22 Obat Keputihan untuk Ibu Hamil Akibat Jamur

Keputihan saat hamil adalah masalah yang paling sering dialami oleh semua ibu hamil. Kondisi ini biasanya berhubungan dengan perubahan hormon dalam tubuh ibu hamil. Ketika ada banyak hormon kehamilan maka bagian organ intim menjadi sangat sensitif. Kondisi ini akan menyebabkan jamur penyebab keputihan sangat suka dengan lingkungan ini. Ibu hamil juga memiliki kadar estrogen yang sangat tinggi sehingga glikogen yang dihasilkan juga semakin besar. Dan inilah yang akan memicu keputihan untuk ibu hamil. Namun penyebab lain seperti gangguan kehamilan juga harus diperhatikan karena bisa menyebabkan keguguran. Penyebab keputihan pada ibu hamil akibat jamur bisa disembuhkan dengan cepat dibandingkan penyebab lain. (baca: cara mencegah keputihan)

Untuk mengatasi keputihan bagi ibu hamil maka bisa mencoba obat keputihan untuk ibu hamil akibat jamur, seperti dibawah ini:

  1. Yogurt

Yogurt bisa menjadi makanan pertama yang akan membantu ibu hamil mengatasi keputihan secara alami. Yogurt mengandung bakteri hidup yaitu acidophilus yang akan membuat bakteri sehat dalam organ intim tumbuh dengan baik. Kemudian bakteri yang baik ini akan melawan jamur atau beberapa bakteri lain yang menyebabkan keputihan. Meskipun yogurt dimakan secara langsung dan masuk ke dalam tubuh lewat saluran pencernaan tapi ini obat yang sangat efektif. Ibu hamil tidak perlu menerapkan obat ini ke organ intim karena bisa menyebabkan gangguan untuk kesehatan organ intim ibu hamil. Pastikan ibu hamil mengkonsumsi setidaknya satu sampai dua botol yogurt organik tanpa pemanis. (baca: manfaat yoghurt untuk ibu hamil – manfaat yogurt untuk ibu menyusui)

  1. Bawang putih

Bawang putih adalah sebuah obat alami yang akan membantu melawan jamur penyebab keputihan. Bawang putih bisa melawan jamur karena ini mengandung senyawa alami yang akan membuat jamur pergi. Kandungan alisin dalam bawang putih bisa membuat aroma sulfur yang sangat kuat sehingga bisa membuat jamur atau bakteri mati. Anda hanya perlu membuat bawang putih yang sudah dihancurkan, kemudian campur dengan air dingin. Setelah itu biarkan mengendap dan saring lalu gunakan airnya untuk membersihkan organ intim. Lakukan dua kali sehari untuk hasil yang lebih cepat.

  1. Cuka sari apel

Cuka sari apel dan madu adalah obat yang sangat efektif untuk melawan keputihan pada ibu hamil. Cuka sari apel mengandung bahan alami seperti antioksidan dan zat asam yang sangat tinggi. Cuka sari apel juga akan membuat bagian intim ibu menjadi lebih bersih sehingga tidak khawatir akan memancing pertumbuhan jamur atau bakteri. Anda bisa mencoba untuk memasukkan cuka sari apel ke dalam air yang akan digunakan untuk mandi. Kemudian bersihkan bagian organ intim dengan air ini sehingga terlihat sangat bersih. (baca: cuka bagi ibu hamil muda)

  1. Buah cermai dan madu

Buah cermai adalah buah kecil berwarna kuning yang memiliki rasa asam yang sangat tinggi. Buah ini sering dijadikan manisan dengan tambahan gula sehingga rasanya menjadi manis dan lezat. Namun buah ini ternyata juga bisa membantu mengatasi keputihan untuk ibu hamil. Ibu hamil bisa mencoba untuk menghancurkan buah cermai segar hingga menjadi sangat lembut. Kemudian tambahkan madu hingga menjadi pasta. Dan makan saat pagi hari saat perut masih kosong. Biasanya ibu mungkin akan merasa mual atau tidak nyaman, terlebih jika masih mengalami morning sickness. Tapi bahan ini bisa menghentikan keputihan dengan cepat. (baca: manfaat madu untuk ibu hamil)

  1. Ekstrak biji fenugreek

Ekstrak biji fenugreek juga bisa menjadi obat keputihan untuk ibu hamil akibat jamur. Efek keputihan yang paling sering terjadi adalah ketika bagian pH alami dalam organ intim ibu bermasalah. Kondisi ini akan menyebabkan banyak bakteri dan jamur mudah tumbuh karena menemukan lingkungan yang sesuai. Ekstrak biji fenugreek bisa membantu lingkungan organ intim menjadi bersih karena membuat pH yang lebih seimbang. Anda bisa mencoba untuk merendam biji fenugreek selama 24 jam, kemudian saring. Karena ibu sedang hamil maka dilarang untuk minum airnya, dan lebih baik jika menggunakan airnya untuk membersihkan organ intim. Fenugreek juga bisa dijadikan obat sebagai cara mengobati amandel pada anak.

  1. Buah ara

Buah ara adalah buah yang sangat baik untuk menghentikan pertumbuhan jamur. Buah ara juga sangat baik untuk mencegah sembelit pada ibu hamil karena memiliki efek pencahar yang sangat alami. Kandungan nutrisi buah ara bahkan bisa membuang semua racun berbahaya dalam tubuh ibu hamil. Untuk mengatasi efek samping buah ara selama kehamilan maka ibu bisa menggunakan buah ara yang sudah dikeringan. Campurkan buah ara yang sudah kering dengan segelas air dan biarkan selama 24 jam. Kemudian minum airnya pada pagi hari. Namun obat ini tidak bisa digunakan oleh ibu hamil yang memiliki masalah kehamilan karena bisa berbahaya. Buah ara termasuk jenis makanan ibu hamil 7 bulan yang wajib dikonsumsi. 

  1. Pisang

Pisang menjadi buah yang sangat menyehatkan untuk ibu hamil. Pisang akan membantu pencernaan ibu hamil menjadi lebih baik dan juga mendorong semua racun dalam tubuh bisa keluar secara alami. Kandungan kalori rendah dalam pisang sangat baik untuk mengelola berat badan ibu hamil. Dan pisang juga mengandung magnesium dan seng yang bisa mengatasi mual dan muntah pada ibu hamil. Untuk mendapatkan manfaat ini maka ibu hamil cukup makan buang pisang secara rutin. (baca: manfaat konsumsi pisang ambon untuk ibu hamil)

  1. Okra

Okra adalah jenis sayuran berlendir yang sangat lezat dan bisa memberikan manfaat yang sangat baik untuk ibu hamil. Okra bisa membantu mencegah perkembangan bakteri atau jamur dalam tubuh ibu hamil, termasuk penyebab keputihan. Selain itu kandungan lendir alami dalam okra bisa membuat keputihan cepat sembuh. Untuk menggunakannya maka ibu hamil cukup merendam beberapa potong okra dengan air dingin. Kemudian gunakan airnya ini untuk membersihkan organ intim. Jika ibu hamil khawatir dengan resiko perawatan ini maka bisa mencoba makan okra secara teratur. Sayuran ini juga mengandung mineral lengkap yang bisa mengatasi anemia pada ibu hamil. Okra juga menjadi makanan yang mengandung asid folik dan makanan untuk mencegah bayi cacat.

  1. Jus buah cranberry

Jus buah cranberry selama ini masih digunakan sebagai obat herbal untuk berbagai penyakit. Namun tahukah Anda jika jus cranberry juga mengandung antibiotik yang bisa membantu membunuh jamur tanpa menyebabkan efek samping apapun. Jus ini juga bisa membantu memenuhi kebutuhan gizi ibu hamil sehingga ibu hamil semakin sehat. Untuk menyembuhkan keputihan dalam waktu yang cepat maka ibu bisa mencoba minum jus cranberry sebanyak satu gelas setiap hari hingga keputihan sembuh. (baca: jus untuk ibu hamil)

  1. Air daun neem

Neem adalah sebuah herbal yang berasal dari India dan terkenal sebagai perawat berbagai penyakit untuk ibu hamil atau orang dewasa lainnya. Air daun neem memiliki khasiat yang sangat penting yaitu sebagai bahan pembersih atau pencuci dengan cara kerja seperti bahan antiseptik. Untuk saat ini daun neem mungkin sulit untuk ditemukan jadi Anda bisa mencoba untuk mendapatkan ekstrak daun neem yang sudah dikeringkan. Rendam dalam air selama 24 jam kemudian gunakan airnya untuk membersihkan vagina secara langsung. Air ini juga sangat baik untuk mengatasi gatal dan tidak nyaman akibat keputihan.

  1. Kunyit

Kunyit bisa menjadi salah satu obat untuk mengatasi keputihan akibat jamur dengan cepat. Kunyit memiliki khasiat untuk membasmi jamur, melawan peradangan dan menguatkan sistem kekebalan tubuh. Kunyit biasanya juga digunakan untuk berbagai masakan khas dan ini bisa membantu sistem tubuh untuk ibu hamil menjadi lebih sehat. Anda bisa mencoba untuk merebus kunyit dengan segelas air kemudian minum airnya saat masih hangat. Namun ibu hamil sebaiknya tidak terlalu banyak minum obat alami ini karena bisa mengganggu kesehatan janin seperti bahaya kunyit bagi ibu hamil.

  1. Delima

Delima menjadi buah yang selama ini terkenal dengan kandungan antioksidan yang sangat tinggi. Delima bisa menyembuhkan berbagai penyakit termasuk untuk mengatasi keputihan dengan cepat. Anda bisa mencoba untuk makan delima secara rutin selama keputihan. Namun sebuah penelitian juga membuktikan jika biji delima bisa lebih cepat mengatasi keputihan. Anda hanya perlu menghancurkan biji delima hingga lembut, kemudian campurkan dengan air dan saring airnya. Minum saat pagi hari ketika Anda belum makan pagi. Beberapa ibu hamil juga menggunakan airnya ini untuk membersihkan organ intim secara langsung. Cara ini akan membantu keputihan lebih cepat sembuh dibandingkan makan buah delima secara langsung. (baca: manfaat buah delima bagi ibu hamil – penambah darah untuk ibu hamil)

  1. Akar bayam merah

Bayam untuk ibu hamil bisa menjadi obat keputihan untuk ibu hamil karena memiliki sifat yang sangat kuat untuk melawan infeksi. Bahkan akar bayam bisa mematikan berbagai jenis bakteri yang memang ada di bagian organ intim. Ibu bisa mencoba untuk menggunakan akar bayam merah yang masih segar kemudian rebus dengan air hingga mendidih. Lalu saring dan ambil airnya, dan Anda bisa meminum airnya selama dua kali dalam sehari. Jika Anda mencampurnya bersama dengan daun maka itu juga sangat baik untuk Anda. Bayam merah tidak hanya untuk menyembuhkan keputihan pada ibu hamil tapi kandungan zat besi dalam bayam bisa mencegah anemia pada ibu hamil. (baca: manfaat bayam bagi ibu hamil)

  1. Biji mangga

Biji mangga memang bagian buah mangga yang sering dibuang karena tidak bermanfaat. Dan para ahli kesehatan herbal mengatakan jika biji mangga bisa menjadi obat keputihan untuk wanita biasa dan juga wanita hamil. Namun Anda harus menemukan biji mangga yang masih segar atau dari mangga yang baru saja dikupas. Untuk menggunakan obat ini maka Anda bisa mencoba menghancurkan biji mangga hingga lembut, kemudian tambahkan dengan air secukupnya. Lalu gunakan airnya untuk membersihkan organ intim. Setelah itu ibu harus membersihkan dengan air dingin untuk menghilangkan semua bekas biji mangga. Perawatan ini bisa dilakukan satu atau dua kali dalam sehari hingga keputihan sembuh. (baca: manfaat mangga untuk ibu hamil)

  1. Ketumbar

Ketumbar selama ini sering digunakan sebagai bahan untuk memasak. Ketumbar memiliki aroma sedap yang bisa membuat rasa masakan menjadi sangat lezat. Namun jika ibu hamil mengalami keputihan akibat jamur maka bisa menggunakan ketumbar untuk mengobatinya hingga tuntas. Caranya cukup mudah, yaitu hanya dengan merendam biji ketumbar selama satu malam lalu minum airnya saat pagi hari. Setelah itu ibu bisa minum air hangat untuk menghilangkan aroma tidak nyaman pada mulut. Namun sebaiknya perawatan ini dilakukan selama satu kali dalam dua hari. Berlebihan ketumbar juga tidak baik untuk janin sehingga perawatan tidak boleh berlebihan.

  1. Daun jambu biji

Daun jambu biji selama ini sering digunakan untuk mengatasi diare pada anak anak maupun orang dewasa. Daun jambu biji memiliki aroma yang harum namun rasanya sangat pekat. Khasiat daun jambu biji yang sangat alami adalah membantu melawan bakteri pada organ intim dan membuat pH alami kembali pulih. Ini bisa membantu kondisi organ intim ibu hamil menjadi bersih dan keputihan sembuh dengan cepat. Untuk mengatasinya maka Anda bisa mencoba untuk merebus daun jambu biji selama beberapa saat kemudian saring airnya. Gunakan airnya untuk membersihkan organ intim hingga bersih dan ulangi dengan air biasa.(baca: manfaat jambu air untuk ibu hamil – manfaat jambu biji bagi ibu hamil)

  1. Air beras

Air beras selama ini sering dibuang atau digunakan untuk menyuburkan tanaman. Untuk menjaga agar keputihan cepat sembuh dan ibu hamil bisa menjalani kehamilan yang normal maka bisa menggunakan air beras sebagai bahan alami. Air beras mengandung mineral yang sangat lengkap termasuk magnesium dan seng yang bisa membantu menjaga tubuh agar tidak mudah lelah. Ibu hamil bisa mencoba untuk merebus beras organik dengan banyak air hingga mendidih. Kemudian ambil airnya dan tambahkan dengan madu atau gula lalu ibu bisa meminumnya. Air beras ini akan membantu perawatan dari dalam tubuh sehingga ibu kembali sehat.

  1. Daun kenari

Selama ini daun kenari banyak digunakan untuk mengatasi berbagai penyakit yang disebabkan karena infeksi. Dan ternyata daun kenari juga sangat baik untuk membantu mengatasi keputihan hingga tuntas karena bisa membunuh semua penyebab infeksi pada organ intim. Anda bisa mencoba untuk merebus atau merendam daun kenari yang sudah dicuci bersih. Kemudian saring dan gunakan airnya untuk membilas organ intim. Jangan lupa untuk membersihkan kembali dengan air bersih agar tidak ada senyawa yang tertinggal dalam area organ intim. Jika Anda bisa bisa minum air ini maka itu lebih baik dan bisa menyembuhkan dengan lebih cepat.

  1. Daun sirih

Daun sirih sudah digunakan sebagai obat keputihan sejak jaman dulu. Daun sirih memiliki aroma yang sangat kuat karena senyawa yang dihasilkan bisa membantu melawan bakteri, jamur atau bahkan virus. Untuk wanita yang tidak hamil maka air rendaman daun sirih bisa diminum, namun untuk wanita hamil sebaiknya hanya menggunakan airnya untuk membasuh organ intim saja. Jika Anda memiliki bunga mawar maka Anda bisa mencoba mencampurnya agar aroma wanginya semakin kuat.

  1. Minyak cendana

Minyak cendana juga sering digunakan sebagai obat keputihan untuk ibu hamil di kawasan negara Eropa. Minyak cendana tidak hanya wangi tapi juga mengandung senyawa khas seperti atsiri yang akan mengatasi keputihan lebih cepat. Anda bisa mencoba untuk mencampurkan dua tetes minyak cendana dengan segelas air dan gunakan airnya untuk membasuh organ intim. Meskipun ini bisa meninggalkan aroma yang wangi tapi sebaiknya ibu langsung membilasnya dengan air bersih.

  1. Biji jintan

Biji jintan selama ini digunakan untuk memasak dan bisa membuat aroma yang sangat kuat. Kemampuan biji jintan olahan yang bisa mengatasi peradangan dan bakteri dalam tubuh serta membuang racun memang sangat penting untuk ibu hamil. Namun ibu hamil tidak perlu mengkonsumsi biji jintan secara langsung karena terlalu banyak biji jintan bisa menyebabkan efek samping untuk ibu. Lebih baik jika ibu hanya mencoba untuk merendam biji jintan selama kurang lebih 12 jam. Kemudian saring dan gunakan airnya untuk membersihkan organ intim. Lalu ulangi membersihkan bagian ini dengan air bersih untuk menghilangkan semua jamur.

  1. Asparagus

Asparagus menjadi salah satu sayuran yang akan membantu keputihan dari dalam tubuh. Asparagus juga bisa menjadi nutrisi yang penting untuk ibu hamil seperti, kandungan vitamin B9 yang sangat penting untuk mencegah cacat pada janin. Selain itu asparagus juga sayuran yang mengandung serat tinggi sehingga bisa membantu mencegah sembelit pada ibu hamil. Bahkan efek diuretik dari aspragus sangat penting untuk menjaga agar semua racun dalam tubuh bisa keluar secara alami. Untuk mengobati keputihan pada ibu hamil maka asparagus bisa menjadi sayuran harian atau menggunakan air rendaman asparagus segar untuk membersihkan organ intim. Minum air rebusan asparagus juga sangat baik untuk membantu keputihan dari dalam tubuh. (baca: manfaat asparagus bagi ibu hamil


Tips Mencegah Keputihan Akibat Jamut bagi Ibu Hamil

  1. Biasakan untuk mengkonsumsi berbagai jenis sayuran dan buah yang sehat untuk ibu hamil. Nutrisi dari berbagai jenis sayuran dan buah bisa mencegah keputihan dari dalam.
  2. Ibu hamil setidaknya mengkonsumsi berbagai jenis makanan yang mengandung protein nabati seperti kacang-kacangan dan biji-bijian secara rutin.
  3. Ibu hamil harus cukup minum air putih untuk membantu membuang semua racun dalam tubuh. Jamur sering menyebabkan infeksi dalam tubuh termasuk untuk organ dalam tubuh sehingga ketika ibu minum banyak air maka racun akan keluar secara alami.
  4. Jika ibu hamil mengalami kelebihan berat badan atau obesitas maka ini bisa menyebabkan keputihan saat hamil. Karena itu ibu bisa mencoba untuk mengurangi berat badan atau mengelola berat badan yang sehat selama hamil. Cara ini sebaiknya dibantu oleh dokter untuk mendapatkan cara yang sehat bagi ibu dan janin.
  5. Ibu hamil sebaiknya tidak menggunakan berbagai jenis obat atau sabun untuk membersihkan organ intim. Ini sangat berbahaya karena bisa menbuat pertumbuhan jamur yang lebih parah dan cairan bisa sampai ke rahim sehingga mengganggu janin.
  6. Stres dan depresi bisa menyebabkan keputihan untuk ibu hamil. Karena itu lebih baik jika ibu tidak terkena depresi atau stres yang berlebihan. Lakukan beberapa cara untuk mengatasi stres sehingga ibu hamil lebih sehat. Baca juga: perubahan emosi ibu hamil –  emosi tidak stabil saat hamil –  bahaya sering emosi saat hamil
  7. Olahraga dan latihan untuk ibu hamil sangat baik untuk mencegah keputihan saat hamil. Baca: olahraga yang dilarang untuk ibu hamil – bahaya berenang bagi ibu hamil – manfaat jalan pagi untuk ibu hamil –  sit up bagi ibu hamil
  8. Ibu hamil harus membiasakan untuk menggunakan pakaian yang bersih dan ganti pakaian secara rutin. Pakaian dengan bahan katun lebih baik untuk ibu hamil karena bisa membantu menyerap keringat dengan cepat.
  9. Gunakan air dingin untuk membersihkan vagina setidaknya selama dua kali dalam sehari. Cara ini bisa membantu kebersihan organ intim menjadi lebih baik dan melawan bakteri atau jamur yang berkembang di area ini.
  10. Cuci pakaian dengan air panas dan jemur dibawah sinar matahari untuk mencegah infeksi berulang. Cara ini bisa mematikan semua jamur atau bakteri yang tinggal dalam pakaian sehingga pakaian ibu hamil bersih.
  11. Ibu hamil harus menjaga kebersihan tubuh, tidak hanya harus rutin mencuci tangan tapi juga mandi secara rutin. Mandi akan membuang semua keringat dalam tubuh ibu hamil dan membuat ibu hamil menjadi lebih sehat.

Selain menggunakan obat keputihan untuk ibu hamil seperti yang telah diuraikan di atas, maka ibu hamil juga harus cukup istirahat. Ibu hamil bisa mengatur waktu tidur sehingga tubuh tidak lemah dan bisa mendapatkan kekebalan tubuh dan tidak mudah terkena infeksi.

, , , ,
Post Date: Friday 09th, December 2016 / 07:36 Oleh :