

Tak ada obat yang lebih baik bagi tubuh selain air putih yang cukup. Ketika ibu mengalami keguguran, hal ini menyebabkan dehidrasi. Karena itulah, sang ibu membutuhkan asupan cairan yang cukup. Meminum air putih secukupnya mampu membantu mengatasi dehidrasi tersebut.


Demikianlah beberapa makanan dan cara untuk meringankan beban ibu yang baru saja keguguran.

advertisement

*Jika artikel ini bermanfaat, mohon di share ^V^!

, ,
Post Date: Thursday 10th, December 2015 / 05:14 Oleh :
Kategori : Keguguran